Memahami perilaku pelanggan adalah hal yang wajib Anda miliki

Dalam dunia pemasaran dan penjualan, mengenali perilaku pelanggan secara mendalam sangatlah penting. Selain untuk menjaga hubungan dengan mereka, hal ini juga merupakan salah satu kunci utama kesuksesan perusahaan. Memelihara pelanggan dari prospek hingga menjadi pelanggan loyal adalah sebuah investasi jangka panjang demi ketahanan sebuah perusahaan.

Mengenali pelanggan Anda secara mendalam salah satunya adalah dengan memprediksi perilaku mereka. Pelanggan tahu harus berbelanja di mana, mereka mau membeli barang apa, dan berapa biaya barang tersebut.  Dengan hasil prediksi perilaku pelanggan, Anda dapat melayani mereka secara tepat, sebelum kompetitor Anda melakukannya. Sehingga dengan begitu, Anda dapat memenuhi permintaan mereka.

Lalu, bagaimana cara untuk memprediksi perilaku pelanggan? Jawabannya adalah dengan intelijen pelanggan. Apakah itu dan apa manfaatnya bagi perusahaan? Mari simak satu per satu.

Apa itu memahami perilaku pelanggan?

Memahami perilaku pelanggan adalah pengetahuan tentang mengapa pelanggan berperilaku seperti yang mereka lakukan, yang memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dan memenuhi permintaan pelanggan. Sederhananya, intelijen pelanggan mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan.

Ini semua tentang cara Anda menganalisis data target audiens Anda yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Kedua, bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk melayani mereka lebih baik sebelum pesaing Anda melakukannya. Saat mengerjakan intelijen pelanggan, Anda akan mengumpulkan banyak data. Akan sia-sia jika Anda tidak tahu bagaimana menganalisis data untuk keuntungan Anda.

Baca juga: Yuk, Lihat Tips Efektif Kelola Hubungan Dengan Pelanggan

Mengapa perilaku pelanggan sangat penting?

Perilaku pelanggan menempatkan Anda pada posisi pelanggan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan saluran pemasaran Anda dan apa yang mereka harapkan. Memperoleh perspektif ini dan menggunakannya untuk keuntungan Anda akan membuat bisnis Anda unggul dalam persaingan.
Namun, ini membutuhkan data yang relevan. Untuk itu, Anda memerlukan perangkat lunak CRM yang mengekstrak data berdasarkan interaksi prospek dengan situs web/iklan Anda dan memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Pelanggan lebih suka bertransaksi dengan bisnis yang mempersonalisasi pengalaman mereka.

Inilah alasan mengapa Anda harus memahami perilaku pelanggan pada bisnis

1. Kembangkan loyalitas pelanggan

Pelanggan akan tetap setia pada merek Anda ketika Anda memenuhi kebutuhan mereka dan memberikan apa yang mereka inginkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mengetahui apa preferensi mereka. Ini akan memungkinkan Anda untuk memenuhi kebutuhan ini sebelum pesaing Anda.

Metode pengumpulan intelijen pelanggan adalah cara baru mengenali pelanggan Anda. Saat ini, Anda dapat dengan mudah mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan Anda secara real-time dan mengatasinya sesegera mungkin.

2. Berikan respon cepat

CRM memungkinkan Anda untuk membuat koneksi langsung dari awal, dengan email dan SMS yang dipersonalisasi kapan dan di mana saja.
Ini tidak hanya mengurangi waktu respons Anda tetapi juga menghasilkan analisis lengkap tentang kinerja penjawab otomatis.

3. Pemahaman lebih tentang pelanggan

Banyak platform intelijen pelanggan yang dapat menangkap data pelanggan dari berbagai titik di sepanjang perjalanan mereka. CRM Barantum untuk kecerdasan pelanggan melangkah lebih jauh dan menganalisis data ini untuk memberi Anda gambaran lengkap. Software memantau aktivitas mereka dengan melacak dan mempelajari pola penelusuran, niat membeli, dan lain-lain.

Untuk itu, CRM memanfaatkan pembuatan profil secara cerdas dari pelanggan Anda dan mengelompokkannya berdasarkan minat mereka. Ini memungkinkan tim penjualan Anda untuk menargetkan minat dan memberi pelanggan konsultasi yang lebih baik.

Tim penjualan Anda dapat menambahkan catatan dalam software untuk setiap percakapan penjualan, memungkinkan Anda untuk mempelajari dan membuat perubahan dalam panggilan tindak lanjut Anda.

4.Bangun hubungan yang kuat

Mengenal pelanggan Anda dengan baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang sehat dengan mereka. Wawasan pelanggan yang mendetail dapat membantu Anda dalam upaya ini.

Setelah mendapatkan wawasan,  CRM akan membantu Anda memfasilitasi interaksi terus-menerus dengan pelanggan Anda, sehingga membina hubungan yang lebih baik. Hasilnya, ini akan membantu Anda membangun loyalitas mereka terhadap produk Anda.

Sekarang untuk mengoptimalkan proses interaksi pelanggan, Anda menjalankan CRM untuk membantu Anda mewujudkannya. Melihat kebutuhan ini, CRM Barantum dikembangkan dengan analisis email yang luar biasa, analisis perilaku pelanggan, dan banyak lagi.

Intelijen pelanggan memberi Anda wawasan berbasis data tentang persona pelanggan Anda. Dengan ini, Anda dapat mengidentifikasi preferensi mereka dan menentukan strategi untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Ini juga pada akhirnya mengarah pada peningkatan retensi pelanggan.

Baca juga: Kenali Pelanggan Anda Secara Mendalam Dengan CRM

Salah satu alat terbaik untuk mengetahui perilaku pelanggan adalah software CRM. Teknologi ini menangkap semua interaksi pelanggan – dari saat interaksi pertama hingga konversi dan seterusnya untuk memberi Anda wawasan mendetail tentang perilaku pelanggan di perjalanan penjualan Anda. Dan salah satu CRM terbaik yang kami sarankan adalah CRM Barantum.

CRM Barantum memudahkan Anda untuk mengenal pelanggan secara mendalam dengan mempersonalisasikan pengalaman dan kebutuhan mereka. Data setiap pelanggan secara terperinci termasuk preferensi mereka, semua akan tersedia hanya dalam satu halaman.

Masih banyak lagi manfaat serta keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari CRM Barantum. Daftar sekarang di sini dan dapatkan uji coba GRATIS selama 7 hari!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments