Alat penjualan apakah yang Anda gunakan?

Penggunaan WhatsApp Business API mungkin sudah tidak asing bagi para pemilik bisnis. Sebagai alat komunikasi dengan miliaran pengguna di seluruh dunia, WhatsApp turut menjadi andalan pebisnis dalam berkomunikasi. Hal ini karena sebagian besar pelanggan memiliki WhatsApp untuk komunikasi sehari-hari mereka, termasuk berkomunikasi dengan bisnis. Bahkan, aplikasi ini boleh menjadi salah satu alat penjualan yang efektif. Pelanggan tidak perlu mengirim email ke perusahaan atau menghubungi call center untuk menyampaikan keluhan mereka. Hanya dengan menggunakan layanan gratis ini, keluhan mereka akan langsung tersampaikan.

Bagaimana dengan CRM? CRM atau Customer Relationship Management ini adalah sebuah alat untuk menjaga hubungan bisnis terhadap pelanggannya. Dengan menggunakan CRM, loyalitas pelanggan dapat tercapai sehingga profit bisnis dapat meningkat. Inilah yang menjadikan CRM sebagai alat penjualan andalan di seluruh dunia.

Menggunakan kedua alat penjualan ini  akan menyempurnakan aktivitas penjualan Anda. Menggunakan WhatsApp Business API untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan secara cepat. Dan aplikasi CRM untuk memantau setiap tahap penjualan dengan pelanggan. Cerdas bukan?

WhatsApp Business API: sebagai alat penjualan dengan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial

kelebihan whatsapp api

Alat penjualan WhatsApp Business API memberi peluang bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan di saluran yang mereka sukai dan percayai. Hal ini karena WA Business API memiliki kemampuan untuk menambahkan tanda centang hijau ke profil WhatsApp bisnis yang memverifikasi apakah mereka benar-benar perusahaan yang sah dan dapat diandalkan. Dengan kemampuan itulah, bisnis mendapatkan kredibilitasnya dan mampu menjangkau lebih banyak prospek yang nantinya akan menjadi pelanggan. Fitur WhatsApp blast yang ada pada WhatsApp Business API memungkinkan Anda mempromosikan bisnis ke banyak penerima. Bahkan ke penerima yang tidak menyimpan kontak Anda. Cara ini akan memberikan Anda banyak pelanggan potensial dari mana saja.

Baca juga: Inilah Manfaat WhatsApp Business API yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat WhatsApp Business API untuk penjualan

1. Sebagai saluran komunikasi yang mudah dan praktis

WhatsApp memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan di saluran yang sudahmereka gunakan. Kebanyakan orang memeriksa pesan mereka beberapa kali sehari yang menjadikan WhatsApp cara termudah dan paling nyaman bagi mereka untuk berhubungan dengan bisnis. Pelanggan Anda juga tidak perlu memeriksa email mereka terus-menerus untuk mendapatkan pembaruan tentang pesanan/permintaan mereka.

2. Jangkauan global

Sebagai aplikasi messenger teratas di 128 negara,  WhatsApp Business API memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelanggan  lebih luas daripada dengan saluran lain. Ini terutama merupakan pilihan populer di negara-negara seperti Brasil, Meksiko, dan Malaysia di mana 60% penduduknya menggunakan WhatsApp.

3. Kecepatan pengiriman pesan

Salah satu frustrasi pelanggan terbesar adalah antrian tak berujung dan tanggapan tertunda. Pesan WhatsApp lebih pendek dan lebih langsung daripada email. Artinya, Anda dapat bereaksi lebih cepat terhadap pertanyaan dan masalah pelanggan, sehingga mengurangi kemungkinan churn.

4. Keamanan

Berkat enkripsi ujung ke ujung dan komitmennya untuk melindungi privasi pengguna, WhatsApp adalah pilihan yang aman bagi pelanggan yang ingin mengirim pesan ke bisnis. Ini juga memastikan pengalaman bebas spam.

Cara WhatsApp Business API meningkatkan penjualan Anda

1. Meningkatkan visibilitas produk Anda

Fitur katalog di aplikasi WhatsApp Business berfungsi sebagai etalase seluler bagi bisnis untuk memamerkan produk mereka. Ini menghemat bisnis kerumitan mengirim foto satu per satu dan mengulangi informasi.

Untuk setiap item dalam katalognya, bisnis dapat menambahkan informasi termasuk harga, deskripsi, gambar, nama produk, dan nomor.

2. Mempromosikan produk Anda

3. Menyediakan kode QR untuk mengobrol

Anda dapat menggunakan alat ini untuk membuat tautan yang kemudian dapat diubah menjadi kode QR. Atau, Anda cukup menampilkan kode QR Anda di papan reklame atau materi promosi. Jika menarik minat pelanggan, mereka dapat memulai percakapan dengan memindai kode QR dengan smartphone mereka.

