CRM untuk Bisnis Tour & Travel Ditengah Ketatnya Kompetisi di Era Digital

bisnis travel

Bisnis Tour & Travel Masa Kini

 

Bisnis Tour & Travel yang menjadi bagian dalam Industri Pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan suatu negara. Wisatawan lebih sadar akan pilihan mereka, lebih peka terhadap harga dan mengharapkan pengalaman perjalanan yang lebih baik daripada sebelumnya. Operator tur dan agen perjalanan dalam bisnis tour & travel bersiap-siap untuk menghadapi tantangan ini dan terlibat dalam kompetisi yang ketat untuk memberikan layanan yang lebih baik dan lebih personal untuk mengelola harapan klien secara efektif. Sistem CRM telah menjadi sangat penting untuk membantu mereka yang berada di industri ini memenuhi tantangan-tantangan ini.

Dalam upaya memperluas operasi bisnis, menarik pelanggan baru dan mempertahankan basis pelanggan mereka saat ini, bisnis tour & travel bergantung pada alat yang tersedia melalui solusi manajemen hubungan pelanggan (CRM). Untuk bisnis yang fokus dalam pemberian layanan khusus, seperti perjalanan dan pariwisata, CRM dapat sangat berguna.

Baca juga : Bisnis Pariwisata 2019 Pakai Sistem CRM Lebih Menguntungkan

 

Tantangan yang harus dihadapi Bisnis Tour & Travel di Era Digital

 

Ribuan agen travel menutup pintu mereka. Ribuan lagi mungkin akan ditutup pada tahun depan. Apa yang dapat dilakukan agen perjalanan untuk memastikan kelangsungan hidup mereka? Atau apakah mereka sudah usang karena kewalahan oleh kompetisi baru yang ditimbulkan oleh teknologi internet di era digital ini?

tantangan dalam bisnis travel

Berikut ini 5 tantangan yang harus dihadapi dalam Bisnis ini yaitu :

1. Membangun Sistem Online yang Kredibel :

Tantangan terbesar yang dihadapi dalam Bisnis Tour & Travel adalah membangun sistem online yang kredibel. Meskipun Anda mungkin memiliki situs web Anda sendiri, akan menjadi semakin rumit kedepannya untuk bisa tetap terlihat di tengah persaingan yang semakin ketat. Situs web Anda hanya berfungsi sebagai bagian depan layanan online, dan tanpa situs web responsif yang dilengkapi untuk menangani pemesanan dan memberikan jawaban kepada klien, maka bisa dipastikan bisnis Anda akan tenggelam dalam kompetisi.

2. Menjaga Standar Layanan yang Konsisten :

Dalam Bisnis Tour & Travel, sangat penting untuk menawarkan pengalaman yang konsisten kepada wisatawan sebagai pelanggan utamanya. Meskipun terlihat sederhana, namun tugas ini tidak mudah. Dengan sejumlah besar pengemudi taksi dan beberapa taksi di bawah manajemen seseorang, juga koordinasi dengan pengelola layanan transportasi setempat serta pihak penginapan dan area wisata yang dituju, akan menjadi cukup sulit untuk mempertahankan kualitas dari setiap unsur pelayanan yang di berikan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik dan konsisten.

3. Menyediakan Layanan yang Dipersonalisasi :

Di era digital ini persaingan semakin meningkat dan ketat, penyedia layanan Tour & Travel di seluruh dunia, menghadapi tantangan yang sama untuk memuaskan pelanggan. Layanan yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi pelanggan adalah langkah pertama untuk menyenangkan pelanggan. Meskipun Anda mungkin melakukan banyak hal untuk membuat pelanggan merasa dicintai, namun belum tentu sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pelanggan. Untuk itu dibutuhkan sistem yang dapat mendekatkan pelanggan dan mempertahankan pelanggan, dalam kasus ini Software CRM sangat berperan besar dan hampir semua sektor Industri mulai mengimplemtasikan CRM untuk mengatasi tantangan ini, namun pertanyaannya adalah; Apakah sistem CRM yang digunakan tepat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda?

4. Prosedur Pemesanan Sederhana :

Meskipun Anda mungkin merasa mudah untuk menelepon dan memesan layanan Anda, pelanggan Anda mungkin tidak merasakan hal yang sama. Dunia sudah memasuki era digital di mana orang menggunakan smartphone untuk semuanya. Anda tidak bisa mempertahankan proses pemesanan tradisional yang memakan waktu. Anda perlu meningkatkan proses pemesanan Anda dan pada saat yang sama memiliki dasbor pemesanan yang cerdas untuk mengelola semuanya.

5. Memperlancar Manajemen Operasional :

Operasional sehari-hari dapat menjadi sangat rumit, jika tidak dikelola secara efisien. Oleh karena itu, sebagian besar Agen Tour & Travel merasa tertekan dengan penanganan pemesanan, permintaan pelanggan, dan kesulitan dalam manajemen armada, komunikasi dengan pelanggan, kinerja karyawan,dsb. Perampingan birokrasi dan manajemen operasional adalah langkah pertama untuk memastikan penyampaian layanan pelanggan yang konsisten dan menyenangkan.

