Seorang  pebisnis  sejati itu bukan follower sejati, tetapi dia harus menjadi seorang visioner. Karena ketika anda hanya bertindak sebagai follower artinya anda sudah 3 langkah terlambat dari pebisnis lainnya. Kenapa demikian  (1) Ketika anda jadi follower sudah pasti ada pebisnis yang sudah menjalankan strategi  tersebut  (2) Ketika anda mulai menjalankan strategi tersebut pasti anda akan berfikir untung rugi dengan melihat case study yang ada (3) Ketika anda mulai mengikuti strategi tersebut, dan akan menjalankannya. Maka pada saat itu pebisnis lain mungkin sudah berada  pada siklus bisnis yang  mulai mengcreate dari strategi awal yang mereka ketahui.

 

Kesimpulannya adalah jika anda saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis baik itu skala kecil seperti UMKM, hingga skala menengah. Jangan berharap untuk bisnis anda maju kalau hanya berusaha  untuk menunggu pebisnis lain melakukan inovasi strategi bisnisnya. Banyak cara bisa anda lakukan untuk  bisa menjadi visioner dalam bisnis.

Salah satu media  yang bisa anda gunakan untuk menjadi pebisnis yang selalu visioner adalah Omnichannel System. Ada dua hal yang memperkuat  statement  tadi yaitu : (1) Wakil Rektor Universitas Prasetya Mulya, Prof. Agus W. Soehadi, PH.D  “ Peritel harus dapat cepat melakukan antisipasi sejak awal, sehingga dirinya tidak hanya terpaku pada satu model bisnis saja. Tetapi mencoba menggabungkan strategi omnichannel. Ada beberapa karakteristik yang menunjukkan tentang teknologi komunikasi. Pertama, teknologi komunikasi merupakan sebuah perangkat keras atau alat untuk menyampaikan sebuah pesan. Kedua, teknologi komunikasi mulai muncul pada suatu struktur ekonomi, sosial, dan politik. Ketiga, teknologi komunikasi tersebut mulai membawa sebuah nilai-nilai tertentu untuk struktur di atas. Keempat, teknologi komunikasi berhubungan dengan seluruh aspek atau bidang komunikasi.

(2) Karena pada dasarnya, perusahaan yang sudah menggunakan sistem  omni channel berpendapat bahwa pelanggan menghargai kemampuan untuk selalu berhubungan dengan perusahaan melalui banyak jalan pada waktu yang bersamaan. Pendapat lain juga mengatakan bahwa omni channel adalah suatu pendekatan penjualan multi-channels dari semua penjual barang yang dijadikan satu menjadi sebuah jaringan yang berintegrasi untuk memudahkan para pembeli barang dan meningkatkan pengalaman berbelanja.

Karena secara deskripsi omni channel adalah saluran bisnis  yang terdiri dari beberapa model aplikasi yang di integrasikan menjadi satu sistem aplikasi. Dimana secara detail biasanya konsep omni channel terdiri dari : lokasi fisik di mana produk berada ( outlet ), laman web FAQ, media sosial, obrolan we langsung, aplikasi seluler dan komunikasi by telephone.

Mungkin kita sebagai pelaku bisnis awam bertanya, apa mungkin pebisnis UMKM juga mesti menggunakan aplikasi tersebut. Jawabnya sudah pasti benar. Karena dengan semakin tingginya tingkat persaingan yang terjadi di kalangan pebisnis, sudah pasti terobosan – terobosan baru mesti di jalankan oleh pelaku bisnis dengan cermat.  Terlebih tren yang terjadi kedepan, pebisnis tidak hanya bisa mengandalkan  sistem e-commerce atau berjualan secara online saja. Tetapi  produk yang terlihat secara fisik ( semacam produk yang di pajang ) menjadi satu hal yang mesti ada dalam sebuah konsep bisnis sehingga cara terbaik yang bisa di jalankan adalah dengan memaksimalkan sistem omni channel.

