Salah satu bisnis yang berkembang pesat, yaitu online shop. Online shop merupakan bisnis jual beli yang melakukan transaksi melalui media internet. Salah satu strategi menjalani online shop yaitu dibantu dengan sistem CRM.

Jika dilihat situasi yang ada di Indonesia, online shop semakin banyak. Menjamurnya online shop membuat pelaku bisnis online shop perlu melakukan siasat strategi penjualan yang tepat. Jika tidak, bisnis online shop yang mereka jalani akan kalah saing dengan online shop lainnya.

Saat menjalani bisnis online shop, tentu cara pemasarannya sedikit berbeda dengan menjual langsung kepada pembeli. Penjual online shop tidak melakukan tatap muka kepada pembelinya.

Pelaku online shop umumnya melakukan promosi produk mereka di berbagai media sosial. Banyaknya media sosial yang ada dalam satu bisnis, membuat staf kewalahan melayani pembeli. Apalagi, sifat pembeli yang berbeda-beda. Jika ada pembeli yang tidak sabar menunggu respons staf Anda, mereka bisa berpaling ke online shop lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

CRM (customer relationship management) untuk online shop adalah sebuah aplikasi manajemen database dan aktivitas pembelian pelanggan Anda. Dengan sistem CRM untuk online shop ini mencatat keseluruhan data dan aktivitas bisnis online shop Anda.

Data yang terinput dalam CRM, yaitu kontak, riwayat pembelian, aktivitas pelanggan, sampai performa tim online shop Anda. Tanpa memiliki CRM, online shop Anda mengalami berbagai kesulitan. Mulai dari pendataan pelanggan, percakapan dengan pembeli, melihat sejauh apa proses barang ke pembeli, dan melihat performa staf Anda.

Mari simak pembahasan lebih lanjut mengenai benefit CRM untuk bisnis online shop.

Benefit CRM untuk Bisnis Online Shop

Berbagai benefit atau manfaat dari sistem CRM untuk bisnis online shop tidak terlepas dari fitur-fitur dalam CRM yang memudahkan aktivitas bisnis Anda. Pengggunaan sistem CRM membantu mengoptimalkan strategi bisnis online shop Anda. Yuk, simak benefit apa saja yang bisa Anda dapatkan dari bisnis online shop.

Baca juga: Pebisnis Wajib Tahu! 7 Alasan Pentingnya Memiliki CRM di Perusahaan

1. CRM mampu memberikan analisis pembeli

CRM mampu menganalisis kebutuhan pembeli Anda. Sistem CRM mencatat seluruh aktivitas pembeli Anda dari berbagai platform. Dari hasil seluruh aktivitas tersebut, Anda bisa melihat apa saja yang menjadi minat pembeli Anda, termasuk kebutuhan mereka.CRM online shop

Seluruh percakapan di berbagai platfrom media sosial pun dapat terintegrasi di dalam satu halaman sistem CRM. Hal ini membuat staf Anda menjadi lebih mudah menanggapi pesan pelanggan. Pelanggan Anda pun tidak perlu lama menunggu balasan pesan dari staf Anda.

Jika Anda memiliki sistem CRM untuk online shop, Anda bisa mudah menawarkan penjualan terhadap pembeli Anda. Anda bisa melihat pembelian dominan pembeli Anda. Penawaran sesuai kebutuhan pelanggan meningkatkan penjualan bisnis online shop Anda.

2. Menyimpan seluruh data prospek dan pembeli

Dalam sistem CRM, informasi kontak, riwayat aktivitas, riwayat percakapan dan infomasi lainnya terkait pembeli tersimpan secara rapi dan otomatis. Anda pun dapat mengubah dan menambahkan informasi pembeli Anda secara real time.

Data yang tersimpan memudahkan Anda untuk melakukan penjualan online shop. Terlebih, aktivitas utama online shop yang Anda jalankan berbasis internet. Kemudahan dari CRM untuk melakukan promosi mampu meningkatkan penjualan Anda.

Misalnya, Anda ingin mengirimkan promosi kepada prospek dan pembeli Anda. Dari kontak yang sudah tersimpan di dalam sistem CRM, Anda bisa mudah mengirimkan promosi ke kontak yang diinginkan.

Jadi, Anda tidak perlu mengirimkan promosi ke satu per satu kontak. Hal itu akan memakan waktu lama pengerjaan dan tidak efektif. Sistem CRM pun memiliki pengamanan data yang membuat data pembeli aman.

Dengan sistem ini, kepuasaan pembeli dapat meningkat. Seiring dengan hal itu, penjualan bisnis online shop Anda mengalami kemajuan.

CRM online shop

3. Meningkatkan pelayanan staf online shop Anda

Seperti yang diketahui, CRM mampu meningkatkan pelayanan pembeli di online shop Anda. Bagaimana caranya? Pertama, waktu menunggu balasan pesan lebih singkat. Pembeli tidak perlu menunggu balasan pesan dari staf Anda terlalu lama. Di sisi lain, staf Anda mudah melihat pesan masuk dari pelanggan dari satu halaman saja.

CRM online shop

Sistem CRM, seperti Omnichannel CRM Barantum, mampu mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi dari berbagai media sosial ke dalam satu platfrom. Risiko pesan pelanggan yang tidak terbalas pun kecil.

Baca juga: Berbagai Kendala Bisnis Tanpa Aplikasi CRM

Kedua, dengan sistem CRM, staf Anda lebih cepat tanggap. Jika ada kendala, secara otomatis CRM merekam permasalahan yang terjadi. Proses masalah pun dapat dilihat. Oleh sebab itu, Anda dapat menemukan akar permasalahan tersebut.

Cepatnya tanggapan staf Anda, membuat kecepatan penyelesaian masalah meningkat. Hal ini tentu memberikan kepuasan tersendiri bagi pembeli Anda.

Ketiga, kerja sama tim Anda lebih terbangun. Tiap staf tidak perlu lagi memanyakan proses kepada staf lainnya. Mereka bisa langsung melihat di dalam sistem CRM. Kemudahan melihat data secara real time membuat aktivitas mereka lebih cepat.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sistem CRM mempermudah aktivitas pelayanan staf Anda. Kinerja mereka pun menjadi lebih efektif.

4. Menyajikan data penjualan secara real time

CRM online shop

Dengan adanya data real time, Anda bisa melihat proses tersebut sudah sejauh apa. Anda pun dapat melihat kinerja staf dalam melakukan tugasnya. Di sisi lain, staf Anda lebih mudah menginformasikan kepada pembeli terkait proses barang yang dikirimkan.

Selain itu, sistem CRM memberikan kemudahan bagi Anda untuk melihat hasil penjualan yang sudah didapatkan. Seluruh aktivitas penjualan dan proses penanganannya tersaji dengan baik dalam sistem CRM. Kegiatan online shop Anda pun menjadi lebih optimal.

CRM Solusi Bisnis Online Shop AndaCRM online shop

Kini Anda telah mengetahui berbagai manfaat CRM untuk bisnis online shop. Kemudahan dalam bekerja bisa Anda dapatkan dengan memiliki sistem ini.

Sistem CRM, seperti Barantum, dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis online shop Anda. Jadi, Anda mudah mengaplikasikan sistem tersebut dalam menjalani bisnis.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".