Manfaat Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp API

Membalas pesan otomatis adalah salah satu fitur pada WhatsApp API yang berfungsi untuk menjawab pesan masuk secara otomatis. Misalnya, membalas pesan otomatis seperti greeting message, harga produk, membantu transaksi, memberikan gambar produk, dan lainnya. Alur percakapan atau balasan pesan otomatis ini dapat diatur atau didesain sesuai kebutuhan bisnis.

Dengan WhatsApp API memungkinkan Anda mengotomatiskan percakapan dan mengirim pesan tepat waktu. Dengan chatbot WhatsApp, Anda dapat mengotomatiskan tanggapan ke FAQ Anda dan tetap terhubung dengan pelanggan Anda 24/7, sepanjang waktu. WhatsApp API khusus untuk para pebisnis dalam memasarkan dan menjual produk mereka, serta membangun pengalaman pelanggan yang baik. Dalam hal membangun pengalaman pelanggan atau customer experience yang baik, WhatsApp API menyediakan berbagai fitur canggih agar permintaan pelanggan terpenuhi.

Apa itu WhatsApp API?

WA API

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pesan otomatis di WhatsApp API, mari ketahui dulu pengertiannya. WhatsApp API adalah sebuah penghubung antaraplikasi dalam bentuk program yang menghadirkan tampilan aselayaknya tampilan WhatsApp termasuk juga fitur–fiturnya. Berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business, WhatsApp API tidak bisa berdiri sendiri. Anda harus mengintegrasikan WhatsApp API ke sistem pelayanan pelanggan atau sistem manajemen pelanggan bisnis Anda, seperti CRM Barantum, Barantum Service ataupun Barantum Omnichannel.

Membalas pesan otomatis memang dapat digunakan di WhatsApp Business dan WhatsApp Business API. Meski sama-sama dapat membalas pesan otomatis, namun keduanya memiliki perbedaan.

Pada WhatsApp Business memungkinkan Anda mengatur pesan untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda bahwa Anda pergi dan akan segera menghubungi pelanggan, mengirimkan pemberitahuan penting, dan mengumpulkan umpan balik tepat waktu kepada pelanggan. Sedangkan WhatsApp Business API memungkinkan Anda mengotomatiskan percakapan dan mengirim pesan tepat waktu. Dengan chatbot WhatsApp, Anda dapat mengotomatiskan tanggapan ke FAQ Anda dan tetap terhubung dengan pelanggan Anda 24/7, sepanjang waktu.

Baca juga: Panduan utama WhatsApp Business API

Manfaat Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp API

1. Solusi layanan pelanggan 24/7 dan meningkatkan layanan pelanggan

Menggunakan WhatsApp API, bisnis dapat menyediakan chatbot web untuk mengotomatiskan dukungan pelanggan dan pesan teks untuk pertanyaan umum. Ikon obrolan mengambang di situs web ini biasanya dilengkapi dengan teks yang sudah diisi sebelumnya yang berkaitan dengan masalah paling umum yang pelanggan hadapi.

CRM Meningkatkan Penjualan Sales

 

Jika Anda mengintegrasikan WhatsApp API ke akun bisnis Facebook atau Instagram Anda, obrolan WhatsApp dapat dimulai di halaman ini dengan menerapkan tombol obrolan WhatsApp ajakan bertindak yang dapat diklik pelanggan. Percakapan ini kemudian dapat dikelola oleh chatbot WhatsApp.

2. Aman untuk digunakan dan tidak ada kebocoran data

WhatsApp dilengkapi keamanan enkripsi end-to-end encryption dimana semua pesan yang masuk dan keluar dijamin kerahasiaannya. Pengguna dan bisnis yang terlibat dalam percakapan yang dapat melihat isi obrolannya.

Semua pesan yang dikirim bisnis Anda melalui WhatsApp tidak ada pihak ketiga yang dapat membaca percakapan pada pesan Anda. Dengan demikian, WhatsApp menjadi mode komunikasi yang lebih aman daripada email atau teks. WhatsApp mempertahankan kepercayaan ini dengan meminta bisnis untuk memverifikasi akun mereka sehingga pengguna yakin bahwa mereka berkomunikasi dengan perusahaan yang tepat.

3. Meningkatkan kenyamanan dan pelayanan pelanggan

Kenyamanan pelanggan penting dijaga. Hal itu agar bisnis yang Anda jalankan dapat semakin berkembang dan banyak pelanggan. Adanya fitur membalas pesan otomatis dapat membangun percakapan responsif dan proaktif dengan pelanggan. Alur percakapan dapat didesain personalisasi salah satunya dengan fitur greeting message untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan lebih baik.

Tidak hanya itu, Anda bis mengirim pesan otomatis dengan detail tentang produk atau layanan Anda kepada pelanggan atau calon pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tanpa membuat mereka menunggu, atau mengganggu mereka.

CTA WA API

4. Mengumpulkan umpan balik pelanggan

WhatsApp auto reply  Business dapat tim customer service manfaatkan  untuk meminta umpan balik atau masukan dari pelanggan. Hal ini berguna bagi bisnis untuk lebih memahami kebutuhan pelanggan yang dapat menjadi bahan dalam menyusun strategi peningkatan bisnis.

Di sisi lain, dengan mengintegrasikan WhatsApp API, otomatis kontak pelanggan Anda pun akan terintegrasi dan nantinya aktivitas penjualan Anda bersama mereka akan dilacak oleh CRM. Anda pun dapat mengotomatiskan pemberitahuan dan informasi tentang status pesanan pelanggan sehingga mereka mendapatkan informasi yang cepat.

WA CRM

5. Hemat biaya dan waktu

Akses ke nomor telepon pengguna (melalui keikutsertaan pelanggan) memungkinkan Anda menjangkau pelanggan secara real time. WhatsApp API juga menawarkan fungsi ‘balasan cepat’, di mana tim Anda dapat menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering dikirim untuk mempercepat proses layanan pelanggan Anda. Membalas pesan otomatis mampu merespons secara otomatis selama 24 jam. Dengan demikian, membuat bisnis mengurangi pengeluaran biaya operasional customer service.

6. Meningkatkan penjualan

Sebagian besar pelanggan mendapatkan rekomendasi dan solusi dari pertanyaan dari jawaban auto reply, tanpa melalui tim customer service. Hal ini menunjukan peningkatan pada customer experience yang berpengaruh pada reputasi lebih baik. Dengan reputasi bisnis yang baik, kesempatan untuk menambah jumlah penjualan lebih besar.

7. Memberikan tindak lanjut yang lebih baik

Kirim pesan otomatis dengan detail tentang produk atau layanan Anda kepada pelanggan calon pelanggan. Dengan WhatsApp API, Anda dapat memastikan pelanggan Anda mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tanpa harus menunggu waktu yang lama. Anda dapat menyimpan jawaban dari pertanyaan yang paling sering diajukan. Selain itu, lebih mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

Baca juga: CRM WhatsApp : Apa itu CRM WhatsApp, Apa Saja Fitur & Kelebihannya?

Cara Mendapatkan Fitur Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp API

Membalas pesan otomatis di pada fitur WhatsApp akan lebih bekerja dengan maksimal pada WhatsApp Business API. Seperti yang telah kami terangkan sebelumnya, bahwa untuk mendapatkan WhatsApp versi ini, Anda harus menggunakan mitra resmi WhatsApp seperti Barantum. Dengan begitu, Anda akan dapat meningkatkan kualitas komunikasi Anda dengan pelanggan. Sehingga terciptalah customer experience yang sempurna.

CTA WA API

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".