Inilah Daftar Fitur CRM Yang Wajib Bisnis Anda Miliki

Dalam era digital yang serba cepat ini, pertumbuhan bisnis mengandalkan strategi yang cerdas, efisien, dan berfokus pada pelanggan. Inilah sebabnya mengapa CRM (Customer Relationship Management) dapat menjadi solusi bisnis. Namun, peting diketahui tidak semua sistem CRM diciptakan sama. Untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, penting bagi Anda untuk memilih dan mengimplementasikan CRM yang tepat.

Salah satu fitur utama yang wajib dimiliki oleh CRM untuk pertumbuhan bisnis adalah integrasi omnichannel. Pelanggan saat ini mengharapkan fleksibilitas untuk berinteraksi dengan perusahaan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti telepon, email, media sosial, dan lainnya.

Fitur CRM yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk menganalisis data dan menyajikan laporan yang mendalam. Pengambilan keputusan bisnis yang baik harus didukung oleh data yang akurat dan relevan.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara lebih mendalam tentang setiap fitur yang telah disebutkan dan bagaimana mereka dapat membantu perusahaan meraih pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Jadi, jangan lewatkan artikel ini sampai selesai ya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa itu Software CRM?

Software CRM (Customer Relationship Management) adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Software CRM ini mengintegrasikan berbagai aspek penting dalam interaksi dengan pelanggan. Hal tersebut termasuk penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan analisis data. Sehingga Anda dapat menyimpan dan mengelola informasi pelanggan, melacak riwayat interaksi, dan memahami kebutuhan mereka.

Software CRM berfungsi sebagai pusat informasi pelanggan yang terpusat. Sehingga memungkinkan tim penjualan dan pemasaran untuk mengakses data yang relevan dengan cepat dan efisien. Selain itu, data yang terorganisasi membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih terarah. Mulai dari mengidentifikasi peluang cross-selling atau up-selling dan mengoptimalkan peluang konversi.

Selain itu, software CRM juga membantu dalam meningkatkan layanan pelanggan dengan memberikan akses cepat ke riwayat interaksi. Sehingga setiap tim dapat memberikan dukungan yang konsisten dan efektif.

Apa Tujuan dari Mengetahui Fungsi Fitur CRM Bagi Bisnis?

Mengetahui fungsi fitur CRM bagi bisnis memiliki berbagai tujuan tertentu. Berikut adalah tujuan tersebut, yaitu

  1. Bisa memilih aplikasi yang sesuai ekspektasi perusahaan. Dengan kemampuan untuk mengadaptasi fitur-fitur tertentu agar sesuai dengan kebutuhan bisnis, Anda dapat memastikan bahwa operasional dan strategi pemasaran yang dijalankan akan berjalan secara optimal dan sesuai dengan visi perusahaan.
  2. Dapat memenuhi semua kebutuhan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan CRM untuk mendukung operasional yang efisien dan efektif.
  3. Bisa diimpelemtasikan secara menyeluruh. Sehingga memungkinkan perusahaan untuk menjalankan aktivitasnya dengan sinergi, berkolaborasi lintas divisi, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten di seluruh perjalanan mereka.
  4. Bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, karena Anda dan tim mampu memanfaatkan kegunaan fitur CRM dengan baik. 

Apa Saja Fitur Utama dari CRM Yang Wajib Dimiliki Perusahaan?

fitur CRM barantum

Berikut adalah fitur utama dari CRM yang wajib dimiliki perusahaan, yaitu:

1. Manajemen Leads

Pertama, yaitu manajemen leads. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan dan mengelola informasi calon konsumen potensial (leads) dari berbagai sumber. Selain itu, Anda dapat melacak prospek yang menunjukkan minat, mengidentifikasi tahapan setiap lead berada dalam proses penjualan, dan mengarahkan upaya pemasaran dan penjualan dengan lebih terfokus. Sehingga membantu Anda meningkatkan efisiensi dalam mengelola daftar calon konsumen, meningkatkan peluang konversi, dan memastikan prospek yang lebih berkualitas.

2. Manajemen Kontak

Kedua, fitur manajemen kontak pada CRM memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengelola data kontak pelanggan dan prospek secara terpusat. Data kontak yang lengkap dan terstruktur membantu tim pemasaran dan penjualan untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan lebih efektif, memastikan komunikasi yang konsisten, dan menyediakan layanan yang lebih personal. Sehingga Anda dapat menghindari tumpang tindih dalam komunikasi, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan membangun hubungan yang lebih kuat.

3. Riwayat Aktivitas Pelanggan

Berikutnya, fitur ini mencatat dan melacak semua interaksi dan aktivitas yang dilakukan oleh pelanggan dengan perusahaan. Riwayat aktivitas pelanggan mencakup pesanan, pembelian, permintaan layanan, dan komunikasi sebelumnya. Sehingga Anda dapat lebih memahami preferensi, kebutuhan, dan tingkat kepuasan pelanggan. Selain itu, fitur ini memungkinkan tim layanan pelanggan untuk memberikan dukungan yang lebih baik dan merespons pertanyaan atau keluhan dengan cepat.

