Efektif Dapat Tanggapan Pelanggan dengan Cepat

Terkadang, mencari cara untuk membuat pesan Anda lebih menarik dan interaktif bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan bantuan reply button, Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi pelanggan Anda.

Reply button WhatsApp adalah tombol interaktif yang memungkinkan Anda memberikan pilihan respons yang jelas kepada pelanggan dengan hanya satu klik. Sehingga Anda dapat berkomunikasi secara lebih efisien dengan pelanggan Anda.

Pelanggan Anda dapat merespons dengan cepat dan dengan cara memilih pilihan yang telah Anda tentukan. Sehingga dapat mengarahkan mereka ke tindakan yang dapat meningkatkan keterlibatan dan konversi.

Penasaran tentang cara membuatnya? Yuk, baca artikel ini sampai selesai dan temukan panduan langkah demi langkah yang kami rangkum untuk Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa itu Reply Button WhatsApp?

Reply button WhatsApp API merupakan sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat tombol khusus di dalam pesan yang Anda kirim kepada pelanggan melalui layanan WhatsApp. Tujuannya adalah untuk memudahkan pelanggan Anda dalam memberikan respons atau tanggapan terhadap pesan Anda.

Dengan adanya reply button WhatsApp, pelanggan dapat dengan mudah mengklik tombol yang telah ditentukan sebagai respons atas pesan, yang dapat mengarahkan mereka ke tindakan atau jawaban yang sesuai dengan konteks pesan tersebut.

Pelanggan yang tertarik dapat langsung mengeklik tombol interaktif yang sudah diatur sebelumnya untuk memulai percakapan lebih lanjut atau melakukan tindakan yang diinginkan.

Dengan menggunakan reply button WhatsApp API, Anda dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, memperlancar komunikasi, dan mendorong tindakan lebih lanjut secara efisien melalui platform WhatsApp.

Apa Keuntungan Menggunakan Reply Button WhatsApp?

Berikut adalah keuntungan menggunakan reply button WhatsApp:

1. Mempercepat Interaksi dengan Pelanggan

Pertama, reply button WhatsApp dapat membuat pelanggan Anda untuk berinteraksi dengan mudah dan cepat terhadap pesan yang Anda kirimkan. Dengan hadirnya tombol respons yang sudah ditentukan, pelanggan dapat langsung merespons dengan tindakan atau jawaban yang sesuai hanya melalui satu kali klik. Sehingga mengurangi hambatan dalam komunikasi dan meningkatkan kecepatan tanggapan.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Kedua, reply button WhatsApp menciptakan interaksi yang lebih dinamis dan mengundang pelanggan untuk terlibat dalam percakapan atau tindakan lebih aktif. Hal tersebut karena mereka dapat dengan mudah memilih opsi yang paling sesuai dengan minat atau kebutuhan mereka. Dengan memberikan peluang untuk langsung merespons pesan Anda dengan hanya satu klik, reply button memperkuat koneksi antara bisnis Anda dan pelanggan serta memberikan pengalaman yang lebih interaktif.

3. Berikan Instruksi Tindakan Lebih Jelas

Berikutnya, membantu mengarahkan pelanggan pada tindakan yang sesuai dengan tujuan Anda. Sehingga memberikan instruksi yang lebih jelas dalam memandu mereka untuk mengeksplorasi produk, melakukan pembelian, atau bahkan menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut. Dengan cara ini, reply button WhatsApp berfungsi sebagai jembatan yang efektif untuk mengarahkan komunikasi dengan pelanggan secara lebih terarah dan efisien.

4. Meningkatkan Konversi

Kemudahan dan kesederhanaan dalam mengeklik tombol ini mengurangi hambatan yang terkadang muncul saat pelanggan harus mencari tautan atau melakukan tindakan manual. Hasilnya, lebih banyak pelanggan cenderung merespons secara positif dan melakukan tindakan yang Anda inginkan, seperti melakukan pembelian produk atau mengisi formulir kontak. Dengan strategi yang matang, penggunaan reply button WhatsApp dapat menjadi alat yang kuat dalam meningkatkan tingkat konversi dan meraih tujuan bisnis Anda dengan lebih efektif.

