Atasi Berbagai Keluhan Pelanggan Saat Ramadhan Dengan Cara Ini

Menjaga kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis, terlebih lagi di bulan Ramadhan. Sebagai bulan yang khusus bagi umat muslim, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi keluhan pelanggan selama Ramadhan. Banyak keluhan pelanggan yang muncul pada saat bulan Ramadhan. Untuk itu, dibutuhkan strategi dan solusi yang tepat untuk mengatasi keluhan tersebut agar pelanggan merasa puas dan kembali menggunakan layanan atau produk yang ditawarkan.

Oleh sebab itu, dalam artikel ini kami akan membagikan tips dan strategi dalam mengatasi berbagai keluhan pelanggan selama bulan Ramadhan. Dengan memahami keluhan-keluhan yang umum terjadi dan bagaimana mengatasinya, bisnis Anda dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka.

Jadi, simak terus artikel ini untuk mendapatkan tips jitu dalam mengatasi keluhan pelanggan selama Ramadhan, ya!

Strategi Ramadhan - Omnichannel Barantum

Apa Itu Keluhan Pelanggan Saat Ramadhan?

Keluhan pelanggan saat Ramadhan adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak bisnis selama bulan suci ini. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yang memengaruhi perilaku dan kebutuhan pelanggan selama bulan Ramadhan. Beberapa keluhan pelanggan yang sering muncul antara lain terkait dengan kualitas layanan dan ketidaknyamanan selama berbelanja.

Jika tidak ditangani dengan tepat, maka bisnis Anda akan mengalami penurunan pelanggan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi keluhan pelanggan saat Ramadhan ini. Supaya bisnis tetap memperoleh kepuasan pelanggan dan penjualan yang tinggi.

Apa Saja Keluhan Pelanggan Saat Ramadhan dan Cara Mengatasinya?

Berikut  keluhan pelanggan saat Ramadhan dan cara mengatasinya:

1. Keterbatasan Jam Operasional

Keterbatasan jam operasional menjadi salah satu keluhan yang sering dialami pelanggan selama Ramadhan. Hal ini dikarenakan banyak bisnis yang mengubah jam operasionalnya selama bulan Ramadhan. Pelanggan yang menghubungi bisnis di luar jam operasional akan kesulitan mendapatkan respons dan harus menunggu sampai jam operasional kembali. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan kecewa dan merasa tidak dihargai oleh bisnis.

Solusi:

fitur round robin barantum

Bisnis dapat mengatasi keterbatasan jam operasional dengan memanfaatkan teknologi chatbot. Chatbot adalah program yang dirancang untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis bahkan di luar jam operasional. Dengan menggunakan chatbot, pelanggan dapat mendapatkan respons secara cepat dan efisien. Sehingga admin tidak perlu lembur atau stand by di luar jam operasional untuk membalas pesan pelanggan. Bahkan saat bisnis Anda sedang tidak dalam jam operasional. Selain itu, penggunaan Chatbot juga dapat memudahkan bisnis dalam mengelola pesan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Untuk mendapatkan chatbot, bisnis dapat bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp tepercaya seperti Barantum. Barantum menawarkan layanan chatbot yang dapat membantu bisnis dalam membalas pesan pelanggan secara otomatis, bahkan di luar jam operasional. Dengan menggunakan chatbot dari Barantum, bisnis dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan pelanggan serta memperkuat hubungan dengan pelanggan selama Ramadhan.

2. Pelanggan Lama Mendapatkan Respons

Keluhan pelanggan selama bulan Ramadhan yang sering terjadi adalah pelanggan lama yang tidak mendapatkan respons yang cepat dari bisnis. Hal ini terjadi karena banyaknya pesan yang masuk ke pesan bisnis dan admin perlu membalas satu per satu pesan pelanggan. Terlebih jika bisnis memiliki banyak saluran komunikasi yang memerlukan waktu untuk membuka masing-masing saluran komunikasi tersebut untuk membalas pesan. Pelanggan lama yang tidak mendapatkan respons yang cepat dapat menyebabkan ketidakpuasan dan bahkan membuat pelanggan tersebut pindah ke bisnis lain.

Solusi:

Untuk mengatasi keluhan ini adalah dengan menggunakan fitur round robin. Fitur ini memungkinkan pesan pelanggan yang membutuhkan penanganan admin secara langsung, bisa dibagi secara merata ke admin yang sedang aktif. Dengan cara ini, tidak ada admin yang menangani pesan pelanggan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit. Sehingga admin dapat memberikan respons yang cepat dan efisien kepada pelanggan. Selain itu, bisnis juga dapat menggunakan chatbot untuk membalas pesan otomatis. Sehingga pesan yang sederhana dapat ditangani oleh chatbot, dan pesan yang memerlukan interaksi langsung dengan admin dapat dibagi secara merata dengan fitur round robin.

chatbot - order automation whatsapp

Dengan adopsi teknologi seperti fitur round robin dan chatbot yang bisa Anda dapatkan dari Barantum, bisnis dapat memberikan layanan yang lebih baik dan efisien kepada pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan bisnis dengan pelanggan.

