Begini Cara Sales Monitoring Yang Efektif

Sales monitoring adalah proses pengumpulan dan analisis data penjualan untuk mengetahui tren penjualan dan meningkatkan efisiensi operasional. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari proses sales monitoring, perusahaan harus melakukannya dengan cara yang efektif.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang cara melakukan sales monitoring yang efektif dengan menggunakan sistem CRM. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui informasi lengkapnya!

Apa Itu Sales Monitoring?

Sales monitoring adalah proses untuk mengukur dan menganalisis data penjualan dari suatu perusahaan atau produk. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi penjualan saat ini dan mengidentifikasi tren atau masalah yang mungkin muncul. Melalui sales monitoring, perusahaan dapat mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan dan mencapai target yang ditetapkan.

Sales monitoring juga dapat digunakan untuk membandingkan penjualan antara produk atau cabang yang berbeda. Misalnya, perusahaan dapat membandingkan penjualan produk A dengan produk B atau cabang A dengan cabang B. Ini dapat membantu perusahaan untuk mengetahui produk atau cabang mana yang lebih baik dalam hal penjualan.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Mengapa Sales Monitoring Penting Untuk Bisnis?

Sales monitoring sangat penting untuk bisnis karena memungkinkan perusahaan untuk mengetahui kondisi penjualan saat ini dan membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Salah satu alasan mengapa sales monitoring penting adalah karena membantu perusahaan untuk menentukan target penjualan yang realistis.

Selain itu, sales monitoring juga membantu perusahaan untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul dalam proses penjualan. Seperti produk yang tidak laku atau cabang yang mengalami penurunan penjualan. Sales monitoring juga memungkinkan perusahaan untuk mengetahui produk atau cabang mana yang lebih baik dalam hal penjualan. Sehingga perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien dan meningkatkan keputusan yang tepat.

Apa Manfaat Sales Monitoring Untuk Bisnis?

Beberapa manfaat sales monitoring, yaitu:

1. Menentukan Target Penjualan

Sales monitoring memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data penjualan. Seperti jumlah produk yang terjual, pendapatan dari penjualan, jumlah pelanggan yang membeli produk, dan lain-lain. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa penjualan meningkat dari bulan sebelumnya, perusahaan dapat menetapkan target penjualan yang lebih tinggi daripada bulan sebelumnya. Namun jika data menunjukkan penurunan, perusahaan dapat menyesuaikan target penjualan yang lebih rendah. Menentukan target penjualan dapat membantu Anda untuk membuat keputusan yang tepat dalam hal pengalokasian sumber daya dan meningkatkan efisiensi operasional.

2. Mengidentifikasi Masalah Dalam Proses Penjualan

Sales monitoring memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data penjualan seperti jumlah produk yang terjual, pendapatan dari penjualan, jumlah pelanggan yang membeli produk, dan lain-lain. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa penjualan produk tertentu menurun dari waktu ke waktu, perusahaan dapat mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul seperti kualitas produk yang buruk atau harga yang terlalu tinggi. Atau jika data menunjukkan bahwa penjualan cabang tertentu menurun dari waktu ke waktu, perusahaan dapat mengidentifikasi masalah yang mungkin muncul seperti kualitas layanan yang buruk atau kualitas staf yang buruk.

3. Meningkatkan Efisiensi

Sales monitoring memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data penjualan seperti jumlah produk yang terjual, pendapatan dari penjualan, jumlah pelanggan yang membeli produk, dan lain-lain. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa produk A lebih laku dibandingkan produk B. Perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya yang lebih besar untuk produk A dan mengurangi sumber daya untuk produk B. Atau jika data menunjukkan bahwa cabang A lebih baik dalam hal penjualan dibandingkan cabang B. Perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya yang lebih besar untuk cabang A dan mengurangi sumber daya untuk cabang B.

4. Meningkatkan Kualitas Layanan

Sales monitoring memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data penjualan seperti jumlah produk yang terjual, pendapatan dari penjualan, jumlah pelanggan yang membeli produk, dan lain-lain. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan rendah dalam cabang tertentu, perusahaan dapat mengambil tindakan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan di cabang tersebut, seperti memberikan pelatihan kepada staf atau meningkatkan fasilitas yang tersedia.

Meningkatkan kualitas layanan sangat penting karena dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Meningkatkan Keputusan Yang Tepat

Sales monitoring memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data penjualan. eperti jumlah produk yang terjual, pendapatan dari penjualan, jumlah pelanggan yang membeli produk, dan lain-lain. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa produk A lebih laku dibandingkan produk B, perusahaan dapat membuat keputusan untuk meningkatkan produk A dan mengurangi pengembangan produk B. Atau jika data menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan rendah dalam cabang tertentu, perusahaan dapat membuat keputusan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan di cabang tersebut. Ini juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan menghemat biaya.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

Bagaimana Cara Meningkatkan Efektivitas Sales Monitoring?

Cara meningkatkan efektivitas sales monitoring bisa dilakukan dengan menggunakan sistem CRM. Sistem CRM (Customer Relationship Management) dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber seperti data transaksi, data pelanggan, dan data komunikasi yang memberikan gambaran yang jelas tentang trend penjualan, kepuasan pelanggan, dan mengetahui produk atau cabang mana yang lebih baik dalam hal penjualan. Namun, kesuksesan dari penggunaan CRM dalam meningkatkan efektivitas sales monitoring tergantung pada implementasi dan pengelolaan yang tepat dari sistem tersebut.

Mengapa CRM Mampu Meningkatkan Efektivitas Sales Monitoring?

Adapun alasan CRM mampu meningkatkan efektivitas sales monitoring, yaitu:

1. Menyediakan akses ke data penjualan yang terintegrasi

Sistem CRM dapat digunakan untuk mengumpulkan data penjualan yang terintegrasi dari berbagai sumber, seperti data transaksi, data pelanggan, dan data komunikasi.

2. Memudahkan Analisis Data

Sistem CRM dapat digunakan untuk menganalisis data penjualan dan mengetahui tren penjualan, seperti produk yang paling laku dijual dan cabang yang paling menguntungkan.

3. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Sistem CRM dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses penjualan, seperti mengatur jadwal kunjungan ke pelanggan, mengatur tugas-tugas penjualan, dan mengatur workflow penjualan.

4. Meningkatkan Kualitas Layanan

Sistem CRM dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dengan cara menyediakan data pelanggan yang lengkap dan memudahkan dalam membuat laporan dan analisis pelanggan.

5. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Sistem CRM dapat digunakan untuk membuat keputusan yang tepat dalam hal pengembangan produk, pemasaran, dan strategi penjualan dengan menganalisis data penjualan yang tersedia.

Dapatkan Sistem CRM Terbaik Sekarang!

Software Aplikasi CRM TerbaikAplikasi CRM bekerja untuk siapa saja; manajer, tim penjualan, tim pemasaran, perekrutan, layanan pelanggan, dan seluruh tim dalam bisnis Anda. CRM mengatur komunikasi internal perusahaan juga eksternal (terhadap pelanggan), koordinasi antar tim, otomatisasi dan manajemen tugas, pemantauan KPI, dan sebagainya.

Selain itu, CRM memungkinkan Anda menyimpan informasi kontak pelanggan dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola kampanye pemasaran. Juga membuat informasi tentang setiap interaksi pelanggan yang tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.

Barantum menyediakan solusi end-to-end dengan fitur Omnichannel yang dapat menghubungkan WhatsApp API dan aplikasi chat lainnya dengan sistem Customer Relationship Management.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Aplikasi CRM Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".