Omnichannel Untuk Kebutuhan Bisnis

Dahulu, pelanggan menghubungi layanan bisnis hanya melalui telepon. Kini dengan semakin berkembangnya teknologi digital, semakin berkembang pula layanan komunikasi yang tercipta. Seperti munculnya media sosial WhatsApp, Instagram, Facebook, Telegram, Line, dan sebagainya menjadi platform yang sering digunakan untuk menghubungi suatu bisnis.

Oleh karena itu, demi menciptakan customer experience (pengalaman pelanggan) yang baik. Anda sebagai pebisnis membutuhkan aplikasi atau sistem yang bisa menghubungkan semua percakapan atau pesan masuk dari pelanggan ke dalam satu halaman. Dan, aplikasi omnichannel ini menjadi jawaban kebutuhan Anda.

Raih Loyalitas Pelanggan Dengan Barantum CRM Omnichannel

Apa Itu Aplikasi Omnichannel?

Omnichannel diambil dari kata omni yang berarti universal atau semua. Sedangkan channel adalah saluran. Maka pengertian aplikasi omnichannel adalah sebuah sistem yang menggabungkan atau menyatukan seluruh saluran komunikasi dari pelanggan menjadi saluran komunikasi yang ‘universal’, baik secara online maupun offline ke dalam satu platfrom/halaman secara real time.

Sebagai pebisnis sudah wajib hukumnya untuk mengedepankan pengalaman pelanggan pada bisnis yang kita miliki. Salah satu solusinya, yaitu menggunakan aplikasi omnichannel ini. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam menggunakan aplikasi omnichannel ini, yaitu:

  • Meningkatkan konversi penjualan.
  • Mempermudah dan mempercepat kinerja customer service dalam membalas pesan.
  • Menghubungkan berbagai saluran penjualan dan pemasaran, baik online maupun offline ke dalam satu platform.
  • Meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan.
  • Mengumpulkan data secara akurat dan real time sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.
  • Membantu bisnis memahami karakteristik dan kebutuhan pelanggan.
  • Membangun pengalaman pelanggan atau pengalaman pelanggan yang baik.
  • Mendorong trafik dan meningkatkan penjualan.

Apa Perbedaan Omnichannel dan Multichannel?

Omnichannel merupakan sistem lanjutan dari multichannel. Multichannel awalnya merujuk pada kampanye pemasaran yang memasukkan iklan cetak (surat kabar dan majalah), iklan televisi, iklan radio, dan bahkan mungkin panggilan telepon.

Namun, saat ini masayarakat lebih banyak menggunakan smartphone dan internet. Sehingga yang mendengarkan radio, menonton televisi, atau membaca media cetak seperti koran/majalah semakin berkurang. Sehingga media pemasaran pun beralih kepada media paling populer yang digunakan masyarakat.

Singkatnya, perbedaan multichannel dengan omnichannel, yaitu multichannel merupakan media dalam pemasarannya yaitu channel. Dimana produk/jasa tersebut dipasarkan di lebih dari satu media maka disebut multi.

Sedangkan omnichannel bukanlah media. Sehingga omnichannel tidak mengubah sifat dasar teknologi atau pendekatan apapun yang disebut multichannel. Omnichannel justru memurnikan multichannel, tidak membeda-bedakan dimana produk/jasa itu dipasarkan. Semuanya menyatu dan dapat terhubung melalui satu sistem yang disebut omnichannel ini mulai dari panggilan telepon, SMS, email, WhatsaApp, Facebook Messenger, Direct Messege Intagram dan lainnya.

Manfaat Aplikasi Omnichannel Dalam Bisnis

Menggunakan aplikasi omnichannel merupakan strategi pemasaran lintas platform. Dengan begitu, aplikasi ini memungkinkan pelanggan dan pelaku usaha sama-sama mendapatkan keuntungan dan manfaat, yaitu:

1. Memudahkan pekerjaan customer service dan sales

Manfaat yang bisa dirasakan langsung adalah akan semakin mudahnya pekerjaan untuk posisi customer service dan juga sales. Mereka akan semakin dimanjakan dengan adanya fitur dari omnichannel, memungkinkan mereka untuk menjawab dan memberikan respons yang cepat pada pelanggan.

