Berikut Kriteria CRM Yang Baik Untuk Perusahaan Anda

Dalam era di mana hubungan pelanggan menjadi kunci utama kesuksesan bisnis, pemilihan Customer Relationship Management (CRM) yang tepat untuk perusahaan tidak dapat dianggap enteng. Berbagai platform CRM tersedia di pasaran, namun memilih yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dapat menjadi tantangan tersendiri.

Dengan memahami faktor-faktor kriteria CRM, perusahaan Anda dapat memastikan bahwa sistem yang diadopsi tidak hanya memenuhi kebutuhan saat ini tetapi juga dapat berkembang seiring waktu.

Temukan panduan lengkap mengenai kriteria-kriteria terpenting dalam memilih CRM untuk perusahaan Anda dalam artikel ini. Dengan memahami faktor-faktor ini, Anda dapat membuat keputusan yang terinformasi dan mengintegrasikan sistem yang akan memberikan dampak positif terhadap hubungan pelanggan dan kesuksesan bisnis secara keseluruhan.

Jadi, tunggu apalagi yuk baca artikel ini sampai selesai!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Kenapa Perusahaan Harus Menggunakan CRM?

Penggunaan Customer Relationship Management (CRM) oleh perusahaan menjadi suatu keharusan dalam menghadapi dinamika bisnis yang semakin kompleks dan persaingan yang ketat. CRM memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola informasi pelanggan secara terpusat.

Dengan memiliki akses cepat dan mudah ke data pelanggan, perusahaan dapat memahami secara mendalam preferensi, kebutuhan, dan perilaku pelanggan. Informasi ini menjadi landasan penting dalam merancang strategi pemasaran yang lebih terarah, peningkatan layanan pelanggan, dan pengambilan keputusan bisnis yang lebih tepat.

Selain itu, penggunaan CRM membantu perusahaan dalam membangun dan memelihara hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dengan menyediakan alat untuk analisis data pelanggan, perusahaan dapat merancang kampanye pemasaran yang personal dan rencana komunikasi yang sesuai. CRM juga memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih responsif dan disesuaikan, meningkatkan kepuasan pelanggan, serta membangun loyalitas pelanggan.

Apa Saja Kriteria CRM Yang Bagus Untuk Perusahaan?

Berikut adalah kriteria CRM yang bagus untuk perusahaan, yaitu:

1. Unlimited MAU (Monthly Active Users)

Pertama, sistem CRM yang baik untuk perusahaan harus dapat menampung jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) tanpa batasan yang signifikan. Kemampuan untuk mendukung pertumbuhan dan skalabilitas bisnis sangat penting. Sebuah platform CRM yang dapat mengakomodasi jumlah pengguna yang tak terbatas memastikan bahwa seluruh tim, terlepas dari ukuran perusahaan, dapat mengakses dan berkontribusi pada data pelanggan dengan mudah.

2. Dipakai oleh Tim Internal

Kedua, keberhasilan implementasi CRM seringkali tergantung pada adopsi penuh oleh tim internal. Sebuah CRM yang efektif harus dirancang dengan antarmuka yang intuitif dan fungsionalitas yang sesuai dengan kebutuhan tim penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Pemakaian aktif oleh tim internal memastikan bahwa sistem benar-benar terintegrasi dalam proses kerja sehari-hari, meningkatkan produktivitas dan keterlibatan pengguna.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3. Produk dan Fitur yang Up to Date

Sebuah CRM yang baik harus terus diperbarui dengan produk dan fitur terkini agar dapat mengakomodasi perkembangan kebutuhan bisnis. Fitur-fitur terbaru seperti analisis prediktif, otomatisasi tugas, dan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga menjadi kriteria penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan hubungan pelanggan.

4. Tim Support dan Layanan Pelanggan yang Responsif

Ketersediaan tim support dan layanan pelanggan yang cepat tanggap merupakan unsur kritis. Sebuah CRM yang handal harus didukung oleh tim yang dapat memberikan bantuan dan solusi dengan cepat ketika perusahaan menghadapi masalah atau membutuhkan bimbingan. Respons yang cepat akan memastikan bahwa setiap kendala dapat diatasi dengan segera, mencegah gangguan operasional yang tidak diinginkan.

5. Dipercaya oleh Ribuan Pelanggan dan Ulasan Bintang 4,9 di Google Business

Sebuah catatan kepercayaan yang baik dapat dilihat dari jumlah pelanggan yang telah menggunakan CRM dan mendukungnya dengan ulasan positif. Jumlah pelanggan yang banyak dan ulasan bintang tinggi di platform seperti Google Business memberikan indikasi bahwa platform tersebut dapat diandalkan, telah terbukti memberikan nilai tambah, dan memiliki reputasi yang baik di pasar.

6. Bisnis yang Profitable

Kriteria ini mengacu pada keberhasilan bisnis yang mengembangkan dan mengelola CRM tersebut. Sebuah perusahaan pengembang CRM yang mendukung dan mengembangkan bisnisnya sendiri secara berkelanjutan memberikan kepercayaan tambahan bahwa platform yang dihasilkannya memiliki komitmen jangka panjang dan dapat mengikuti perkembangan teknologi serta kebutuhan bisnis.

7. Keamanan Berstandar Internasional, ISO 27001

Keamanan data adalah aspek kritis dalam pengelolaan CRM, terutama mengingat sensitivitas informasi pelanggan. Memiliki sertifikasi keamanan standar internasional seperti ISO 27001 menandakan bahwa CRM tersebut telah mengimplementasikan langkah-langkah keamanan data yang ketat dan mematuhi standar industri, memberikan perlindungan optimal terhadap potensi risiko keamanan.

Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik Untuk Bisnis Anda

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dengan melihat lebih dekat pada tujuh kriteria yang telah dijelaskan, penting bagi perusahaan untuk memilih CRM yang tidak hanya memenuhi standar kebutuhan. Namun, juga memberikan keunggulan kompetitif dalam mengelola hubungan pelanggan. Salah satu solusi yang memenuhi semua kriteria tersebut adalah CRM Barantum. Barantum tidak hanya menghadirkan konsep “Unlimited MAU,” antarmuka yang mudah digunakan, dan pembaruan fitur terkini. Namun, juga mendukung tim internal dengan kecepatan respons yang tinggi melalui layanan pelanggan yang unggul.

Barantum, dengan sertifikasi keamanan ISO 27001, membuktikan keandalan dan komitmen terhadap keamanan data pelanggan. Selain itu, reputasinya yang baik, tercermin dalam ulasan bintang 4,9 di Google Business dan kepercayaan ribuan pelanggan, menandakan bahwa Barantum bukan hanya sekadar platform. Tetapi mitra strategis yang dapat diandalkan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengintegrasikan CRM Barantum sebagai solusi terbaik untuk mengelola hubungan pelanggan di dunia bisnis yang kompetitif. Temukan lebih banyak tentang keunggulan Barantum dan bagaimana platform ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk perusahaan Anda.

Dapatkan Sekarang!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".