Cara Penerapan Aplikasi CRM dalam Perusahaan Anda

crm implementation barantum

Perkembangan Aplikasi CRM Indonesia

Seiring meningkatnya perkembangan CRM Indonesia banyak Perusahaan yang berlomba lomba mengintegrasikan aplikasi CRM dalam bisnisnya sehingga banyak perusahaan semakin maju dan bagi yang belum memakai CRM kalah dalam bersaing. Namun yang jadi masalah adalah, lamanya proses implementasi peng-integrasian aplikasi CRM pada bisnis mereka dari mulai ide, perencanaan, pemilihan , sampai implementasi dan uji coba membuat perusahaan yang kurang terfokus pada strateginya menjadi lelah sehingga pada saat implementasi pun penggunaannya menjadi tidak maksimal.

Kami baru saja meneliti pada bulan lalu bagaimana proses penjualan terstruktur merupakan kunci untuk meningkatkan peluang Anda untuk menang dalam persaingan bisnis dengan tingkat kompetisi yang tinggi dalam era transformasi digital saat ini.

Bila Anda ingin tahu definisi crm baca disini  Apa itu CRM

Mari kita pelajari beberapa tips tentang cara menyiapkan dan mengintegrasikan Aplikasi CRM yang efisien dari mulai ide hingga implementasi dalam waktu kurang dari 3 minggu!

Kapan sebaiknya Anda memikirkan tentang Aplikasi CRM?

 

Anda sebaiknya sudah harus mulai berpikir tentang CRM mulai dari hari pertama aktivitas bisnis Anda. Ketika Anda mulai membuat perusahaan, itu adalah sama dengan membangun komunitas yang harus Anda pelihara setiap hari. Anda dapat menemui siapa saja, pelanggan, prospek, mitra, investor,dan lain sebagainya. Semua orang yang tertarik pada Anda atau perusahaan Anda, harus di buat menjadi bagian dari komunitas Anda.

Apa saja manfaatnya?

Jadi menurut Anda kami masih perlu menjelaskan tentang kenapa Anda butuh Aplikasi CRM ? 
Baiklah Di bawah ini merupakan beberapa manfaat utama dari Aplikasi CRM terbaik.

1 / Membangun kontak Anda. Ketika Anda memberikan sebuah nilai atas produk Anda, salah satu nilai bisnis Anda adalah semua orang yang Anda temui. Ketika kita mengacu soal aplikasi CRM, kita tidak hanya berbicara tentang prospek tetapi juga tentang seluruh ekosistem bisnis Anda. Sangatlah penting dalam memanfaatkannya, untuk mendapatkan analisa yang tepat dan tersegmentasi dari semua interaksi yang Anda miliki dengan kontak ini dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan Aplikasi CRM maka akan mencegah Anda kehilangan informasi kunci dalam kontak Anda, apabila staff penjualan Anda sudah tidak bekerja lagi pada Anda atau memutuskan pindah ke pekerjaan lain.

2 / Memelihara Prospek. Bukan hal yang biasa bahwa seorang prospek langsung dapat menjadi customer saat pertama kali Anda bertemu. Transaksi penjualan seringkali harus dipancing oleh fase jatuh tempo. Dan bahkan, klien harus berusaha memahami solusi yang Anda berikan beberapa kali sebelum memahami nilai dan melakukan  penandatanganan. Maka itu, sangatlah penting untuk membuat perencanaan CRM Anda matang dan menentukan waktu yang tepat untuk mengubah peluang menjadi pemasukan dalam bisnis.

3 / Memantau kinerja penjualan. Dengan Aplikasi CRM  memungkinkan Anda untuk melacak catatan interaksi dari waktu ke waktu serta memantau kinerja penjualan secara efisien. Sangat penting untuk memiliki tingkat rincian yang berbeda untuk setiap unit bisnis dan untuk setiap staf penjualan yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah memantau kinerja dalam siklus penjualan, per penjualan, per wilayah, dan per tahap.

5 / Analisa pendapatan Anda di masa depan. Hal ini cukup sederhana: apabila tidak ada CRM, maka tidak ada perkiraan atau analisa. Sebagai seorang leader ataau CEO, salah satu tugas utama Anda adalah memperkirakan pendapatan Anda. Dengan Aplikasi CRM akan membantu Anda menganalisa siklus penjualan, rasio keberhasilan, dan jumlah transaksi rata-rata untuk memperkirakan masa depan berdasarkan pipeline yang ada.

Aplikasi CRM Terbaik? Lalu mana yang harus Anda pilih?

 

crm indonesia barantum

 

Ada tiga pilihan utama, tapi apakah Anda tahu yang mana yang harus dipilih? kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih di antara opsi – opsi tersebut.

