TIPS SIMPLE UNTUK SALES AGAR SUKSES MENJUAL

tips sales sukses jualan

TIPS SALES AGAR SUKSES MENJUAL

Tenaga sales / tenaga penjualan, merupakan ujung tombak Perusahaan dalam mendapatkan profit melalui penjualan. Sales sendiri merupakan salah satu pekerjaan dengan penghasilan tertinggi, namun menuntut bakat dan kemampuan untuk berinteraksi, berkomunikasi dan membaca situasi dengan sigap dan tepat. Maka itu tak banyak yang juga seringkali gagal atau merasa tidak nyaman berkarir sebagai sales. Kami berikan tips sederhana untuk profesional sales agar lebih percaya diri dan menjual lebih banyak lagi.


Gunakan teknologi untuk menang dalam kompetisi

Tips sales gunakan teknologi

Sementara membuat hubungan yang ditargetkan dan bermakna harus menjadi tujuan utama Anda, menganalisis data aktivitas penjualan Anda tidak diragukan lagi akan mengungkapkan realitas statistik tertentu. Jadi, jika tujuan Anda adalah untuk memenangkan 10 penjualan baru pada kuartal ini, luangkan satu jam untuk menghitung berapa banyak panggilan, email, rapat, dan aktivitas lain yang Anda perlukan untuk sampai ke sana.

Ketika tenaga penjual menyukai pekerjaan mereka, pelanggan dapat merasakannya, dan hasilnya pasti akan jadi lebih baik. Teknologi yang meningkatkan alur kerja dan produktivitas tenang penjualan tidak hanya membuat lebih efisien, tetapi juga membantu mereka menjual dengan lebih baik. Ketika tenaga penjual dihambat oleh tugas-tugas sepele, itu menciptakan frustrasi yang dapat memengaruhi kesuksesan penjualan.

Kiat pada presentasi penjualan dan presentasi

tips presentasi untuk sales

Persiapkan lebih banyak pertanyaan. Tenaga penjualan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mempersiapkan apa yang ingin mereka katakan kepada pelanggan dan tidak cukup waktu untuk memikirkan pertanyaan yang harus mereka ajukan.

Mulailah dengan mengklarifikasi prioritas masing-masing orang sebelum memulai demo, dan biarkan mereka semua tahu bahwa Anda akan berhenti sebentar untuk meminta tanggapan mereka. Masukkan jeda pada saat demo untuk berhenti dan bertanya, ‘Bagaimana Anda melihat hal itu sesuai dengan proses yang ada?’ Atau ‘Bagaimana jika dibandingkan dengan cara Anda melakukannya sekarang?’ Ini jauh lebih baik daripada bertanya, ‘Apakah Anda sudah mengerti?’

Tips dalam menegosiasikan harga dan kontrak

tips sales negosiasi harga

Semakin sedikit dimensi komunikasi Anda, semakin sedikit leverage yang Anda miliki. Email lebih baik daripada mengirim pesan teks, telepon lebih baik daripada email, konferensi video lebih baik daripada telepon, percakapan langsung lebih baik daripada mereka. Komunikasi multi dimensi memungkinkan Anda untuk tidak hanya berkomunikasi, tetapi juga membaca sisi lain dengan lebih akurat dan cepat untuk memajukan kesepakatan dan menutup penjualan.

Jangan memandang negosiasi penetapan harga sebagai pertempuran keinginan. Lihatlah hal itu sebagai proses menemukan harga yang tepat yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Jika Anda telah dapat menyelaraskan diri dengan prospek sebagai kolaborator dan mengidentifikasi bagaimana masalah yang Anda selesaikan terkait dengan pendapatan aktual, ini harusnya menjadi proses yang singkat dan tidak mengecewakan.

 

Kiat untuk menegosiasikan harga: selalu mulai dengan daftar harga pada proposal awal Anda. Mendiskon produk Anda pada proposal pertama pada dasarnya mengatakan; Anda tidak percaya produk Anda layak dibayar dengan harga yang tertera. Jangan pernah memberikan diskon, kecuali jika Anda memiliki perjanjian di muka dengan pelanggan tentang apa yang akan Anda dapatkan sebagai imbalan (biasanya informasi tentang proses pengambilan keputusan atau kapan perjanjian tanggal penandatanganan).

Selama negosiasi keuangan, sangat penting bagi Anda untuk mengajukan banyak pertanyaan dan berusaha memahami pihak lain sebelum berusaha memahami diri sendiri. Tujuannya adalah menggali inti dari posisi mereka sehingga Anda akan memahami motivasi mereka dan dapat menghasilkan hasil yang saling menguntungkan.

Kiat yang harus dimiliki untuk semua tenaga penjualan

 

Beberapa kata dan frasa tertentu memiliki kekuatan magis. Kata ‘karena‘ adalah salah satunya. Dalam sebuah kalimat, kata penghubung ‘karena’ memicu otak pendengar untuk mengatakan, ‘Oh, hal yang akan saya dengar setelah kata ini akan menjadi pembenaran untuk hal yang saya dengar sebelumnya,’ dan cara ajaib kata ini bekerja, dapat menjadi sekutu yang tangguh dalam upaya penjualan Anda!

Multitasking adalah keahlian yang terlalu berlebihan. Bahkan, multitasking hanyalah sebuah peluang untuk mengacaukan banyak hal secara bersamaan.

Kunci kesuksesan dalam lingkungan penjualan yang dipenuhi dengan peluang, adalah penentuan prioritas yang ketat.

Ketika kita berhadapan dengan sebagian besar aspek bisnis, dari negosiasi hingga penggalangan dana, Anda akan lebih mungkin mendapatkan apa yang Anda inginkan, ketika itu bukan sesuatu yang Anda butuhkan dengan segera. Situasi ini tidak selalu mungkin, tetapi jika Anda bisa mempunyai waktu yang agak panjang buat Anda dan tidak perlu menggunakan tanggal sebagai deadline, Anda akan berada di posisi negosiasi yang jauh lebih menguntungkan.

Baca juga tips untuk sales berikut ini :

In this article

Join the Conversation

seventeen − eight =