Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) merupakan sistem yang bermanfaat untuk bisnis Anda. Tiap menjalani bisnis, Anda akan menemukan kendala dan rintangan tersendiri. Hal itu wajar terjadi saat menjalani sebuah bisnis.

Berhasil menyelesaikan kendala akan membuat bisnis Anda semakin berkembang dan naik level. Hal yang membedakan keberhasilan tersebut, yaitu berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikannya.

Di perkembangan zaman yang semakin canggih, menciptakan kendala baru yang perlu diwaspadai tiap pebisnis. Perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan minat pelanggan dengan berbagai cara. Misalnya, meningkatkan pelayanan pelanggan. Semakin nyaman pelanggan Anda, semakin besar keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Lalu, apa hubungannya dengan CRM? Banyak yang masih belum menyadari bahwa aplikasi CRM dapat menjadi solusi dari berbagai kendala bisnis Anda. Tanpa aplikasi CRM, memungkinan Anda menyelesaikan kendala bisnis dalam waktu yang lama.

Berkaitan tentang kendala bisnis, yuk ketahui berbaagai kendala bisnis yang dapat Anda jumpai tanpa aplikasi CRM.

Kendala Berbisnis Tanpa Aplikasi CRM

1. Waktu bekerja tidak efisien

Menginput data laporan secara manual banyak menyita waktu. Tumpukan data berisi laporan bisa saja hilang atau terselip.  Waktu bekerja pun menjadi tidak efisien.

Jika bisnis yang Anda jalani masih memiliki data pelanggan yang sedikit, mungkin mencatat secara manual tidak menjadi masalah. Namun, jika bisnis Anda memiliki banyak data pelanggan yang perlu diinput, pasti staf Anda akan kerepotan untuk menginputnya. Tentu hal itu akan menghambat pekerjaan yang lainnya.

Penjualan yang dilakukan juga tidak akan optimal jika staf terlalu lama terpaku dalam pekerjaan menginput data. Nah, Anda mungkin belum mengetahui bahwa penginputan secara manual bisa dilakukan dengan aplikasi CRM. Aplikasi CRM memudahkan staf Anda untuk menginput data tanpa waktu lama.

Staf Anda bisa langsung menginput laporan ke dalam sistem aplikasi CRM. Anda juga bisa menikmati fitur penginputan otomatis dari aplikasi CRM. Dalam aplikasi CRM juga tertera berbagai aktivitas staf Anda dan menampilkan tiap proses pekerjaan yang dilakukan.

Baca juga: 7 Alasan Pentingnya Memiliki CRM di Perusahaan

2. Sulit mengatur data pelanggan

Anda pasti sudah mengetahui menginput data secara manual memiliki berbagai risiko. Tanpa aplikasi CRM, Anda sulit mengatur data pelanggan. Banyaknya data pelanggan yang masuk tentu jika diinput secara manual akan mempersulit pekerjaan staf Anda.

Tanpa adanya aplikasi CRM mungkin terdapat perbedaaan penginputan data informasi pelanggan antara tim penjualan dan pemasaran. Tentu akan sulit lagi untuk mencari tahu data informasi pelanggan mana yang tepat.

Dengan demikian, data pelanggan yang dimiliki perusahaan bisa jadi tidak 100% valid. Sedangkan, jika Anda menggunakan aplikasi CRM, kendala penginputan data informasi pelanggan bisa terpecahkan.

Pada aplikasi CRM, tiap departemen dapat melihat secara real time data informasi pelanggan. Hal tersebut membuat tidak adanya perbedaan data informasi pelanggan.

Menggunakan aplikasi CRM, data yang sudah teriput dapat dengan mudah dilihat oleh berbagai departemen. Selain itu, jika ada staf baru, perpindahan data mudah dilakukan. Staf baru hanya tinggal melihat data informasi pelanggan yang sudah diinput ke sistem CRM.

kendala bisnis tanpa CRM

3.  Sulit memantau pelanggan di sosial media

kendala bisnis tanpa CRM

Demi memajukan perusahaan dengan maksimal, perusahaan memiliki berbagai sosial media untuk penjualan. Sosial media yang digunakan merupakan platfrom umum di masyarakat. Misalnya, WhatsApp, Instagram, Facebook, maupun Telegram. Tanpa adanya aplikasi CRM, staf Anda akan kesulitan memantau pelanggan dan memberikan tanggapan kepada pelanggan.

