Era Industri 4.0 dan akan memasuki Society 5.0, artinya kita sebagai pebisnis sudah harus mau untuk berkompromi dengan teknologi. Ibarat kata, jika anda masih enggan untuk berkompromi dengan teknologi, artinya anda masih “ BUKAN PEBISNIS YANG FLEKSIBLE “. Karena sejatinya bisnis adalah sebuah aktivitas yang menuntut pelakunya bersifat fleksible dan bisa mengikuti tren bisnis yang sedang  terjadi.

 

Bisnis memang tidak mengenal lokasi dan posisi, selama itu bisa menghasilkan revenue bagi perusahaan dimanapun posisi dan lokasinya berada sudah pasti harus di kejar. Itu adalah cara berfikir seorang sales atau marketing atau pengusaha yang tahu bagaimana mengoptimalkan kondisi . Mungkin yang masih belum tahu adalah strategi apa yang akan di jalankan agar potensi yang ada di luar jangkauan  secara fisik bisa di optimalkan dengan strategi lainnya.

Saat ini sebenarnya pelaku bisnis sudah di mudahkan dengan adanya teknologi. Sebuah teknologi adalah untuk memudahkan cara kerja kita sebagai pebisnis. Tetapi itu bagi mereka yang tahu dan paham bahwa teknologi adalah sebuah solusi. Tetapi bagi pelaku bisnis yang tidak tahu justru teknologi bisa menjadi salah satu kendala dalam pengembangan bisnisnya.  Ibarat kata, teknologi itu seakan menjadi penghalang bagi mereka untuk bisa berkembang.

Setidaknya  ada beberapa hal yang membuat pelaku bisnis harus paham dan mengerti bahwa teknologi bisa menjadi solusi dalam meningkatkan performance yang ada di perusahaan :

  1. Teknologi bisa menjangkau semua lokasi yang tidak bisa di jangkau secara fisik. Artinya teknologi sangat membantu  bagi pelaku bisnis yang ingin mengembangkan jangkauan atau luasan marketnya.
  2. Teknologi bisa sangat efektif dan efisien dalam mengurangi perjalanan dan pembukaan kantor baru atau kantor cabang. Sehingga bisnis bisa di jalankan lebih hemat dan sudah pasti mengurangi cost operasional perusahaan.
  3. Teknologi bisa menjadi media kontroling yang paling efektif. Sehingga manajemen tidak lagi perlu melakukan kontroling dan pengawasan yang continyu untuk melihat kinerja para SDM-nya.

Berkat semua hal yang telah di jelaskan diatas, kita bisa menentukan  bahwa dengan  teknologi maka cost operasional perusahaan bisa di tekan atau di hemat hingga 30-50%. Cukup besar dan signifikan untuk kondisi seperti saat ini. Lantas  yang jadi pertanyaan adalah bagaimana kita bisa mengoptimalkan teknologi untuk menunjang bisnis kita.

 

10 KOTA DI LUAR JABOTABEK  DENGAN BERAGAM POTENSI BISNISNYA DI INDONESIA

Baca juga artikel  berikut : SEBUAH FAKTA : KENAPA PELAKU BISNIS MESTI BERALIH KE WHATSAPP BUSINESS API

Dari penjelasan diatas, pada akhirnya kita bisa melihat bagaimana sebuah bisnis bisa di jalankan dengan begitu mudahnya dengan bantuan aplikasi bisnis. Dan salah satunya adalah aplikasi bisnis bernama CRM ( Customer Relationship Management).

Implimentasi dari penggunaan CRM itu sendiri memang cukup beragam. Salah satunya bisa coba kita jelaskan seperti kasus berikut ini.  Saat ini mungkin pelaku bisnis bingung, pada saat Ibukota  Jakarta kondisinya masih belum stabil. Padahal bisnis mesti berjalan, dan kesempatan itu justru ada di beberapa kota besar  di Indonesia.  Sebut saja misalnya ada Surabaya, Medan, Palembang, Bandung, SemarangBali, Makasar, Pontianak, Batam,

 

Kota Surabaya :

Menjadi kota metropolitan terbesar dan terpadat kedua di Indonesia. Surabaya berhasil menarik minat banyak investor asing untuk berbisnis di sana. Beberapa sektor  yang menjadi unggulan adalah : sektor pertanian, sektor konstruksi, sektor ritel serta pabrikasi.   Itulah yang membuat  Surabaya pernah di anugerahi sebagai lokasi investasi utama di Indonesia.

Kota Medan :

Faktor kesiapan infrastruktur seperti bandara international serta pelabuhan memberikan Medan kota yang komplit. Belum lagi potensi wisata belanja di Medan adalah salah satu wisata belanja terbesar di Indonesia. Hingga kedekatan lokasi dengan Singapura makin menguatkan posisi Medan.

Kota Bandung

Sebagai kota Paris Pan Java,  Bandung memiliki daya tarik sebagai kota kreatif dan industri pendidikan. Selain itu dalam dunia teknologi, Bandung juga terkenal sebagai kota dengan koneksi internet sangat bagus dibanding kota lain yang ada di  Indonesia. Sehingga bandung bisa dimasukan dalam list kota yang menarik secara investasi.

