Praktis Monitoring KPI Tim Customer Service Anda dengan CRM

CRM dapat membantu dalam monitoring dan mengukur kinerja tim customer service dengan menyediakan data yang dibutuhkan untuk mengukur KPI yang ditentukan. Namun, mengukur kinerja tim customer service dapat menjadi tugas yang cukup menantang. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan sistem CRM. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan cara monitoring KPI tim customer service menggunakan CRM. Yuk, baca artikelnya sampai selesai!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu Monitoring KPI Customer Service Dengan CRM?

Monitoring KPI tim customer service dengan CRM adalah cara untuk mengukur kinerja tim customer service dan mengevaluasi kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Dengan menggunakan CRM, Anda dapat mengukur KPI seperti waktu respons, tingkat kepuasan pelanggan, tingkat resolusi masalah, dan tingkat pengembalian pelanggan.

Tingkat resolusi masalah, yang mengukur seberapa baik tim customer service dalam menyelesaikan masalah pelanggan. Dan tingkat pengembalian pelanggan, yang mengukur seberapa sering pelanggan kembali setelah menerima layanan.

Melakukan monitoring KPI ini juga memungkinkan untuk mengevaluasi kinerja individu dari setiap anggota tim customer service. Misalnya, jika Anda menemukan bahwa waktu tanggap yang lama, Anda dapat menambah staf atau meningkatkan pelatihan untuk meningkatkan waktu tanggap. Atau jika Anda menemukan tingkat kepuasan pelanggan yang rendah, Anda dapat mengidentifikasi masalah yang mendasar dan mencari solusi untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Mengapa Monitoring KPI Tim Customer Service Penting Bagi Bisnis?

Monitoring KPI tim customer service penting bagi bisnis karena dapat digunakan untuk mengukur kinerja tim customer service dan mengevaluasi kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Apa Manfaat Monitoring KPI Tim Customer Service?

Berikut manfaat monitoring KPI tim customer service:

1. Membantu Mengukur Kinerja Tim

Dengan melakukan monitoring KPI, dapat ditentukan apakah tim customer service telah mencapai target yang telah ditetapkan dalam hal jumlah permintaan yang diterima, tingkat kepuasan pelanggan, waktu tanggap dan lain-lain.

2. Mempermudah Dalam Identifikasi Masalah

Monitoring KPI dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh tim Anda. Seperti kesulitan dalam menjawab pertanyaan pelanggan atau masalah dalam menyelesaikan permintaan. Ini mempermudah dalam mencari solusi yang tepat untuk meningkatkan kinerja tim customer service.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3. Membantu Perencanaan Dan Pengambilan Keputusan

Monitoring KPI dapat digunakan untuk menentukan prioritas dalam meningkatkan layanan pelanggan dan meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini membantu dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang tepat untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

4. Membantu Dalam Menentukan Prioritas

Monitoring KPI dapat digunakan untuk menentukan prioritas dalam menangani masalah yang dihadapi oleh tim Anda. Hal ini membantu dalam menentukan apakah perlu menangani masalah yang lebih penting terlebih dahulu atau menangani masalah yang lebih kecil dahulu.

5. Membantu Dalam Menentukan Prioritas

Monitoring KPI dapat digunakan untuk menentukan prioritas dalam menangani masalah yang dihadapi oleh tim customer service. Hal ini membantu dalam menentukan apakah perlu menangani masalah yang lebih penting terlebih dahulu atau menangani masalah yang lebih kecil dahulu.

Bagaimana Cara Monitoring KPI dengan CRM?

Cara monitoring KPI dengan CRM sangat mudah. CRM, seperti Barantum, secara otomatis akan meng-update kinerja KPI tiap agen/user Anda. Tentunya, hal ini membutuhkan konsistensi agen Anda untuk mengisi data pekerjaan yang dilakukan ke dalam CRM. Sehingga CRM dapat langsung mendata dan membuat laporannya secara real-time. Untuk memonitoring KPI dengan CRM, Anda hanya perlu melihat laporan data di dashboard CRM Anda. Pada laporan CRM, Anda akan melihat seluruh aktivitas dan persentase pencapaian KPI tiap agen. Sehingga Anda bisa memantau apakah agen menjalani pekerjaannya dengan baik atau perlu ada perbaikan kembali.

Dapatkan Sistem CRM Terbaik Sekarang!

Software Aplikasi CRM TerbaikAplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".