3 Peluang Bisnis Modal Kecil dan Tipsnya agar Menguntungkan

bisnis b2b

Bisnis Modal Kecil Menguntungkan

 

Adakah peluang bisnis modal kecil tapi menguntungkan? Bagaimana saya memulai bisnis dengan modal yang kecil atau terbatas? atau Bisnis modal kecil namun menguntungkan itu adalah suatu pernyataan yang utopis yang hanya di gunakan oleh para jurnalis untuk membuat penasaran orang untuk membaca? Mari kita bahas satu persatu secara mendalam apa saja peluang bisnis dengan modal kecil dan bagaimana tipsnya agar bisnis tersebut bisa menguntukan dan bertahan bahkan berkembang menjadi bisnis besar dengan keuntungan yang semakin besar.

Bisnis modal kecil biasanya merupakan usaha musiman yang hanya akan sangat menguntungkan pada musim tertentu, tidak selamanya. Sehingga pada momen tertentu anda mesti memanfaatkannya sebaik baiknya agar dapat meraih keuntungan bersih sebanyak mungkin. Sebab bila anda kehilangan moment pada kesempatan tersebut Anda mesti menunggu lagi sampai musim berikutnya. Hal ini banyak dilakukan oleh para pebisnis dengan modal kecil yaitu dengan memanfaatkan moment untuk meraih keuntungan sebanyak – banyaknya. Namun hal ini tidak efektif bagi Anda yang ingin membangun sebuah bisnis yang sehat. Bisnis yang sehat yaitu bisnis yang stabil, walaupun modal kecil tapi bisa bertahan dan dapat beradaptasi dalam perkembangan situasi sekitar baik itu dari sisi pengaruh / kebijakan ekonomi, politik, dan teknologi.

 

Peluang Bisnis Modal Kecil Namun Potensial

 

Sebelum memulai bisnis, kebanyakan orang pasti akan berpikir bisnis apa yang bisa saya usahakan dengan modal terbatas? kita akan membedah satu persatu peluang bisnis dengan modal kecil namun dapat memberikan keuntungan yang konstan bagi Anda, dengan kata lain walaupun usaha kecil namun dapat menjadi penyokong kebutuhan hidup Anda serta dapat mempunyai pemasukan untuk tabungan yang dapat di gunakan untuk pengembangan bisnis kedepannya. Kita akan membahas peluang bisnis dengan tujuan yang realistis.

usaha rumahan

Simak baik-baik, peluang bisnis dengan modal kecil yang paling realistis yang dapat Anda mulai :

 

Bisnis Penawaran Jasa

 

bisnis kecil bidang jasa

Bisnis modal kecil yang bisa dilakukan pada zaman modern ini semakin beragam, namun yang cukup realistis untuk bisnis modal kecil namun berpoensial salah satunya adalah membuka usaha penawaran jasa. Trend usaha jasa ini sedang berkembang, karena memang dari segi pendapatan bisa melebihi gaji Anda selama bekerja.

Bisnis penawaran jasa di Indonesia adalah bisnis yang paling realistis dan cukup berpotensial untuk mendapatkan keuntungan serta mempunyai peluang bagi pengembangan bisnis kedepannya. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut :

– Jasa Les Privat 

Pendidikan di Indonesia dari mulai level tingkat dasar hingga menengah atas bahkan kalangan pekerja profesional pun memerlukan jasa les sebagai bahan tambahan pelajaran.

Usaha Jasa Les privat untuk kelas pelajar juga dapat di sesuaikan dengan hobby seperti; les privat musik, menari, menggambar, bahasa inggris, komputer, olahraga beladiri, renang, dll. Membuka les privat ini bisa dilakukan di tempat Anda ataupun tempat murid les privat Anda. Sehingga memang tak perlu modal untuk memulai bisnisnya.

– Usaha Jasa Design Grafis, Website, SEO, Multimedia & Digital Agency

Peluang Bisnis yang satu ini juga sangat berpotensi bagi Anda, bagi Anda yang menguasai kemampuan khusus tersebut dapat mulai memikirkan untuk membuat website profile Anda, dan juga sosial media untuk pemasaran usaha Anda. Kemampuan dibidang digital menjadi kebutuhan dalam perkembangan bisnis di jaman modern sekarang ini. Banyak perusahaan yang membutuhkannya, yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana Anda bisa berbeda dari pesaing Anda. Usaha jasa dibidang ini apabila di tekuni dapat berkembang dan membuka peluang bagi tenaga kerja di bidangnya, Anda bisa membuat perusahaan sendiri yang menawarkan jasa spesialis dibidang tersebut kepada perorangan dan bahkan perusahaan yang membutuhkan.

