CRM sebagai software cerdas penyimpan informasi pelanggan Anda

Melihat semakin majunya teknologi kini, rasanya tidak mungkin jika masih ada pebisnis yang menyimpan data pelanggan pada spreadsheet, apalagi notes. Namun, hal ini bisa saja masih terjadi. Sebagian besar pebisnis telah beralih ke CRM, sebuah software manajamen hubungan pelanggan untuk mengotomatiskan seluruh kebutuhan bisnis. Termasuk data pelanggan yang meliputi informasi dasar dan preferensi mereka. Penggunaan CRM dalam menyimpan kontak pelanggan membuat pebisnis dapat melacak perjalanan pelanggan dalam saluran penjualan. Tak hanya itu. Penyimpanan kontak pelanggan juga membuat pebisnis dapat memberikan pelayanan yang dipersonalisasi, sesuai dengan kebutuhan tiap pelanggan.

Sebelum Anda mengetahui bagaimana kinerja CRM dalam mengotomatiskan kontak pelanggan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui perbedaanya dengan Contact Management System. Seringkali, orang menggunakan istilah CMS (Contact Management System) dan CRM (Customer Relationship Management) secara bergantian. Meskipun mereka memiliki fungsi yang serupa, perangkat lunak CRM jauh lebih luas dalam cakupan dan fungsionalitas.

Apa itu manajemen kontak?

Manajemen kontak mengacu pada penyimpanan, pengorganisasian, dan pengaksesan informasi tentang calon pelanggan Anda melalui  software atau sistem perangkat lunak.

Apa itu manajemen kontak di CRM?

Manajemen kontak dalam perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) mengacu pada pengelolaan prospek dan catatan pelanggan (termasuk aktivitas dan interaksi dengan tim penjualan/dukungan) di platform CRM. Informasi ini dapat membantu bisnis merampingkan proses penjualan dan pemasaran mereka dan mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Apa itu sistem manajemen kontak pelanggan?

Sistem manajemen kontak adalah jenis software yang mencatat detail kontak calon pelanggan. Ini untuk memudahkan Anda menemukan/mengakses/memperbarui detail kontak. Namun, fungsi ini telah menjadi bagian dari perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) karena membantu bisnis meningkatkan penjualan dan layanan mereka dengan memanfaatkan data pelanggan dan informasi interaksi.

Baca juga: Software Call Center Barantum: Mengapa Penting & Manfaatnya

Barantum CRM membantu manajemen kontak pelanggan secara efisien

Bayangkan Anda adalah seorang pebisnis. Pelanggan Anda tidak hanya menginginkan produk Anda. Tetapi juga mengharapkan dukungan dan resolusi kueri yang lebih baik dan beralih ke pesaing Anda jika perusahaan Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Dengan demikian, memberikan pengalaman pelanggan yang positif sangat berperan dalam kesuksesan bisnis Anda. Pengalaman pelanggan yang positif dapat sangat membantu dalam meningkatkan loyalitas mereka seumur hidup. Untungnya, software Barantum CRM ada untuk merampingkan komunikasi Anda dengan pelanggan. Ini memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Bagaimana fitur Barantum CRM mengefisienkan manajemen kontak?

Barantum CRM tidak hanya dapat membantu dalam manajemen kontak tetapi juga mengotomatiskan komunikasi dengan pelanggan. Dengan demikian, CRM meningkatkan penjualan dan proses pemasaran Anda untuk sebagian besar. Dengan otomatisasi, Anda dapat mengurangi kemungkinan kesalahan dan redundansi. Anda juga dapat menghemat waktu dan menjadi lebih produktif. Ini memastikan Anda melakukan panggilan penjualan pada waktu yang tepat, dan dengan merekam setiap interaksi, Anda dapat kembali dan menganalisis apa yang salah atau apa lagi yang dapat Anda lakukan untuk memengaruhi pembeli. Hal ini  juga menghindari  prospek menerima beberapa panggilan dari staf penjualan yang berbeda.

Software Barantum CRM memungkinkan Anda menyiapkan kampanye pemasaran yang efektif untuk pelanggan/prospek yang ditargetkan. Dengan demikian, membuat manajemen kontak lebih efektif.

