Manfaat Aplikasi Omnichannel untuk Strategi Konten Bisnis Anda

Seperti yang telah Anda ketahui, pemasaran digital melalui strategi aplikasi omnichannel tentu memiliki konten sebagai peran utama dalam menyuarakan merek atau produk Anda. Bagaimana pesan merek Anda tersampaikan dengan baik sampai ke pelanggan adalah tergantung konten yang Anda buat.

Untuk menciptakan pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan target konsumen, Anda perlu merencanakan dan merancang  strategi yang tepat di setiap saluran yang terhubung untuk menyampaikan konten.

Penting agar pengalaman yang dibagikan kepada konsumen dengan merek Anda terasa konsisten dan terpadu. Beberapa jenis konten hadir di setiap titik perjalanan konsumen akan memainkan peran besar dalam mewujudkan pengalaman yang baik  tersebut.

Pengalaman yang baik akan mengundang lebih banyak keterlibatan konsumen. Pengalaman dan interkasi yang dihasilkan akan membantu Anda ke depannya dalam menjalankan strategi konten.

Bagaimana mewujudkan pengalaman yang konsisten pada aplikasi omnichannel dengan menggunakan konten?

Ada beberapa langkah untuk menciptakan konten yang dapat Anda terapkan untuk menyuarakan merek Anda.

Langkah 1: Memetakan pengalaman konsumen

Dengan mengetahui informasi terutama perjalanan konsumen, Anda dapat memprediksi niat dan kebutuhan mereka.

Selanjutnya, Anda dapat memahami momen-momen itu dengan lebih baik dan mencari tahu maksud di baliknya. Ketika Anda mengetahui tujuan di balik tindakan konsumen pada setiap tahap atau titik perjalanan mereka, Anda dapat mulai merancang konten yang tepat kepada konsumen dan membantu mereka mencapai kebutuhan mereka.

  • Gunakan data dalam memetakan perjalanan konsumen

Tahapan yang akan Anda kerjakan adalah sebagai berikut:

Mengumpulkan data dari sinyal konsumen – Atur dan kelompokkan data ke dalam jalur atau tahapan yang relevan – Buat daftar faktor yang memengaruhi pengalaman konsumen – Tentukan platform dan saluran yang relevan di setiap tahap pengalaman konsumen

  • Evaluasi strategi konten

Anda dapat menggunakan analisis SWOT dalam mengevaluasi strategi konten Anda. Analisis SWOT adalah kerangka perencanaan strategis yang dapat membantu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman untuk merek Anda, terkait dengan perencanaan bisnis dan proyek. Melihat data yang telah Anda kumpulkan tentang pengalaman konsumen, lakukanlah penilaian  terhadap konten merek Anda dan bagaimana konten tersebut melayani konsumen Anda.

Strength (kekuatan)

Weakness (kelemahan)

Opportunities (peluang)

Threats (ancaman)

Mengatasi semua kategori ini akan memberi Anda gambaran tentang cara kerja strategi Anda saat ini, dan Anda dapat menggunakannya sebagai titik awal untuk meningkatkan strategi Anda.

Langkah 2: Tentukan pendekatan strategis Anda

Berangkat dari strategi Anda saat ini, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan pendekatan strategis untuk menyatukan semua platform Anda untuk memberikan pengalaman aplikasi omnichannel.

  • Selaraskan sasaran merek dengan tujuan konsumen

Untuk menyelaraskan tujuan pemasaran konten Anda dengan tujuan audiens Anda, penting untuk menentukan ekspetasi dari keduanya. Anda harus memikirkan tujuan dari sudut pandang merek. Tujuan konten yang Anda hasilkan harus berasal dari visi yang Anda miliki untuk membangun merek Anda.

Apa visi keseluruhan yang Anda miliki untuk merek Anda?

Apa metrik utama yang akan Anda gunakan untuk mengukur hasil?

  • Identifikasi keselarasan tujuan pada peta pengalaman

Baik sasaran bisnis Anda maupun maksud dan sasaran konsumen penting dalam proses merancang pengalaman aplikasi omnichannel Anda.

Ini adalah pertukaran nilai antara merek Anda dan konsumen, yang pada akhirnya mengarah pada keuntungan bersama.

  • Kreativitas konten

Kreatifitas adalah kekuatan pendorong di balik produksi konten Anda. Dalam membangun kreatifitas ini, ada elemen yang perlu dperhatikan, yaitu elemen visual dan pesan. Elemen visual adalah bagaimana tampilan merek atau produk Anda. Ini meliputi warna, logo, elemen desain, tagline, dan sebagainya.Elemen pesan mengenai pesan apa yang ingin Anda sampaikan ke konsumen mengenai merek atau produk Anda?

