Potensi Bisnis E-Commerce Bagi Pelaku Bisnis di Indonesia

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi selama masa pandemi, pada akhirnya memang berdampak pada peningkatan bisnis yang berbasis teknologi. Salah satu sektor yang menarik untuk diamati adalah perkembangan bisnis di sektor e-commerce.  Dari data kondisi di tahun 2020 hingga memasuki semester ke-2 tahun 2021 kondisinya semakin meningkat.

Melihat tingginya peningkatan  bisnis yang terjadi pada bisnis di sektor industri e-commerce memang pada akhirnya kita semua berharap bahwa sektor bisnis e-commerce bisa lebih meningkat dibanding tahun 2020.  Hal  itu bisa dilihat dari beberapa hal terjadi sepanjang  tahun 2020.

  1. Mulai terjadinya perubahan dan pengembangan segmen market dalam bisnis e-commerce. Dari yang awalnya Jawa minded, saat ini sudah menyebar ke luar Jawa. Hal itu di tandai dengan penyebaran daya beli masyarakat pada saat hari Belanja Online tahun 202, terjadi peningkatan belanja dari luar Pulau Jawa, seperti Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.
  2. Bahwa ternyata pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia di dominasi oleh beberapa  jenis produk saja. Seperti misalnya fesyen,consumer goods, maupun produk-produk kecantikan dan kesehatan.
  3. Satu hal  yang cukup menarik dari karakter konsumen Indonesia adalah, bahwa konsumen di era modern selalu memiliki kebiasaan shopping dengan menggunakanplatform online dan  offline.  Data  yang di buat oleh konsultan McKinsey, 20 % pelanggan Indonesia akan  melakukan riset produk di toko online, tetapi pada akhirnya akan berbelanja di toko offline.

Melihat kondisi   yang terjadi di  tahun 2020, serta prediksi yang ada di  tahun 2021. Agaknya bisnis di sektor e-commerce akan terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal itu bisa dilihat dari beberapa kondisi yang ada.  Setidaknya ada 3 hal  yang bisa di prediksi menyangku perkembangan bisnis di sektor industri e-commerce di tahun 2021. Dimana ketiga hal itu akan bisa menjadi salah satu dasar bagi pelaku bisnis dalam merancang strategi  yang lebih baik  :

  1. Terjadinya peningkatan atau jumlah yang cukup besar dengan mulai banyaknya bermunculan model pembayaran online. Dengan cara seperti ini maka transaksi akan bisa  dilakukan dari mana saja dengan tanpa adanya ikatan waktu dan tempat.
  2. Sektor industri logistik akan bisa menjadi bagian terdepan dari industri e-commerce sebagai pendukung utama guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen. Karena saat ini konsumen sudah lebih mengandalkan platform  e-commerce untuk bertransaksi. Sehingga harapannya masalah pengiriman menjadi hal  yang lebih utama.
  3. Adanya kecenderungan dari para mitra brand dan penjual untuk melakukan implementasi strategi dari sistem bisnis yang lebih inovatif. Dimana strategi digital menjadi salah satu target yang mesti menjadi perhatian para pelaku bisnis.

WhatsApp Business API by Barantum

WhatsApp Business API, Efektif Untuk Para Pelaku Industri E-Commerce

Berkah yang didapat dari kondisi pandemi covid memang jelas, saat  ini  industri e-commerce berkembang cukup menarik. Dari data terlihat hingga memasuki tahun 2020 saja angka pertumbuhannya sudah 50%, dengan nilai bisnisnya USD130 miliar.  Wajar jika berdasarkan analisa Ernst & Young dengan 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna aktif telepon pintar, bisa di prediksi industri e-commerce menjadi salah satu tulang punggung  perekonomian Indonesia.

Besarnya potensi yang  bisa di dapat dari industri e-commerce memang belum maksimal. Hal itu salah satunya di sebabkan karena belum optimalnya penggunaan media pendukung   untuk meningkatkan revenue bagi pelaku bisnisnya . Padahal jika kita tahu, saat ini begitu mudahnya pelaku bisnis bisa memanfaatkan beragam aplikasi yang  bisa mendukung bisnis mereka. Dimana salah satunya adalah penggunaan Whatsapp Business API. Sebuah aplikasi  yang di kembangkan oleh Whatsapp, saat ini menjadi salah satu media komunikasi bisnis yang begitu menarik.
Baca juga:Strategi Mengintegrasikan Whatsapp Business API Untuk Pelaku Bisnis

Bukan saja menarik karena mudah dalam penggunaanya, tetapi Whatsapp Business API itu sendiri memiliki beragam fitur yang mampu menjadi strategi promosi dan marketing yang cukup potensial bagi pelaku bisnis.  Itulah  yang membuat Whatsapp Business API menjadi pilihan terkini pelaku bisnis dalam berkomunikasi, tidak saja  dalam internal bisnis mereka tetapi juga untuk komunikasi bisnis dengan pihak external mereka.

