Tips Sales : Gunakan Aplikasi CRM Untuk Mempermudah Kerja Kamu

aplikasi crm memudahkan kerja

Aplikasi CRM Memudahkan Kerja Kamu

 

Karena sistem aplikasi CRM memiliki banyak kemampuan, maka sebagai sales penjualan atau pemasar kita harus menggunakannya lebih dari sekadar catatan pengingat pada sticky notes atau mungkin masih ada yang ingat rolodex alat yang dapat di rotasikan berisi catatan atau informasi klien atau kartu nama klien. Namun, bisa dibilang kalau menggunakan aplikasi CRM juga harus digunakan seperti pada catatan notes kita atau seperti rolodex.

Kebiasaan pada tenaga sales penjualan atau tenaga pemasaran ialah mencatat semua catatan peting tentang klien pada notes / sticky notes atau juga rolodex bila mau lebih repot sedikit di catat pada file excel. Itu semua bagus karena dengan begitu catatan itu semua menyediakan akses ke data pelanggan. Dan memang ini cukup penting untuk mengelola hubungan dengan pelanggan. Tetapi dengan menggunakan sistem Aplikasi CRM membawa metode pencatatan manual tersebut ke level yang lain.

Catatan manual tersebut biasanya berbasis kertas tradisional yang memiliki beberapa keterbatasan. Misalnya, apa yang terjadi jika Kamu meninggalkan kantor dan lupa membawanya? Atau misalnya seorang teman meminjam catatan kamu dan lupa mengembalikannya? Dan, jika kamu mengeluarkan salah satu kartu catatan dari rolodex dan mengembalikannya ke tempat yang salah, kamu harus bolak balik lagi memeriksa setiap kartu untuk menemukannya.

Terkadang, tulisan tangan kamu bukan yang terbaik, dan bahkan kamu mungkin juga kesulitan menguraikannya. Misalnya saat menulis terburu – buru terkadang kita suka bingung untuk membaca yang kita tulis kemarin nomor 1 atau 7? Nah ini dia tipsnya cara cerdas menggunakan aplikasi CRM (Klik pada link untuk mencoba Aplikasi CRM gratis selama 14 hari)

Anda juga bisa membaca :

Gunakan Aplikasi CRM untuk Memudahkan Akses

Menurut survei, dengan sistem CRM, 74% merasa bahwa menggunakan Aplikasi CRM meningkatkan akses ke data pelanggan, dan 64% berpikir menggunakan Aplikasi CRM membantu meningkatkan manajemen hubungan pelanggan.

Kamu tidak perlu lagi menaruh buku catatan di meja, atau bawa bawa file kartu nama ke mana pun kamu mau pergi. Kamu dengan mudah dapat mengakses sistem CRM di laptop, desktop, smartphone, atau tablet Kamu. Sekalipun kamu ada di rumah, dalam pertemuan di luar lokasi kantor, dalam perjalanan, atau di pantai, semua kontak ada di CRM, di ujung jari Kamu, dan Kamu dapat dengan mudah dan cepat menemukan semua informasi yang dibutuhkan.

Bahkan, setidaknya 50% responden survei yang menggunakan sistem CRM di tablet atau smartphone mereka melaporkan peningkatan tingkat efisiensi dan hampir 40% beranggapan bahwa mereka membuat keputusan yang lebih baik, dan setidaknya 30% merasakan tindak lanjut /  follow up mereka terhadap pelanggan menjadi lebih baik dan lebih cepat.

Selain itu, Kamu tidak perlu khawatir tentang rekan kerja atau teman yang mengambil kartu catatan kamu dan lupa mengembalikannya atau salah membaca. Kamu juga tidak perlu khawatir kehilangan atau salah menempatkan kartu. Atau menumpahkan kopi dan / atau menjatuhkan makanan di atasnya.

 

Aplikasi CRM Memudahkan Pengelompokan Data

 

Aplikasi CRM juga memungkinkan kamu untuk tidak hanya menyimpan, tetapi juga memberi label dan memfilter kontak. Kamu bisa update data dari mana saja. Jadi dengan kata lain kamu dapat dengan lebih efisien mengatur basis data klien. Kamu juga  berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengidentifikasi target audiens Kamu.

Nah karena Aplikasi CRM dapat dikonfigurasi untuk memungkinkan kamu membuat kolom khusus. Kamu bisa menambahkan jenis informasi yang membantu Kamu. Bisa berupa informasi pribadi klien yang membantu kamu terhubung dengan klien kamu secara personal. Sebagai contoh, Kamu bisa mencatat tentang Klien kamu Bapak Budi, yang memiliki 2 anak perempuan dan 2 anak laki yang masing masing adalah kembar identik. Atau Klien Kamu Ibu Budi, suka pergi shopping di Mall saat weekend.

Informasi ini tidak hanya penting bagi Kamu, itu juga data yang perlu diketahui untuk departemen lain. Misalnya, salah satu kunci untuk mendapatkan ulasan layanan pelanggan yang sangat baik adalah memastikan tim support atau customer service diberdayakan untuk menangani keluhan dan masalah. Ketika mereka berbicara di telepon dengan kontak bernama Rossi, yang memiliki suara yang ngebass dan berat karena kebiasaan merokok seumur hidup. Nah bayangkan betapa pentingnya bagi mereka untuk mengetahui bahwa Rossi itu adalah Ibu bukan Bapak.

Bahkan jika Kamu menggunakan layanan email kamu, Outlook atau google sebagai semacam database untuk menyimpan kontak Klien. Dengan menggunakan Aplikasi CRM kamu dapat mengimpor seluruh database. Menyelamatkan Kamu dari redundansi yang membosankan dan memakan waktu. Dan itu dapat secara drastis mengurangi kemungkinan membuat kesalahan eja. Kamu juga dapat mengekspor daftar kontak ke perangkat lunak manajemen proyek untuk organisasi tim yang lebih baik dan perangkat lunak gamifikasi untuk keterlibatan pelanggan yang lebih tinggi.

Dengan menetapkan pengingat di sistem Aplikasi CRM, Kamu tidak akan pernah lupa menelepon atau mengirim email pada hari ulang tahun atau hari peringatan pernikahan klien kamu. Kamu juga bisa diberi tahu kalau ada jadwal meeting yang semakin dekat.

Aplikasi CRM juga dapat menyediakan banyak informasi lain tentang kontak Kamu. Informasi yang dapat digunakan untuk mengelola prospek dan membuat saluran penjualan. Ini adalah tipe data yang juga dapat membantu Kamu mengembangkan kampanye pemasaran bertarget dengan efektivitas yang maksimum.

Aplikasi CRM membantu Kamu mengintegrasikan kontak klien kamu dengan orang lain atau rekan kantor. Dengan menggunakan CRM kamu dapat menyederhanakan proses manajemen kontak. Sehingga memberikan hasil kinerja yang meningkat dan menciptakan layanan pelanggan yang sangat baik.

contoh crm

Coba Aplikasi CRM Gratis

 

Aplikasi CRM Barantum menghadirkan kinerja yang terintegrasi dan tersinkronisasi di semua saluran pabrikan. Mulai dari pusat panggilan, administrasi, penjualan dan pemasaran, penetapan harga, jaringan distribusi dan dealer, administrasi keuangan dan kontrol inventaris, serta kontrol spesifikasi untuk produk, email otomatis dan juga pelacakan GPS.Kamu bisa coba aplikasi CRM Barantum secara gratis selama 14 hari dengan mengunjungi www.barantum.com atau Kamu juga bisa menghubungi tim support melalui chat untuk bertanya mengenai CRM Barantum.

0 Shares
In this article

Join the Conversation

11 − five =