2. Meningkatkan efisiensi kerja

Manfaat lainnya, yaitu meningkatnya efisiensi kerja, khususnya untuk customer service dan sales. Staf Anda akan semakin produktif karena interaksi percakapan yang begitu cepat. Sehingga semakin banyak pula pesan atau pertanyaan dari pelanggan yang mereka jawab atau respons.

Hal ini membuat efisiensi pekerjaan mereka meningkat. Bayangkan, jika sebelumnya Anda meng-hire orang untuk bekerja pada posisi customer service atau sales untuk masing-masing platform, dengan menggunakan aplikasi omnichannel Anda hanya akan membutuhkan satu orang/admin untuk mengurus hal itu semua.

3. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Meningkatkan kepuasan pelanggan merupakan manfaat utama dan tujuan dari utama penggunaan omnichannel ini. Dengan segala platform yang terhubung sehingga memudahkan admin customer service dalam menjawab dan membalas setiap pesan dari pelanggan akan menciptakan kepuasan pelanggan. Karena respons jawaban yang cepat dari setiap pertanyaan mereka membuat mereka berpikir bahwa mereka itu penting dan diprioritaskan oleh si penjual.

Raih Loyalitas Pelanggan Dengan Barantum CRM Omnichannel

4. Lebih dekat dengan pelanggan

Dengan pelanggan yang lebih luas melalui berbagai platform membuat Anda terhubung dengan mereka. Dengan begitu, analisis dan perspektif tentang ketertarikan pelanggan dapat menciptakan pola atau tren pembelian dari pelanggan. Sehingga akan memudahkan Anda dalam pengambilan keputusan (berdasarkan pola dan tren yang tercipta) seperti menyesuaikan materi iklan, jenis produk, model produk dan strategi komunikasi terhadap kebutuhan unik setiap channel atau platform.

5. Meningkatkan konversi penjualan

Dengan semakin efisien dan efektif pekerjaan sales dalam menangani pesan yang masuk dari pelanggan, pasti juga akan meningkatkan konversi penjualan Anda berkali-kali lipat. Dengan menggunakan omnichannel, hal ini akan mendorong penjualan serta memberikan merek dan retensi pelanggan yang lebih andal, terutama di pasar e-commerce B2B yang berkembang pesat.

6. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Dengan omnichannel, Anda akan memberikan pengalaman yang konsisten serta personal untuk setiap konsumen. Hal ini mendorong mereka menjadi pelanggan yang loyal. Kenyamanan inilah yang dapat meningkatkan retensi pelanggan (repeat order). Aplikasi ini tidak hanya berjalan satu arah. Dengan kata lain, pelanggan memeriksa dan membeli, tetapi juga mengharapkan Anda untuk menawarkan layanan yang baik kepada mereka melalui channel yang mereka gunakan.

7. Mengembangkan interaksi dengan pelanggan

Saat ini, kehadiran interaksi pelanggan secara online atau offline saja tidak cukup, semuanya harus saling terhubung. Tujuan akhir Anda seharusnya tidak hanya menghasilkan penjualan di platform tertentu. Namun, memungkinkan pembelian terjadi secara alami dan lancar di saluran yang dipilih pelanggan Anda.

Jenis interaksi ini meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan membuat yang mereka gunakan. Tetapi juga mengenal lebih dekat dengan mereka, sehingga hubungan Anda yang sebelumnya hanya penjual dan pembeli akan berkembang.

Contohnya, dari calon pelanggan, menjadi pelanggan, berkembang lagi menjadi pelanggan tetap, dan sebagainya. Bahkan bisa berkembang lagi menjadi reseller, karena mereka puas dengan produk yang mereka beli. Sehingga mereka berkeinginan untuk menjualnya kembali atau hanya sekadar menawarkan produk favoritnya kepada keluarga dan kerabat mereka dengan harapan akan menjadi pelanggan baru nantinya.

8. Meningkatkan brand recall

Dalam meningkatkan penjualan memerlukan konsistensi agar pelanggan melihat produk Anda dengan cara yang sama di seluruh platform dan perangkat. Konsistensi ini membantu memperkuat brand recall bagi pelanggan Anda. Kesan brand recall yang kuat akan meningkatkan kemungkinan pembelian berulang karena terbangunnya trust/kepercayaan brand/merek pada suatu produk.