Kota Palembang

Jika anda  tahu, kota dengan pendapatan per kapita terkaya saat ini itulah Palembang. Setelah sukses menyelenggarakan Asian Games, serta beberapa event besar lainnya. Memang Palembang banyak di lirik para investor.  Selain itu, Palembang juga menjadi salah satu poros koridor pembangunan ekonomi di Indonesia.

Kota Semarang :

Satu hal yang membedakan Semarang dengan kota lainnya adalah, Kota ini cukup potensial karena di kelilingi oleh banyak kawasan industri. Dan satu lagi yang cukup menarik dari Semarang adalah, bahwa kota ini cocok untuk industri perdagangan, logam, mesin, industri perhotelan dan kimia.

Kota Bali ( Propinsi Bali) :

Selain terkenal dengan  industri wisata dan perhotelan baik di lokal dan  internasional. Bali juga memiliki potensi bisnis yang lain, salah satunya adalah industri  HomeSpa, industri Kedai kopi dan rental kendaraan. Kenapa, karena kedua bisnis ini memperkuat posisi Bali sebagai destinasi wisata utama di Indonesia.

Kota Makassar :

Keberadaannya sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia. Kota Makasar juga merupakan kota terbesar ke-4 di Indonesia. Dimana beberapa potensi bisnis lainnya adalah sebagai pusat pelayanan  di Kawasan Timur  Indonesia dan juga sebagai pusat perdagangan dan jasa selain tentunya pusat kegiatan  industri di KIT.

Kota Batam

Salah satu faktor penting dari menariknya  Batam adalah posisinya yang strategis dan dekat dengan Singapura. Menjadikan kota ini begitu menarik sebagai salah satu lokasi investasi di Indonesia. Terlebih dengan kondisinya yang sekitar 70% adalah kawasan industri di bidang elektronik. Maka Batam menjadi salah satu penghasil komponen elektronik terbesar di  Indonesia.

Kota Pontianak :

Inilah salah satu kota yang potensinya cukup menarik di wilayah Kalimantan. Selain itu dengan luasnya wilayah yang ada, wajar jika kota Pontianak bisa menjadi wilayah yang berpotensi untuk pengembangan minyak atsiri. Minyak yang cukup terkenal  tidak saja di dalam tetapi juga luar negeri. Itulah Pontianak, salah satu wilayah tujuan investasi yang ada di kalimantan.

 

WHATSAPP CRM, APLIKASI BISNIS YANG BISA MENDEKATKAN POTENSI BISNIS YANG TERSEBAR DI SELURUH INDONESIA

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

 

Besarnya potensi bisnis yang ada di luar Jabodetabek  memang menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Karena selain berhitung soal besarnya cost yang mesti di keluarkan ketika pelaku bisnis ingin mengembangkan bisnisnya di kota-kota tersebut.  Faktor sulitnya melakukan kontrol menjadi pertimbangan lain ketika pelaku bisnis ingin menjadikan kota-kota tersebut tujuan pengembangan investasinya.

Bersyukur saat ini adalah aplikasi bisnis seperti CRM. Dengan beberapa keunggulan yang terdapat di dalam aplikasinya, tools ini mampu menjadi alternatif solusi bagi para pelaku bisnis yang  ingin mengembangkan bisnisnya di luar Jabodetabek.

Ada beberapa keuntungan yang bisa di dapat para pelaku bisnis, ketika aplikasi seperti CRM di implementasikan untuk menjadi alat atau tools penunjang operasional bisnis mereka.  Terlebih jika kondisinya  telah di integrasikan dengan aplikasi komunikasi bisnis semacam WHATSAPP. Sehingga keberadaan Whatsapp CRM bisa jadi solusi terbaik  bagi pelaku bisnis  :

  • Pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan cost investasi yang cukup besar. Karena sistem kerja menggunakan WHATSAPP CRM bisa di jalankan dimanapun, termasuk di rumah sekalipun. Karena hanya berbekal HP atau Personal Computer.
  • Pelaku bisnis tidak perlu melakukan kunjungan ke beberapa kota tersebut hanya sekadar untuk melakukan kontrol. Karena aplikasi WHATSAPPCRM sudah mampu menjadi media kontroling yang efektif bagi para pelaku bisnis.
  • Serta yang pasti dengan adanya upgrading / update teknologi yang ada di WHATSAPP CRM seperti WHATSAPP CRM Barantum, maka pelaku bisnis bisa di berikan kemudahan dalam melakukan komunikasi. Baik dengan team ataupun dengan calon customer dan customer. Karena dalam CRM saat ini ada CRM Omnichannel, sehingga beberapa aplikasi media massa telah terintegrasi dalam aplikasi CRM tersebut.

 

Jadi untuk anda yang saat ini masih bingung menghadapi kondisi  yang ada. Dimana pandemi covid masih terus berlangsung. Maka implementasi  WHATSAPP CRM dalam bisnis anda bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Karena dengan aplikasi CRM ini anda tidak perlu takut dimanapun lokasi kantor cabang atau distributor anda akan di tempatkan. Bahkan di kota Papua yang ada di Propinsi Papua sendiri, CRM Barantum sudah ada yang menggunakan untuk mempermudah aktivitas bisnis yang mereka lakukan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".