1 / Pendekatan All in One. Barantum CRM merupakan pelopor CRM Indonesia yang cukup terkenal dan paling banyak digunakan di Indonesia. Untuk pemakaian mungkin bukan yang paling mudah, tetapi yang membuatnya menjadi terbaik adalah cakupan fungsionalnya yang sangat besar dan fitur – fiturnya yang lengkap memungkinkan Anda mengelola penjualan, pemasaran, dan apa pun yang Anda inginkan. Dan Barantum CRM merupakan Aplikasi CRM yang nilai best for value nya sangat tinggi artinya ini merupakan aplikasi crm yang sangat affordable/terjangkau dengan fitur kelengkapan yang melebihi ekspektasi Anda. Bahkan Anda bisa mencoba contoh aplikasi crm gratis milik barantum.com selama 14 hari dengan full fitur.

Zoho adalah penantang yang baik. Kemudahan penggunaannya sedikit lebih baik daripada Barantum CRM tetapi fungsionalitas dan fiturnya sangat terbatas dan harganya yang jauh lebih mahal.

2 / Pendekatan Penjualan. Ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya yang berfokus pada bagian komersial dan tindakan penjualan CRM. Pipedrive sangat bagus namun, kurang tepat apabila Anda ingin mengintegrasikan kampanye pemasaran Anda. Aplikasi CRM Ini biasanya sering digunakan pada bisnis startup tahap awal.

3 / Pengembangan khusus. Hal ini merupakan kegiatan mengembangkan CRM Anda sendiri. Dengan begitu Aplikasi CRM yang di kembangkan sendiri akan sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, hal ini cukup mahal karena Anda akan membutuhkan pengembang untuk membangunnya serta menjaganya agar tetap akurat. Hal ini dapat menjadi pekerjaan yang cukup berat dan memakan waktu yang lama.

 

Dari yang paling sederhana hingga kegunaan paling rumit: Barantum, Pipedrive, Zoho, dan Salesforce. Apa pun Aplikasi CRM yang Anda pilih, hal yang terpenting adalah penerapannya dan bagaimana menggunakannya setiap hari.

 

Jadi bagaimana cara Anda membuat pilihan?

Tidak aneh apabila kita menghabiskan banyak waktu dan energi dalam memilih aplikasi CRM Anda. Jika Anda menggunakan metodologi standar dengan spesifikasi, tes, dan banyak bertanya, Anda bisa saja menghabiskan waktu sampai lebih dari 5 bulan dalam menentukan pilihan Anda.

Kami menyarankan supaya Anda jangan sampai terlalu menghabiskan waktu terlalu panjang untuk memikirkan aplikasi crm mana yang harus Anda pilih untuk di terapkan. Sebenarnya akan lebih mudah bila Anda beralih atau mencoba – coba satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Tapu akan lebih sulit lagi bagi bisnis Anda untuk bersaing selama 5 bulan penuh tanpa Aplikasi CRM.

Semakin lama menunggu sebelum menyiapkan CRM, akan semakin banyak integrasi yang membosankan dan mahal. Oleh karena itu, Anda harus membuat pilihan setidaknya dalam 2 minggu dan menerapkannya dalam 1 bulan. Apabila melebihi waktu yang kami sarankan maka hal ini akan menjadi lebih rumit lagi kedepannya.

 

Bagaimana cara mengatur CRM Anda?

 

1 / Langkah 1 – fase perlingkupan

Pilih satuan tugas internal dan tentukan jadwal target. Ini harus melibatkan CEO, pendiri juga orang yang di tugaskan untuk pelaksanaannya.

  1. Tulis Spesifikasi Anda : Fungsi apa yang Anda harapkan dari sistem ? menyimpan kontak ? mengelola tim penjualan ? Mengelola kampanye pemasaran ? Itu semua akan memengaruhi pilihan Anda.
  2. Siapa saja pengguna? Perwakilan penjualan? Dan Pemasaran?
  3. Tuliskan 5 kriteria Anda sebagai dasar pilihan Anda misalnya seperti kegunaan, biaya, keberlanjutan, integrasi, dan lain sebagainya.
  4. Catat paling tidak 3 solusi potensial dengan analisa yang komparatif : penetapan harga & pengemasan, risiko & peluang, dan umpan balik dari perusahaan lain menggunakan solusi yang mungkin Anda ketahui

Pada fase ini, Anda harus memilih satu atau beberapa solusi sebagai validasi.

 

2 / Langkah 2 – fase percobaan / uji coba

  1. Siapkan fase Uji Coba yang mendefinisikan skenario pengujian Anda. Contoh: Buat kontak => buat akun => buat prospek => ubah menjadi peluang => tutup peluang
  2. Mulai fase Uji Coba;
  • Uji coba gratis untuk solusi yang dipilih
  • Uji skenario tanpa kustomisasi
  • Mulai penyesuaian sederhana untuk skenario pengujian Anda: tahapan dalam proses penjualan Anda misalnya
  • Buat laporan spesifik
  • Demo mock-up
  • Atur demonstrasi ke satuan tugas. Semua orang harus berpartisipasi dalam demo untuk memvisualisasikan solusi dan mengantisipasi kegagalan.