Baca juga: Kembangkan Bisnis dan Raih Pelanggan Baru dengan CRM Barantum

Manfaat manajemen kontak oleh Barantum CRM

1. Melakukan panggilan hanya dengan satu aplikasi

Dengan menggunakan CRM, menelepon dan terhubung dengan pelanggan dilakukan tanpa meninggalkan software yang sedang Anda kerjakan. Ini adalah manfaat luar biasa dari mengintegrasikan Barantum CRM dengan panggilan cloud atau aplikasi telepon. Dengan alat ini, Anda dapat melakukan panggilan langsung ke prospek baru dan pelanggan dari CRM itu sendiri. Ini memungkinkan Anda untuk melacak panggilan yang dilakukan oleh tim penjualan dan menganalisis akumulasi data. Mengintegrasikan kedua alat membantu Anda mendapatkan data yang berguna dalam meningkatkan hubungan pelanggan.

2. Manajemen aktivitas

Anda dapat memprioritaskan dan mengatur tugas juga acara untuk memaksimalkan produktivitas. Ini memungkinkan Anda membuat aktivitas baru dan mendapatkan notifikasi otomatis tentang meeting. Ini juga membantu Anda untuk menambahkan penawaran dan catatan baru dan bahkan memeriksa aktivitas sebelumnya. Dengan mengelola aktivitas di dalam perangkat lunak CRM,  Anda tidak akan melewatkan kesempatan apa pun dan Anda tetap mendapat informasi tentang percakapan Anda sebelumnya dengan pelanggan. Hal ini akan sangat membantu Anda membuat keputusan yang baik tentang mereka di masa depan.

3. Otomatisasi alur kerja

Merampingkan ketergantungan dan pengulangan tugas adalah manfaat lain dari menggunakan software Barantum CRM dengan manajemen kontak. Perpaduan keduanya  meminimalkan ruang untuk kesalahan. Dengan ini, Anda dapat dengan cerdas mengotomatiskan semua tugas untuk menghemat waktu dan lebih fokus pada aktivitas yang berhubungan dengan penjualan. Otomatisasi berarti proses manual akan menjadi lebih sedikit untuk tim Anda karena mereka dapat membuat jadwal untuk aktivitas berulang. Ini juga memastikan Anda mengirim email, buletin, dan faktur yang disesuaikan kepada pelanggan pada timeline yang ditentukan. Ini akan membantu Anda meningkatkan keterlibatan email, tarif terbuka, dan tingkat konversi.

4. Manajemen timeline

Anda dapat memeriksa kemajuan setiap kontak sejak Anda membuatnya. Timeline memberi Anda representasi visual dari masa lalu hingga masa perihal prospek yang berubah menjadi pelanggan. Ini memberi Anda wawasan tentang poin penjualan dan kapan harus membujuk pelanggan untuk membeli lebih dari yang mereka inginkan. Ini juga membantu Anda memprediksi kapan harus menawarkan produk kepada pelanggan. Dengan timeline ini, Anda dapat mengelola aktivitas Anda secara efektif.

5. Integrasi dengan aplikasi pihak ketiga

Software Barantum CRM adalah alat yang ampuh dengan sendirinya. Tetapi mengintegrasikannya dengan perangkat software lainnya dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Selain meningkatkan komunikasi, itu juga dapat berintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Gmail, Outlook, dan lainnya untuk mengambil data dari aplikasi ini. Melalui integrasi, Anda dapat memperluas fungsionalitasnya, dan tidak perlu beralih antar sistem. Cukup dengan menggunakan satu software atau aplikasi.

Baca juga: Lima Alasan Anda Memilih Aplikasi CRM Barantum Untuk Bisnis Anda

Kini, Anda sudah tahu betapa pentingnya manajemen kontak pelanggan menggunakan Barantum CRM. Manajemen kontak pelanggan secara efisien dengan CRM pada akhirnya membawa bisnis Anda menuju kesuksesan. Hal ini karena CRM tak hanya mengurusi kontak pelanggan, namun seluruh proses penjualan hingga dapat meningkatkan ROI Anda.

Bagi Anda yang masih menyimpan kontak pelanggan secara manual, inilah saatnya Anda harus beralih mengggunakan Barantum CRM. Kami menjawab semua kebutuhan penjualan dan pemasaran bisnis Anda. Data pelanggan Anda pun tersimpan dengan aman dengan teknologi cloud.

Libatkan bisnis Anda dengan Barantum sekarang di sini, dan rasakan uji coba GRATIS selama 7 hari!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".