Pengertian WhatsApp Business API

WhatsApp merupakan aplikasi yang marak digunakan oleh masyarakat. Melihat hal tersebut, WhatsApp menambahkan fitur WhatsApp Business API untuk mempermudah pebisnis.

Diketahui bahwa WhatsApp Business API memang efektif dalam menjangkau pelanggan Anda dengan lebih luas. Layanan ini sangat cocok untuk melayani pelanggan Anda. Hal itu karena mereka merasa lebih mudah dan cepat untuk menghubungi Anda.

WhatsApp API adalah sebuah penghubung antar aplikasi dalam bentuk program yang menghadirkan tampilan atau interface selayaknya tampilan WhatsApp termasuk juga fitur-fiturnya. Sistem ini diracang khusus untuk keperluan bisnis. Dengan penggunaan  sistem ini dapat membantu tingkatkan penjualan bisnis Anda.

Dalam penggunaan WhatsApp API memungkinkan bisnis menerima dan menjawab pesan WhatsApp tanpa batas dari pelanggan mereka. Penggunaan aplikasi yang marak ini meningkatkan potensi penjualan bisnis Anda.

Apa Fungsi WhatsApp Business API untuk Penjualan?

WhatsApp Business API memberi peluang bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan di saluran yang mereka sukai dan percayai. Hal ini karena WhatsApp Business API memiliki kemampuan untuk menambahkan tanda centang hijau ke profil WhatsApp bisnis yang memverifikasi apakah mereka benar-benar perusahaan yang sah dan dapat diandalkan.

tingkatkan kepuasan pelanggan

Dengan kemampuan itulah, bisnis mendapatkan kredibilitasnya dan mampu menjangkau lebih banyak prospek yang nantinya akan menjadi pelanggan. Fitur WhatsApp blast yang ada pada WhatsApp Business API memungkinkan Anda mempromosikan bisnis ke banyak penerima. Bahkan ke penerima yang tidak menyimpan kontak Anda. Cara ini akan memberikan Anda banyak pelanggan potensial dari mana saja.

Baca juga: WhatsApp API Official VS Unofficial, Ada yang Banyak Kurangnya Lho!

Manfaat WhatsApp API Tingkatkan Penjualan Bisnis

Anda tidak perlu susah-susah untuk mencari cara untuk menawarkan promosi secara langsung karena WhatsApp Business API bisa melakukan hal tersebut berbasis pesan dari WhatsApp.

1. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Digabungkan dengan layanan yang lebih cepat, lebih langsung, dan lebih personal, WhatsApp dapat mendekatkan Anda dengan pelanggan, dan pada akhirnya menghasilkan konversi yang lebih besar. Dengan penggunaan WhatsApp API  memungkinkan Anda menjali hubungan baik dengan pelanggan. Anda yang menggunakan WhatsApp API secara otomatis meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan pelanggan.

Jika Anda baru pertama kali melakukan promosi pada pelanggan Anda melalui WhatsApp API, adanya centang hijau menambah kemungkinan pelanggan Anda membuka pesan. Secara otomatis, kepercayaan pelanggan berpengaruh pada peningkatan penjualan Anda. Semakin banyak pelanggan yang percaya, semakin banyak penjualan yang dilakukan.

2. Komunikasi interaktif

Di dalam WhatsApp terdapat berbagai fitur interaktif yang dapat digunakan. Misalnya, Anda bisa melakukan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan melalui pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location. Hal ini memungkinkan staf Anda bisa lebih luas melakukan promosi ataupun penjualan terhadap pelanggan Anda dengan media yang menarik.

Di sisi lain, kebutuhan pelanggan Anda pun dapat direspons secara real time oleh tim support perusahaan Anda. Oleh sebab itu, pelanggan tidak perlu menunggu waktu lama. Jika pelanggan menunggu dalam waktu lama, memungkinkan mereka bertanya pada perusahaan lain yang merespons lebih cepat. Alhasil, penjualan gagal perusahaan Anda dapatkan.