Baca Juga : Bingung Apa itu CRM? Berikut ini Definisi dan Ilustrasinya

 

Bagaimana CRM Menjadi Solusi Bisnis Tour & Travel

Solusi CRM menawarkan tiga keuntungan signifikan bagi Bisnis Tour & Travel :

  • Database pelanggan
  • Manajemen brosur
  • Mengelola keluhan pelanggan secara efektif

Industri Pariwisata terus tumbuh, dan bisnis yang ada didalamnya yaitu Bisnis Tour & Travel mendasarkan keberhasilan mereka pada kepuasan klien. Dengan menggunakan sistem CRM yang dapat disesuaikan dan dikustomisasi untuk Bisnis Tour & Travel, bisnis ini dapat bertahan dalam ketatnya kompetisi saat ini dan memenangkan lebih banyak pelanggan.

Database Pelanggan

Software CRM memberikan Perusahaan basis data pelanggan yang memungkinkan agen dan karyawan untuk melacak informasi yang terkait dengan klien dan pelanggan mereka. Basis data ini dapat mencakup informasi pelanggan seperti:

  • Nama, alamat, dan nomor telepon;
  • Informasi keuangan;
  • Pemesanan sebelumnya;
  • Rencana perjalanan; dan
  • Komunikasi (sebelum dan sesudah penjualan).

Dengan menggunakan informasi ini, agen perjalanan dan perusahaan pariwisata dapat mengikuti kebutuhan pelanggan dengan lebih efektif dan merespons secara tepat waktu. Mereka juga dapat memahami riwayat pelanggan untuk memberikan layanan yang lebih personal.

Manajemen Brosur

Setiap orang menggunakan teknologi di semua bidang kehidupan mereka, dan itu termasuk perencanaan perjalanan. Meskipun menggunakan teknologi, brosur perjalanan tetap menjadi bagian penting dari industri ini. Brosur adalah alat pemasaran yang efektif, memberikan informasi tentang layanan perusahaan dalam format yang mudah dan nyaman. Sistem CRM menyediakan alat dan fitur yang membantu agen dan perusahaan tour & travel mengelola brosur dan mengirimkan brosur yang berbeda beda kepada konsumen yang berbeda beda melalui email.

Manajemen Keluhan Pelanggan

Mengingat banyaknya pelanggan dari jasa industri tour & travel, ada kalanya keluhan atau masalah terabaikan atau gagal. Software CRM memungkinkan perusahaan untuk menangani keluhan dan masalah secara lebih efektif. Agen dapat melacak keluhan, strategi yang diterapkan, kemajuan, dan mengeluarkan resolusi. Selain itu, informasi yang disimpan dalam database CRM memungkinkan agen untuk melacak masalah berulang sehingga perusahaan dapat menentukan solusi jangka panjang.

 

Fitur Lain Yang Berguna Dalam Bisnis Tour & Travel

Software CRM mempunyai fitur lain yang smembantu perusahaan mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan produktivitas, dan mengelola operasi bisnis:

 

  • Dukungan untuk banyak agen. Software CRM memungkinkan lebih dari satu agen untuk masuk/login secara bersamaan, yang memastikan bahwa staf dapat bekerja lebih kohesif, berbagi sumber, pengetahuan, keahlian, dan informasi untuk memastikan bahwa klien mendapatkan apa yang mereka inginkan: liburan yang sempurna .
  • Tetap terhubung. Perusahaan dapat menggunakan layanan cloud, email, chat dan menyinkronkan layanan back-office mereka dengan sistem CRM untuk membantu karyawan tetap terhubung baik dengan anggota lainnya dan juga pelanggan.
  • Dukungan saat dibutuhkan. Saat berhadapan dengan klien, masalah teknis tidak hanya merepotkan tetapi juga bisa menjadi mahal, jadi memiliki bantuan yang tersedia saat dibutuhkan sangat penting. Perangkat lunak CRM menawarkan layanan help desk untuk pemecahan masalah dan dukungan produk.
  • Histori komunikasi. Menggunakan catatan janji sebelumnya yang disimpan dalam database CRM, agen dapat menentukan di mana, kapan, dan bagaimana mereka berkomunikasi dengan klien di masa lalu. Pengetahuan ini membantu agen memulai kontak menggunakan metode yang paling tepat untuk klien tertentu.
  • Rencanakan, Lacak dan Atur Aktivitas Penjualan Anda.Rencanakan dan lacak setiap aktivitas pertemuan dengan klien, panggilan, demo dan email Anda pada setiap transaksi, kontak dan perusahaan. Anda bisa melihat daftar tugas tim penjualan yang dapat dipersonalisasi, disinkronisasi dengan kalender dan perangkat seluler Anda. Delegasikan pekerjaan kepada anggota tim dengan mudah. Sistem pelacakan aktivitas penjualan, memberi Anda informasi tentang kegiatan yang sudah terjadi dan rencana kegiatan kedepannya pada setiap transaksi dan kontak.

Software CRM, memberikan agen perjalanan dan perusahaan perencanaan pariwisata alat untuk meningkatkan efektivitas dari interaksi pelanggan, mengelola aktivitas pelanggan dengan pengeditan yang mudah, mengelola pembaruan, dan mengandalkan basis data klien yang handal. Dengan implementasi CRM yang sukses, Bisnis Tour & Travel dapat membantu klien mereka melihat dunia dan liburan impian mereka.

Anda bisa mencoba gratis Software CRM Barantum pada link berikutCRM

 

In this article

Join the Conversation

five + eighteen =