Mau usaha buka toko roti atau kue? Ikuti langkah ini!

usaha toko roti

Usaha Bakery Buka Toko Roti atau Kue

 

Sekarang ini semakin banyak minat orang untuk memiliki dan menjalankan bisnis kecil mereka sendiri dengan harapan menjadi bos mereka sendiri. Banyak sekali peluang usaha di Indonesia, salah satunya usaha toko roti. Mereka berharap dengan mempunyai usaha sendiri mereka memiliki fleksibilitas waku untuk mendapatkan uang tanpa bergantung pada pekerjaan penuh waktu. Beberapa seringkali gagal dalam upaya mereka segera setelah mereka menyadari bahwa menjalankannya tidak sesederhana yang mereka kira. Memulai dan mengoperasikan bisnis membutuhkan lebih banyak kerja keras daripada hanya berandai andai.

 

Langkah langkah buka usaha bakery / toko roti

 

sumber wikihow

Berikut ini kami susun langkah langkah yang perlu kamu lakukan apabila ingin memulai bisnis toko roti :

  1. Tentukan jenis bisnis bakery. Kamu bisa memilih untuk hanya menjual kue atau roti, muffin, donat, dan makanan panggang lainnya.
  2. Susun rencana bisnis. Tentukan nama bisnis Kamu. Putuskan apakah ini akan menjadi kepemilikan tunggal, kemitraan atau korporasi.
  3. Tentukan lokasi. Ukuran lokasi harus cukup untuk mengakomodasi oven kue, rak kue, rak barang yang dipanggang, penyimpanan, penghitung, meja dan kursi.
  4. Lakukan survey harga untuk biaya peralatan yang akan kamu gunakan. Beberapa peralatan seperti oven untuk memanggang roti ada yang memiliki harga yang lumayan mahal dan terkadang beda merek selisih harganya cukup jauh, oleh karena itu kamu perlu survey harga membandingkan harga sebelum membeli mana yang paling tepat buat kamu.
  5. Bila kamu butuh tambahan dana, coba ajukan pembiayaan dari bank. Tanyakan tentang pinjaman usaha kecil yang ditawarkan oleh Bank Lokal setempat.
  6. Cari pengalaman dari pesaing atau mentor yang bergerak di bidang usaha roti saat kamu merencanakan bisnis kamu. Bisnis apa pun tidak tumbuh dalam semalam; Kamu perlu merencanakan dan memiliki tujuan jangka panjang dan hal itu harus benar – benar matang.
  7. Tentukan pekerja yang akan kamu butuhkan untuk toko roti kamu. Tentukan berapa banyak yang kamu butuhkan untuk membantu memanggang roti, melayani, dan menangani pesanan. Kamu juga mungkin perlu satu atau dua tukang roti berpengalaman untuk bekerja.
  8. Persiapkan media promosi untuk bisnis kamu beberapa bulan sebelum kamu mulai resmi membuka bisnis mu. Hal ini akan sangat penting kamu bisa mendapatkan calon pelanggan bahkan sebelum kamu membuka bisnis bakery kamu. Iklankan hari pembukaannya dengan memposting iklan di media sosial, persiapkan website untuk toko roti kamu sebelumnya beserta media sosial lainnya.
  9. Bisnis apapun saat ini di tuntut untuk bisa beradaptasi terhadap perkembangan teknologi, bila kamu tidak bisa beradaptasi maka peluang kamu menjadi akan sangat kecil untuk bisa berkembang. Implementasikan perangkat lunak untuk audit keuangan setiap hari seperti Software Moka POS atau Jurnal, terapkan call center untuk bisnis kamu ini akan sangat berguna untuk menerima pesanan dan juga meningkatkan pengalaman pelanggan kamu nantinya
  10. Terakhir pastikan semua perangkat lunak termasuk call center yang kamu pakai di integrasikan dengan software CRM ini adalah bagian yang paling penting jantung dari bisnis toko roti kamu. Semua database pelanggan kamu akan ada di CRM, kamu juga bisa mendapatkan calon pelanggan baru dari CRM sekaligus meningkatkan kualitas hubungan pelanggan dalam bisnis bakery kamu.

Memelihara hubungan pelanggan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis saat ini khususnya bisnis toko roti atau bakery, Kamu akan dapat meningkatkan keuntungan kamu seiring meningkatnya penjualan karena hubungan dengan pelanggan kamu sangat baik. Mereka akan menjadi corong sejati dan dengan senang hati menjadi pemasar gratis bagi bisnis kamu, di satu sisi kamu juga bisa menghemat pengeluaran kamu untuk melakukan promosi berbayar karena perbandingan pendapatan yang berasal dari pelanggan lama jauh lebih besar dari pada kamu fokus mencari pelanggan baru. Kamu bisa baca ini Pertahankan Pelanggan Lama Atau Mencari Pelanggan Baru ? 

 

Komitmen untuk menjalankan bisnis Bakery

 

komitmen usaha roti

Setelah kamu sudah mempersiapkan itu semuanya dan siap untuk memulai toko roti atau bakery, langkah selanjutnya adalah kamu perlu mengatur desain logo. Logo perusahaan roti adalah salah satu hal yang penting ini akan menggambarkan produk atau bisnis kamu sekaligus di mata masyarakat.

Ketika kamu memiliki rencana untuk menjalankan bisnis, cobalah untuk merenungkannya sebagai tantangan. Yang pasti kamu perlu tahu ialah hal ini butuh komitmen dan banyak waktu untuk persiapannya. Bila kamu belajar dari pengusaha roti yang sudah sukses, kamu harus tahu bahwa keinginan untuk memulai dan menjalankan toko roti lebih banyak berasal dari kebutuhan untuk melepaskan kreativitas daripada kebutuhan akan mendapatkan uang! Memang bisnis roti akan menghasilkan keuntungan besar namun itu jika dikelola dengan bijaksana, bahkan mungkin toko roti yang paling berkembang membutuhkan waktu untuk mencapai titik impas dan menghasilkan laba. Masih mau buka toko roti? :))

Ada banyak toko roti grosir, seperti Sara Lee, yang memproduksi kue dan biskuit dalam skala besar untuk keperluan distribusi. Untuk menjalankan toko roti grosir tidak begitu sederhana, karena memerlukan data manajemen toko roti dan pemeliharaan kondisi higienis untuk produksi bahan makanan roti. Membuka roti melibatkan banyak bagian. Lakukan riset, buat rencana, dan mulailah menjalankannya.

Sebagai pemilik dan operator toko roti, sangat penting untuk memikirkan ide-ide yang akan menarik lebih banyak pelanggan ke toko roti Anda. Seorang pemilik harus mengembangkan kreativitas yang cukup untuk  bertahun-tahun yang akan datang.

 

Segera Mulai dan Jalankan Bisnis Toko Roti Kamu

 

Mengawali sebuah usaha memang menjadi tantangan tersendiri, apalagi jika kamu termasuk orang yang belum memiliki banyak pengalaman di bidang itu. Dari sini, kamu bisa belajar banyak hal untuk bisa dikembangkan dan melahirkan hal-hal baru, termasuk dalam membuka toko roti dan kue.

Yuk, tunggu apalagi, segera realisasikan mimpi bisnismu dan buat jadi nyata!

Jangan lupa baca juga :

In this article

Join the Conversation

10 − 6 =

1 comment

  1. Usaha Kreatif Remaja       Balas

    Terimakasih atas tips sukses yang sangat bermanfaat dan menginspirasi… Artikel yang sangat membantu…