5. Mengurangi Kesalahan Tanggapan

Terakhir, reply button WhatsApp membantu mengurangi risiko kesalahan atau ketidakjelasan dalam tanggapan pelanggan. Karena mereka dapat memilih tindakan langsung dari beberapa pilihan yang telah Anda tentukan, peluang kesalahan dalam memahami instruksi atau tautan berkurang. Selain itu, juga mengurangi kebingungan yang mungkin muncul ketika pelanggan harus mengetik balasan, memastikan bahwa tindakan yang diambil adalah yang diinginkan oleh pelanggan.

Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Reply Button?

Berikut adalah cara membuat WhatsApp reply button, yaitu:

1. Bekerja Sama Dengan BSP Resmi WhatsApp dari Barantum

Langkah awal untuk Anda membuat URL button WhatsApp, yaitu memilih penyedia atau BSP WhatsApp resmi. Hal ini penting diperhatikan untuk menjamin keamanan data perusahaan Anda. Selain itu, pilihlah BSP resmi yang telah dipercaya oleh ribuan pengguna seperti Barantum, untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Sebaiknya, Anda tidak terperdaya dengan penawaran harga yang murah karena selain harga, hal yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu bagaimana cara vendor memberikan pelayanan kepada Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

2. Tentukan Nama dan Kategori Template

cara membuat template wa Barantum

Setelah Anda memilih BSP resmi WhatsApp, Barantum, lakukan login ke BarantumChat dan mulai membuat template WhatsApp Blast. Pada tahap ini, Anda perlu membuat nama template untuk mempermudah Anda mencari template tersebut di kemudian hari. Selain itu, dalam pengajuan template WhatsApp, kini Meta memberlakukan kategori template baru. Kategori tersebut, yaitu utility, authentication, dan marketing conversation.

Penjelasan mengenai kategori template pesan WA blast terbaru ini, bisa Anda simak di artikel berikut -> Catat! Perubahan Kategori Pada Template WhastApp Terbaru April 2023

3. Membuat Isi Pesan

cara membuat button CTA di WhatsApp Tahap selanjutnya, tambahan isi pesan WhatsApp yang diinginkan. Mulai dari header yang dapat berupa teks, gambar, video, maupun dokumen. Lalu, mengisi body (isi pesan) dan footer (optional) jika diperlukan.

4. Tambahkan Button Quick Reply di Template WhatsApp

reply button whatsapp

Jika isi pesan sudah dibuat, langkah terakhir, yaitu Anda bisa membuat button quick reply sesuai tanggapan yang diinginkan. Pada menu button pilih dan klik Quick Reply. Lalu, akan muncul button Quick Reply yang dapat Anda isi hingga 3 pilihan.

Tingkatkan Konversi WA Blast Dengan Reply Button WhatsApp

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Tingkatkan promosi WA Blast Anda ke level berikutnya dengan mengintegrasikan reply button WhatsApp dengan bekerja sama pada BSP resmi, Barantum. Berkat teknologi mutakhir dan pemahaman yang mendalam tentang cara terbaik untuk memaksimalkan WhatsApp API Official, Barantum adalah mitra yang dapat membantu Anda meraih hasil maksimal dari setiap pesan yang Anda kirimkan.

Sehingga Anda tidak perlu lagi berkutat dengan pesan massal yang hanya sebatas dilihat. Dengan reply button WhatsApp dan dukungan fitur-fitur dari Barantum, Anda bisa meraih konversi yang lebih tinggi, mendorong pelanggan Anda untuk melakukan tindakan, dan mengoptimalkan penggunaan WhatsApp API Official.

Dapatkan Sekarang!


Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".