– Bisnis Jasa Repair/Service Panggilan

Bisnis di bidang ini juga cukup realistis untuk memulai bisnis dengan modal kecil namun mempunyai potensi keuntungan yang lumayan apabila di geluti dengan serius. Kuncinya adalah kepuasan pelanggan. Ada banyak teknisi dibidang elektrikal atau produk elektrikal sampai mekanik mesin kendaraan bermotor mulai terjun di bisnis ini. Modal utamanya adalah bagaimana caranya Anda bisa menyuarakan bisnis Anda kepada masyrakat umum yaitu dengan website profile ataupun social media, selebihnya yang perlu Anda jaga adalah kualitas pelayanan Anda agar Pelanggan Puas dengan Jasa Anda dan biarkan Pelanggan Anda menjadi corong bagi bisnis Anda.

 

Bisnis Dropshiping

 

dropship

Bisnis dropship bukan lagi bisnis modal kecil, melainkan bisnis tanpa modal. Sebab, siapa pun bisa menjalani ini, bahkan tanpa uang sekalipun. Selain itu, kamu juga tak perlu repot mengerjakan proses penyediaan maupun pengiriman produk. Cukup sederhana, kamu hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesan dan pembayaran dari pembeli ke penjual.

Namun, meski tampak mudah, bisnis ini perlu perhatian khusus. Sebagai dropshipper Anda harus memahami barang yang akan di jual, jenis dan spesifikasi barangnya serta kualitasnya.Anda juga harus selektif memilih supplier yang cukup terpercaya. Sebab, kualitas produk dan pelayanan supplier akan dapat berdampak pada reputasi Anda.

Pada jaman modern ini, e-commerce sudah sangat berkembang khususnya di Indonesia, sehingga untuk mencari supplier dropshipping Anda tidak perlu susah lagi, tinggal menyeleksi dari platform e-commerce yang sudah banyak di pakai orang, dan untuk penjualannya pun Anda bisa membuat toko on-line Anda sendiri pada platform e-commerce tersebut.

 

Bisnis Tanaman Organik

tanaman organik

Bisnis tanaman organik sangat berpontensi di Indonesia terlebih pada jaman sekarang. Bisnis ini dapat di mulai dengan modal kecil yang Anda perlukan adalah ketelatenan dalam merawat tanaman organik Anda dan pastikan Tanaman Organik Anda berkualitas sesuai dengan standar pasar agar produk Anda dapat bersaing di Pasar. Sayuran Organik Lokal Indonesia saat ini sudah dapat menembus pasar mancanegara ini adalah kesempatan emas bagi Anda yang ingin memulai Bisnis dengan Modal kecil.

Berikut adalah Langkahnya :

  1. Pahami ilmu bertani

Anda bisa mencari tehnik ilmu bertani dari internet atau bahkan tutorial videonya di media streaming seperti youtube

  1. Memiliki Lahan Tanah Basah Setidaknya 15-40 Meter

Ada beberapa jenis tanaman juga yang akan lebih baik jika ditanam langsung di tanah. Namun ini tidak menutup kemungkinan Anda untuk menamam dengan media lain tanpa perlu lahan tanah seperti hidroponik yaitu teknik menanam dengan media air dan kapas sehingga tidak membutuhkan banyak lahan dan bisa dimedia apa saja. Bahan-bahan pengganti media tanah diantaranya yang mengandung unsur hara, seperti sabut kelapa, serat mineral, pasir, pecahan genteng/batu bata, serbuk kayu, dan lain sebagainya.

  1. Peralatan untuk Berkebun

Pastikan kamu telah memiliki peralatan untuk bertanamnya lalu membeli bibitnya agar bisa segera ditanam. Karena jika bibit tanaman disimpan terlalu lama dengan fasilitas yang kurang baik takutnya akan merusak kualitas bibit tanaman dan membuat pertumbuhan tanaman menjadi kurang baik.