Apa hal itu merugikan bisnis Anda? Tentu saja iya.  Jika pelanggan tidak merasa nyaman, minat terhadap bisnis Anda pun berkurang.

Menunggu dengan waktu yang lama membuat pelanggan Anda akan jenuh. Bisa jadi pelanggan Anda akan beralih ke saingan bisnis Anda. Tentu hal itu tidak ingin terjadi bukan?

Nah, aplikasi CRM ini bisa membantu staf Anda menantau pelayanan pelanggan. Aplikasi CRM, seperti Barantum, mampu mengintegrasikan berbagai sosial media yang perusahaan Anda miliki dalam satu platfrom. Staf Anda bisa dengan mudah memantau tiap pelanggan di dalam aplikasi tersebut.

Pelayanan terhadap pelanggan pun lebih maksimal dan memicu loyalitas pelanggan pada bisnis Anda.

4. Layanan pelanggan tidak optimal

Masih terkait poin ketiga, sulitnya memantau pelanggan di media sosial membuat layanan pelanggan tidak optimal. Aplikasi CRM tidak hanya dapat mengintegrasikan berbagai sosial media dalam satu platfrom.

Di dalam aplikasi CRM, seluruh data informasi pelanggan dapat dianalisis sesuai kebutuhan pelanggan. Tiap aktivitas pembelian pelanggan terekam dengan baik. Hal ini memungkinkan staf Anda dapat melakukan penawaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Tanpa adanya aplikasi CRM, staf juga Anda bisa menghubungi satu pelanggan yang sama dalam satu waktu. Nah, kini Anda tidak perlu khawatir lagi tentang hal tersebut. Staf Anda dapat melihat pelanggan mana yang sudah dihubungi atau belum oleh staf lain. Pekerjaan menjadi lebih mudah bukan?

5. Data tidak terpusat dalam satu sumber/terpencar-pencar

bisnis tanpa CRM

Banyaknya infomasi dari berbagai sumber membuat data perusahaan Anda terpencar-pencar. Jika ingin mencari informasi terkait pelanggan, staf Anda pasti akan merasakan kesulitan.

Dengan aplikasi CRM, keseluruhan data dapat terpusat dalam satu sumber. Staf Anda tidak perlu repot mencari data di tumpukan dokumen atau di file yang berbeda-beda lagi.

Selain memudahkan, staf Anda menjadi lebih banyak memiliki waktu untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

6. Sulit menentukan ROI pemasaran

Perusahaan akan sulit menentukan ROI (Return of Investment) tanpa adanya aplikasi CRM. ROI merupakan tolok ukur keuntungan bisnis. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menerka-nerka bagaimana hasil penjualan dengan promosi pemasaran tertentu.

Dengan adanya aplikasi CRM, Anda lebih mudah menentukan strategi bisnis pemasaran yang tepat untuk perusahaan Anda.

Baca juga: Kenali Strategi Pemasaran Paling Efektif

7.  Sulit mempertahankan loyalitas pelanggan

Loyalitas pelanggan menjadi hal yang didambakan tiap perusahaan. Loyalitas pelanggan yang tinggi meningkatkan prospek penjualan bisnis Anda. Namun, tanpa adanya aplikasi CRM, Anda akan sulit mempertahankan loyalitas pelanggan.

Dengan aplikasi CRM, staf Anda dapat menganalisis kebutuhan tiap pelanggan. Selain itu, jalinan komunikasi antara staf dan pelanggan pun lebih baik.

Aplikasi CRM Solusi Kendala Bisnis Anda

Dari berbagai kendala yang timbul akibat tanpa adanya aplikasi CRM, membuat perusahaan Anda sulit untuk berkembang. Jika Anda berhasil menangani kendala bisnis tersebut, tentu perusahaan Anda akan menjadi lebih maju lagi.

kendala bisnis tanpa CRM

Anda bisa mencoba aplikasi CRM, seperti CRM Barantum, untuk membantu memberikan solusi segala kendala bisnis Anda. Jika Anda masih memiliki berbagai pertanyaan tentang aplikasi CRM, jangan ragu hubungi kami di www.barantum.com.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".