Ketahui Tentang SaaS Secara Lengkap Di Sini

SaaS adalah salah satu model bisnis yang sedang berkembang pesat dalam industri teknologi informasi. Model ini memberikan kemudahan bagi pengguna karena tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk pembelian software, dan juga mempermudah proses update dan maintenance karena semuanya dilakukan oleh penyedia layanan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang SaaS, Anda dapat membaca artikel ini yang menjelaskan secara lebih detail mengenai pengertian, cara kerjanya, dan beberapa contoh aplikasi populer yang tersedia saat ini. Jadi, tunggu apalagi, yuk simak artikelnya sampai selesai!

Apa Yang Dimaksud Dengan SaaS?

Software as a Service (SaaS) adalah salah satu model pengiriman layanan software yang dapat diakses melalui internet. Sehingga pengguna tidak perlu mengunduh atau menginstal software tersebut pada komputer. Melainkan, cukup mengaksesnya melalui web browser. Penyedia layanan biasanya akan menangani semua pemeliharaan, pembaruan, dan dukungan teknis yang diperlukan untuk menjalankan software tersebut.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Tujuan Penggunaan SaaS?

Tujuan utama penggunaan SaaS adalah untuk memudahkan akses pengguna terhadap perangkat lunak yang dibutuhkan. Selain itu, software ini membantu mengurangi biaya pembelian, pemeliharaan, dan pengembangan perangkat lunak yang diperlukan. Selain itu, juga memungkinkan pengguna memperoleh pembaruan otomatis dan keamanan yang lebih baik dibandingkan jika mengelola perangkat lunak sendiri. Pengguna juga dapat dengan mudah menambah atau mengurangi jumlah pengguna. Sehingga tidak perlu membeli lisensi atau mengeluarkan biaya tambahan untuk pengembangan perangkat lunak.

Apa Kelebihan dan Kekurangan SaaS?

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Software as a Service:

Kelebihan SaaS

  1. Akses mudah: Dapat diakses di perangkat lunak dari mana saja yang terhubung ke internet. Sehingga memudahkan Anda untuk mengakses dan menggunakan perangkat lunak tersebut.
  2. Pembaruan otomatis: Memiliki fitur pembaruan otomatis. sehingga memungkinkan Anda untuk selalu menggunakan versi terbaru tanpa perlu mengunduh pembaruan secara manual.
  3. Biaya yang terjangkau: Software ini menawarkan harga langganan bulanan atau tahunan yang terjangkau. Jadi, Anda lebih mudah bagi pengguna untuk membayar untuk layanan yang mereka butuhkan.
  4. Fleksibilitas: Memungkinkan Anda untuk menyesuaikan layanan yang mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyesuaikan layanan sesuai kebutuhan.

Kekurangan SaaS

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Software as a Service:

  1. Ketergantungan terhadap internet: Hanya dapat diakses melalui internet. Jadi, saat terjadi gangguan koneksi internet, Anda mungkin tidak dapat mengakses software.
  2. Batasan kinerja: Biasanya memiliki batasan kinerja yang ditetapkan oleh penyedia layanan. Sehingga Anda mungkin tidak dapat menggunakannya secara optimal jika mereka memiliki kebutuhan yang lebih tinggi dari batasan tersebut.
  3. Keterbatasan kontrol: Anda mungkin tidak memiliki kontrol penuh atas perangkat lunak yang mereka gunakan. Sehingga mungkin tidak dapat menyesuaikan atau memodifikasi perangkat lunak sesuai keinginan mereka.
  4. Masalah integrasi: Kurang cocok bagi Anda yang ingin mengintegrasikan perangkat lunak dengan sistem atau aplikasi lainnya karena mungkin ada batasan atau keterbatasan dalam integrasi tersebut.
  5. Masalah keamanan: Meskipun software ini biasanya menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, ada kemungkinan bahwa data pengguna mungkin tidak seaman seperti jika mereka mengelola sendiri perangkat lunak dan data tersebut.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Bagaimana Cara Kerja SaaS?

SaaS adalah model layanan yang menyediakan aplikasi perangkat lunak melalui internet. Pengguna tidak perlu membeli, menginstal, atau memelihara perangkat lunak di komputer mereka sendiri; mereka hanya perlu membayar langganan untuk mengakses aplikasi tersebut melalui internet.

Cara kerja SaaS biasanya sebagai berikut:

  1. Pengguna mendaftar untuk langganan yang mereka inginkan.
  2. Pengguna mengakses aplikasi tersebut melalui internet dengan menggunakan peramban web atau aplikasi yang disediakan.
  3. Software dijalankan di server dan data pengguna disimpan di server tersebut juga.
  4. Pengguna dapat menggunakan aplikasi tersebut sesuai kebutuhan mereka, dan penyedia akan bertanggung jawab untuk menyediakan dukungan teknis, mengatur server, dan melakukan pemeliharaan yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi dengan baik.
  5. Pengguna terus membayar langganan bulanan atau tahunan untuk terus mengakses software tersebut.

Apa Contoh Penggunaan SaaS?

Contoh penggunaan SaaS adalah menggunakan aplikasi email seperti Gmail atau Outlook.com. Pengguna dapat mengakses aplikasi email tersebut melalui internet, dan tidak perlu menginstal aplikasi email di komputer mereka sendiri. Penyedia layanan email tersebut bertanggung jawab untuk memelihara server dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan layanan email tersebut.

Contoh lainnya adalah menggunakan aplikasi kolaborasi seperti Slack atau Microsoft Teams. Pengguna dapat mengakses aplikasi tersebut melalui internet, dan hanya perlu membayar sejumlah biaya untuk menggunakan layanan tersebut.

Jika Anda ingin mengakses Ms.Office, Anda juga bisa menggunakannya di Office 365. Di Office 365, pengguna dapat mengakses dan menggunakan aplikasi seperti Word, Excel, dan PowerPoint melalui internet, tanpa perlu memasang software di komputer mereka sendiri.

SaaS juga dapat digunakan dalam berbagai industri, seperti manufaktur, retail, kesehatan, dan lainnya. Contohnya, perusahaan manufaktur digunakan untuk mengelola produksi dan logistik. Sementara perusahaan retail digunakan untuk mengelola inventori dan penjualan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".