Anda memiliki pekerja tim lapangan dan sulit untuk memantaunya? Tenang saja. Kini ada sitem CRM yang membantu Anda melihat produktifitas tim lapangan secara real time.

Tidak semua perusahaan hanya memiliki pekerja yang selalu di kantor. Banyak perusahaan yang mempekerjakan staf untuk terjun langsung ke pelanggan atau tim lapangan.

Dengan cara terjun langsung ke pelanggan, tim pelanggan dapat mengetahui secara visual bagaimana ketertarikan pelanggannya. Tim lapangan pun dapat mensurvei wilayah potensial perusahaan Anda.

Namun, memiliki tim lapangan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi perusahaan. Tentu baik Anda dan staf ingin sama-sama diuntungkan. Dengan penggunaan CRM, dapat memaksilamakan keuntungan perusahaan Anda.

Bagaimana bisa? CRM, seperti Barantum CRM, kini dapat diakses melalui aplikasi mobile yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Baca juga: Cara Memanfaatkan CRM untuk Tingkatkan Penjualan

Di sisi tim menajemen, Anda tidak perlu khawatir adanya kecurangan dalam aktivitas tim lapangan. Di sisi tim lapangan pun diuntungkan dengan mudahnya pelaporan tiap aktivitas.

Pelaporan aktivitas dari tim lapangan kini lebih cepat dan hemat biaya. Tim lapangan dapat langsung menginput hasil aktivitas apa saja yang telah dilakukan di berbagai lokasi yang telah ditentukan.

Kemudahan akses, hemat biaya, menjadi keunggulan CRM penjualan untuk tim lapangan.

Bagaimana Anda Bisa Melihat Aktivitas Tim Lapangan Real Time dengan CRM?

Jika Anda masih bertanya-tanya bagaimana bisa melihat aktivitas tim lapangan Anda dengan CRM. Apalagi jika jarak tim lapangan dan perusahaan Anda sangat jauh.

Berikut hal-hal yang dapat Anda peroleh dari penggunaan CRM untuk perusahaan Anda terkait tim lapangan.

1. CRM permudah operasional tim lapangan

Tim lapangan Anda tidak perlu repot membawa berkas dokumen yang banyak dan tebal. Hanya dengan menggunakan smartphone, mereka dapat menginput seluruh informasi yang dibutuhkan di CRM.

Dimana pun lokasi tim lapangan Anda, mereka dapat melakukan penawaran dan transaski dengan mudah. Efektivitas waktu tim lapangan Anda dalam bekerja pun meningkat.

Mereka tidak perlu melaporkan dengan langsung datang ke kantor saat itu juga karena data sudah terupdate dalam CRM. Data tersebut dapat dilihat tim manajemen ataupun kepala divisi penjualan.

Dari informasi data yang diperoleh secara real time, tim manajemen dapat menganalisa dan mengevaluasi kinerja timnya. Tenaga tim lapangan pun tidak terkuras karena bawaannya ringan.

Dengan demikian, laporan aktivitas harian tim lapangan dapat mudah dilakukan setelah selesai penawaran pada pelanggan.

Baca juga: Intip Alasan Mengapa Tim Sales Membutuhkan CRM Mobile

2. CRM mampu memantau aktivitas tim lapangan

Tim lapangan Anda tidak perlu memakan waktu ke kantor untuk absensi masuk dan pulang. Terlebih jika lokasi yang dituju jauh dari kantor.

Dengan CRM, memudahkan absensi tim lapangan Anda dimana pun mereka berada. Lokasi tim lapangan Anda dapat terlacak dengan baik dengan live GPS tracking.

Anda tidak perlu khawatir ada tim lapangan yang tidak datang sesuai dengan lokasi karena CRM, seperti CRM Barantum, merupakan sistem yang anti GPS palsu.

Dengan demikian, tidak ada staf yang dapat memanipulasi lokasi keberadaan mereka selama jam kerja. Jadi, baik Anda maupun tim lapangan sama-sama diuntungkan dengan penggunaan CRM.

Pemberian tugas kepada tim lapangan Anda juga bisa dilakukan secara real time. Anda bisa menghemat biaya panggilan telepon kepada tim lapangan Anda tiap ada tugas baru.

Tim lapangan Anda pun dapat dengan mudah memantau melalui aplikasi CRM yang ada di smartphone mereka.

CRM tim lapangan

3. Laporan aktivitas di CRM akurat dan real time

untung penerapan CRM

CRM dapat mengakses semua data visualisasi transaksi dan aktivitas tim dengan cepat dan mudah dalam satu halaman. Segala aktivitas tim lapangan dapat terinput dengan rapi. Terlebih tim lapangan tidak hanya datang ke suatu lokasi.

Dengan menginput data informasi dengan cepat dan mudah, mempercepat pergerakan tim lapangan untuk ke lokasi berikutnya secara real time. Tim lapangan juga dapat menginput berbagai informasi terkait pelanggan, termasuk kebutuhan mereka.

Hal itu mempermudah suatu saat tim lapangan lainnya datang ke lokasi yang sama dengan menawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

4. CRM mempermudah melihat pesebaran lokasi pelanggan

Seperti yang diketahui, dengan live GPS tracking, tiap pergerakan tim lapangan Anda bisa terlihat selama jam kerja. 

Selain itu, tiap data pelanggan yang masuk akan disesuaikan dengan lokasi pelanggan. Hal itu memungkinkan Anda untuk menganalisis pesebaran pelanggan Anda di seluruh Indonesia.

Melalui CRM, Anda dapat melihat pesebaran data pelanggan Anda hanya dengan satu halaman maps saja. Tentu hal itu sangat menguntungkan perusahaan Anda.

Anda dapat mengetahui lokasi mana saja yang potensial memiliki banyak pelanggan. 

Baca juga: CRM dan WhatsApp Bussines API Paduan Alat Penjualan Sempurna

5. Informasi data lengkap dan penyesuaian kebutuhan pelanggan

CRM customer service

Tiap data pelanggan yang dimasukkan oleh tim lapangan Anda ke CRM, terinput dengan valid dan real time.

Informasi pelanggan, dapat dianalisa kebutuhan mereka. Aktivitas dan riwayat penjualan terhadap pelanggan pun tercatan dengan rapi.

Tim lapangan menjadi lebih mudah mencari data pelanggan yang dibutuhkan di suatu lokasi. Jika suatu saat tertentu mereka membutuhkan informasi tentang pelanggan, maka tim lapangan dengan mudah mencarinya.

Tentunya penyesuaian kebutubuhan pelanggan ini mampu meningkatkan penjualan perusahaan. Tim lapangan dapat menawarakan jasa atau produk sesuai keinginanan pelanggan.

Pelanggan yang merasa mendapatkan solusi dari kebutuhan mereka, lebih tinggi potensinya untuk membeli atau melakukan kerja sama dengan perusahaan Anda.

6. Mampu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda

Dari banyaknya CRM yang ada, pilihlah CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

CRM yang mudah diaplikasikan, seperti CRM Barantum, menjadi solusi tepat bagi permasalahan tim lapangan Anda. 

CRM tim lapangan

Anda dapat dengan mudah mendesain form CRM sesuai dengan kebutuhan. Cara aplikasi CRM mudah dan gampang dipahami menjadi nilai plus yang dapat Anda pertimbangankan untuk memakai CRM.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang