Penerapan CRM sudah banyak diterapkan di berbagai perusahaan. Hal ini menarik perusahaan lainnya untuk menggunakan sistem CRM dalam meraih keuntungan berlipat. Tidak jarang, perusahaan menengah dan besar saat ini memiliki sistem CRM. Faktanya, CRM mampu membantu mengoptimalkan strategi bisnis perusahaan.

Baca juga: Berbagai Kendala Bisnis Tanpa Aplikasi CRM

Hal mendasar yang terlihat tanpa dan adanya CRM di sebuah perusahaan, yaitu dalam hal penyimpanan data dan pelaporan aktivitas staf ataupun pembelian. Dengan adanya CRM, Anda dapat mengetahui seluruh aktivitas yang dilakukan staf Anda.

Banyak industri perusahaan yang memakai jasa sistem ini. Pertama, perusahaan yang bergerak di bidang B2B (Business to Business). Sistem CRM dapat membantu mengelola seluruh proses kegiatan yang dilakukan, baik dari perusahaan Anda ke perusahaan lain atau vendor.

Kedua, perusahaan bergerak di bidang B2C (Business to Consumer). Adanya sistem CRM mampu mengelola secara cepat dan tepat manajemen pelanggan di perusahaan Anda. Mulai dari informasi kontak, aktivitas pelanggan, penjualan, dan lain sebagainya.

Ketiga, perusahaan di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pengaplikasian CRM yang sederhana mampu membantu meningkatkan keuntungan UMKM dengan sajian data yang valid. UMKM pun mampu bersaing dengan bisnis lainnya.

Masih banyak bidang perusahaan yang bisa menggunakan CRM. CRM ini tidak hanya dapat digunakan pada perusahaan besar, namun juga perusahaan kecil dan menengah. Tentu hal ini menjadi daya tari tersendiri dari CRM untuk digunakan di perusahaan.

Apa Manfaat Penerapan CRM Pada Perusahaan untuk Dapat Untung Berlipat?

Kembali pada topik pembahasan awal. Anda bisa mendapat keuntungan berlipat dengan menggunakan CRM. Penerapan CRM dapat dirasakan oleh seluruh tim departemen Anda. Kegiatan pekerjaan pun menjadi lebih optimal dengan adanya sistem CRM.

Di sisi lain, pelanggan Anda pun merasa lebih puas terhadap pelayanan dari perusahaan Anda. Yuk, simak manfaat penerapan CRM pada perusahaan Anda.

1. Peningkatan pelayanan pelanggan

Seperti yang diketahui, CRM mampu meningkatkan pelayanan perusahaan Anda. Bagaimana caranya?

Waktu menunggu balasan pesan lebih singkat. Pembeli tidak perlu menunggu balasan pesan dari staf Anda terlalu lama. Di sisi lain, staf Anda mudah melihat pesan masuk dari pelanggan dari satu halaman saja.

untung penerapan CRM

Sistem CRM, seperti Omnichannel CRM Barantum, mampu mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi dari berbagai media sosial ke dalam satu platfrom. Risiko pesan pelanggan yang tidak terbalas pun kecil.

Selain itu, dengan sistem CRM, staf Anda lebih cepat tanggap. Jika ada kendala, secara otomatis CRM merekam permasalahan yang terjadi. Proses masalah pun dapat dilihat. Oleh sebab itu, Anda dapat menemukan akar permasalahan tersebut.

Di sisi lain, staf mudah menghubungi pelanggan berkat data tersimpan dengan rapi di CRM. Melihat laporan data di CRM, memudahkan staf menawarkan produk sesuai kebutuhan pelanggan.

penerapan crm perusahaan

2. Hubungan dan loyalitas pelanggan meningkat

Dari laporan data yang tersegmentasi bisnis dari sistem CRM, loyalitas pelanggan bisnis Anda bisa semakin meningkat. Jadi, pelanggan merasa senang memesan kembali.

Kepuasan pelanggan berpengaruh baik terhadap penjualan. Kepuasan membentuk loyalitas pelanggan pada bisnis yang Anda jalankan. Loyalitas pelanggan Anda meningkat dengan rincian data real time di CRM. Penawaran yang tepat sesuai target memaksimalkan penjualan bisnis Anda.

Dengan menggunakan sistem CRM, seperti Barantum, dapat meningkatkan pelayanan perusahaan Anda. Pelayanan yang baik meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan.

Apa dampak hubungan pelanggan yang tidak baik? Pelanggan bisa memilih perusahaan lain dan tidak memesan di Anda lagi. Tentu tidak ada yang ingin kehilangan kepercayaan pelanggan. Oleh sebab itu, CRM hadir untuk memudahkan sales menghubungi pelanggan. Dengan perincian itu, sales tidak dapat menghubungi satu pelanggan di waktu bersamaan.

3. Kerja sama tim lebih baik

CRM memberikan kemudahan melaporkan data calon prospek dengan cepat. Cepatnya data yang terinput, membuat pelanggan dapat dihubungi dengan cepat. CRM dapat mengingatkan sales untuk menghubungi berbagai pelanggan dan memungkinkan mereka untuk melacak perjalanan mereka.

Aktivitas penjualan dengan CRM menjadi lebih banyak dan lebih mudah. Ini juga akan mempromosikan hubungan pelanggan-penjual yang konsisten yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda.

Tidak lanjut yang cepat berdampak pada pemaksimalan penjualan Anda. Tentunya terjadi peningkatan penjualan. Penjualan yang tinggi berpengaruh pada perkembangan perusahaan Anda untuk semakin maju.

4. Strategi penjualan lebih optimal

CMR membantu Anda menganalisis bisnis perusahaan. CRM menganalisis bisnis perusahaan Anda. Jadi, perusahaan lebih fokus mengenai kebutuhan tiap pelanggan. CRM mengidentifikasi kebutuhan tiap pelanggan. Menjalani bisnis yang terfokus pada minat pelanggan bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda.

untung penerapan CRM

Sales yang menawarkan sesuai kebutuhan pelanggan meningkatkan penjualan perusahaan. Pelanggan pun menemukan sosuli kebutuhannya dari perusahaan Anda. Di sisi lain, laporan data pelanggan bersifat rahasia. Data tersebut tidak boleh bocor ke pihak lain. Kebocoran data membuat berkurangnya kepercayaan pelanggan.

Memiliki sistem CRM meningkatkan keamanan informasi perusahaan Anda. Informasi perusahaan aman tersimpan secara terpusat di CRM. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Performa Tim Telesales dengan CRM

5. Meningkatkan pendapatan perusahaan

Manajer perusahaan bisa mengambil keputusan yang cepat dengan melihat data real time. CRM menampilkan analisis dan pelaporan detail sebagai acuan pengambilan keputusan.

untung penerapan CRM

Manajer ataupun direksi dapat melihat laporan CRM secara real time. Mereka pun bisa mengambil langkah strategis sesuai dengan situasi. Evaluasi kinerja dapat langsung diketahui dengan CRM. Diskusi pun bisa lebih cepat dan mudah.

Segera Rasakan Manfaat CRM untuk Tingkatkan Penjualan Anda

CRM menjadi solusi tepat dan praktis untuk tingkatkan penjualan Anda. Fitur-fitur di dalam CRM memudahkan Anda untuk mendetailkan laporan. Laporan yang tersusun detail mampu memastikan segmen penjualan Anda. Dapatkan kemudahan akses CRM untuk tingkatkan penjualan Anda dari Barantum sebagai strategi meningkatkan keuntungan perusahaan Anda.

 

CRM online shop

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments