Konsep Penerapan Aplikasi CRM pada Perusahaan Jasa Konstruksi

Pada Artikel kali ini akan kami berikan ide untuk konsep penerapan Aplikasi CRM dalam Perusahaan Jasa Konstruksi. Ada 4 hal yang menjadi key factor yang perlu di perhatikan dalam penerapan dan penggunaan Aplikasi CRM dalam sebuah perusahaan, dalam hal ini lebih kearah perusahaan jasa konstruksi sesuai tema artikel kali ini.

4 hal yang menjadi faktor kunci dalam menerapkan Aplikasi CRM :

 

– Fokus Pada Pelanggan

– Organisasi CRM

– Knowledge management

– Teknologi Pendukung CRM

Pada Faktor Fokus Pelanggan

Dalam penerapan sistem Aplikasi CRM Perusahaan harus selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dalam setiap tahapan proses yang dilakukan dalam berhubungan dengan pelanggan agar dapat memberikan produk dan layanan yang sesuai bagi pelanggan. Salah contohnya dengan berusaha mencari tahu keinginan pelanggan melalui adanya strategi marketing intelligent dan program survei kepuasan pelanggan. Hal ini akan menambah kemampuan perusahaan untuk menjaga share yang dimiliki dan membukan peluang untuk terjadinya pemesanan berulang dari pelanggan-pelanggan potensial. Selain itu, penyiapan teknologi untuk mendukung proses, misalnya menyiapkan layanan contact centersistem pelacakan transportasi / kendaraan yang membawa barang / peralatan yang di perlukan untuk keperluan pembangunan konstruksi sehingga Pelanggan dapat memonitor traffic/jalur pengiriman-pemesanan barang dan juga customer self service atau apapun Namanya yang dapat di gunakan untuk memberikan informasi secara real time mulai dari proses administrasi, proses pembuatan produk dan penghantaran produk yang dapat dilakukan sendiri oleh pelanggan melalui handphone, komputer atau tablet yang terhubung dengan internet, di mana pelanggan akan diberikan kode akses dan sandi untuk dapat akses masuk ke program tersebut.

Pada Faktor Organisasi CRM

Sebaiknya ada Departemen Pemasaran/sales/marketing. Dengan adanya organisasi ini penerapan CRM ada dalam satu wadah yang terkendali dan tersistem, dan komiten organisasi ini juga harus tertulis dengan jelas dalam visi misi perusahaan sebagai arah organisasi dan di tuangkan dalam perencanaan kinerja tahunan. Selain itu, kinerja perusahaan harus diukurdengan standar yang ditetapkan melalui dua tinjauan alat ukur yaitu Key Performance Indicator (KPI), dan Key behavior Indicator (KBI), yang berbasis Ballance Score Card di mana salah satu fokus utamanya adalah perspektif pelanggan. Selain itu, pada wilayah operasi kerja perusahaan memiliki unit kerja yang tugas utamanya adalah berhubungan dan melayani pelanggan atau menjalankan fungsi pemasaran

Pada Faktor knowledge management

Perlu diperhatikan kecepatan merespon pelanggan melalui contact centreyang meneruskan baik itu informasi maupun keluhan dari pelanggan ke back desk, dan management harus menetapkan waktu respon tidak boleh melebihi 24 jam untuk menjawab permintaan dan keluhan pelanggan. Selain itu, pemahaman proses bisnis dan tujuan perusahaan telah dirinci melalui target kinerja masing masing departemen. Anda harus ingat komunikasi yang diharapkan adalah komunikasi dua arah antara perusahaan dan pelanggan, dengan memanfaatkan IT sebagai alat yang dapat mempercepat dan mengintegrasikan hal tersebut melalui, contact centre, customer self service dan account manager, selain itu email, Whatsapps atau BBM group dan applikasi chat group lainnya juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi selain fax dan telepon. Struktur organisasi yang tidak terlalu panjang dan konsep desentralisasi, juga menjadikan jalur koordinasi tidak berbelit dan lama, sehingga kecepatan pelanyanan pelanggan dapat dimaksimalkan oleh para karyawan.

Pada Faktor Teknologi Pendukung CRM

Yang tidak kalah pentingnya adalah technology base CRM, merupakan sarana yang mutlak dimiliki oleh Perusahaan. Perusahaan harus mulai untuk memikirkan mendirikan Departemen IT secara mandiri tidak dibawah departemen tertentu agar menjadi fokus pada penyiapan kebutuhan IT yang berbasis pada pelayanan pelanggan.

Dengan indikator empat dimensi yang harus di terapkan dalam CRM diatas, maka perlu upaya dan komitmen organisasi yang lebih maksimal dalam pemenuhan kriteria elemen elemen CRM tersebut, tetapi sebaiknya Anda segera menerapkannya karena persiangan semakin tinggi, tingkat kebutuhan pelanyaan pada pelanggan juga semakin tinggi. Silahkan hubungi di www.barantum.com bila Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang Aplikasi CRM atau penerapannya dalam bidang industri Anda. Kami adalah spesialis pengembang sistem CRM dan Call Center berbasis cloud yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Kami mempunyai klien dari berbagai macam sektor bisnis dan industri. Dengan kecepatan layanan support kami yang selalu standby untuk membantu Anda dalam implementasi , penggunaan, sampai after sales, membuat kami di percaya oleh pelanggan — pelanggan kami sebagai Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments