Alasan Perlu Integrasi Software Omnichannel

Integrasi software omnichannel artinya mengintegrasikan layananan komunikasi ke dalam satu platfrom. Dengan begitu, pelayanan customer semakin meningkat. Selain itu, juga berdampak pada peningkatan penjualan bisnis Anda.

Komunikasi yang baik dengan customer adalah salah satu fondasi penting dalam menjalankan bisnis. Apalagi di jaman digital ini, hampir seluruh bisnis menggunakan berbagai channel dalam berinteraksi dengan customer mereka. Apapun channel yang customer gunakan, mereka pastinya mengharapkan layanan terbaik dari pemilik bisnis atau staf layanan customer (customer service).

Memiliki beberapa channel komunikasi  dalam berinteraksi tentu tidak mudah. Anda harus cepat tanggap dalam melayani customer dari sebuah channel. Namun pada waktu yang sama, customer dari channel lainnya ingin berkomunikasi dengan Anda. Tentu, keadaan ini mengharuskan Anda berpindah dari satu channel ke channel lainnya.

Hal ini pastinya menghabiskan waktu Anda dan merepotkan. Bisa saja ada customer yang terlewatkan sehingga mereka merasa kesal karena lama menunggu respon Anda. Alhasil, bisa saja customer tersebut beralih ke perusahaan lainnya, bahkan ke kompetitor Anda.

Anda tidak ingin itu terjadi, bukan?

Solusi dari permasalahan ini adalah, Anda dapat mengintegrasikan berbagai channel ke aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Channel apapun yang Anda gunakan, entah itu layanan chat atau messenger dari media sosial.

Semuanya dapat diintegrasikan ke CRM menjadi satu fitur perpesanan yang disebut omnichannel. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengecek atau membuka semua channel satu per satu. Dalam satu layar saja, Anda bisa berinteraksi dengan customer dari berbagai layanan chat dan media sosial pada waktu yang bersamaan.

Keunggulan Integrasi Layanan Komunikasi dengan Software Omnichannel

integrasi software omnichannel

Dengan integrasi layanan komunikasi Anda dengan software Omnichannel, terdapat berbagai keunggulan yang didapatkan, seperti:

  • Melacak interaksi customer .
  • Membangun ikatan yang kuat dengan customer .
  • Menawarkan apa yang diinginkan customer .
  • Menyediakan layanan dan dukungan customer yang ahli.

Mengapa Anda harus mengintegrasikan software omnichannel?

1. Layanan customer yang lebih baik

Sudah menjadi hal umum bahwa layanan customer menjadi pemeran utama dalam interaksi dengan customer . Layanan customer yang baik tentu akan memuaskan customer dan mendorong mereka untuk datang lagi, bahkan menjadi customer loyal.

Mengintegrasikan software omnichannel akan memudahkan tim layanan customer dalam menjelajah informasi customer yang bersumber dari berbagai channel yang digunakan.

2. Wawasan dan analisis pemasaran yang lebih baik

Solusi CRM menggabungkan data ini untuk memberi Anda gambaran umum analitis yang luas tentang demografi, sasaran, minat, dan perilaku pembelian. Profil customer Anda akan lebih ‘kaya’ dan Anda akan memiliki lebih banyak wawasan tentang siapa customer itu dan posisi mereka di channel penjualan. Memiliki akses ke jenis data ini memungkinkan Anda untuk lebih memahami target pasar dan berkonsentrasi pada prospek yang Anda tahu memiliki kemungkinan closing yang tinggi.

3. Sarankan pembelian atau produk yang relevan

Mengintegrasikan software omnichannel membuat Anda mampu mengambil keputusan yang lebih akurat tentang kebutuhan masa depan customer Anda. Data berlimpah yang Anda kumpulkan dalam membuat profil customer Anda dapat digunakan untuk mengantisipasi hal apa yang relevan dengan customer Anda.

4. Mendapat prospek dan interaksi baru

Setiap kali Anda memperluas jaringan Anda, potensi interaksi baru selalu ada. Membuat kampanye media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran paling efektif untuk memenangkan customer baru. Agar kampanye ini berhasil, Anda harus mengidentifikasi waktu dan penargetan yang tepat.

