Bisnis Tetap Bertahan di Masa Pandemi dengan Aplikasi Omnichannel

Bertahan di masa pandemi tidaklah mudah. Terlebih jika bisnis Anda tidak mengikuti perubahan dan perkembangan era seperti di masa pandemi. Banyak bisnis yang mengalami kegagalan ataupun kemunduran di masa pandemi.  Namun, kini tidak perlu khawatir, dengan aplikasi omnichannel, bisnis Anda mampu bertahan di masa pandemi.

Tentu bertahan di masa pandemi meski menggunakan aplikasi omnichannel tidak secepat mengedipkan mata. Anda perlu melihat pelaporan dan riwayat pembelian bisnis Anda. Namun, dengan aplikasi omnichannel ini menjadi strategi mempermudah evaluasi dan mengembangkan strategi bisnis Anda.

Tantangan Bisnis di Masa Pandemi

Masa pandemi tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi pebisnis. Dikutip dari beritasatu.com, terdapat beberbagai tantangan yang muncul akibat pandemi Covid-19, yaitu:

1. Tantangan ekonomi global yang semakin penuh ketidakpastian dengan fase krisis yang semakin pendek. Namun, hal ini menimbulkan peluang bagi pebisnis untuk bisa bertahan dan berkembang jika selalu menjalankan strategi yang inovatif dan kreatif.

2. Sejumlah sektor industri yang akan tumbuh dan mengarah pada digitalisasi.

3. Tantangan permintaan yang rendah dan membutuhkan waktu cukup lama untuk pulih.

4. Pertumbuhan ekonomi dinilai masih akan rendah. Namun, masih ada sektor-sektor yang mempunyai prospek cukup baik.

5. Pertumbuhan ekonomi masih akan rendah pada 2021, sedangkan 2022 diprediksi lebih rendah dari 2021.

6. Digitalisasi ekonomi akan terjadi di berbagai sektor, dan membutuhkan perubahan dalam berbagai hal.

Salah satu menjawab tantangan digitalisasi di masa pandemi, yaitu memakai aplikasi yang mampu menunjang bisnis. Termasuk dalam membantu kinerja sales dalam memasarkan produk/jasa Anda di berbagai saluran komunikasi.

Penggunaan Aplikasi Omnichannel untuk Bisnis di Masa Pandemi

Aplikasi omnichannel dapat membantu brand untuk menciptakan sebuah sinergi antara setiap kanal penjualan mereka yang pada akhirnya dapat memperluas jangkauan di berbagai kanal penjualan online dan mampu menaikkan traffic transaksi.

Ipsos melalui surveinya, dilansir kompas.com, bertajuk Ipsos Global Trends 2021 memotret aktivitas belanja masyarakat di dunia selama pandemi 2021. Di Indonesia, 73 persen konsumen menilai belanja online lebih mudah dibandingkan belanja di toko.

Perubahan perilaku inilah akan membentuk kembali bagaimana pelanggan mengambil keputusan dan perusahaan perlu beradaptasi dengan cepat. Oleh sebab itu, demi mengikuti perkembangan era yang ada, Anda perlu menggunakan aplikasi yang dapat menunjang perkembangan era saat ini.

Salah satu strategi yang bisa Anda gunakan, yaitu memakai aplikasi omnichannel. Pemakaian aplikasi omnichannel untuk bisnis di masa pandemi mampu mengefektivitaskan kinerja staf Anda.

Manfaat Aplikasi Omnichannel untuk Bisnis di Masa Pandemi

1. Target pasar lebih luas

Tak hanya pembeli yang ingin terhubung ke berbagai platform, namun juga perusahaan. Perusahaan tentunya menargetkan pasar yang lebih luas, demi menjangkau customer yang lebih luas pula.

Menjangkau customer yang lebih luas melalui berbagai platform membuat Anda terlibat dengan mereka. Analisis dan perspektif tentang preferensi customer melalui platform dapat menciptakan citra holistik tren pembelian untuk customer.

Anda akan mencapai pemahaman yang lebih mendalam dan real time tentang pembeli (kebutuhan serta preferensi mereka), memungkinkan Anda untuk menyesuaikan materi iklan dan strategi komunikasi terhadap kebutuhan unik setiap channel atau platform.

2. Meningkatkan konversi

Konsistensi dan relevansi di semua elemen omnichannel sangat penting untuk mendorong penjualan serta memberikan merek dan retensi pelanggan yang lebih andal, terutama di pasar ecommerce B2B yang berkembang pesat. Dengan omnichannel, tingkat konversi bisa mencapai 60% lebih tinggi melalui pencarian situs web.

3. Meningkatkan loyalitas, kepuasan dan retensi pelanggan

Aplikasi omnichannel memberikan pengalaman yang konsisten serta dipersonalisasi untuk setiap konsumen. Hal ini mendorong mereka menjadi pelanggan yang loyal.

