Inilah Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp API

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi komunikasi paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan orang untuk mengirim pesan, berbagi foto, dan melakukan panggilan suara dan video. Namun, bagi dunia bisnis, WhatsApp juga menawarkan dua platform yang ditujukan untuk keperluan komunikasi yang lebih profesional: WhatsApp Business dan WhatsApp API. Mungkin Anda telah mendengar tentang keduanya, tetapi apakah Anda benar-benar memahami perbedaan di antara keduanya?

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp API. Dengan memahami perbedaan antara keduanya, Anda akan dapat membuat keputusan yang lebih informasional dan mengoptimalkan penggunaan WhatsApp dalam konteks bisnis Anda. Yuk, baca artikel ini sampai habis dan ketahui perbedaan keduanya!

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Apa Itu WhatsApp Business dan WhatsApp API?

WhatsApp Business adalah aplikasi resmi WhatsApp yang dirancang khusus untuk memudahkan para pengusaha atau pelaku bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan melalui platform WhatsApp. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur tambahan yang tidak tersedia di WhatsApp biasa, seperti pesan otomatis, profil bisnis, analitik pesan, katalog, dan informasi jam operasional.

Sementara itu, WhatsApp API (Application Programming Interface) adalah platform yang dirancang untuk memungkinkan integrasi WhatsApp dengan aplikasi bisnis atau platform komunikasi lainnya. WhatsApp API memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan fitur WhatsApp ke dalam sistem, seperti aplikasi perusahaan, sistem manajemen pelanggan (CRM), atau platform layanan pelanggan. Fitur yang tersedia pada WhatsApp API pun lebih lengkap dibandingkan WhatsApp Business.

Oleh sebab itu, meski sama-sama merupakan aplikasi resmi WhatsApp, terdapat perbedaan yang signifikan antara WhatsApp Business dan WhatsApp API. Untuk mengetahui perbedaan antara keduanya, baca pembahasan di bawah ini ya.

Apa Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp API?

Perbedaan Fitur WA Personal, WA Business, dan WhatsApp API

Berikut perbedaan fitur yang bisa diakses antara WhatsApp Business dan WhatsApp API:

1. Cara Mendapatkannya

Salah satu perbedaan yang menonjol, yaitu perbedaan cara mendapatkannya. Anda bisa mendapatkan WhatsApp Business melalui Play Store atau App Store secara gratis. Sedangkan untuk mendapatkan WhatsApp API Anda harus bekerja sama dengan BSP resmi WhatsApp. Namun, tentu ada harga, ada kualitas. Jika Anda mengeluarkan sedikit biaya tambahan untuk mendapatkan WhatsApp API pada nomor bisnis, Anda bisa memperbanyak hak akses fitur yang tidak terdapat pada WhatsApp Business. Tentu biaya yang dikeluarkan akan sebanding bahkan melebihi manfaat yang bisa dirasakan Anda dan tim untuk mempermudah operasional bisnis.

2. Verifikasi Centang Hijau WhatsApp

Centang hijau WhatsApp adalah lencana yang diberikan oleh WhatsApp yang menunjukkan bahwa akun WhatsApp tersebut telah terverifikasi dan terbukti sebagai bisnis yang resmi. Di mana Anda hanya bisa mendapatkannya jika Anda menggunakan WhatsApp Business API. Namun, perlu diketahui bahwa centang hijau WhatsApp ini hanya diperuntukkan untuk akun bisnis bukan untuk akun pribadi. Karena adanya centang hijau WhatsApp ini menjadi tanda bahwa nomor tersebut merupakan nomor bisnis yang resmi. Sehingga adanya lencana ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

3. Otomatisasi Pesan

Perbedaan selanjutnya, yaitu otomatisasi pesan. Pada WhatsApp Business dan WhatsApp API sama-sama memiliki otomatisasi pesan. Namun, pada WhatsApp Business memiliki keterbatasan jika dibandingkan dengan WhatsApp API. Pada WhatsApp API Anda bisa menggunakan fitur chatbot di mana pesan pelanggan bisa dibalas otomatis dengan bahasa yang bisa lebih dibuat seakan-akan admin yang membalas pesannya berdasarkan kata kunci pesan yang sudah diatur sebelumnya.

