4 KUNCI AGAR BISNIS ANDA TIDAK TERDISRUPSI OLEH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

aplikasi teknologi maksimalkan ekonomi

Saat ini adalah eranya teknologi, dimana perkembangan yang terjadi telah membuat adanya perubahan yang cukup signifikan dalam industri. Banyak sektor industri dan bisnis pada akhirnya mencoba untuk melakukan perubahan, salah satunya adalah sudah pasti mengadopsi teknologi yang ada. Lantas model dan jenis teknologi apa yang seharusnya menjadi prioritas kita pada saat bisnis sedang berjalan seperti saat ini.  Salah-salah memilih teknologi justru pengaruhnya tidak terlalu signifikan bagi bisnis kita.

 

 

Karena salah satu fungsi yang mesti menjadi perhatian, ketika kita mencoba masuk dalam Era Industri 4.0 ada beberapa hal yang khusus, seperti misalnya  (1) Semua  hal bersifat internet minded. Sehingga  komunikasi dengan orang bisa di wakili oleh perantara teknologi. (2) Akan terjadi pemutusan rangkai bisnis yang selama ini begitu dipertahankan oleh sang owners.   Kedua konsep pendekatan itulah  yang  pada akhirnya bisa menjadi satu trigger  guna meningkatkan optimalisasi bisnis yang mungkin saat ini sedang di jalankan.

Dimana kedua hal yang telah dijelaskan diatas, jika sebelumnya perusahaan sudah menjalankan karakter bisnisnya dengan model internet minded maka tidak akan mengalami kesulitan. Tetapi jika perusahaan tersebut baru masuk dalam karakter bisnis yang internet minded, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi CRM ( customer relationship management). Sistem CRM ( www.barantum.com) ini akan memberikan kemudahan untuk manajemen sebuah perusahaan mengikuti  karakter bisnis yang di terapkan dalam Era Industri 4.0 Itukah  kenapa, pada akhirnya dalam Era Industri 4.0 keberadaan CRM bisa menjadi salah satu alternatif solusi yang  baik  bagi sebuah perusahaan.

Karena fungsinya yang lebih banyak berkutat pada sistem internet. Maka  bisa di katkan bahwa  Era Industri 4.0 akan menjadi salah satu era yang lebih mengedepankan unsur teknologi di dalamnya.  Seperti misalnya beberapa hal yang disampaikan berikut : bahwa Era  Industri 4.0 selalu berhubungan dengan Internet  of Thing ( IoT), perlu adanya satu sistem yang bernama Big Data,  kemudian terkat media promosi mereka bisa menggunakan Percetakan 3D, serta adanya salah satu hal yang mungkin masih terdengar baru di telinga orang awam yaitu Kecerdasan buatan   ( Artificial Intellegence : IA), sebuah hal yang mungkin dianggap baru yaitu sebuah kendaraan yang di jalankan tanpa adanya sopir, serta hal lain yang berhubungan dengan rekayasa genetika, robot dan mesin pintar tentunya.

 

STRATEGI MEMENANGKAN PERSAINGAN DENGAN ALAT BANTU CRM BARANTUM + WA BUSINESS

 

Baca juga artikel berikut : SEBUAH FAKTA : KENAPA PELAKU BISNIS MESTI BERALIH KE WHATSAPP BUSINESS API

Optimalisasi  customer  memang bisa menjadi satu hal positif yang  bisa di jalankan di tahun 2021.  Dimana kita  tahu bahwa customer adalah aset, sedangkan menurut konsep CLV ( Customer Lifetime  Value) di jelaskan konsep customer sebagai berikut : Perspektif dari kedua hal itu adalah apa yang disebuat CLV ( Customer Lifetime Value). Prediksi dari perhitungan Net Profit   yang terkait dengan keseluruhan hubungan antara perusahaan dengan customer. Konteksnya CLV  dapat membantu perusahaan untuk pengambilan keputusan terkait : Keputusan marketing, Pengembangan Produk dan Diversifikasi  Penjualan.

Yang mana dari penjelasan diatas kita bisa melihat bahwa, perbedaan dari kedua istilah ini terletak pada dua hal. Jika CP mengukur arus kas konsumen masa lalu, sedang CLV mengukur proyeksi arus kas di masa mendatang. Itulah yang membuat banyak starup mati karena biaya akuisisi customer baru mereka jauh lebih besar di bandingkan dengan CLV perusahaan.