Strategi Ramadhan - Omnichannel Barantum

3. Promosi Produk Yang Kurang Jelas

Keluhan pelanggan terkait dengan kurang jelasnya informasi produk yang dipromosikan memang dapat menjadi hambatan bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan pada bulan Ramadhan. Promosi yang kurang jelas akan membuat pelanggan bingung. Sehingga mengurangi minat mereka untuk mengambil kesempatan mendapatkan promosi yang ditawarkan.

Solusi:

whatsapp marketing bulan puasa

Dengan menggunakan layanan WhatsApp marketing seperti Barantum, bisnis dapat mengirimkan informasi secara bertahap dan lebih detail melalui WhatsApp Blast. Dengan begitu, pelanggan dapat memahami produk yang dipromosikan dengan lebih jelas dan detail. Selain itu, fitur pada Barantum dapat membantu bisnis Anda untuk mengatur jadwal blast sesuai dengan kebutuhan bisnis. Sehingga mengurangi risiko lupa mengirimkan pesan promo dan memastikan pesan terkirim pada waktu yang tepat. Jika bisnis membutuhkan bantuan dalam melakukan promosi pada bulan Ramadhan, layanan WhatsApp marketing seperti Barantum dapat membantu bisnis untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

4. Lama Menangani Kendala Pelanggan

Dengan meningkatnya jumlah pesan dari pelanggan selama Ramadhan, masalah penanganan kendala pelanggan bisa menjadi hal yang sangat melelahkan dan sulit untuk ditangani oleh staf bisnis. Dalam kondisi seperti ini, seringkali sulit untuk melacak dan mencatat semua kendala pelanggan dengan cara yang efektif dan efisien. Apalagi jika dikerjakan secara manual, kemungkinan terjadi kesalahan dalam mencatat kendala pelanggan pun semakin besar. Hal ini tentu saja dapat memengaruhi kepuasan pelanggan dan juga reputasi bisnis Anda.

Solusi:

whatsapp marketing bulan puasa

Anda bisa memanfaatkan sistem CRM (Customer Relationship Management) dari Barantum yang dapat membantu bisnis dalam mencatat setiap kendala pelanggan dengan cara yang otomatis. Dengan adanya fitur pembuatan tiket secara otomatis, bisnis Anda dapat dengan mudah memantau setiap tiket kendala pelanggan yang masuk. Seluruh kendala pelanggan dapat dikelola dengan lebih mudah dan efektif. Sehingga penanganan kendala dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat. Sehingga, dengan menggunakan Barantum CRM, bisnis Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga kredibilitas bisnis.

5. Bisnis Lupa Follow-Up Pelanggan

Bisnis yang lupa melakukan follow-up kepada pelanggan bisa menjadi keluhan pelanggan saat Ramadhan. Hal ini karena pelanggan akan merasa kurang dihargai dan diabaikan oleh bisnis. Sehingga kepercayaan pelanggan pada bisnis bisa menurun. Selain itu, ketika bisnis tidak melakukan follow-up terhadap pelanggan, maka bisnis juga kehilangan peluang untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Solusi:

Untuk mengatasi keluhan pelanggan ini, bisnis bisa menggunakan Barantum CRM yang memiliki fitur Ticket. Dengan fitur Ticket ini, seluruh kendala pelanggan bisa dicatat secara otomatis dan staf bisnis bisa memonitor mana saja kendala yang belum ditangani dan perlu dilakukan follow-up. Adanya fitur ini, staf bisnis bisa mengirimkan follow-up secara tepat waktu kepada pelanggan dan mengatasi masalah pelanggan dengan lebih cepat dan efisien. Dengan demikian, kepercayaan pelanggan pada bisnis bisa tetap terjaga dan peluang untuk meningkatkan loyalitas pelanggan bisa lebih besar.

Dari penjelasan cara mengatasi keluhan pelanggan saat Ramadhan, apakah Anda sudah mendapatkan solusi untuk menangani keluhan pelanggan Anda?

Untuk mengoptimalkan penanganan keluhan pelanggan ini, Anda bisa mencoba sistem Barantum CRM yang telah dipercaya oleh ribuan pengguna di berbagai bidang industri. Anda pun dapat menggunakan fitur-fitur unggulan, seperti chatbot, round robin, WhatsApp Blast, ticketing, broadcast scheduler, dan lainnya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Anda.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Strategi Ramadhan - Omnichannel Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".