Begini Cara Mudah Monitor Aktivitas Sales

Dalam monitor aktivitas sales, Anda bisa menggunakan software CRM yang ini sudah tersedia dalam bentuk aplikasi mobile. Software CRM mobile untuk optimalkan kinerja sales kini bukanlah hanya sekadar impian belaka. Seiring perkembangan zaman, tekonologi semakin mutakhir. Perkembangan teknologi saat ini sangat memungkinkan untuk melakukan tracking bagi para sales yang memiliki mobilitas tinggi.

Sebelum masuk ke pembahasan cara mudah monitor aktivitas sales dengan CRM, apakah Anda sudah tahu apa itu CRM?

CRM adalah salah satu strategi bisnis yang telah banyak digunakan oleh pebisnis sebagai solusi mencapai komunikasi yang baik antara bisnis dan pelanggan serta membuat bisnis makin efektif dan efisien.

Monitor Aktivitas Sales dan Raih Penjualan Maksimal Dengan CRM Mobile

1. Pelacakan prospek secara lengkap

Ketika prospek baru mendarat di situs web Anda, sistem membuat profil mereka secara otomatis saat mereka menjelajahi konten Anda, mendaftar ke buletin, meminta informasi lebih lanjut, dll.

Dalam hal membuat  email, tim penjualan tidak perlu bersuah payah membuatnya. Barantum CRM menyelesaikannya untuk mereka. Hal ini karena sebuah algoritma dalam CRM tersebut berpotensi dapat melihat kebutuhan pelanggan lebih jelas daripada yang bisa  manusia lakukan. Saat email ini tiba, CRM akan diperbarui saat mereka membacanya. Jika mereka mengklik tautan dari dalam email, mereka akan diperlihatkan informasi lebih lanjut di situs web, dan ini juga akan ditambahkan ke profil mereka. Mungkin email lain akan dikirim, membantu pelanggan dan sistem otomatis untuk mempersempit apa yang mereka butuhkan.

2. Penilaian terhadap prospek secara otomatis

Anda akan belajar dari saluran penjualan atau  mungkin sudah memiliki pemahaman tentang apa yang membuat prospek ideal untuk bisnis Anda. Prospek yang berkonversi akan sering melakukan tindakan yang sama, mengajukan pertanyaan yang sama, dan membutuhkan jawaban yang sama.
Meskipun ini adalah kandidat utama untuk otomatisasi, ini juga memberikan indikasi tentang cara menemukan prospek yang akan lebih mudah dikonversi daripada yang lain. Beberapa CRM memungkinkan Anda menetapkan poin untuk masing-masing faktor ini, dan prospek yang mendapatkan penilaian paling besar adalah yang paling mudah dikonversi.

Software ini dapat menentukan peringkat semua prospek untuk Anda, memberi Anda kesempatan untuk fokus pada penjualan yang lebih mudah sebelum beralih ke prospek yang mungkin menghabiskan lebih banyak waktu Anda.

3. Laporan aktivitas

CRM membantu sales lapangan untuk dengan mudah menyiapkan laporan harian, mingguan atau bulanan mereka. Proses ini otomatis dan transparan, dan hanya memerlukan beberapa klik untuk memberi tahu orang lain tentang penjualan apa yang sedang berlangsung.

Hal itu karena sistem CRM mencatat seluruh aktivitas sales lapangan dalam satu halaman. Dengan begini, Anda juga menjadi lebih mudah dalam mengukur KPI sales.

4. Waktu kerja efektif

Dengan tersedianya aplikasi CRM mobile IOS/Android, seperti Barantum, Anda tak perlu bingung untuk meluangkan waktu. Aktivitas bisnis yang sales lapangan kerjakan dan di manapun mereka berada, tetap terpantau dalam genggaman tangan Anda.

Tak hanya itu, CRM membantu sales lapangan untuk menyeleksi data sehingga sales Anda tidak membuang-buang waktu untuk sortir dokumen.

CRM terbaik indonesia

5. Tetap up to date

CRM menawarkan kalender bersama, template dokumen dan integrasi email, menyatukan semua anggota tim dan menjaga setiap orang tetap up-to-date. CRM juga meningkatkan komunikasi antara tenaga penjualan dan manajemen penjualan.

6. Pencapaian target lebih cepat

CRM membantu merampingkan seluruh siklus penjualan. Anda dan membantu semua orang di tim untuk mencapai target lebih cepat. Karena pemrosesan order dan menyiapkan penawaran otomatis di CRM, tim penjualan dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan pendapatan penjualan.