OMNI CHANNEL, STRATEGI JITU MENGURANGI BIAYA  NAMUN BERDAYA GUNA MENINGKATKAN OMZET PERUSAHAAN

Baca juga artikel berikut : STRATEGI MENGINTEGRASIKAN WHATSAPP BUSINESS API UNTUK PELAKU BISNIS

Saat ini omni channel menjadi salah satu aplikasi bisnis yang berdaya guna tinggi bagi pebisnis. Bukan saja karena mampu menghemat biaya promosi/ marketing, tetapi mampu meningkatkan omzet perusahaan secara berkala. Karena omni channel adalah satu channel yang didalamnya terdapat beragam channel dengan fungsi yang berbeda-beda. Itulah konsep dasar yang ingin di wujudkan oleh Barantum dengan omni channelnya.

Terdapat 8 fitur strategis yang mampu melipatgandakan keuntungan bagi perusahaan. Dalam Barantum omni channel terdapat : Call center, Email inquiry, Telegram, Line, Facebook. Instagram, Whatsapp, Twitter.  Dimana ke-8 fitur tersebut secara nyata memiliki keunggulan masing-masing yang sudah terbukti nyata untuk meningkatkan aktivitas promosi dan penjualan sebuah produk.

Menariknya lagi Barantum omni channel ini bisa di gunakan oleh semua jenis industri dan sektor bisnis yang ada di Indonesia.  Jadi untuk apa menghabiskan biaya promosi yang masih bersifat tradisional, jika dengan omni channel anda akan bisa mendapatkan begitu banyak keuntungan yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan omzet bagi perusahaan.

 

WHATSAPP CRM, APLIKASI BISNIS YANG BISA MENDEKATKAN POTENSI BISNIS YANG TERSEBAR DI SELURUH INDONESIA

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

Besarnya potensi bisnis yang ada di luar Jabodetabek  memang menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Karena selain berhitung soal besarnya cost yang mesti di keluarkan ketika pelaku bisnis ingin mengembangkan bisnisnya di kota-kota tersebut.  Faktor sulitnya melakukan kontrol menjadi pertimbangan lain ketika pelaku bisnis ingin menjadikan kota-kota tersebut tujuan pengembangan investasinya.

Bersyukur saat ini adalah aplikasi bisnis seperti CRM. Dengan beberapa keunggulan yang terdapat di dalam aplikasinya, tools ini mampu menjadi alternatif solusi bagi para pelaku bisnis yang  ingin mengembangkan bisnisnya di luar Jabodetabek.

Ada beberapa keuntungan yang bisa di dapat para pelaku bisnis, ketika aplikasi seperti CRM di implementasikan untuk menjadi alat atau tools penunjang operasional bisnis mereka.  Terlebih jika kondisinya  telah di integrasikan dengan aplikasi komunikasi bisnis semacam WHATSAPP. Sehingga keberadaan Whatsapp CRM bisa jadi solusi terbaik  bagi pelaku bisnis  :

  • Pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan cost investasi yang cukup besar. Karena sistem kerja menggunakan WHATSAPP CRM bisa di jalankan dimanapun, termasuk di rumah sekalipun. Karena hanya berbekal HP atau Personal Computer.
  • Pelaku bisnis tidak perlu melakukan kunjungan ke beberapa kota tersebut hanya sekadar untuk melakukan kontrol. Karena aplikasi WHATSAPPCRM sudah mampu menjadi media kontroling yang efektif bagi para pelaku bisnis.
  • Serta yang pasti dengan adanya upgrading / update teknologi yang ada di WHATSAPP CRM seperti WHATSAPP CRM Barantum, maka pelaku bisnis bisa di berikan kemudahan dalam melakukan komunikasi. Baik dengan team ataupun dengan calon customer dan customer. Karena dalam CRM saat ini ada CRM Omnichannel, sehingga beberapa aplikasi media massa telah terintegrasi dalam aplikasi CRM tersebut.

Jadi untuk anda yang saat ini masih bingung menghadapi kondisi  yang ada. Dimana pandemi covid masih terus berlangsung. Maka implementasi  WHATSAPP CRM dalam bisnis anda bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Karena dengan aplikasi CRM ini anda tidak perlu takut dimanapun lokasi kantor cabang atau distributor anda akan di tempatkan. Bahkan di kota Papua yang ada di Propinsi Papua sendiri, CRM Barantum sudah ada yang menggunakan untuk mempermudah aktivitas bisnis yang mereka lakukan.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".