4. Manajemen Pertemuan (Meeting, Call, Notes)

Selanjutnya, fitur manajemen aktivitas membantu tim dalam mengatur tugas-tugas, jadwal, dan aktivitas-aktivitas yang harus diselesaikan. Dengan memanfaatkan kalender atau to-do list yang terintegrasi, tim Anda dapat mengatur prioritas, mengingatkan tenggat waktu, dan mengoptimalkan produktivitas. Sehingga membantu memastikan bahwa tidak ada tugas yang terlewatkan dan memudahkan koordinasi antara anggota tim.

5. Manajemen Tiket

Fitur lainnya, yaitu manajemen tiket yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan merespons permintaan, keluhan, atau masalah dari pelanggan. Ketika pelanggan mengajukan tiket, sistem CRM akan melacak permintaan tersebut, menetapkan prioritas, dan mengarahkannya ke tim yang tepat. Sehingga Anda dapat memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik, memastikan setiap permintaan ditangani dengan baik, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

6. Open API

Fitur Open API memungkinkan integrasi dengan aplikasi atau sistem internal yang digunakan oleh perusahaan. Sehingga data dan informasi dapat bergerak secara bebas antara CRM dan sistem internal Anda. Sehingga membantu tim Anda dalam meningkatkan efisiensi dan mempermudah mereka dalam menjalankan operasionalnya.

7. Call Center

Fitur Call Center dalam CRM menyediakan alat dan fungsionalitas yang membantu perusahaan dalam mengelola interaksi melalui panggilan telepon. Sehingga Anda dapat mengatur panggilan masuk dan keluar, mengarahkan panggilan ke agen yang tepat, dan merekam riwayat panggilan untuk keperluan berikutnya. Selain itu, fitur ini juga dilengkapi dengan fitur rekaman panggilan. Sehingga pembicaraan antara agen dan pelanggan dapat terekam.

8. Omnichannel

Fitur Omnichannel dalam CRM memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi secara terpadu. Saluran komunikasi ini meliputi telepon, email, obrolan langsung, media sosial, dan lainnya. Sehingga pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan melalui saluran yang mereka pilih tanpa kehilangan konsistensi dan informasi yang relevan. Selain itu, fitur ini memberikan pengalaman pelanggan yang mulus dan terintegrasi, memungkinkan Anda untuk merespons dengan cepat, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

9. Manajemen Penawaran (Deals)

Fitur Manajemen Penawaran dalam CRM membantu perusahaan untuk mengelola proses penjualan secara efisien. Sehingga Anda dapat mengatur dan melacak semua prospek penjualan dari tahap awal hingga penutupan. Setiap penawaran (deal) memiliki data dan catatan terkait, seperti informasi prospek, status penawaran, tindakan yang perlu dilakukan, dan catatan aktivitas penjualan. Selain itu, juga membantu tim penjualan untuk mengatur prioritas, menindaklanjuti prospek dengan tepat waktu, dan mengidentifikasi peluang-peluang potensial. Sehingga memastikan bahwa proses penjualan berjalan dengan lancar dan membantu mencapai target penjualan.

10. Analisis Laporan

Terakhir, yaitu fitur analisis laporan. CRM memberikan informasi detail tentang kinerja perusahaan, aktivitas pelanggan, dan efektivitas strategi pemasaran atau penjualan. Sehingga Anda dapat mengidentifikasi tren, mengukur kesuksesan kampanye, dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Selain itu, analisis laporan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat, serta meningkatkan performa bisnis Anda secara keseluruhan.

Dapatkan Software CRM Dengan Fitur Lengkap dan Mudah Digunakan

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Kini, peran Customer Relationship Management (CRM) dalam memacu pertumbuhan bisnis menjadi semakin tak tergantikan. Dalam menghadapi kompetisi yang semakin ketat dan dinamika pasar yang berubah dengan cepat, penggunaan Barantum CRM menjadi langkah cerdas bagi perusahaan.

Barantum CRM memiliki fitur-fitur yang ter-up to date untuk memberdayakan bisnis Anda dengan manajemen leads yang canggih, integrasi omnichannel, serta analisis data dan laporan yang mendalam. Serta didukung dengan fitur-fitur lainnya, seperti manajemen kontak, tiket, meeting, call center, omnichannel dan laporan analisisnya yang real-time.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan pengalaman terbaik dalam mengelola hubungan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mencapai hasil yang luar biasa dengan menggunakan Barantum CRM. Yuk, isi formulir di bawah untuk merasakan manfaat CRM dalam bisnis Anda!

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".