7. Hemat

Meskipun sistem CRM tidak murah, namun sistem CRM akan benar-benar membantu Anda menghemat pengeluaran. Secara keseluruhan kinerja sales akan menjadi lebih efisien dan efektif dan tidak ada lagi pengulangan kesalahan dalam penerapan strategi penjualan.

8. Laporan kinerja tim real time

Bayangkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mengumpulkan dan mengatur semua data untuk laporan Anda. Perusahaan Anda mungkin menyimpan beberapa data dalam CRM, dan Anda mungkin menyimpan beberapa data lain secara lokal di file Excel. Seringkali, Anda mungkin memiliki data di satu tempat, tetapi mungkin tidak akurat, sehingga Anda perlu melakukan pemeriksaan berkala.

Pada akhirnya, Anda harus mengelompokkan wawasan ini ke dalam berbagai laporan, lalu mengirimkan laporan ini kepada siapa pun yang membutuhkannya. Karena pelaporan tidak terjadi hanya sekali, Anda akhirnya mengulangi langkah yang sama setiap kali seseorang perlu melihat beberapa data penjualan.

Dengan otomatisasi laporan, Anda dapat membuat laporan yang hanya perlu disiapkan sekali. Hal ini akan menghemat waktu Anda, dan berinvestasi dalam proses pengambilan keputusan yang lebih berharga. Manajer dan rekan Anda akan selalu memiliki akses ke data pelaporan terbaru, dan meminimalisir human error.

Ketika staf sales Anda menggunakan CRM tradisional, mereka harus menunggu sampai mereka kembali ke kantor untuk memasukkan informasi pelanggan, mengubah janji, atau mencatat catatan. Akibatnya, mereka mungkin melupakan sebagian informasi atau membuat entri yang salah.

CRM dapat mengatasi kelemahan ini dengan fungsi entri data real time. Staf dapat memasukkan data dan membuat perubahan menggunakan aplikasi tersebut mereka di lapangan. Jadi tidak ada risiko atau lupa informasi atau membuat entri yang salah. Kelebihan ini mengarah pada data yang akurat dan berkualitas tinggi di CRM Anda. Anda dapat membangun otomatisasi alur kerja juga mengotomatiskan bagian dari proses entri data, menghemat waktu repetisi Anda.

Dengan adanya data real time, Anda bisa melihat proses tersebut sudah sejauh apa. Anda pun dapat melihat kinerja staf dalam melakukan tugasnya. Di sisi lain, staf Anda lebih mudah menginformasikan kepada pembeli terkait proses barang yang dikirimkan.

Seluruh aktivitas penjualan dan proses penanganannya tersaji dengan baik dalam sistem CRM. Kegiatan online shop Anda pun menjadi lebih optimal.

9. Mudah diakses

Pemakaian aplikasi CRM Dengan tersedianya aplikasi seluler IOS/Android Barantum, Anda tak perlu bingung untuk meluangkan waktu. Aktivitas apapun yang Anda kerjakan serta di manapun Anda berada, aktivitas bisnis tetap terpantau dalam genggaman tangan Anda. Segala proses pemantauan bisnis dalam aplikasi CRM Barantum dilakukan dengan mudah, cepat, dan praktis.

Tingkatkan Performa Sales Anda Bersama Barantum

Kini Anda telah tahu cara monitor aktivitas sales dengan CRM. Salah satu sistem CRM untuk monitor aktivitas sales, Anda bisa menggunakan CRM Barantum yang juga dapat memudahkan segala aktivitas bisnis Anda. Mulai dari memudahkan tim admin untuk menilai performa di lapangan hingga melakukan report dengan fitur CRM Barantum sebagaipendukungnya.

Tidak perlu khawatir jika Anda masih bingung mengenai penggunaan CRM. Tim profesional dari Barantum dapat memberikan penjelasan terkait penggunaan Barantum CRM.

integrasi omnichannel

Rekomendasi Artikel

  1. Tips Membangun Omnichannel Customer Experience
  2. Apa Itu Personalisasi Omnichannel dan Apa Manfaatnya
  3. Manfaat Strategi Marketing Omnichannel
  4. Apa Itu Retensi Pelanggan dan Cara Meningkatkannya?
  5. Penilaian Akurat KPI Call Center dengan CRM Omnichannel
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".