3. Sebagai saluran komunikasi yang mudah dan praktis

WhatsApp memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan di saluran yang sudahmereka gunakan. Kebanyakan orang memeriksa pesan mereka beberapa kali sehari yang menjadikan WhatsApp cara termudah dan paling nyaman bagi mereka untuk berhubungan dengan bisnis.

Pelanggan Anda juga tidak perlu memeriksa email mereka terus-menerus untuk mendapatkan pembaruan tentang pesanan/permintaan mereka. Di sisi lain, Anda dan pelanggan Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dari WhatsApp API. Sistem ini dilengkapi sistem enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) yang menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan.

4. Mudah diitegrasi

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

Tidak perlu khawatir dengan keamanan dari WhatsApp Business API. Sistem ini dilengkapi sistem enkripsi end-to-end dan two-factor authentication (2FA) yang menjamin keamanan percakapan, baik bagi bisnis maupun pelanggan. Dengan adanya sistem tersebut dapat mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan.

Di sisi lain WhatsApp Business API, seperti penggunaan Barantum Omnichannel, mampu mengintegrasikan satu aplikasi dengan aplikasi lain. Hal ini memungkinkan staf Anda melihat pesan dari satu halaman saja.

Tentu hal itu menjadi nilai plus dalam pekerjaan staf Anda. Kemungkinan pesan pelanggan yang terlewatkan kecil. Staf Anda pun mudah melihat berbagai riwayat chat dari beragam aplikasi. Dengan demikian, pekerjaan mereka lebih efisien. Staf Anda pun bisa menangani lebih banyak pelanggan dan menawarkan produk.

Baca juga: CRM & WhatsApp Business API: Paduan Alat Penjualan Sempurna

5. Dapat mengirimkan pesan blast

Keuntungan lainnya, yaitu mampu mengirimkan pesan blast. Pesan blast ini bisa terkirim ke kontak yang telah tersimpan. Oleh sebab itu, staf Anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan promosi, diskon, ataupun penawaran produk kepada pelanggan.

Pengiriman pesan yang tak terbatas secara bersamaan membuat waktu kerja staf perusahaan Anda lebih efisien.

6. Otomatis menyingkronkan kontak dan riwayat chat

CRM omzet

Tiap berkomunikasi dengan pelanggan, WhatsApp Business API  secara otomati menyimpan data dan riwayat chat. Berbeda dengan WhatsApp biasa ataupun WhatsApp business yang harus menyingkronkannya secara manual.

Hal ini mengecilkan risiko hilangnya riwayat percakapan pelanggan. Staf Anda yang membutuhkan bukti percakapan pelanggan pun mudah mencari dan menunjukkan bukti riwayat chat.

7. Kontak perusahaan Anda mendapatkan centang hijau

Centang hijau ini secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan pada masyarakan yang menerima pesan dari perusahaan Anda. Sudah menjadi hal umum bahwa ada oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan orang pribadi atau perusahaan untuk keuntungannya. Namun, dengan sistem ini, pelanggan Anda tidak perlu khawatir dan curiga terhadap pesan yang masuk ke WhatsApp mereka.

Dengan begitu pelanggan Anda lebih percaya bahwa pesan yang dikirimkan benar dari perusaaan Anda, bukan dari oknum penipuan.

Gabung dengan WhatsApp Business API Bersama BARANTUM sekarangtingkatkan kepuasan pelanggan

Bagi Anda yang masih menggunakan WhatsApp Business biasa, sudah waktunya Anda beralih menggunakan WhatsApp Business API dengan segudang fitur yang jauh lebih canggih.

Barantum dapat membantu Anda untuk mendapatkan WhatsApp Business API terbaik dan official. Jika Anda masih bingung mengenai fungsi dan cara penggunaan WhatsApp Business API, staf profesional Barantum dapat membantu menjawab pertanyaan Anda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".