Rekomendasi Aplikasi Omnichannel Terbaik!

Barantum CRM Omnichannel Terbaik

1. Barantum.com

Barantum.com merupakan perusahaan teknologi penyedia sistem CRM, call center, dan omnichannel di Indonesia yang dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis dan meningkatkan kinerja tim sales dan customer service.

Dengan aplikasi omnichannel dari Barantum, Anda dapat mengintegrasikan banyak saluran komunikasi mulai dari telepon, pesan singkat (SMS), sosial media seperti Facebook dan Instagram, web chat, hingga WhatsApp menggunakan WhatsApp API resmi dengan verified badge (centang hijau).

Semua channel tersebut akan terhubung ke dalam satu jendela interface yang akan sangat memudahkan Anda untuk membalas dan merespon pesan dari pelanggan.

Fitur Aplikasi Omnichannel Barantum:

  • WhatsApp Business API dan chat integration: Terintegrasi dan menghubungkan chat atau media sosial, web chat dan sistem cloud call center untuk meningkatkan customer service.
  • Integrasi sistem Cloud Call Center Barantum: Barantum mendedikasikan layanan khusus untuk membantu entitas bisnis di Indonesia agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan-pelanggannya. Dengan menggunakan Barantum, Anda dapat menikmati banyak layanan termasuk sistem call center yang berbasi cloud sehingga akan membantu tim sales, telesales, ataupun customer service dalam memberikan pelayanan terbaik.
  • Pelacakan KPI dan manajemen tugas: Memiliki fitur pelacakan KPI dan manajemen tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh. Sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Customization: Tampilan yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan bisnis Anda.

2. Brightpearl

Brightpearl merupakan aplikasi omnichannel khusus untuk para peritel dan wholesalers yang sudah melakukan perdagangan sebesar $1 juta atau lebih dalam jangka waktu satu tahun.

3. Hike

Hike merupakan aplikasi omnichannel yang memberikan solusi penjualan bisnis terus meningkat. Selain itu, juga mendorong lebih banyak keuntungan bisnis dengan menggunakan fitur seperti POS, pengelolaan inventory di multilokasi, pencatatan akuntansi, membuat janji temu secara online, dan lain-lain.

4. NetSuite

NetSuite adalah aplikasi omnichannel berbasis cloud yang dapat digunakan dengan mudah mengakses laporan, indikator performa dan melakukan analisa data vital dalam pengelolaan bisnis. Aplikasi ini pun menjadi sistem commerce yang dapat beradaptasi dengan mudah.

5. Vend

Vend merupakan suatu aplikasi omnichannel bagi toko digital yang berbasis cloud untuk manajemen ritel perusahaan. Aplikasi omnichannel ini memberikan solusi layanan retail bagi para pelanggan yang mencakup infrastruktur dan layanan terkelola untuk pengoperasian di head office dan back office si pelanggan.

6. SAP Hybris

Aplikasi omnichannel SAP Hybris ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis melalui pendekatan MDA (model driven architecture). Aplikasi ini berfungsi untuk menganalisis penjualan, pasar, produk, dan pipeline yang dapat diakses di smartphone, laptop, maupun desktop sehingga lebih praktis dan mudah.

7. Pipedrive

Pipedrive merupakan perusahaan yang menawarkan aplikasi omnichannel berbasis cloud yang fokusnya customer relationship management. Perusahaan Pipedrive berlokasi di Estonia,USA, Florida, Portugal, Inggris Raya, dan  Republik Ceko. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki versi gratis, namun mereka menawarkan uji coba gratis.

Raih Loyalitas Pelanggan Dengan Barantum CRM Omnichannel

Rekomendasi Artikel

  1. CRM Omnichannel: Pengertian, Strategi dan Keunggulannya
  2.  Software Omnichannel: Kelebihan dan Kekurangannya
  3. Aplikasi Omnichannel Bantu Bisnis Bertahan di Masa Pandemi
  4. Atasi Kesalahanan Strategi Marketing dengan Software Omnichannel
  5. Maksimalkan Penjualan dengan Strategi Marketing Software Omnichannel

Daftar Untuk Uji Coba Gratis!


3 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang