Begini Cara Mendapatkan WhatsApp Business API

WhatsApp Business API adalah alat yang sangat efektif bagi bisnis dalam menghubungi pelanggan dan meningkatkan keterlibatan dengan mereka. Namun, mendapatkan WhatsApp API resmi dari WhatsApp bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa persyaratan dan prosedur yang harus dipenuhi sebelum sebuah bisnis bisa mendapatkan akses ke WhatsApp API.

Berbeda dengan WhatsApp Business standar yang bisa didapatkan di Play Store atau App Store secara gratis. Sedangkan untuk mendapatkan WhatsApp Business API hanya bisa dengan bekerja sama pada Mitra Resmi WhatsApp, seperti Barantum.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mendapatkan WhatsApp Business API resmi dengan mudah. Jadi, baca artikelnya sampai habis dan ketahui informasi detailnya ya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API (atau disingkat menjadi WABA) merupakan aplikasi resmi dari WhatsApp yang ditujukan untuk akun bisnis. Pada dasarnya, sistem API (application programming interface) ini , memungkinkan developer mengintegrasikan aplikasi lain sekaligus, contohnya sistem CRM. Hal ini bertujuan untuk membantu dan mempermudah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Misalnya, mengirim pesan otomatis, menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis, dan mengirim pesan secara masal sekaligus.

Selain itu, WABA juga menyediakan fitur-fitur seperti pesan terenkripsi end-to-end dan kemampuan untuk menambahkan CTA (call to action) dalam pesan untuk mengarahkan pelanggan ke situs web atau kontak perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan pelanggan mereka melalui platform yang populer dan mudah digunakan.

Dengan penggunaan WABA, perusahaan hanya perlu satu nomor WhatsApp yang dapat diakses oleh lebih banyak customer service. Sehingga pelayanan pelanggan dan penjualan yang dilakukan lebih optimal. Namun, perlu diingat bahwa fitur WABA ini lebih ditunjukkan untuk kepentingan bisnis dan bukan personal atau perorangan.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API Resmi?

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat WhatsApp API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

 

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di IndonesiaLangkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan aplikasi resmi adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

cara mendapatkan WhatsApp Business API

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan tepercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

cara mendapatkan WhatsApp Business API

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp Business API Sudah Siap Digunakan

cara mendapatkan WhatsApp Business API

Kini fitur WhatsApp API untuk bisnis Anda siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan WhatsApp Business API Resmi?

WhatsApp API ini penting digunakan oleh bisnis karena dukungan fitur-fitur unggulan WhatsApp API mampu mempercepat 89% merespons pesan pelanggan. Sehingga cara promosi di WhatsApp bisnis Anda dapat lebih maksimal. Karena pelanggan bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat serta tingkat pembelian pelanggan pun dapat melonjak. Jadi, strategi marketing dengan WhatsApp ini menjadi media yang strategis untuk menjaring lebih banyak pelanggan.

Selain itu, penggunaan WhatsApp API yang resmi pun menghindari akun Anda terblokir dan keamanan data perusahaan Anda dapat terjaga dengan baik. Perbedaan antara dua aplikasi ini bisa lebih lengkap Anda dapatkan pada artikel berikut -> WhatsApp API Resmi vs Tidak Resmi: Apa Perbedaannya?.

Apa Manfaat WhatsApp Business API Resmi?

WhatsApp Business API resmi memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi pekerjaan tim dan mengurangi biaya operasional serta meningkatkan efisiensi bisnis. Sehingga Anda dapat lebih fokus pada strategi pertumbuhan dan pengembangan bisnis. Selain itu, berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business biasa, pada WhatsApp API dapat memiliki hak akses fitur lebih lengkap. Fitur-fitur tersebut dapat membantu Anda dan tim dalam menjalankan tugas operasional bisnis.

fitur WhatsApp Business API

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di dunia bisnis, keberadaan WhatsApp API resmi sangat penting bagi bisnis dalam mengembangkan bisnis mereka dan meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan. Dengan menggunakan aplikasi ini, dapat mengakses pelanggan potensial yang lebih besar dan meningkatkan keterlibatan pelanggan secara efektif. Barantum hadir untuk membantu Anda mendapatkan WhatsApp API.

Barantum adalah BSP resmi WhatsApp di Indonesia yang berpengalaman dalam memberikan layanan WABA resmi untuk bisnis. Selain itu, Barantum juga memberikan layanan dukungan dan bantuan teknis yang lengkap untuk membantu bisnis dalam mengimplementasikan aplikasi ini dan meningkatkan kinerja bisnis Anda. Oleh karena itu, Barantum menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin memanfaatkan potensi WhatsApp untuk mengembangkan bisnis.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".