4. Iklan Facebook ‘klik ke WhatsApp’

Iklan “klik ke WhatsApp” dapat membantu Anda menarik pelanggan melalui aplikasi perpesanan pilihan mereka. Untuk mengarahkan mereka ke WhatsApp, Anda dapat membuat iklan di Facebook dengan tombol “Kirim Pesan” yang akan membuka percakapan di WhatsApp ketika orang mengkliknya.

Mengizinkan pelanggan menghubungi Anda dengan mengklik tombol mempercepat proses pembelian yang berarti lebih banyak konversi.

5. Pembaruan informasi pesanan dan pengiriman

Tingkat pembukaan yang tinggi di WhatsApp menjamin bahwa pelanggan tidak akan melewatkan konfirmasi pesanan penting dan pembaruan status.

6. Dukungan pasca penjualan

WhatsApp adalah cara mudah untuk memberikan dukungan pasca-penjualan kepada pelanggan Anda tanpa membuat pelanggan Anda frustrasi karena antrean yang panjang atau informasi yang berulang. Dalam sebuah studi oleh Facebook, 50% pelanggan yang mengirim pesan ke bisnis melakukannya sepanjang perjalanan pelanggan mereka – untuk bertanya tentang jam buka, melakukan pembelian, atau berbagi umpan balik.

Untuk produk yang tidak memerlukan keahlian teknis, Anda dapat menawarkan dukungan tutorial video. Permintaan pengembalian dana juga dapat diproses dengan cepat tanpa bolak-balik email.

7. Membangun hubungan pelanggan

Digabungkan dengan layanan yang lebih cepat, lebih langsung, dan lebih personal, WhatsApp dapat mendekatkan Anda dengan pelanggan, dan pada akhirnya menghasilkan konversi yang lebih besar.

CRM: sebagai alat penjualan andalan tiap bisnis

CRM (Customer Relationship Mangement) adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang memadukan proses antara manusia dan teknologi. Sistem CRM membantu menarik prospek penjualan, mengkonversi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Untuk mengetahui CRM lebih lanjut, Anda dapat menonton video berikut ini.

Manfaat CRM untuk penjualan

1. Layanan pelanggan yang lebih baik

Alat penjualan CRM modern memiliki banyak fungsi, tetapi perangkat lunak tersebut dibuat untuk meningkatkan hubungan bisnis-pelanggan, dan itu masih merupakan manfaat utamanya. CRM mengelola semua kontak Anda dan mengumpulkan informasi penting pelanggan – seperti demografi, catatan pembelian, dan pesan sebelumnya di semua saluran – dan membuatnya mudah diakses oleh siapa saja di perusahaan Anda yang membutuhkannya. Ini memastikan bahwa karyawan Anda memiliki semua yang perlu mereka ketahui tentang pelanggan, sehingga dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, yang cenderung meningkatkan kepuasan pelanggan.

2. Peningkatan penjualan

CRM dapat membantu Anda merampingkan proses penjualan, membangun jalur penjualan, mengotomatiskan tugas-tugas utama, dan menganalisis semua data penjualan Anda di satu tempat terpusat, yang berpotensi meningkatkan penjualan dan produktivitas.

3. Peningkatan retensi pelanggan

Setelah Anda mendapatkan dan mengonversi prospek, penting bagi Anda untuk berupaya mempertahankan mereka sebagai pelanggan dan mempromosikan loyalitas pelanggan. Perputaran pelanggan yang tinggi dapat memiliki banyak efek negatif bagi bisnis Anda, seperti pendapatan yang berkurang atau arus kas yang terganggu, jadi gunakan CRM Anda dan informasi yang diberikannya tentang pelanggan Anda untuk mendorong bisnis yang berulang.

4. Analisis terperinci

Perangkat lunak CRM biasanya memiliki kemampuan analitik bawaan untuk mengontekstualisasikan data, memecahnya menjadi item yang dapat ditindaklanjuti, dan metrik yang mudah dipahami.

CTA to Barantum.com

5. Produktivitas dan efisiensi yang lebih tinggi

Perangkat lunak CRM menggunakan teknologi otomatisasi pemasaran, yang mempercepat tugas-tugas kasar seperti kampanye dan membebaskan waktu karyawan Anda untuk fokus pada pekerjaan yang hanya dapat ditangani oleh manusia, seperti membuat konten. Ini juga dapat memastikan bahwa tidak ada tugas yang lolos (misalnya, semua email penting selalu dikirim ke orang yang tepat). Selain itu, CRM dapat menunjukkan dasbor tentang cara kerja proses bisnis Anda dan di mana alur kerja Anda dapat ditingkatkan .

6. Basis data informasi terpusat

Hal lain yang paling baik dilakukan oleh perangkat lunak CRM adalah menyediakan database terpusat dengan semua informasi tentang pelanggan Anda, membuatnya mudah diakses oleh siapa saja di perusahaan Anda yang membutuhkannya. Jika pelanggan sebelumnya telah berinteraksi dengan perusahaan, CRM akan menyertakan catatan interaksi tersebut, yang dapat menginformasikan upaya pemasaran dan promosi penjualan di masa mendatang. Ini menghemat waktu karyawan Anda untuk menggali file dan catatan lama, dan itu membuat pengalaman yang lebih baik dan lebih produktif bagi pelanggan.