4. Jumlah Agen

Perbedaan lainnya dapat dilihat dari segi jumlah agen atau admin yang mampu mengakses satu nomor bisnis Anda. Pada WhatsApp Business, hanya maksimal diakses oleh 2 orang, sedangkan WhatsApp API bisa diakses oleh banyak agen dengan jumlah tidak terbatas.

5. Jumlah Broadcast

Broadcast menjadi salah satu fitur penting bagi bisnis yang sering digunakan untuk melakukan promosi. Jika Anda ingin mempermudah operasional bisnis dalam jangka panjang, WhatsApp API cocok menjadi pilihan Anda. Karena pasalnya pada WhatsApp Business hanya bisa mengirim pesan maksimal ke 256 dalam sekali kirim. Sedangkan pada WhatsApp API, Anda bisa mengirimkan pesan ke seluruh pelanggan tanpa batas maksimal dalam sekali klik.

6. Manajemen Riwayat Pelanggan

WhatsApp Business tidak memiliki fitur khusus untuk manajemen riwayat pelanggan, sedangkan WhatsApp API  memberikan fitur tambahan untuk manajemen riwayat pelanggan yang lebih canggih. API memungkinkan integrasi dengan sistem atau aplikasi bisnis yang ada, seperti CRM, yang memungkinkan pengelompokan, filter, dan analitik yang lebih lengkap terkait riwayat percakapan dengan pelanggan. Dengan WhatsApp API, Anda dapat mengatur pesan berdasarkan label, filter, atau atribut tertentu. Sehingga memudahkan dalam memantau dan mengelola interaksi dengan pelanggan dalam skala yang lebih besar.

7. Laporan Kinerja

WhatsApp Business biasa tidak menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan bisnis melacak dan menganalisis kinerja komunikasi mereka dengan pelanggan. Fitur laporan kinerja ini penting dalam mengukur efektivitas kampanye pemasaran, mengidentifikasi tren, dan melakukan perbaikan atau penyesuaian strategi komunikasi. Di sisi lain, WhatsApp Business API memberikan akses ke fitur laporan kinerja yang lebih canggih. Dengan menggunakan API, bisnis dapat melacak dan menganalisis metrik kunci seperti jumlah pesan terkirim, diterima, dibaca, serta waktu respons. Sehingga Anda dapat memahami seberapa baik kampanye mereka berjalan, mengidentifikasi pola perilaku pelanggan, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi mereka melalui WhatsApp.

8. Integrasi CRM

Perbedaan yang signifikan antara WhatsApp Business dan WhatsApp API adalah kemampuan untuk terintegrasi dengan CRM (Customer Relationship Management). WhatsApp Business biasa tidak memiliki kemampuan bawaan untuk terhubung langsung dengan sistem CRM. Di sisi lain, WhatsApp API memungkinkan terintegrasi CRM. Dengan menggunakan API, bisnis dapat menghubungkan WhatsApp dengan CRM. Sehingga data dan informasi pelanggan yang diperoleh melalui WhatsApp dapat langsung terintegrasi dengan sistem manajemen pelanggan yang ada. Hal ini memungkinkan bisnis untuk memiliki data yang lebih terpusat terkait interaksi dengan pelanggan, mengelola informasi dengan lebih efisien, dan memberikan pengalaman yang lebih personal.

Manakah Yang Lebih Unggul Antara WhatsApp Business dan WhatsApp API?

Menggunakan WhatsApp API yang memiliki fitur tambahan lebih banyak dibandingkan WhatsApp Business biasa bisa menjadi pilihan yang tepat bagi bisnis yang ingin meningkatkan dan mengotomatisasi komunikasi mereka dalam skala yang lebih besar. Dengan WhatsApp API, bisnis dapat mengintegrasikan fitur-fitur WhatsApp ke dalam sistem atau aplikasi bisnis yang sudah ada, seperti CRM atau platform layanan pelanggan, sehingga memungkinkan mereka untuk mengelola komunikasi dengan pelanggan secara efisien dan terstruktur.