CRM akan mengidentifikasi waktu yang paling efektif untuk menyampaikan pesan, dan mengelompokkan customer ke dalam kelompok sasaran menurut rincian kontak, riwayat interaksi, pola perilaku, atau kebiasaan belanja. Saat basis media sosial Anda tumbuh, begitu pula basis customer Anda.

5. Meningkatkan reputasi merek atau produk

Menggunakan strategi software omnichannel mengharuskan Anda untuk membangun citra produk secara konsisten di setiap channel yang Anda gunakan. Reputasi produk bergantung pada bagaimana produk  tersebut diiklankan/dipromosikan dan interaksi sosial Anda.

Pertimbangkan untuk membangun ‘suara’ produk Anda agar beresonansi dengan audiens target Anda. Misalnya, jika audiens target Anda lebih muda, gunakan bahasa yang akrab bagi mereka.

6. Personalisasi customer

Adalah hal yang rumit jika Anda harus menggapai seluruh customer Anda pada semua channel untuk mendapatkan pengalaman customer yang dipersonalisasi. Hal ini akan menjadi mudah dengan menggabungkan fungsi CRM dan channel messenger Anda. Anda dapat segera mengenali customer dengan bantuan obrolan atau riwayat interaksi, detail customer , dan data perilaku masa lalu yang disimpan dalam sistem CRM.

CRM terbaik

Coba Lakukan Strategi Marketing Software Omnichannel

strategi bisnis software omnichannel

Sebelumnya, kita telah sedikit membahas software omnichannel untuk memaksimalkan potensi keberhasilan strategi marketing. Software omnichannel ini mampu mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi bisnis Anda ke dalam satu dahsboard. Dengan begitu, staf bisnis Anda lebih mudah melakukan pekerjaannya.

Strategi marketing software omnichannel, yaitu perencanaan bisnis yang menggabungkan berbagai saluran komunikasi untuk menciptakan pengalaman belanja dari customer  yang baik dan menjangkau lebih banyak customer.

Strategi marketing software omnichannel ini menyesuaikan pengiriman konten di berbagai platform untuk memberikan pengalaman konten yang konsisten bagi konsumen. Dengan begitu, promosi yang bisnis Anda buat sesuai dengan kebutuhan customer .

Manfaat Software Omnichannel untuk Bisnis

Software omnichannel secara efektif menyatukan semua platform ini, seperti menyatukan saluran komunikasi yang paling relevan dalam satu antarmuka, merampingkan interaksi perusahaan dengan customer .

Perusahaan Anda dapat menerima input berharga dari customer dan rekanan klien untuk konten, penjadwalan, distribusi, atuapun aspek lain dari bisnis. Dukungan sistem ini di perusahaan Anda membangun kemampuan untuk meningkatkan operasi dan menaikkan omzet penjualan.

Lalu, apa saja manfaat software omnichannel yang bisa Anda dapatkan?

Baca juga: Solusi Pengembangan Bisnis Dengan Aplikasi CRM

1. Menjangkau banyak customer

Software omnichannel menjangkau banyak customer dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda-beda. Seluruh pesan akan masuk ke dalam satu halaman. Hal itu memudahkan staf Anda untuk merespons pesan customer dengan cepat.

Dengan adanya sistem ini, staf Anda lebih mudah menjangkau banyak customer dalam satu waktu. Di sisi lainnya, software omnichannel membantu staf Anda untuk melakukan penawaran dengan mudah hanya dalam satu kali klik. Data informasi customer akan tersimpan rapi dalam sistem. Jadi, staf Anda yang ingin melakukan penawaran hanya tinggal melihat kontak yang sudah tersimpan dalam sistem.

CRM omzet

Misalnya, staf Anda ingin melakukan broadcast promosi kepada customer . Staf Anda tidak perlu mengirim satu per satu email atau pesan broadcast pada customer . Tentu hal itu memakan waktu yang lama.

Anda pun tidak perlu khawatir broadcast tidak terkirim. Sistem CRM memastikan broadcast masuk ke dalam kontak pesan customer .

2. Kepuasaan customer meningkat

Perusahaan Anda menjadi solusi kebutuhan customer. Customer pun merasa senang pesuahaan Anda membantu mereka menemukan kebutuhannya. Otomatis, omzet penjualan Anda meningkat.

Tentu saja kepuasaan customer menjadi hal penting. Dengan customer yang puas, menaikkan potensi pemesanan ulang di perusahaan Anda. Tingkat kepercayaan customer pun meningkat.