  • Susun pilar konten Anda

Ada tiga jenis konten yang relevan untuk membangun pengalaman aplikasi omnichannel, yaitu:

Konten inti: terdiri dari bagian-bagian dasar yang memberikan nilai paling tinggi kepada konsumen Anda. Jenis konten ini membutuhkan banyak waktu dan sumber daya untuk diproduksi dan harus berkinerja terbaik untuk merek Anda. Karena poin inilah, Anda harus merencanakan dengan matang pembuatan konten inti yang strategis.

Konten berbasis kampanye: konten ini dibuat pada waktu tertentu, di saat Anda ingin membuat sebuah kampanye merek. Memproduksi jenis konten ini juga membutuhkan pemikiran konseptual dan pendekatan strategis. Lakukan brainstorming untuk kampanye merek Anda.

Konten umum: mencakup konten sehari-hari. Jenis konten ini cukup mudah dibuat atau dikurasi. Memposting konten jenis ini secara teratur akan membuat audiens Anda tetap terlibat dan terhibur. Agar konsisten dalam membuat konten sebanyak mungkin, Anda perlu membuat kalender bulanan tentang jadwal penerbitan konten ini.

Langkah 3: Merencanakan alur kerja dan pengiriman konten

  • Buatlah sebuah tim dan tentukan tanggung jawab tiap perannya.
  • Dokumentasikan strategi Anda: peta perjalanan konsumen, diagram strategi konten, panduan branding, kalender konten, dan sebagainya.
  • Satukan semuanya

Untuk menyempurnakan pengalaman aplikasi omnichannel, penting untuk mempertimbangkan konsistensi topik yang ingin Anda bicarakan terhadap konten.
Membuat konten yang tepat dengan strategi yang tepat pula pada setiap saluran, akan menciptakan pengalaman aplikasi omnichannel yang konsisten kepada konsumen.

Dapatkan Aplikasi Omnichannel Terbaik untuk Bisnis Anda

Anda perlu memilih aplikasi omnichannel yang tepat untuk bisnis perlu Anda pertimbangkan dengan matang.  Jangan sampai aplikasi omnichannel untuk mempermudah bisnis Anda malah menjadi mempersulit. Salah satu aplikasi CRM omnichannel terbaik yang bisa Anda dapatkan, yaitu dari Barantum CRM omnichannel.

Barantum omnichannel

Keunggulan Barantum CRM Omnichannel

Barantum CRM omnichannel adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda serta menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. Mari lihat fitur-fitur pada aplikasi Barantum CRM omnichannel, dalam mengefesienkan komunikasi dengan pelanggan.

1. Barantum Chat Omnichannel

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komunikasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

2. Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti:

– Memantau dan mengelola aktivitas penjualan

– Visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung

– Pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

3. Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

4. Integrasi dengan WhatsApp API dan berbagai saluran komunikasi

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai omnichannel chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp.

Tidak hanya itu, aplikasi omnichannel CRM Barantum ini mampu mengintegrasikan berbagai platfrom saluran komunikasi. Bahkan Anda juga dapat menggunakan chatbot untuk membantu melayani pelanggan dengan mudah.

5. GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

6. Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena aplikasi dapat diakses dimanapun mereka berada. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

7. Otomatisasi dokumen

Memiliki sistem yang menganut pengambilan, pelacakan, penyimpanan, serta pengelolaan yang dilakukan secara otomatis. Otomatisasi ini sangat bermanfaat karena sebuah bisnis tentu tidak lepas dari adanya dokumen-dokumen penting yang harus disimpan secara lengkap dan rapi.

Dapatkan Aplikasi Omnichannel Sekarang

Personalisasi dan strategi aplikasi omnichannel yang terpadu akan meningkatkan pengalaman pelanggan serta profit bisnis Anda. Dengan persaingan pemasaran digital yang kian ramai saat ini, Anda dituntut untuk secara cerdas merencanakan strategi yang tepat dan cara merealisasikannya.

Barantum omnichannel

Menggunakan aplikasi CRM Barantum menjadi salah satu cara untuk merealisasikan strategi Anda, bahkan memberikan strategi yang lebih efisien. Dengan mengintegrasikan aplikasi omnichannel pada aplikasi CRM Barantum, Anda tidak perlu menguras energi dan pikiran untuk memikirkan kampanye serta membangun personalisasi yang tepat. Barantum akan menjawabnya untuk Anda.

Anda pun dapat berdiskusi dengan staf profesional kami terkait kebutuhan bisnis Anda menggunakan aplikasi omnichannel.

Rekomendasi Artikel

  1. Top 7 Rekomendasi Aplikasi Omnichannel Terbaik di 2022
  2. Cara Mudah Personalisasi Customer dengan Aplikasi Omnichannel
  3. Cara Buat Strategi Konten Menarik dengan Aplikasi Omnichannel
  4. Atasi Kesalahanan Strategi Marketing dengan Software Omnichannel
  5. Maksimalkan Penjualan dengan Strategi Marketing Software Omnichannel

Dapatkan Sekarang!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".