WhatsApp API memungkinkan bisnis untuk melakukan automasi pesan, pengiriman pesan massal, dan notifikasi otomatis, yang dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses komunikasi dengan pelanggan. Selain itu, WhatsApp API juga memberikan kemampuan untuk mengelompokkan dan mengatur pesan dengan menggunakan label dan filter, serta menyediakan analitik yang lebih lanjut untuk memahami dan mengukur efektivitas kampanye komunikasi bisnis.

Dengan fitur tambahan ini, WhatsApp API memberikan bisnis kontrol yang lebih besar atas komunikasi mereka, membantu meningkatkan efisiensi, meningkatkan respons pelanggan, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik secara keseluruhan. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan WhatsApp API biasanya memerlukan koneksi dengan mitra pengembang resmi WhatsApp dan mematuhi panduan dan kebijakan yang ditetapkan oleh WhatsApp.

Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp API?

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur dan layanan dari WhatsApp Business API:

1. Daftarkan Bisnis Anda ke BSP WhatsApp Terbaik, Barantum

whatsapp api barantum - whatsapp business dan whatsapp api
Langkah pertama untuk mendapatkan dan menggunakan WhatsApp Business API adalah mendaftarkan bisnis Anda pada BSP WhatsApp Resmi, Barantum.

2. Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager Anda

Verifikasi Facebook Business Manager - whatsapp business dan whatsapp api

Langkah selanjutnya, Anda perlu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager. Sebagai BSP WhatsApp resmi yang terbaik dan tepercaya, Barantum akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi di Facebook Business Manager Anda.

Proses ini penting untuk membuktikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah dan resmi. Untuk melakukan proses verifikasi, Anda hanya perlu menyiapkan dokumen seperti:

  • Nama Perusahaan
  • URL Website
  • Email Domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

3. Implementasi dan Training Penggunaan Fitur WhatsApp API

Integrasi WhatsApp CRM Barantum - whatsapp business dan whatsapp api

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu proses implementasi. Karena Anda telah memilih Barantum sebagai partner BSP WhatsApp Anda, Barantum akan membantu untuk proses implementasi yang dibutuhkan untuk bisnis Anda, seperti implementasi flow chatbot, office hour, multi-agent dan sebagainya. Barantum juga akan membantu Anda dengan memberikan training penggunaan untuk semua fitur yang disediakan.

4. Fitur WhatsApp Business API Sudah Siap Digunakan

Barantum BSP WhatsApp Terbaik - whatsapp business dan whatsapp api

Kini fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda siap digunakan. Pastikan bahwa Anda dan karyawan telah mengerti cara penggunaannya yang tepat. Sehingga operasional bisnis pun semakin meningkat.

Dapatkan WhatsApp API Terbaik Sekarang!

Setelah mempelajari perbedaan antara keduanya, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kedua platform tersebut. Namun, jika Anda ingin mengambil langkah lebih maju dan mendapatkan manfaat dari keduanya secara bersamaan, Barantum bisa menjadi mitra yang tepat untuk Anda.

Barantum merupakan mitra resmi WhatsApp yang dapat membantu Anda memperoleh WhatsApp API dan sistem CRM secara bersamaan. Barantum menawarkan solusi terbaik dan memastikan integrasi yang mulus antara WhatsApp API dan sistem CRM. Sehingga memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan mempermudah pengelolaan bisnis Anda.

Dengan memanfaatkan solusi yang disediakan oleh Barantum, Anda dapat memperkuat komunikasi bisnis Anda, meningkatkan efisiensi, dan mengoptimalkan hubungan dengan pelanggan. Jangan ragu untuk menghubungi Barantum dan mulailah memanfaatkan kekuatan WhatsApp API dan sistem CRM untuk mengembangkan bisnis Anda ke level yang lebih tinggi.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Barantum CRM - whatsapp business dan whatsapp api
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".