Secara garis besar, sistem ini membantu staf Anda untuk meningkatkan kepuasaan customer . Tiap customer berharap pelayanan terbaik dari perusahaan. Dengan sistem ini, Anda bisa mewujudkan harapan customer tersebut.

3. Tingginya jumlah rekomendasi dari customer

Kini Anda tahu bisa meningkatkan puasaan customer dengan software omnichannel. Perusahaan Anda telah naik satu level untuk meraih kenaikan omzet.

Kenapa? Customer yang puas terhadap pelayanan perusahaan Anda akan merekomendasikan perusahaan Anda ke rekan-rekannya.

Jika banyak customer yang terpuaskan, brand perusahaan Anda semakin meroket. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan banyak customer lainnya. Hal itu terus-menerus terulang.

Customer merekomendasikan perusahaan Anda ke temannya. Temannya tertarik dan mencoba memesan di perusahaan Anda. Orang tersebut juga merasa puas terhadap pelayanan di perusahaan Anda dan merekomendasikan lagi ke orang lain.

Dengan menggunakan software omnichannel, kepuasaan customer bisa Anda raih dengan mudah.

4. Meningkatkan efisiensi kerja

Kemudahan software omnichannel meningkatkan efisiensi kerja staf Anda. Selamat tinggal dengan cara manual. Dengan sistem ini, staf Anda mampu mencatat data informasi customer secara real time.

Jika terjadi permasalahan, kepala departemen Anda bisa langsung mengetahui hal tersebut. Penanganan masalah menjadi lebih cepat. Customer Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama.

Dengan demikian sistem ini menawarkan database terpusat untuk perusahaan Anda.  Seluruh aktivitas tercatat dan ditampilkan dengan baik dan real time.

Dapatkan Software Omnichannel Terbaik untuk Bisnis Anda

Anda perlu memilih software omnichannel yang tepat untuk bisnis perlu Anda pertimbangkan dengan matang.  Jangan sampai software omnichannel untuk mempermudah bisnis Anda malah menjadi mempersulit. Salah satu aplikasi CRM omnichannel terbaik yang bisa Anda dapatkan, yaitu dari Barantum CRM omnichannel.

Keunggulan Barantum CRM Omnichannel

Barantum CRM omnichannel adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda serta menjaga kenyamanan customer dalam berkomunikasi. Mari lihat fitur-fitur pada aplikasi Barantum CRM omnichannel, dalam mengefesienkan komunikasi dengan customer.

1. Barantum Chat Omnichannel

Berkomunikasi dengan customer dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komunikasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

2. Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti:

– Memantau dan mengelola aktivitas penjualan

– Visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung

– Pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

3. Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

4. Integrasi dengan WhatsApp API dan berbagai saluran komunikasi

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai omnichannel chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp.

Tidak hanya itu, software omnichannel CRM Barantum ini mampu mengintegrasikan berbagai platfrom saluran komunikasi. Bahkan Anda juga dapat menggunakan chatbot untuk membantu melayani customer dengan mudah.

5. GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

6. Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena aplikasi dapat diakses dimanapun mereka berada. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

7. Otomatisasi dokumen

Memiliki sistem yang menganut pengambilan, pelacakan, penyimpanan, serta pengelolaan yang dilakukan secara otomatis. Otomatisasi ini sangat bermanfaat karena sebuah bisnis tentu tidak lepas dari adanya dokumen-dokumen penting yang harus disimpan secara lengkap dan rapi.

CRM terbaikDilihat dari manfaat software omnichannel Barantum, dapat menjadi solusi permasalahan mengatasi kesalahan strategi marketing Anda. Memang bukan hal yang mudah untuk menemukan strategi marketing yang tepat. Namun, dengan software omnichannel ini dapat membantu menaikkan presentasi keberhasilan marketing binsis Anda.

Mengintegrasikan software omnichannel pada aplikasi CRM Barantum akan sangat membantu Anda dalam melancarkan strategi marketing yang telah Anda buat. Dengan menggunakan Barantum, Anda akan mendapatkan wawasan mengenai taktik tepat guna untuk mengimplementasikan konten dan kampanye produk.

Anda pun dapat berdiskusi dengan staf profesional kami terkait kebutuhan bisnis Anda menggunakan software omnichannel. Segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan uji coba gratis selama 7 hari dari DI SINI.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".