Praktis Membuat Button URL di WhatsApp

Dengan WhatsApp Business API, bisnis kini memiliki lebih banyak peluang untuk menciptakan pengalaman berinteraksi yang menarik dan efisien. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah kemampuan untuk membuat button URL di percakapan WhatsApp, yang memungkinkan bisnis untuk mengarahkan pelanggan ke tautan eksternal. Misalnya diarahkan ke situs web, halaman pembayaran, formulir pendaftaran, dan lainnya.

Dengan button URL WhatsApp, dapat memberikan pelanggan Anda akses cepat dan langsung ke informasi penting atau tindakan tertentu. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah mudah tentang cara membuat button URL di WhatsApp Business API yang dapat membantu Anda memaksimalkan potensi interaksi dengan pelanggan Anda.

Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan panduan lengkapnya!

Kirim WA Blast Tanpa Simpan Kontak by Barantum

Apa itu URL Button WhatsApp?

URL button WhatsApp adalah fitur yang digunakan dalam WhatsApp untuk menciptakan tombol interaktif yang dapat mengarahkan pengguna ke tautan atau URL tertentu di luar platform WhatsApp.

Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih dinamis dan interaktif kepada pengguna, karena mereka dapat dengan mudah diarahkan ke halaman web, formulir pendaftaran, halaman pembayaran, atau sumber informasi lainnya sesuai dengan konteks percakapan.

Misalnya, jika digunakan untuk menerima pemesanan produk, Anda dapat membuat tombol interaktif “Beli Sekarang” dengan URL yang menghubungkan pengguna langsung ke halaman pembelian online. Sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan tindakan yang diinginkan tanpa harus meninggalkan percakapan WhatsApp.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan URL Button WhatsApp?

Penggunaan URL WhatsApp menjadi penting bagi bisnis karena memungkinkan mereka untuk mengarahkan pelanggan dengan lebih efektif ke halaman web, formulir pendaftaran, pembayaran, atau sumber informasi penting di luar platform WhatsApp.

Sehingga membantu dalam menyediakan pengalaman yang lebih terpadu dan mudah diakses bagi pelanggan, meminimalkan hambatan dalam melakukan tindakan tertentu seperti pemesanan produk, pendaftaran, atau pembayaran. Dengan URL WhatsApp, bisnis dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan, mengarahkan trafik ke situs web mereka, dan menyediakan solusi yang lebih interaktif dalam mengatasi kebutuhan dan permintaan pelanggan melalui platform komunikasi yang populer dan familier.

Apa Manfaat Menggunakan URL Button WhatsApp?

Berikut adalah manfaat URL button WhatsApp, yaitu:

1. Pengalaman Pelanggan Lebih Cepat

Pertama, URL Button WhatsApp dapat membuat pelanggan untuk dengan mudah diarahkan ke halaman web atau sumber informasi lainnya di luar chat. Sehingga mempercepat pelanggan yang perlu mengunjungi website yang dibutuhkan oleh mereka dan mempercepat pelayanan pelanggan.

2. Pemasaran Lebih Efektif

Dengan menggunakan URL Button, Anda dapat mengarahkan pelanggan langsung ke halaman pendaftaran, penawaran khusus, atau halaman pembayaran. Sehingga membantu dalam mengarahkan pelanggan ke tindakan yang diinginkan, seperti melakukan pembelian atau berlangganan, meningkatkan konversi, dan penjualan bisnis.

3. Pelacakan dan Analisis yang Lebih Baik

Berikutnya, dalam halaman web yang diakses melalui URL button WhatsApp, Anda dapat menggunakan alat analisis untuk melacak aktivitas pengguna. Informasi ini dapat memberikan informasi penting tentang perilaku pelanggan, kebutuhan mereka, dan efektivitas promosi.

4. Pendaftaran dan Pembayaran Lebih Efektif

Dalam skenario pendaftaran atau pembayaran, URL Button mempercepat proses dengan mengarahkan pengguna langsung ke formulir atau halaman pembayaran. Ini menghindari kehilangan pelanggan yang mungkin merasa terhambat oleh langkah-langkah manual yang diperlukan.

5. Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan

URL Button memungkinkan bisnis untuk menawarkan pilihan lebih lanjut kepada pelanggan, seperti mengunjungi halaman FAQ, mengunduh panduan, atau mengikuti tautan menuju media sosial. Sehingga membantu memperluas interaksi dan membantu pelanggan dalam menemukan informasi yang lebih mendalam.

Secara keseluruhan, URL button WhatsApp memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi komunikasi dan interaksi bisnis dengan pelanggan melalui platform WhatsApp, sambil juga menciptakan pengalaman yang lebih nyaman dan terfokus bagi pengguna

Siapa Saja Yang Bisa Menggunakan URL Button WhatsApp?

URL Button WhatsApp dapat digunakan oleh berbagai kalangan dan entitas yang ingin memperkaya interaksi dengan pengguna melalui platform WhatsApp. Bisnis dari berbagai sektor, mulai dari e-commerce, restoran, hingga penyedia layanan, dapat memanfaatkan fitur ini untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan produk, pembayaran, atau mengakses informasi lebih lanjut.