Sehingga agar kondisinya menjadi maksimal pada saat perusahaan telah sepakat untuk mengoptimalkan penggunaan CRM Barantum yang di integrasikan dengan WA Business.  Maka ada tiga  hal berikut   yang mesti di jalankan oleh perusahaan :  (1)Perusahaan harus menerapkan strategi Unified Communication (2) Perusahaan harus menyediakan model pembayaran dengan sistem Digital  Payment untuk mempermudah proses transaksi (3) Perusahaan akan bisa memaksimalkan pelayanan ( service purna jual ) kepada customer.  Dengan menjalankan  ke-tiga tersebut maka secara otomatis perusahaan telah menjalankan program untuk mencapai apa yang di sebut sebagai Customer Based Oriented.

 

4 STRATEGI JITU AGAR BISNIS  TIDAK TERDISRUPSI  OLEH ERA INDUSTRI 4.0

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Perubahan memang membawa konsekuensi dan jika kita tidak bisa mengimbangi perubahan tersebut maka yang ada bisnis kita akan tergilas dan habis. Untuk itulah, sejatinya ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis ketika dirinya saat ini masuk dalam Era Industri 4.0

Ada 4 hal strategi kunci yang bisa di jalankan, agar bisnisnya bisa lebih berkembang pada saat masuk dan ikut dalam pola bisnis model Era Industri 4.0. Dimana ke-4 hal tersebut dapat di  jelaskan sebagai berikut :

A.Jadikan Konsep Pemasaran Digital menjadi  Strategi Jitu dalam Pemasaran Produk Anda

Kondisi ini harus dengan cepat di pahami oleh mereka yang saat ini telah masuk bisnisnya dalam Era Industri 4.0. Dimana konsep pemasaran digital yang dimaksud memang bisa di sesuaikan dengan konsep bisnis dan produk yang di jalankan. Sehingga besarnya pola pemasaran  digital yang dilakukan akan berbeda tiap perusahaan.

B. Perlu menjadi perhatian manakala sebuah Perusahaan Manufaktur akan bisa menjangkau customer-nya secara langsung. Sehingga dapat memutus rantai distribusi

Menariknya Era Industri 4.0 memang secara langsung berdampak  pada cost operasional pemasaran yang ada. Dimana model pemasaran digital pada akhirnya menjadi salah satu kunci kenapa perusahaan seperti model perusahaan manufaktur bisa menjual produknya secara langsung. Ini akan membuat harga produk sampai ke customer lebih murah,  karena rantai distribusi yang ada sudah berkurang dibanding melakukan pemasaran dengan cara konvensional.

C. Perusahaan akan mengalami Proses Pertumbuhan Penjualan yang  Sangat Besar.

Tingginya kontinuitas dan keberlangsungan proses pemasaran yang di lakukan secara  digital. Pada akhirnya memang membuat sebuah produk tidak bisa di hentikan disuatu saat tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya. Dengan kondisi seperti ini, maka menjadi suatu kemungkinan yang positif jika pada akhirnya perusahaan akan mengalami peningkatan omzet penjualan yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.

D. Perlunya perusahaan concern terhadap keberadaan Data. Karena di Era Industri 4.0 Data adalah salah satu kunci kesuksesan perusahaan.

Dengan bergulirnya Era Industri 4.0, maka  menjadi satu hal yang penting bahwa ketersediaan data dalam sebuah perusahaan adalah harus. Kenapa, karena data itu sendiri menjadi salah satu komponen yang akan menjadikan sebuah perusahaan unggul dalam menjalankan bisnisnya di Era Industri 4.0 Jadi dengan adanya data yang lengkap, maka perusahaan akan menjadi unggul.

Dengan 4 kata kunci yang menjadi strategi jitu perusahaan ketika masuk dalam Era Industri 4.0 maka jangan ragu atau takut jika perusahaan anda atau bisnis anda terdisrupsi dengan Era Industri.40. Justru yang terjadi adalah, dengan bergulirnya Era  Industri 4.0  ini perusahaan anda akan lebih maju dibanding sebelumnya.

 

 

 

In this article

Join the Conversation

6 − 4 =