8 Langkah Agar Bisnis Anda Naik Level Dengan Aplikasi CRM

crm indonesia barantum

 

Maraknya persaingan toko online di Indonesia saat ini membawa kenaikan permintaan pasar pada Aplikasi CRM karena sangat membantu bisnis mereka, dan pada sebagian besar industri harus beroperasi dengan cara yang semakin maju mengikuti perkembangan teknologi untuk mempertahankan pangsa pasar mereka begitu juga dengan persaingan dalam industri CRM Indonesia. Tren ini akan berlanjut untuk masa yang akan datang. Karena persaingan yang semakin ketat ini, banyak perusahaan telah mulai menerapkan strategi dan alat seperti software aplikasi pendukung bisnis, penentuan harga prediktif, dsb.

Metode yang paling efisien agar bisa sukses, bagaimanapun dan yang paling dapat menjamin kelangsungan hidup masa depan bisnis Anda, adalah komponen Customer Relationship Management (CRM).

Menggunakan Aplikasi CRM sebagai konsep bukanlah hal baru; dengan Aplikasi ini para pengusaha dapat mengelola harapan dan interaksi pelanggan. Namun di dunia e-commerce, metode ini menjadi sedikit lebih rumit. Bagaimana e-commerce CRM memungkinkan pengecer online untuk lebih mudah mengembangkan profit keuntungan mereka?

Berikut ini delapan cara yang bisa Anda terapkan :

 

1. Memandu Leads

Memandu leads melalui proses pembelian adalah seperti Kopi dan Gula dari kegiatan e-commerce yang sukses. Pastikan Anda memiliki sistem CRM yang kuat untuk mengarahkan, dan membuat analisa keputusan yang dibuat lewat proses penjualan, hal ini akan memungkinkan Anda untuk melihat kekuatan dan kelemahan dari strategi Anda saat ini. Dan pada akhirnya akan memungkinkan Anda untuk menutup lebih banyak penjualan serta memperbaiki kebocoran pada saluran penjualan.

 

2. Pengumpulan data

Meskipun kami akan menggali lebih spesifik tentang hasil yang dapat ditindaklanjuti dari data di selain tren pelanggan, penjualan berdasarkan tren, dan analisa – memberikan kesimpulan yang ringkas tentang pentingnya pengumpulan data umum tidak akan merugikan. Mampu memanfaatkan saluran penjualan Anda dengan cara yang memberi tahu Anda tentang siapa yang membeli dari Anda dan mengapa, serta informasi yang akan memungkinkan Anda memprediksi kebiasaan mereka dan apabila anda lebih efektif berbicara dengan mereka dapat membuat perbedaan antara sebuah bisnis yang dapat melihat pertumbuhan eksponensial atau yang tidak akan pernah naik ke atas dataran tinggi saat ini. Data juga memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan setiap aspek dari penawaran dan strategi penjualan Anda.

 

3. Tren Pelanggan

Mengumpulkan data yang dapat ditindaklanjuti dan kemudian bertindak sesuai dengan itu akan mengubah operasi waktu yang kecil menjadi raksasa penjualan, dan ketidaktahuan data ini telah meninggalkan lebih banyak lagi kehilangan dalam dunia internet. Banyak bisnis yang membeli set data besar atau perangkat lunak yang mahal untuk merencanakan dan memprediksi tren pembelian yang akan datang. Ini bisa sangat efektif tetapi juga membutuhkan pikiran yang sangat cerdas untuk memutuskan membeli dengan biaya mahal.

Dengan Aplikasi CRM untuk e-commerce, retailer online dapat melampirkan perangkat lunak ke semua saluran penjualan mereka untuk mulai mengumpulkan data di pasar tertentu dan demografi target. Data ini akan sepenuhnya unik untuk bisnis dan hampir tidak mungkin untuk direplikasi melalui cara lain. Dengan data langsung dari pelanggan Anda, Anda dapat mulai melacak kebiasaan membeli dan melihat tren melalui berbagai musim, liburan, dan acara lainnya. Seiring waktu, Anda akan dapat menyesuaikan penawaran Anda untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan khusus pelanggan Anda, terkadang bahkan sebelum mereka tahu bahwa mereka menginginkannya.

 

4. Analisa yang Lebih Mendalam

Meskipun sebagian besar layanan akan memberi Anda wawasan mendasar tentang pelanggan Anda dan apa yang dibeli dari situs Anda, . Seperti tren konsumen, semakin banyak informasi yang Anda miliki, semakin akurat Anda dapat menyesuaikan penawaran Anda, kampanye penjualan dan pesan langsung kepada orang-orang yang benar-benar membeli dari situs Anda.

Dengan aplikasi CRM yang baik, Anda dapat mulai mengoptimalkan setiap aspek bisnis online Anda untuk lebih baik saat berbicara dan menjual ke basis pelanggan Anda. Ini akan mengarah pada peningkatan dalam segala hal mulai dari konversi situs hingga kemampuan berbagi di media sosial.

 

5. Penjualan Berdasarkan Tren

Mengumpulkan semua data dalam basis pelanggan Anda dapat diubah menjadi hasil yang sangat luar biasa. Ketika Anda mengenal pembeli Anda, tren mereka, kebiasaan mereka dan pesan yang mereka sukai, Anda dapat mulai memprediksi apa yang akan mereka inginkan dan mengapa mereka menginginkannya. Pelanggan setia akan membeli lebih banyak, dan transaksi yang ditempatkan dengan baik ini akan menarik pelanggan baru yang beroperasi di lingkaran sosial dan demografis yang sama. Melalui kampanye email Anda untuk mengirimkan kupon atau diskon Anda, itu juga akan memiliki efek yang kuat.

 

6. Menghubungkan Tim

Mampu bekerja dengan cepat dan efisien adalah kunci untuk setiap bisnis yang ingin menjaga moral tetap tinggi dengan kesalahan yang minim. Meskipun perangkat lunak seperti Teamviewer atau Trello dapat menjadi aset besar, mereka tidak mengizinkan Anda untuk mengintegrasikan kumpulan data yang rumit ke dalam diskusi Anda degan mudah atau tanpa kendala. Solusi berbasis CRM dapat memungkinkan Anda dan tim Anda berinteraksi dan mendiskusikan data Anda secara real-time, serta menandai dan mencatat item untuk dipertimbangkan.

 

7. Manajemen tugas

Memastikan komunikasi yang berjalan dengan lancar merupakan salah satu aspek kunci dari Aplikasi CRM. Tentukan tugas, lacak hasil dan pastikan akuntabilitas yang layak setiap saat, sambil menghilangkan sebagian besar kesalahan miskomunikasi. Memiliki one-stop-shop untuk manajemen proyek dan manajemen hubungan pelanggan akan memastikan bahwa kedua aspek bisnis Anda bekerja bersama-sama.

 

8. Pengembalian Produk

Memiliki kebijakan pengembalian yang berkualitas telah terbukti berkorelasi langsung dengan loyalitas pelanggan Anda secara keseluruhan. Pada saat yang sama, Anda ingin melindungi laba Anda dan mengurangi efek buruk dari pengembalian sebanyak mungkin. Dengan Aplikasi CRM Anda dapat melacak data di balik pengembalian dan mencari tahu produk apa yang dikembalikan dan oleh siapa.

Kenyataannya adalah bahwa pasar multichannel saat ini menuntut Aplikasi CRM yang berfungsi untuk bisnis e-niaga. Dengan solusi yang tepat, Anda akan dapat menetapkan tonggak bisnis baru.

 

In this article

Join the Conversation

10 + one =