Selain itu, organisasi nirlaba dan lembaga amal juga dapat memanfaatkan URL button untuk mengarahkan para donatur ke halaman donasi atau formulir pendaftaran acara amal. Institusi pendidikan dapat menggunakan fitur ini untuk mengarahkan calon mahasiswa ke informasi pendaftaran dan program studi, sementara media dan hiburan dapat memanfaatkannya untuk menghubungkan pengguna dengan konten terbaru.

Beragam industri lainnya bisa memanfaatkan URL button WhatsApp ini sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena URL button WhatsApp menawarkan fleksibilitas dalam menciptakan pengalaman interaktif yang diinginkan setiap penggunanya.

Bagaimana Cara Membuat URL Button di WhatsApp?

Adapun cara membuat URL button WhatsApp cukuplah mudah. Berikut adalah cara membuat URL button di WhatsApp:

1. Bekerja Sama Dengan BSP Resmi WhatsApp dari Barantum

Langkah awal untuk Anda membuat URL button WhatsApp, yaitu memilih penyedia atau BSP WhatsApp resmi. Hal ini penting diperhatikan untuk menjamin keamanan data perusahaan Anda. Selain itu, pilihlah BSP resmi yang telah dipercaya oleh ribuan pengguna seperti Barantum, untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Sebaiknya, Anda tidak terperdaya dengan penawaran harga yang murah karena selain harga, hal yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu bagaimana cara vendor memberikan pelayanan kepada Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

2. Tentukan Nama dan Kategori Template

cara membuat template wa Barantum

Setelah Anda memilih BSP resmi WhatsApp, Barantum, lakukan login ke BarantumChat dan mulai membuat template WhatsApp Blast. Pada tahap ini, Anda perlu membuat nama template untuk mempermudah Anda mencari template tersebut di kemudian hari. Selain itu, dalam pengajuan template WhatsApp, kini Meta memberlakukan kategori template baru. Kategori tersebut, yaitu utility, authentication, dan marketing conversation.

Penjelasan mengenai kategori template pesan WA blast terbaru ini, bisa Anda simak di artikel berikut -> Catat! Perubahan Kategori Pada Template WhastApp Terbaru April 2023

3. Membuat Isi Pesan

cara membuat button CTA di WhatsApp Tahap selanjutnya, tambahan isi pesan WhatsApp yang diinginkan. Mulai dari header yang dapat berupa teks, gambar, video, maupun dokumen. Lalu, mengisi body (isi pesan) dan footer (optional) jika diperlukan.

4. Tambahkan Button CTA di Template WhatsApp

cara membuat button CTA di WhatsApp

Jika isi pesan sudah dibuat, langkah terakhir, yaitu Anda bisa membuat button CTA di WhatsApp. Pada menu button pilih dan klik Click to Action. Lalu, akan muncul dua pilihan button CTA, yaitu Call Phone dan Visit Website.

cara membuat button CTA di WhatsApp Jika Anda memilih +Add Call Phone, maka pelanggan yang mengklik button CTA di pesan WhatsApp Anda akan langsung diarahkan ke nomor telepon bisnis. Sedangkan jika mengklik +Add Visit Website akan diarahkan ke laman website sesuai dengan keinginan Anda.

Perlu diketahui, button CTA di WhatsApp hanya bisa dipilih salah satunya, antara Call Phone atau Website. Dan, hanya bisa menautkan 1 laman website.

Saat Anda sudah selesai membuat button CTA di WhatsApp, Anda klik Save dan tunggu sampai template pesan WhatsApp Blast yang dibuat disetujui oleh Meta.

Dapatkan dan Gunakan Button URL di WhatsApp Sekarang

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dengan dukungan dari Barantum sebagai BSP resmi, Anda dapat mengambil langkah lebih maju dalam meningkatkan pengalaman pelanggan Anda. Salah satunya, button URL WhatsApp.

Membuat button URL WhatsApp melalui Barantum adalah proses yang mudah dan efisien. Anda dapat mengarahkan pelanggan langsung ke halaman web atau tautan penting lainnya dengan sekali sentuhan pada tombol. Sehingga meningkatkan konversi dan mengarahkan pelanggan Anda ke konten yang relevan.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengintegrasikan data pelanggan dan mengoptimalkan strategi pemasaran Anda. Dan, dukungan dari Barantum sebagai BSP resmi selalumemastikan Anda dapat mengakses fitur-fitur canggih tersebut dengan lancar, sambil menjaga keamanan dan kepatuhan terhadap kebijakan WhatsApp.

Jangan lewatkan peluang untuk meningkatkan keterlibatan, konversi, dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda melalui WhatsApp API Official dari Barantum. Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan jadwal demo dengan tim profesional kami.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Kirim WA Blast Tanpa Simpan Kontak by Barantum

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".