7. Komunikasi terkelola dengan prospek

Pemeliharaan prospek bisa menjadi proses yang sulit dan rumit, dengan banyak langkah dan kesempatan untuk berkomunikasi. CRM secara otomatis mengelola proses, mengirimkan peringatan kepada karyawan Anda saat mereka harus menjangkau calon pelanggan dan melacak setiap interaksi, dari email hingga panggilan telepon.

8. Peningkatan segmentasi pelanggan

Daftar ratusan kontak bisa jadi berat dan berlebihan. Misalnya, bagaimana Anda tahu pelanggan mana yang ingin melihat email Anda tentang produk baru di toko Anda? CRM akan secara otomatis mengelompokkan daftar kontak Anda berdasarkan kriteria Anda, sehingga mudah untuk menemukan orang yang ingin Anda hubungi pada waktu tertentu. Anda dapat mengurutkan kontak berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, tahap pembeli, dan lainnya.

9. Laporan penjualan otomatis

Tim Anda dapat dengan mudah mengumpulkan dan mengatur data tentang calon pelanggan dan pelanggan saat ini menggunakan fitur pelaporan dan dasbor perangkat lunak CRM, yang memungkinkan karyawan untuk mengotomatisasi dan mengelola saluran dan proses mereka. CRM juga dapat membantu anggota tim Anda mengevaluasi kinerja mereka, melacak kuota dan sasaran mereka, dan memeriksa kemajuan mereka di setiap proyek mereka secara sekilas.

10. Peramalan penjualan yang lebih akurat

Dengan operasi bisnis apa pun, Anda harus dapat meninjau kinerja masa lalu Anda dan merencanakan masa depan secara strategis. Dengan menggunakan laporan penjualan otomatis dalam perangkat lunak CRM, Anda dapat mengidentifikasi tren utama dan mendapatkan gambaran tentang apa yang diharapkan dari kinerja siklus penjualan Anda di masa mendataKomunikasi internal yang efisien

Selain memfasilitasi komunikasi antara bisnis Anda dan pelanggan Anda, CRM dapat memudahkan karyawan Anda untuk berkomunikasi satu sama lain. CRM memudahkan untuk melihat bagaimana karyawan lain berbicara dengan calon pelanggan, yang membantu tim Anda mempertahankan suara merek yang terpadu. Ini juga memungkinkan anggota tim untuk saling mengirim catatan atau peringatan, menandai satu sama lain pada proyek, dan mengirim pesan dan email, semuanya dalam satu sistem.

Pilih CRM yang tepat dan mitra WhatsApp Business API terpercaya

Jika Anda bertanya, CRM mana yang memberikan semua manfaat di atas, jawabannya adalah Barantum CRM. Aplikasi CRM berbasis cloud ini memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk aktivitas penjualan serta meningkatkan profit bisnis Anda. Fitur-fitur tersebut bisa untuk semua skala dan jenis bisnis. Dari bisnis kecil hingga enterprise, semuanya bisa menggunakan Barantum CRM. Selain itu, Barantum CRM memiliki aplikasi versi seluler untuk membantu tim lapangan Anda. Kapan pun dan di mana pun mereka berada, mereka bisa menggunakannya.

Baca juga: Kembangkan Bisnis dan Raih Pelanggan Baru dengan CRM Barantum

Official WhatsApp API Business Solution Provider

Selain sebagai CRM, Barantum juga merupakan mitra resmi dari WhatsApp. Bersama Barantum, Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan WhatsApp API.

Menggunakan WhatsApp API Barantum memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda, yaitu

  • Barantum mengambil alih implementasi teknis dan memastikannya selalu up to date, sehingga Anda dapat fokus untuk berbicara dengan pelanggan Anda di WhatsApp.
  • Privasi data adalah prioritas utama Barantum. Saat Anda menghubungkan API WhatsApp dengan Barantum, semua data akan dienkripsi end-to-end dan tersimpan dengan aman di server.
  • Layanan profesional. Perutean cerdas, chatbots, analitik, tiketing manajemen, dan lainnya. Barantum dibuat untuk komunikasi pelanggan digital dan menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk dukungan WhatsApp yang efisien. Buat seluruh tim layanan Anda terlibat dalam interaksi pelanggan tanpa batas.
  • Telah mengadopsi teknologi Omnichannel. Integrasi banyak saluran perpesanan dalam satu platform. Memang kebanyakan orang menggunakan WhatsApp tetapi itu bukan satu-satunya saluran komunikasi bagi bisnis Anda tentunya. Satukan seluruh interaksi pelanggan Anda dari semua saluran dalam satu platform – Dengan Barantum Chat Anda dapat mengintegrasikan obrolan web, WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, Line, dan Instagram serta masih banyak lagi.
  • Best value for money. Bersama Barantum, Anda mendapatkan akses ke WhatsApp Business API hanya dengan biaya yang terjangkau. Sudah termasuk obrolan situs web dan banyak fitur layanan yang lebih canggih disertakan.

Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".