 

3 / Langkah 3 – fase implementasi

    1. Tentukan dengan tepat model data Anda:

  • Jenis kontak: pelanggan, prospek, mitra
  • Klasifikasi pelanggan
  • Tahapan proses penjualan Anda
  • Definisi produk atau layanan

Klasifikasi ini memungkinkan Anda melakukan tindakan pemasaran yang tepat pada waktu yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk memikirkannya. Penting juga untuk menunjuk pemilik yang akan berbicara dengan semua orang untuk memahami kebutuhan perusahaan.

  1. Buat daftar kontak untuk dimasukkan ke dalam sistem
  2. Identifikasi pengguna 2 hingga 3 untuk periode pengujian: pemasaran dan penjualan
  3. Identifikasi interaksi dengan Sistem IT lainnya (situs web,sistem support)
  4. Uji sistem dengan 2 atau 3 pengguna, kunci dan sesuaikan. Ketika diaktifkan, masukkan semua data Anda dan perluas basis pengguna Anda

Sekarang, Anda siap menerapkan Aplikasi CRM !

 

4 / Langkah 4 – fase penyebaran

  1. Buat profil pengguna dan tentukan secara tepat otorisasi mereka sendiri. CEO harus dilatih dan menggunakannya
  2. Integrasi dengan sistem TI + tes integrasi lainnya
  3. Mengatur sesi pelatihan untuk onboard semua pengguna
  4. Menetapkan pengguna admin yang mengumpulkan semua masukan, menyesuaikan, dan membuat laporan pertama untuk membuat pengguna senang
  5. Kustomisasi kecil, laporan pertama
  6. Sesi pelatihan kedua untuk memperbaiki masalah dan melaporkan pelatihan
  7. Periksa setiap minggu yang menggunakan sistem. Bagi mereka yang tidak benar-benar menggunakannya, wawancarai mereka untuk memahami alasannya, sesuaikan CRM jika perlu dan cobalah untuk melibatkan semua orang

Bagaimana cara memastikan kualitas data di CRM Anda ?

Ini adalah titik yang paling kritis. Berikut ini beberapa kiat untuk memastikan kualitas data dari waktu ke waktu:

  • Menetapkan admin yang bertanggung jawab atas pengguna baru, otorisasi baru, kuota dan laporan baru
  • Hasilkan laporan untuk melacak ketidakkonsistenan dan perbaiki. Kami menyarankan Anda menghasilkan laporan bulanan untuk CEO dan Penjualan VP dengan penggunaan penjualan dan tingkat dokumentasi peluang. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengantisipasi masalah apa pun.
  • Saat Anda menyewa staf penjualan, sebutkan dalam deskripsinya bahwa penggunaan CRM adalah bagian dari pekerjaan
  • Sesi pelatihan dan pelatihan harus mencakup penggunaan CRM. Buku pedoman karyawan harus menjelaskan aturan pengoperasian Anda dan apa yang diharapkan dari segi penggunaan.
  • Peluang tidak didokumentasikan dengan benar di CRM = Tanpa komisi. Hanya menuliskannya di rencana kompensasi Anda sudah cukup.
  • Penggunaan ·CRM harus menjadi bagian dari evaluasi tahunan.
  • Rencanakan waktu yang kurang sibuk (sering selama musim panas) untuk memeriksa apakah CRM Anda sudah diperbarui. Jika tidak, antisipasi proses pembaruan.

 

Akhirnya, tujuh poin yang membuat perbedaan

 

  • Anda harus memiliki database pelanggan dan prospek yang unik untuk
  • seluruh perusahaan dengan data yang bersih.
  • Beri tahu tim penjualan Anda alatnya sendiri. Tentukan dasbor per penjualan untuk membantu masing-masing dengan evaluasinya sendiri: pencapaian kuota, kesehatan saluran
  • Sebagian besar CRM tidak menyimpan riwayat file log apa pun. Itulah mengapa kami menyarankan Anda membuat laporan dan menyimpan pipeline mendetail Anda yang pertama setiap bulan. Ini akan memungkinkan Anda untuk melacak metrik dan evolusi saluran Anda selama bulan-bulan mendatang.
  • Implement sesegera mungkin perhitungan jalur ideal per penjualan. Kami menyarankan Anda untuk menerapkan laporan dengan jumlah peluang untuk setiap fase yang memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah Anda dalam posisi yang baik.
  • Lacak rasio menang dan rugi Anda dari waktu ke waktu dengan segmentasi (geografis, jenis pelanggan …) untuk mengidentifikasi masalah yang cukup awal seperti pesaing baru yang muncul atau produk dari pasar misalnya.
  • Setiap tinjauan bisnis harus dilakukan langsung di depan sistem CRM. Ketika salah satu penjualan Anda berbicara tentang peluang, tanyakan padanya di CRM.
  • Produk harus secara tepat didefinisikan untuk mengurangi analisis produk yang tercampur baur.

Kami sangat berharap ini akan membantu Anda menghemat banyak waktu dalam menerapkan atau meningkatkan CRM Anda! Jangan sungkan untuk menghubungi kami, kami akan memberikan solusi crm terbaik bagi bisnis Anda dengan Aplikasi crm terbaik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

 

0 Shares
In this article

Join the Conversation

2 × one =