  1. Mengumpulkan Barang Bekas untukMedia Bertanam

Tidak perlu repot-repot untuk membeli pot tanaman Anda bisa mengumpulkan banyak botol bekas untuk bertanam. Dengan memanfaatkan barang bekas kamu bisa lebih hemat.

Berikut adalah kisaran modal yang perlu disiapkan :

Cangkul Mini Rp20.000 – Rp40.000
Polybag Plastik Rp10.000 – Rp30.000
Bibit Tanaman Rp10.000 – Rp50.000 (per paket)
Pupuk Rp15.000 – Rp50.000
Sekop Mini Rp50.000 – Rp100.000 (per set)
Pot Penyiram Tanaman Rp15.000 – Rp50.000
Alal Penyiram Tanaman Otomatis Rp20.000 – Rp150.000

Bisnis Makanan / Snack Homemade

bisnis makanan

Bisnis yang satu ini cocok bagi Ibu Rumah Tangga atau Wanita muda yang hobi memasak atau membuat makanan namun tidak menutup kemungkinan bagi kalangan Pria yang memang bisa memasak untuk bergerak di bisnis dengan modal kecil ini. Bagi Anda yang hobi membuat kue kue untuk snack atau cake bisnis ini sangat potensial. Anda hanya perlu berlatih untuk membuat olahan kue yang cantik namun mempunyai cita rasa yang khas dari kue buatan Anda.

Untuk pemasarannya Anda bisa menggunakan website dan social media, modal yang di perlukan untuk awal adalah Anda perlu menyiapkan peralatan untuk memasak serta bahan baku untuk olahan kue yang akan Anda buat. Anda juga perlu memperhatikan kemasan bagi produk olahan Anda. Yang menjadi kuncinya disini adalah bagaimana membuat produk Anda terlihat unik, cantik dan berbeda dari yang lainnya. Penilaian pasar dalam bisnis ini adalah bagaimana estetika / keindahan dari produk olahan Anda, ini melingkupi Bentuk Kue, Topping, dan kemasan, serta harga. Apabila produk Anda sesuai dengan penilaian pasar maka kemungkinan 70% produk Anda akan terjual. Hal ini terlepas dari “Rasa”, ini yang akan mempengaruhi kontinuitas penjualan produk Anda. Bila Anda bisa membuat olahan kue dengan “Rasa” yang khas bagi pasar, maka produk Anda akan semakin laris dan ini akan berpotensi untuk pengembangan bisnis Anda pada level selanjutnya.

 


 

Tips : Bisnis Modal Kecil Agar Menguntungkan

 

Setelah mengetahui tipe bisnis modal kecil seperti apa yang dapat menguntungkan secara realistis dan potensial untuk pengembangan bisnis menjadi bisnis yang lebih besar lagi. Kita akan membahas bagaimana Tipsnya agar bisnis dengan modal kecil Anda dapat menguntungkan.

Sebelumnya perlu kita ketahui apa saja faktor yang menyebabkan keberhasilan bagi bisnis kecil :

  1. Kerja keras, dorongan dan dedikasi,
  2. Permintaan pasar akan produk atau jasa yang disediakan,
  3. Kompetensi manajerial, dan
  4. Strategi bisnis yang tepat.

Sebelum memulai bisnis, kita ketahui bahwa modal kita terbatas namun dengan 4 faktor tersebut bila kita ingin memulai bisnis seperti yang sudah di jabarkan di atas, maka presentasi keberhasilannya bisa mencapai diatas 60%.

Beberapa tips berikut ini akan menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis modal kecil Anda :

 

Manajemen Keuangan

 

Untuk berbagai bisnis dari mulai yang bersekala kecil menengah hingga besar sangat penting memeperhatikan manajemen keuangan termasuk modal usahanya. Dengan menerapkan manajemen yang jelas dan disiplin akan membuat kita bisa secara cepat dan akurat memperkirakan kondisi ketersedian modal dengan baik.

Bila suatu saat bisnis kita mengalami kerugian bisa cepat di ketahui hingga kondisi tersebut tidak terlalu berlarut-larut terjadi, ini sangat penting karena dengan manajemen yang buruk bisa saja terjadi salah perhitungan didalam menjual produk, kita merasa mendapatkan keuntungan, padahal banyak biaya-biaya tidak terduga lainnya yang tidak terhitung.