Kenyamanan inilah yang dapat meningkatkan retensi pelanggan. Aplikasi ini tidak hanya berjalan satu arah. Dengan kata lain, pelanggan memeriksa dan membeli, tetapi juga mengharapkan Anda untuk menawarkan layanan yang baik kepada mereka melalui salah satu channel yang mereka gunakan.

4. Mengembangkan interaksi dengan pelanggan

Saat ini, kehadiran interaksi customer secara online atau offline saja tidak cukup, semuanya harus saling berhubungan. Tujuan akhir Anda seharusnya tidak menghasilkan penjualan di platform tertentu. Namun, memungkinkan pembelian terjadi secara alami dan lancar di saluran yang dipilih customer Anda.

Jenis interaksi ini meningkatkan hubungan dengan customer dan membuat mereka berpartisipasi dan berinteraksi dengan perusahaan Anda atas keinginan mereka sendiri. Contoh dari interaksi customer ini akan melalui jalur penjualan Anda sebagai berikut: dari calon customer menjadi customer, lalu dari customer sekali menjadi customer tetap, kemudian dari customer tetap menjadi customer yang secara aktif merekomendasikan produk Anda ke orang-orang di sekitarnya.

5. Meningkatkan brand recall

Dalam meningkatkan penjualan memerlukan konsistensi agar customer melihat produk Anda dengan cara yang sama di seluruh platform dan perangkat. Konsistensi ini membantu memperkuat brand recall bagi pelanggan Anda. Kesan brand recall yang kuat akan meningkatkan kemungkinan pembelian di seluruh basis pelanggan Anda.

6. Menjangkau konsumen lebih banyak

Aplikasi ini tentunya akan menjangkau customer baru. Anda akan mendapatkan customer dengan kebutuhan serta preferensi yang beragam. Sesuai dengan platform yang customer gunakan. Tentunya hal ini akan menjaring banyak customer. Karena menjangkau customer baru adalah kunci pertumbuhan sebuah bisnis.

7. Meningkatkan efisiensi pada operasional

Dengan aplikasi omnichannel, bisnis hanya perlu mengumpulkan data pelanggan satu kali, bukan di setiap titik kontak. Membuat ikhtisar holistik juga berarti bahwa perusahaan tidak perlu khawatir tentang membuat dan menerapkan strategi untuk setiap saluran atau platform.

Aplikasi Omnichannel Terbaik untuk Bisnis di Masa Pandemi

Anda perlu memilih aplikasi omnichannel yang tepat untuk bisnis perlu Anda pertimbangkan dengan matang.  Jangan sampai aplikasi omnichannel untuk mempermudah bisnis Anda malah menjadi mempersulit. Salah satu aplikasi CRM omnichannel terbaik yang bisa Anda dapatkan, yaitu dari Barantum CRM omnichannel.

Barantum omnichannel terbaik

Manfaat Aplikasi Omnichannel Barantum untuk Bisnis di Masa Pandemi

Barantum CRM omnichannel adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda serta menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. Mari lihat fitur-fitur pada aplikasi Barantum CRM omnichannel, dalam mengefesienkan komunikasi dengan pelanggan.

1. Barantum Chat Omnichannel

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komunikasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

2. Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti:

– Memantau dan mengelola aktivitas penjualan

– Visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung

– Pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

3. Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

4. Integrasi dengan WhatsApp API dan berbagai saluran komunikasi

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai omnichannel chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp.

Tidak hanya itu, aplikasi omnichannel CRM Barantum ini mampu mengintegrasikan berbagai platfrom saluran komunikasi. Bahkan Anda juga dapat menggunakan chatbot untuk membantu melayani pelanggan dengan mudah.

5. GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

6. Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena aplikasi dapat diakses dimanapun mereka berada. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

7. Otomatisasi dokumen

Memiliki sistem yang menganut pengambilan, pelacakan, penyimpanan, serta pengelolaan yang dilakukan secara otomatis. Otomatisasi ini sangat bermanfaat karena sebuah bisnis tentu tidak lepas dari adanya dokumen-dokumen penting yang harus disimpan secara lengkap dan rapi.

Dapatkan Aplikasi Omnichannel Sekarang

Personalisasi dan strategi aplikasi omnichannel yang terpadu akan meningkatkan pengalaman pelanggan serta profit bisnis Anda. Dengan persaingan pemasaran digital yang kian ramai saat ini, Anda dituntut untuk secara cerdas merencanakan strategi yang tepat dan cara merealisasikannya.

 

Barantum omnichannel terbaik

Menggunakan aplikasi CRM Barantum menjadi salah satu cara untuk merealisasikan strategi Anda, bahkan memberikan strategi yang lebih efisien. Dengan mengintegrasikan aplikasi omnichannel pada aplikasi CRM Barantum, Anda tidak perlu menguras energi dan pikiran untuk memikirkan kampanye serta membangun personalisasi yang tepat. Barantum akan menjawabnya untuk Anda.

Anda pun dapat berdiskusi dengan staf profesional kami terkait kebutuhan bisnis Anda menggunakan aplikasi omnichannel. Segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan uji coba gratis selama 7 hari dari DI SINI

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments