Pentingnya Customer Lifetime Value

Customer lifetime value (CLV) adalah salah satu indikator yang digunakan untuk menentukan nilai dari pelanggan sebuah perusahaan. Metrik ini dinilai akurat sehingga banyak digunakan oleh perusahaan dalam menghitung nilai pelanggan mereka.

CLV adalah sebuah metrik untuk memperkirakan total nilai pelanggan terhadap sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu (mengikuti durasi hubungan bisnis keduanya). Secara sederhana, customer lifetime value adalah prediksi atas nilai total pendapatan yang bisa Anda dapatkan dari pelanggan tersebut.

Pengertian Customer Lifetime Value

Secara sederhana, customer lifetime value adalah prediksi atas nilai keseluruhan pendapatan yang dapat kamu dapatkan dari pelanggan. Di sisi lain, customer lifetime value adalah salah satu alat yang cocok untuk menjawab persoalan tersebut. Data yang dihasilkan nanti merupakan referensi berharga untuk mengukur pertumbuhan bisnis hingga membuat keputusan penting agar bisnis berkelanjutan.

Cara menghitung Customer Lifetime Value

Pengukuran customer lifetime value sendiri akan semakin akurat dengan mempertimbangkan 2 hal. Pertama, perilaku dan pola pembelian yang dilakukan pelanggan saat ini. Kedua, prediksi perilaku dan pola pembelian yang dilakukan pelanggan. Poin kedua akan sangat bergantung pada kapabilitas atau seberapa baik perusahaan dalam melakukan analisis

Untuk menghitung customer lifetime value , ada sebuah rumus dasar yang dapat Anda gunakan, yaitu:

Customer lifetime value = Rata-rata nilai transaksi x (Jumlah transaksi dalam satu tahun x Waktu retensi)

Waktu retensi adalah durasi hubungan bisnis antara Anda dengan pelanggan. Angkanya bisa sangat variatif, mengikuti produk atau jasa yang Anda tawarkan atau bahkan mengikuti cara pelanggan mengonsumsi produk Anda.

Barantum omnichannel

Pentingnya Customer Lifetime Value

Menurut penelitian dari buku berjudul Marketing Metrics, peluang bisnis untuk menjual ke prospek atau calon pelanggan hanyalah berkisar antara 5-20%, sedangkan probabilitas menjual ke pelanggan tetap bisa mencapai 60-70%. Berikut beberapa alasan lain yang menunjukkan mengapa customer lifetime value penting.

1. Membantu menyasar target yang tepat

Nilai setiap pelanggan itu berbeda. Dengan CLV , Anda akan mengetahui pelanggan mana yang lebih tertarik mengeluarkan uang untuk bisnis Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan segmenting dan targeting. Mengetahui target yang tepat tentu dapat meningkatkan keuntungan lebih cepat.

2. Pengeluaran lebih minim

CLV akan memudahkan Anda untuk mengelompokkan tipe-tipe pelanggan. Dengan begitu Anda jadi bisa melakukan kegiatan pemasaran yang lebih spesifik, yakni kepada mereka yang benar-benar tertarik dengan produk Anda sehingga berdampak pada pemangkasan biaya. Pengeluaran jadi lebih minim karena menyasar target yang dinilai ideal.

3. Meningkatkan loyalitas

Konsisten melakukan analisis CLV dan memberikan yang terbaik kepada pelanggan, baik dari sisi pengembangan produk maupun pelayanan, akan meningkatkan loyalitas mereka kepada bisnis Anda. Dengan begitu, Anda juga akan menambah ulasan positif, promosi gratis, hingga pembelian berulang dalam rentang waktu yang lama.

4. Membantu mengoptimalkan strategi

Dengan data yang tepat, Anda bisa membuat keputusan penting yang tepat. CLV akan membantu bisnis mengoptimalkan strategi yang tidak hanya fokus pada objektif jangka pendek, namun juga jangka panjang dengan perhitungan yang lebih tepat. Mulai dari mengukur efektivitas kegiatan pemasaran, hingga nilai investasi dalam manajemen hubungan dengan pelanggan. Dengan begitu sales mampu mencapai key performance indicator mereka.

Cara Meningkatkan Customer Lifetime Value

Terdapat cara simpel dan bahkan bisa menyesuaikan dengan jenis usaha yang sedang dijalankan untuk meningkatkan CLV. Cara tersebut adalah dengan menerapkan program promosi bagi pelanggan. Program semacam ini akan mengikat pelanggan Anda sehingga retensinya dapat meningkat. Apa lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan CLV?

1. Buat sistem reward

Anda bisa meningkatkan hubungan dengan pelanggan sehingga mereka terus tertarik melakukan pembelian dengan menerapkan sistem loyalty reward. Memberi insentif kepada pelanggan agar mereka kembali dapat meningkatkan frekuensi pembelian dalam waktu yang lebih singkat.

2. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Bagaimana informasi terbaru seputar produk Anda ditemukan, apakah mudah atau sulit, adalah bagian dari pengalaman pelanggan yang ikut mendorong terciptanya keputusan pembelian. Begitu pula dengan layanan yang Anda sajikan. Customer service yang cepat tanggap dan solutif akan menghasilkan interaksi positif yang membuat pelanggan semakin setia dengan produk Anda.

3. Upsell dan Cross-Sell

Strategi ini bertujuan untuk mendorong pelanggan melakukan langganan premium atau membeli produk tambahan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam hal ini, ketahui value produk Anda, lalu kenali pelanggan serta kebutuhan mereka.

4. Optimasi teknologi dan software

Untuk memudahkan berbagai kegiatan rutin yang dapat membantu Anda tetap terhubung dengan pelanggan, Anda bisa memaksimalkan opsi marketing automation. Dengan begitu, Anda bisa menjaring data lebih baik serta mengkomunikasikan pesan secara konsisten.

Dalam hal agar terhubung dengan pelanggan. Anda bisa menggunakan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) untuk menjalin hubungan dengan pelanggan.

Manfaat Barantum Aplikasi CRM untuk menjalin hubungan dengan pelanggan

– Pantau heatmap persebaran pelanggan

heatmao CRM

  1. Lihat lokasi persebaran pelanggan Anda di seluruh indonesia dari satu halaman maps.
  2. Lihat posisi terakhir team lapangan dalam satu halaman maps.

– Survey kebutuhan pelanggan secara realtime

survey kebutuhan pelanggan

  1. Lihat lokasi persebaran pelanggan Anda di seluruh indonesia dari satu halaman maps.
  2. Lihat posisi terakhir team lapangan dalam satu halaman map

– Sesuaikan tiap form dengan kebutuhan bisnis Anda

penyesuaian from pelanggan

Desain form pada aplikasi barantum sesuai industri dan kebutuhan tim di lapangan.

crm pelayanan pelanggan

Rekomendasi Artikel

  1. Sistem call center terbaik untuk monitoring agen customer service Anda
  2. Mudahnya Monitoring Tim Sales Lapangan dengan CRM
  3. Anda Wajib Tahu, Pentingnya Sales Monitoring Bagi Perusahaan Anda
  4. Pantau Kepuasan Pelanggan dengan Customer Monitoring
  5. Cara Pahami Perilaku Pelanggan Anda
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments