Panduan Email Marketing Bagi Pemula

panduan email marketing

Email marketing tidak hanya sekedar menulis email, lho!

Email marketing adalah bentuk pemasaran di mana suatu bisnis menggunakan email komersial untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan menjual produk atau layanan kepada audiens. Kampanye produk melalui email ini merupakan cara yang efektif  untuk memberi tahu pelanggan Anda mengenai produk atau layanan Anda beserta penawarannya. Pembeli dan pelanggan dapat semakin terlibat dengan produk Anda. Selain itu, ini akan membantu Anda mengubah pembeli  menjadi pelanggan dan kemudian menjadi pelanggan yang loyal.

Dalam membuat sebuah email marketing, tentu Anda tidak hanya memikirkan konten visual produk atau layanan Anda. Membagikan informasi melalui email tentu tidak sama dengan platform media sosial.  Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan agar pesan dan tujuan Anda tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, Anda memerlukan langkah-langkah tepat eksekusinya dapat berjalan sesuai dengan rencana Anda.

Baca jugaCara Mengirim Email ke Pelanggan Potensial Agar di Baca

Langkah 1: Tentukan tujuan Anda

Apa tujuan Anda membuat email marketing? Apakah Anda ingin menaikkan penjualan? Menentukan tujuan sebagai langkah awal dalam membuat sebuah email marketing akan mempengaruhi konten email itu sendiri. Apa pun tujuan Anda, pastikan itu spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbasis waktu. Mendokumentasikan tujuan Anda tidak hanya membuat program Anda akuntabel tetapi juga menyediakan kerangka kerja bagi Anda untuk melihat bagaimana kampanye meningkat dari waktu ke waktu. Setelah menentukan tujuan pembuatan email marketing, Anda harus membuat sebuah tim yang bertanggung jawab atas pembuatannya. Misalnya, siapa yang membuat wording atau pesan email, siapa yang membuat desain visual produk, dan sebagainya.

Langkah 2: Buatlah template email marketing

Langkah selanjutnya adalah membuat template kampanye email. Anda dapat menggunakan template kampanye email yang pernah digunakan sebelumnya atau membuat yang baru. Kini, sudah banyak tersedia berbagai template kampanye email menarik yang dapat Anda unduh secara gratis. Hindarilah template yang rumit karena itu akan mempersulit pelanggan Anda dalam memahami isi email. Beberapa elemen template yang perlu Anda dan tim pertimbangkan selama fase desain adalah header/footer dan penggunaan whitespace.

Header dan footer adalah tempat untuk memperkuat produk Anda dan memberikan pengalaman yang konsisten bagi pelanggan Anda. Header dapat berupa sesuatu yang sederhana seperti logo perusahaan, sedangkan footer dapat menyertakan tautan produk ke platform media sosial Anda, alamat fisik perusahaan Anda, dan cara bagi pelanggan Anda untuk berhenti berlangganan.

Whitespace adalah area email tanpa konten atau gambar. Memastikan template email Anda menyertakan beberapa spasi sangat penting, karena membuat isi email Anda kurang penuh yang sebenarnya dapat membantu pelanggan  lebih fokus pada konten email. Lebih baik konten email memiliki banyak ruang putih daripada sedikit oleh karena banyak elemen yang tidak perlu. Elemen yang terlalu banyak membuat konten email berantakan dan ramai sehingga pelanggan enggan untuk membacanya.

Langkah 3: Buatlah tulisan atau copywriting yang menarik

Membuat tulisan atau copywriting yang menarik pada email marketing adalah hal yang cukup krusial. Tulisan adalah ‘rayuan’ kepada pelanggan Anda untuk terlibat dalam produk atau layanan Anda.  Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam penulisan email marketing:

Pengirim email, baris subjek, dan pratinjau teks

Meyakinkan pelanggan atau penerima untuk membuka email Anda memerlukan pengirim email yang jelas, baris subjek yang menarik, serta teks pratinjau untuk me-review isi email Anda. Cantumkanlah nama merek produk Anda pada informasi pengirim email agar penerima tidak bertanya-tanya asal email. Coba untuk tidak menggunakan no-reply untuk menciptakan keramahan Anda kepada pelanggan dalam menerima tanggapan atau feedback mereka. Berikan baris subyek menarik sebagai summary atau inti dari pesan kampanye Anda. Dengan baris subjek yang menarik, besar kemungkinan pelanggan atau penerima membuka email kampanye Anda karena rasa penasaran. Melakukan pratinjau terhadap isi email sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir kesalahan.

Judul, tulisan, dan CTA

Setelah pelanggan memutuskan bahwa email Anda layak untuk dibuka, konten berikutnya yang mereka lihat adalah judul, tulisan, dan ajakan bertindak (CTA).

Coba tulis body copy Anda terlebih dahulu, diikuti dengan judul Anda, dan kemudian CTA Anda. Tidak ada aturan khusus untuk copywriting karena ini adalah bagian paling artistik dari proses email marketing. Buatlah tulisan menarik yang mampu menarik minat pelanggan, terutama calon pembeli. Copywriting yang menarik tidak hanya menarik minat mereka, namun juga membuat mereka selalu menantikan email Anda.

Gambar

Gambar yang tepat dapat meningkatkan email marketing dan meningkatkan keterlibatan pesan. Tetapi, gambar yang salah dapat mengalihkan perhatian pelanggan dari tujuan email. Anda harus cermat dan hati-hati dalam memilih gambar yang sesuai dengan kampanye atau konten produk Anda untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan email Anda.

Saat memilih gambar, carilah gambar yang mewakili konsep atau interpretasi dari topik email marketing Anda. Cari gambar yang sederhana namun mampu menarik perhatian pelanggan Anda.

Email marketing merupakan salah satu cara Anda untuk memberikan wawasan dan value bisnis Anda kepada penerima email. Ada beberapa pointnya lainnya yang perlu Anda perhatikan, namun ketiga langkah di atas adalah yang paling krusial. Dengan menyajikan email pertama yang menarik, bukan tidak mungkin penerima atau prospek Anda menantikan email-email selanjutnya. Penting untuk mempertahankan kualitas email marketing serta keberlanjutannya, dalam hal ini adalah bagaimana Anda rutin mengirimnya.

Agar email marketing tepat sasaran, kirimkanlah email tersebut ke pelanggan potensial Anda. Pelangan potensial mempunyai kemungkinan lebih tinggi untuk membuka email Anda daripada prospek lainnya. Bagaimana Anda mengetahui siapa sajakah pelanggan potensial Anda? Melakukan penelitian kemudian memberikan penilaian kepada setiap prospek Anda adalah caranya. Namun, melakukannya secara manual akan sangat menguras waktu dan energi Anda. Untuk itu, gunakanlah CRM Barantum.

CRM Barantum akan membantu Anda dalam proses penilaian serta kualifikasi prospek, sehingga memberikan Anda deretan prospek potensial. Fitur canggih dalam CRM ini memang menjadi andalan dalam berbisnis agar mendapatkan target pelanggan ideal. Dengan CRM Barantum, email marketing Anda akan sampai pada prospek yang tepat.

Miliki CRM Barantum sekarang di sini dan dapatkan uji coba GRATIS selama 7 hari!

 

In this article

Join the Conversation

nineteen − five =