Bisakah CRM dimanfaatkan untuk customer service (CS)? Tentu bisa.

CRM untuk customer service membantu perusahaan Anda untuk menjalin interaksi yang baik dengan pelanggan. Interaksi baik melalui email, telepon, maupun sosial media.

Customer service yang memuaskan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas berdampak pada meningkatnya loyalitas pelanggan. Dengan CRM untuk customer service segala aktivitas yang dilakukan dapat terdata dengan valid dan real time.

Seperti halnya data yang tersimpan dengan baik berpengaruh pada waktu pencarian data yang lebih singkat. Customer service yang tidak menggunakan CRM memungkinkan mencari data lebih lama. Waktu yang digunakan pun menjadi tidak efisien.

Tanpa adanya CRM untuk customer service, data pelanggan yang ditanyakan besar kemungkinan tidak tercantum dengan lengkap. Lamanya proses pelayanan di customer service akan berdampak pada menurunnya kepercayaan dan kepuasaan pelanggan.

Tentu hal itu ingin dihindari oleh tiap perusahaan. Tiap perusahaan kini berlomba-lomba untuk memaksimalkan customer service di perusahaan mereka. Salah satunya, dengan aplikasi CRM, seperti Barantum.

Keunggulan CRM untuk optimalkan kinerja customer service

1. Sistem komunikasi omnichannels

CRM customer service

Bagi customer service, kemudahan komunikasi dengan pelanggan menjadi nilai plus di sebuah perusahaan. Fitur yang mudah dijalankan memudahkan customer service melakukan aktivitasnya dengan optimal.

CRM untuk customer service menjawab kebutuhan mereka dengan menghadirkan sistem yang mudah diakses dan mudah dimengerti. Bahkan, tiap channel perusahaan, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, ataupun Telegram dapat terintegrasi dalam satu sistem.

Saat pelanggan menelepon, customer service hanya perlu mencari data sesuai nama pelanggan. Dengan sistem CRM informasi lainnya secara otomatis dapat terlihat. Mulai dari riwayat percakapan hingga riwayat aktivitas pembelian.

Berbagai perusahaan telah memanfaatkan aplikasi CRM ini untuk kebutuhan kinerja customer servicenya. Misalnya CRM Barantum yang telah dipercaya berbagai perusahaan. 

Data di tiap channels perusahaan dapat langsung terekam ke dalam sistem CRM. Jadi, customer service tidak perlu menginput ulang data pelanggan berkali-kali karena data tersebut sudah masuk ke dalam sistem.

Customer service pun tidak perlu khawatir data pelanggan hilang karena banyaknya channels yang dimiliki perusahaan.

Baca juga: Solusi Pengembangan Bisnis dengan CRM

2. Akses informasi pelanggan mudah

CRM customer service

Kemudahan lainnya, customer service mudah mengakses informasi pelanggan. Tentu data informasi menggunakan CRM aman.

Dari banyakanya data pelanggan yang dimiliki perusahaan, customer service dapat dengan mudah menemukan data tersebut dengan CRM. Meski saat melakukan pecakapan, customer service dapat mudah mengakses informasi data pelanggan yang sedang menelepon.

Dengan demikian, waktu tunggu pelanggan untuk customer service mencari data dipersingkat. Customer service memiliki waktu lebih banyak untuk menangani percakapan dengan pelanggan lainnya. Sehingga waktu yang dihabiskan tidak hanya untuk mencari data pelanggan.

Informasi data pelanggan dalam sistem CRM dapat dilihat secara real time dan mudah diperbarui. Jika ada yang permasalahan dari pelanggan, customer service bisa dengan cepat menangani dan menyelesaikan masalah tersebut.

Dari rangkaian penanganan yang sigap dan cepat, menambah kepuasan pelanggan terhadap perusahaan. Pekerjaan customer service pun menjadi lebih ringan.

3. Otomasi layanan ticketing pelanggan

Penggunaan sistem CRM secara otomatis membuat layanan ticketing pelanggan. Misalnya, seorang pelanggan mengalami permasalahan, customer service dapat menginput masalah yang terjadi.

Jika sewaktu-waktu pelanggan tersebut menanyakan hal yang sama, customer service telah memiliki data sebelumnya. Sehingga, mengatasi masalah dari customer service pun lebih optimal dan cepat.

Customer service dapat melihat semua data pelanggan dan permasalahan yang terjadi hanya dengan menyebutkan nomor layanan ticketingnya saja. Dari nomor layanan ticketing, customer service mampu mengetahui sudah sampai mana progres penyelesaian masalah pelanggan.

Tentu hal ini menjadi hal yang menguntungkan karena tiap customer service dapat mengetahui siapa customer service pertama yang menangani pelanggan hingga progresnya.

Dengan kata lain, jika beberapa hari kemudian mendapatkan panggilan dari pelanggan yang sama, customer service yang menangani pada hari ini dapat mengecek aktivitas riwayat sebelumnya.

Baca juga: Otomasi Customer Service Tingkatkan Produktivitas Bisnis Anda

4. Mudah memantau kinerja tim dalam satu dashboard CRM

CRM customer service

Memantau aktivitas kinerja tim kini tidak sulit dilakukan. Tim manajemen atau tiap kepala divisi tidak perlu menanyakan satu per satu aktivitas timnya. Semua akan tercantum dalam CRM.

Jika hanya memiliki dua atau tiga staf tentu tidak terlalu masalah untuk menanyakan tiap aktivitas staf. Namun, bagaimana perusahaan Anda memiliki puluhan, ratusan, hingga ribuan staf?

Pastinya akan memakan waktu lama untuk menanyakan satu per satu aktivitas mereka dalam satu hari. Belum lagi jika terjadi suatu masalah yang perlu diselesaikan dengan cepat.

Dalam satu hari, satu customer service bisa menangani banyak pelanggan. Untuk menghemat waktu, Anda bisa menggunakan CRM untuk menginput segala aktivitas staf dan customer service Anda.

Pada satu halaman dashboard CRM, Anda dapat melihat apa saja aktivitas yang telah dilakukan tiap staf Anda, bagaimana cara customer service berkomunikasi dengan pelanggan, dan cara penyelesaian permasalahan.

Dengan CRM pun memudahkan tim manajemen dalam mengukur KPI customer service. Adanya KPI customer service, memudahkan Anda untuk mengevaluasi dan melakukan perbaikan untuk meningkatkan performa mereka.

CRM untuk customer service

5. Terintegrasi aplikasi call center

Dengan CRM perusahaan Anda dapat mengeluarkan biaya yang lebih sedikit. Customer service Anda dapat langsung menggunakan CRM untuk membuat panggilan kepada customer.

Tiap riwayat percakapan customer service dan pelanggan pun terekam dengan baik. Jadi, jika ada hal yang tidak diinginkan, dapat kembali melihat hasil rekaman tersebut.

6. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda

CRM customer service

Banyak CRM yang ada untuk memudahkan perusahaan Anda mencapai strategi perusahaan. CRM yang berkualitas akan memudahkan Anda untuk mengakses dan mengaplikasikan tiap fiturnya. 

Misalnya, CRM Barantum yang memudahkan Anda untuk menyesuaikan form CRM sesuai kebutuhan perusahaan.

CRM untuk customer service

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments