WHATSAPP CRM, MEDIA EFEKTIF UNTUK MERANCANG SEBUAH ANALISA DATA BERDASARKAN DATABASE CUSTOMER

Era industri 4.0 dan berlanjut ke Society 5.0 adalah sebuah massa dimana data menjadi satu hal yang sangat penting. Bukan saja karena data adalah salah satu cara untuk membuat marketing strategi. Tetapi data juga bisa menjadi cara untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat.  Tetapi yang jadi pertanyaan adalah media apa yang baik untuk merancang sebuah analisa data berdasarkan database customer  itu yang jadi masalahnya.

 

Sekadar  memberikan satu perspektif bisnis terkait  analisa data atau Big Data.  Maka kita akan mendapatkan satu penjelasan menyangkut Analitik  Big Data itu sendiri. Secara bisnis,  penggunaan Analitik Big Data adalah salah satunya  untuk mengungkapkan pola tersembunyi serta kaitan beberapa hal yang menyangkut soal bisnis. Dimana hal  itu menjadi penting mengingat saat ini adalah kondisi yang tidak normal dari perekonomian Indonesia. Sehingga butuh satu strategi bisnis yang tidak biasa juga harus di jalankan oleh perusahaan.

Sebuah statemen yang diberikan oleh Rogers Communications, agaknya bisa menjawab satu kondisi kenapa tidak saja di Indonesia, tetapi duniapun mengakui bahwa kedepan data dan analisa data menjadi satu hal yang begitu penting. Mungkin kita bertanya siapaRogers Communications.  Dia adalah sebuah perusahaan yang cukup di kenal di Kanada. Saat ini Rogers adalah perusahaan yang fokus dalam bidang komunikasi dan media massa di Kanada. Core business-nya lebih kepada  beberapa bidang seperti : komunikasi  nirkabel, televisi kabel. Telephone, dan konektivitas internet.  Ada hal menarik yang di kemukakan oleh Rogers Communications bahwa Analitik Big Data bisa membantu mereka dalam meningkatkan kepuasan customer dan mempertahankan eksistensi dan dominasinya dalam sektor media dan telekomunikasi di Kanada.  Inilah yang pada akhirnya menjadi salah satu contoh bagaimana sebuah Big Data menjadi penting, terutama dalam kondisi Era New Normal.

sumber : kompasiana https:kompasiana/artikel/whatsapp

WHATSAPP  CRM MENJADI SALAH SATU ALTERNATIF CARA MENDAPATKAN ANALISA DATA YANG AKURAT TERKAIT DATA CUSTOMER.

Baca juga artikel berikut  : INTEGRASI WHATSAPP CRM BARANTUM, SOLUSI TERKINI PELAKU BISNIS DI INDONESIA

Jika di beberapa perusahaan besar banyak yang bicara soal Big Data.  Itu karena mereka saat ini sudah begitu paham apa manfaat dan kegunaan dari data tersebut.  Diantara beberapa keuntungannya, maka Big Data berguna dalam mempermudah pengambilan keputusan atau kebijakan yang di butuhkan oleh perusahaan. Dimana kesimpulan dari apa yang di putuskan oleh perusahaan sudah pasti didasarkan pada kesimpulan yang didapat dari hasil data dan analisa data berdasarkan  research.

Sementara untuk perusahaan yang skalanya kecil atau menengah, ada cara mudah yang mereka bisa lakukan dalam hal pengumpulan data. CRM ( Customer Relationship Management), Itulah salah satu teknologi atau media yang biasa di gunakan untuk mendapatkan update data yang bisa di gunakan oleh perusahaan. Saat ini CRM di integrasikan dengan Whatsapp menjadi Whatsapp CRM maka  integrasi ini mampu meningkatkan performance pengumpulan data menjadi lebih  efektif dan efisien.

Kenapa WHATSAPP CRM, mungkin itu salah satu pertanyaan yang sering di ajukan. CRM memang  sebuah tools tetapi keberadaan CRM bisa menjadi dasar untuk : (1)  CRM bisa sebagai alat untuk pengumpulan data customer (2) CRM bisa menjadi alat untuk melakukan analisa data customer sekaligus melakukan identifikasi customer (3) CRM bisa sebagai alat  untuk pengembangan program yang berhubungan dengan bisnis perusahaan. Dimana bisnis tersebut bisa bisnis yang sudah berjalan atau yang akan di jalankan (4)  Dari semua hal yang telah di jelaskan diatas  itulah pada akhirnya CRM bisa di implementasikan dalam sebuah perusahaan  secara efektif dan efisien karena tujuannya sudah jelas. Selain untuk mengontrol kerja SDM yang ada, juga sebagai sarana untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja dari perusahaan yang bersangkutan. Nah sedangkan  Whatsapp sendiri bisa kalian gunakan sebagai media komunikasi bisnisnya. Sehingga semua komunikasi yang anda lakukan dengan menggunakan Whatsapp bisa langsung tersimpan secara lengkap di CRM tadi. Sebuah strategi yang cukup simple namun berdaya guna tinggi.

Seperti itulah sejatinya data dan analisa data saat ini menjadi satu hal yang begitu penting.  Karena seperti apapun program atau aktivitas yang akan di jalankan oleh perusahaan, ketika tujuannya positif sudah pasti akan di jalankan oleh perusahaan.  Seperti halnya menyangkut data dan analisa data yang didasarkan dari sumber Big Data. Maka ada 3 point penting terkait data yang memang berguna untuk perusahaan : (1) Analisa data / Big Data bisa secara signifikan mengurangi biaya baik tetap maupun operasional (2) Analisa data / Big Data bisa jadi dasar yang kuat dalam pengambilan kebijakan yang berhubungan dengan bisnis perusahaan (3) Analisa Data / Big data bisa menjadi dasar bagi pengembangan bisnis yang ada di dalam perusahaan.

Jadi bagi perusahaan, ketika saat ini kondisinya sedang tidak kondusif. Dimana kondisi ekonomi sedang down/turun, ketika produktivitas perusahaan sedang menurun dan ketika perusahaan  ingin mengoptimalkan potensi bisnis yang ada di dalam perusahaan. Maka keberadaan data dan hasil analisa data yang di dapatkan tidak saja dari Big Data tetapi juga dari optimalisasi penggunaan CRM. Maka sudah pasti semua hal yang akan di jalankan oleh perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

 

 

 

 

 

In this article

Join the Conversation

19 − two =