 

Promosi Produk Bisnis Melalui Website dan Sosial Media

 

Ini merupakan hal yang cukup penting bagi perkembangan bisnis Anda. Kekuatan dalam Bisnis modal kecil adalah keunikan produk/jasa dan harga yang cenderung lebih terjangkau. Namun bagaimana caranya agar produk kita dapat di kenal oleh masyarakat? Kita dapat melakukannya dengan membuat personal website, lalu mendaftar di forum dan masuk ke komunitas digital serta memasarkan produk kita melalui sosial media seperti instagram, twitter, facebook, dsb. berikut tips promosi bisnis anda dengan modal kecil melalui website dan sosial media.

  1. Promosi website, pastikan website Anda user friendly (menu navigasi dan user interface) serta berisi informasi tentang produk Anda, selain itu Anda juga bisa menambahkan informasi lain yang berhubungan dengan bisnis Anda sehingga dapat mengundang traffic pengunjung ke website Anda. Bayangkanlah Website anda sebagai sebuah toko fisik Anda, agar mengundang konsumen berkunjung ke toko Anda dan nyaman apa yang akan Anda lakukan? demikian juga dengan website profil bisnis Anda.
  2. SEO (Search Engine Optimization), SEO menjadi senjata Ampuh dalam pemasaran melalui website, dengan memaksimalkan SEO untuk website bisnis Anda, tujuannya adalah membuat keyword yang terdapat dalam konten website Anda berada di halaman pertama mesin pencari Google sehingga masyarakat yang mencari suatu produk melalui Google dan bila itu sesuai dengan target keyword bisnis Anda maka akan semakin banyak orang yang mengetahui dan berkunjung ke-website bisnis Anda. Sehingga peluang untuk terjadinya transaksi akan semakin tinggi. Yang perlu di perhatikan disini adalah riset keyword dan penulisan artikel agar mendapat penilaian yang layak dari google untuk di tampilkan pada halaman pertama.
  3. Social Media, Hampir semua bisnis baik kecil, menengah sampai besar memakai social media sebagai salah satu alat promosinya. Untuk memaksimalkan promosi melalui social media, pastikan konten Anda (foto produk Anda) eyecatching atau sedap di pandang mata, dan pastikan untuk update konten produk Anda secara berkala. Anda juga perlu melakukan riset untuk hashtag terkait produk Anda sehingga setiap update konten Anda dapat menyertakan hashtag tersebut. Anda bisa menggunakan Instagram, Facebook atau twitter , lakukan riset terlebih dahulu pada platform mana yang cocok bagi produk bisnis Anda.

 

Hubungan Pelanggan

 

Tantangan saat ini di bidang hubungan pelanggan adalah menjadi – dan tetap – menguntungkan dengan membangun pengalaman pelanggan yang autentik, personal, dan efektif.

Kita harus mendapatkannya. Tujuannya adalah orang-orang membeli produk kita, menikmati ketika menggunakannya, dan kembali lagi.

Hal diatas adalah tujuan utama dari strategi hubungan pelanggan, terutama dalam bisnis modal kecil. Hal ini akan sangat efektif bagi kelanjutan Bisnis Anda. Dengan memaksimalkan strategi manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management) Anda akan mempunyai base customer yang bersedia menjadi corong bagi bisnis Anda. Pelanggan yang memiliki pengalaman pelanggan yang baik saat memakai produk/jasa Anda akan cenderung kembali lagi dan membeli produk Anda tanpa memperdulikan produk kompetitor, dan mereka akan dengan senang hati tanpa di bayar untuk “meng-iklankan” produk kita kepada orang lain.

Anda bisa mempelajari tentang hubungan pelanggan disini :

Bisnis Modal Kecil 

Dalam artikel ini, kita sudah membedah semua peluang bisnis modal kecil yang realistis dan potensial. Memulai usaha atau bisnis dengan modal minim namun menguntungkan bukanlah suatu pernyataan yang utopis. Hal ini dapat Anda lakukan segera bagi Anda yang sedang bingung untuk memulai bisnis apa namun hanya mempunyai aggaran terbatas. Jangan jadikan hal tersebut sebagai sebuah hambatan bagi Anda untuk memulai berbisnis. Anda bisa mulai dengan mencoba mendaftar aplikasi crm Barantum free selama 14 hari, sehingga dapat mempelajari bagaimana meningkatkan penjualan Anda dan meraih profit yang maksimal dengan menggunakan CRM Software Barantum.

In this article

Join the Conversation

five × 2 =