Bagaimana CRM Bekerja Untuk Sales Leader

crm untuk sales

Bagaimana CRM bekerja untuk seorang Sales Leader?

Menjadi seorang Sales Leader atau pemimpin tim penjualan, memiliki tanggung jawab besar dalam mengayomi timnya dalam mencapai target closing. Selain itu, seorang sales leader juga memberikan pertanggungjawaban kepada manajer atau direktur dalam melaporkan hasil penjualan produk atau layanan.

Dalam memonitor kinerja serta pencapaian timnya, seorang sales leader dapat menggunakan software CRM yang membantu mengotomatiskan beberapa tugas untuk tim sales. Seperti yang telah diketahui, bahwa CRM tidak hanya berfungsi untuk membina hubungan pelanggan terhadap perusahaan Anda. Software ini juga dapat menjadi ‘kawan’ Anda dalam mengerjakan pekerjaan Anda sehari-hari, termasuk seorang sales leader. Fitur-fitur yang terdapat dalam sistem CRM akan memaksimalkan kerja dan tanggung jawabnya.

Menurut sebuah penelitian, tim penjualan yang mengadopsi CRM mencapai 47% lebih banyak prospek, meningkatkan ukuran kesepakatan mereka sebesar 30%, dan meningkatkan penjualan sebesar 20%. Mari lihat bagaimana seorang sales leader menggunakan CRM untuk memudahkan pekerjannya.

Mengatur dan Memprioritaskan Tugas

CRM membantu para sales leader mendapatkan lebih banyak kesepakatan dengan mengatur dan memprioritaskan tugas. Ketika Anda memiliki beberapa prospek yang masih dalam proses yang berbeda satu sama lainnya, bisa jadi sulit untuk melacak semuanya. CRM yang baik akan mengatur prospek ini berdasarkan tingkat kepentingan, tanggal tertentu, dan sebagainya. Tim sales yang menggunakan CRM tidak pernah gagal untuk menindaklanjuti pelanggan, karena mereka tahu persis siapa yang harus dihubungi dan kapan. Ini menghemat banyak waktu dan energi yang dapat dialihkan ke interaksi yang sebenarnya dengan pelanggan.

Mengelola dan Mengotomatiskan Panggilan Balik

Salah satu fitur dalam CRM adalah kemampuan untuk mengelola dan mengotomatiskan panggilan balik. Saat Anda berurusan dengan prospek dan/atau pelanggan dalam jumlah besar, memiliki panggilan balik otomatis menghemat waktu Anda dan memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak orang. Dengan mengelola panggilan balik Anda, CRM membebaskan Anda untuk mengerjakan presentasi penjualan Anda, menindaklanjuti dengan tim sales dan manajer Anda, dan bahkan mungkin mendapatkan waktu untuk diri Anda sendiri. Sales leader yang menggunakan CRM akan bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.

Menetapkan Tugas dengan Artificial Intelligent

Dengan menggunakan AI (Artificial Intelligent) atau kecerdasan buatan dalam menetapkan tugas ke tim sales, CRM meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Staf penjualan diberi tugas oleh AI, dan sales reader dapat meninjau dan mengedit secara manual jika mereka merasa perlu. Sales leader memiliki kendali atas AI, tetapi AI digunakan untuk melakukan semua pekerjaan yang sulit. AI menggunakan algoritme kompleks untuk menetapkan prospek dengan benar ke tim sales dalam waktu yang lebih singkat melebihi kebutuhan penjualan atau pemasaran. Hal ini akan sangat berguna ketika berhadapan dengan banyak pelanggan.

Mengintegrasikan Panggilan, Email, dan Teks

CRM membuat panggilan, email, dan pesan teks dapat diakses di satu tempat. Inilah yang disukai oleh sales leader. Software ini akan menerima semua panggilan, email, dan pesan teks dan menyortirnya untuk Anda. Sehingga, Anda dapat menangani masalah yang paling mendesak terlebih dahulu, kemudian menyelesaikannya. Anda akan selalu tahu  riwayat komunikasi Anda karena sistem selalu merekam dan mencatatnya untuk akses mudah kapan saja. CRM dapat meningkatkan tingkat respons, yang membuatnya semakin mudah untuk tetap berhubungan dengan pelanggan yang sulit dijangkau sekalipun. Fitur-fitur ini cukup untuk membuat tim sales mana pun untuk menggunakannya.

Memberikan Visibilitas Penuh

Sales leader mengintegrasikan CRM sehingga mereka dapat mempertahankan visibilitas penuh atas jalur penjualan mereka. Ini berarti mereka dapat melihat semua metrik, dari aktivitas satu staf sales hingga kinerja tim secara keseluruhan, dalam sekali pandang. Ini jelas membuat segalanya lebih mudah dan lebih efisien bagi sales leader, yang memberi mereka lebih banyak waktu untuk fokus pada tugas yang lebih penting. Sales leader kemudian dapat bekerja dengan tim pada masalah apa pun yang mungkin mereka miliki dan menemukan peluang lain yang tersedia.

Memudahkan Pengguna

Ada banyak bagian yang bergerak dalam jalur penjualan, dan mengotomatiskan alur kerja mungkin tampak menakutkan pada awalnya. Untungnya, CRM mudah digunakan. Anda dapat memilih prospek atau pelanggan mana yang diprioritaskan, dan Anda memiliki kemampuan untuk dengan mudah memindahkan prioritas tersebut sesuai kebutuhan. Beberapa CRM memiliki otomatisasi penjualan yang didukung AI bahkan dapat memprioritaskan prospek Anda untuk Anda. Aplikasi CRM tersedia di platform apa pun, termasuk seluler. Tidak ada yang lebih nyaman dari itu, terutama untuk tenaga penjualan yang sibuk saat bepergian.

Integrasikan dengan Alat Pemasaran Anda

Aspek hebat lainnya dalam menggunakan CRM adalah Anda dapat mengintegrasikan semua alat pemasaran favorit Anda, termasuk formulir pengambilan prospek, kontak, dan aktivitas kampanye email. Anda juga dapat melacak pengunjung situs dan Anda tidak perlu mengubah layanan email Anda.

Setiap sales leader yang menggunakan CRM sudah tahu bahwa software ini adalah kunci kesuksesan dalam mencapai target, memantau kinerja tim, dan banyak manfaat lainnya. CRM Barantum siap menemani Anda dan memudahkan segala pekerjaan serta koordinasi Anda bersama tim.

Ayo, pakai Barantum sekarang dan dapatkan free trial selama 7 hari!

In this article

Join the Conversation

three × four =