5 Fitur WhatsApp Business API Yang Mendukung Pelaku Bisnis

Dibanding dengan aplikasi komunikasi sejenis, memang Whatsapp Business API memiliki beberapa fitur yang bisa dikatakan unggulan. Dan diantara beberapa fitur tersebut ada sekitar 5 fitur  istimewa yang pada akhirnya membuat para pelaku bisnis beralih menggunakan Whatsapp Business API dalam menjalankan operasional bisnis mereka.

1. Profil Bisnis (Business Profile)

Ada dua komponen yang masuk dalam kategori fitur profil yaitu Nama Akun dan Profil diri (bisnis).  Satu hal yang membedakannya adalah bahwa untuk Whatsapp Business bahwa penamaan akun nya ada beberapa ketentuan. Sedangkan untuk Profil pada WhatsApp Bisnis salah satu kelebihannya adalah, karena bisa memuat beberapa informasi bisnis . Mulai dari nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, dan situs website. Menu informasi tersebut tidak terdapat pada Profil.

2. Pesan (Message)

Hal menarik kedua yang dimiliki Whatsapp Business API adalah bahwa fitur pesan  memiliki 4 model pesan. Sehingga pengguna bisa menyesuaikan konteks pesan yang akan dikirimkan sesuai dengan kebutuhan  bisnisnya. (a) Away Message : Sistem dari balas pesan ini akan  secara otomatis bekerja  pada saat pesan dari customer/klien masuk ketika  diluar jam kantor/ bisnis sedang tidak beroperasi. Dengan kondisi seperti ini maka klien tidak akan menunggu balasan pesan terlalu lama (b)  Greeting Message : merupakan balasan pesan langsung yang ditujukan kepada customer/klien ketika pertama kali melakukan pengiriman pesan (c) Quick replies : sebuah fitur yang cukup membantu bagi perusahaan untuk menjawab pesan isinya relatif sama dari customer.  Sehingga dengan  fitur ini  banyak kemudahan yang bisa di dapat. Perusahaan hanya membuatkan template balasan pesan untuk pertanyaan yang sering di tanyakan.

Sedangkan satu fitur lain  yang bisa di kelompokan dalam fitur pesan (message) adalah Label. Fungsi dari fitur ini adalah  untuk mengelompokkan pesan yang masuk, dimana model pengelompokannya adalah : Pesan  yang tujuannya adalah prospek, pesan masuk baru dari customer, pesan yang berhubungan dengan masalah keuangan / pembayaran, dan pesan selesai/ pesan yang mengakhiri proses transaksi atau bertanya.

3. Katalog (Catalog)

Inilah yang menarik dari Whatsapp Business API, karena selain bisa di gunakan untuk media komunikasi bisnis. Aplikasi ini juga  bisa di gunakan sebagai media promosi dan promo produk yang di miliki perusahaan. Dimana fitur  katalog yang dimaksud bukan sekadar  gambar atau photo semata. Tetapi memang di fitur  ini perusahaan bisa memberikan penjelasan detail terkait produk yang di tawarkan oleh perusahaan. Dengan adanya fitur ini maka memudahkan perusahaan dalam melakukan aktivitas marketing dan promosi, karena bisa menggunakan aplikasi Whatsapp Business tersebut.

4. Statistik (Statistic)

Dengan adanya fitur statistik ini memang membuat pekerjaan jadi lebih fokus. Karena pesan yang belum di balas, atau pesan yang sudah lama belum terbalas bisa cepat di analisa dan diberikan Followup tindakan.  Dengan model seperti ini, maka user (admin) yang memegang akun Whatsapp Business API akan dengan mudah melakukan kontroling  dan maintenance dari semua pesan yang ada di akun tersebut.

5. Kategori Bisnis (Business Categories)

Setiap perusahaan sudah pasti memiliki spesifikasi bisnis, dengan adanya fitur kategori dalam Whatsapp Business API maka hal itu di permudah. Perusahaan tinggal memiliki jenis bisnis sesuai dengan pilihan yang telah di sediakan, tetapi jika memang pilihan tersebut tidak ada maka perusahaan bisa menentukan pilihan dengan memilih Kategori lain-lain sebagai jenis bisnisnya. Dengan model seperti ini maka customer akan  lebih mudah untuk memahami lebih cepat bisnis yang di jalankan oleh perusahaan.

WhatsApp Business API by Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".