Biaya WhatsApp Blast Resmi Terbaru

WhatsApp merupakan salah satu platform komunikasi paling populer di dunia, dengan pengguna aktif mencapai miliaran orang setiap harinya. Sehingga tak heran, WhatsApp (WA) menjadi pilihan favorit bagi banyak bisnis dalam melakukan pemasaran produk atau jasa mereka. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pemasaran adalah WhatsApp Blast, yaitu mengirim pesan massal ke banyak kontak sekaligus. Namun, apa Anda perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan WA Blast?

WhatsApp memiliki aturan penggunaan yang harus dipatuhi. Salah satu aturan tersebut, yaitu dilarang melakukan spamming atau mengirim pesan ke banyak kontak secara berlebihan. WhatsApp juga memiliki kebijakan penggunaan API (Application Programming Interface) yang ketat, dimana pengguna harus memenuhi beberapa persyaratan untuk menggunakan WhatsApp Blast secara legal dan resmi.

Untuk menggunakan WhatsApp Blast, bisnis bisa memanfaatkan WhatsApp Business API yang disediakan oleh WhatsApp. WhatsApp Business API memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan massal ke ribuan kontak sekaligus melalui integrasi dengan provider atau penyedia layanan WhatsApp resmi.

Ingin tahu informasi lengkapnya? Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

WA Blast Resmi Tanpa Takut Terblokir by Barantum

Apakah WA Blast Berbayar?

WA Blast adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke banyak kontak WhatsApp secara otomatis dan efisien. Namun, untuk mendapatkan fasilitas fitur WA Blast, Anda harus membayar biaya langganan bulanan atau tahunan. Biaya WA Blast yang dikenakan itu bervariasi, tergantung pada penyedia layanan dan fitur yang ditawarkan.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat memilih layanan WA Blast berbayar. Sebaiknya, pastikan untuk memilih mitra yang andal dan terpercaya, serta memperhatikan kebijakan privasi dan syarat penggunaan layanan. Selain itu, pastikan bahwa penggunaan WA Blast sesuai dengan aturan WhatsApp dan tidak melanggar kebijakan penggunaan platform. Salah satu rekomendasi mitra resmi WhatsApp terpercaya, yaitu Barantum

Berapa Biaya WA Blast?

WhatsApp Blast merupakan fitur yang terdapat dalam WhatsApp Business API. Dalam penggunaannya, Anda akan dikenakan biaya WA per bulan dan Facebook akan mengirimkan invoice ke email Anda di minggu pertama di setiap bulannya.

Biaya WA Blast ini ditentukan oleh pihak Facebook dan bervariasi tergantung dimana percakapan dimulai.

1. Customer Initiated

Yaitu percakapan yang dimulai oleh pelanggan dengan mengirimkan pesan terlebih dahulu kepada perusahaan bisnis. Sesi customer initiated akan mulai dihitung dari mulai bisnis membalas pesan pelanggan. Pada customer initiated ini bisnis akan dikenakan tarif Rp271 per satu pesan dalam 24 jam sesi chat dan nomor Indonesia.

Contoh Ilustrasi Customer Initiated:

customer initiated

Penjelasan:

  • Seorang pelanggan bernama Mario mengirimkan pesan pertama kali terkait tentang menanyakan ketersediaan barang pada 15 Desember 2021 pukul 08.15. Bisnis tidak dikenakan biaya sebelum merespon pesan pelanggan.
  • Pada saat bisnis membalas pesan pelanggan, sesi customer initiated dimulai dan bisnis dikenakan biaya. Bisnis dapat membalas pesan pelanggan tanpa harus menggunakan template. Namun, jika selama 24 jam bisnis tidak merespon pesan pelanggan tersebut maka bisnis tidak dikenakan biaya.
  • Perhitungan biaya per sesi yaitu 1 x 24 jam. Hal ini untuk memberikan mendorong staf Anda untuk memberikan layanan dukungan pelanggan semaksimal mungkin. Hal itu dengan memberikan pelanggan kemampuan untuk bertukar pesan sebanyak yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dalam sesi 24 jam.
  • Selama kurang dari 24 jam sejak balasan pertama dari bisnis, bisnis dapat mengirimkan pesan kepada pelanggan tanpa dikenakan biaya.
  • Waktu sesi customer initiated berakhir pada pukul 08.18 tanggal 16 Desember 2021. Jika bisnis terus bertukar pesan dengan pelanggan melebihi 24 jam, maka bisnis akan dikenakan tarif percakapan baru. Sehingga bisnis diminta untuk mengirim template pesan untuk memulai percakapan baru.

2. Business Initiated

Yaitu percakapan yang dimulai oleh bisnis dengan mengirimkan pesan dahulu kepada pelanggan. Bisnis memulai mengirimkan template pesan kepada pelanggan yang sudah di approve oleh Facebook. Pada business initiated dikenakan tarif Rp465 per satu pesan chat dalam 24 jam sesi chat dan nomor Indonesia.

Contoh Ilustrasi Business Initiated:

business initiated

Penjelasan:

  • Bisnis mengirimkan pesan pertama kepada pelanggan dengan menggunakan template pesan yang sudah dibuat sebelum. Pada saat ini, business initiated akan dimulai dan bisnis akan dikenakan biaya business initiated.
  • Pengiriman pesan masih dalam 24 jam sejak pesan pertama business initiated, sehingga pada pengiriman pesan ini tidak dikenakan biaya. Jika lewat batas waktu 24 jam maka otomatis akan masuk ke biaya sesi initiate yang baru.
  • Contohnya, jika bisnis mengirimkan template pesan pada 15 Desember 2021 pukul 8.20 pagi. Lalu, mengirimkan kembali pesan pada pukul 9.20 pagi di hari yang sama, maka tidak dikenakan biaya baru. Dan, sesi business initiated akan berakhir pada 16 Desember 2021 pukul 8.20.

Namun jangan khawatir! Pihak Facebook memberikan keluasan dan tidak akan memungut biaya (gratis) untuk setiap 1.000 percakapan pertama setiap bulannya. Percakapan ini baik yang diinisiasi oleh pelanggan maupun pelaku bisnis.

Apa Manfaat WA Blast Untuk Bisnis?

Berikut adalah 5 manfaat WA Blast API untuk bisnis:

  • Menghemat waktu dan tenaga: Dengan WA Blast API, Anda dapat mengirim pesan massal ke ribuan kontak sekaligus hanya dengan sekali klik. Sehingga menghemat waktu dan tenaga yang seharusnya dikeluarkan untuk mengirim pesan secara manual ke setiap kontak.
  • Meningkatkan efisiensi: WA Blast API memungkinkan pengguna untuk membuat pesan template yang dapat digunakan kembali. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pemasaran.
  • Personalisasi pesan: WA Blast API memungkinkan pengguna untuk menambahkan nama kontak dan informasi pribadi lainnya ke dalam pesan. Sehingga pesan terasa lebih personal dan menarik bagi penerima.
  • Meningkatkan keterlibatan pelanggan: Dengan menggunakan WA Blast, Anda dapat dengan mudah berkomunikasi dengan pelanggan mereka secara langsung. Sehingga meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperkuat hubungan bisnis.
  • Analisis data: WA Blast API menyediakan data analytics yang berguna untuk memantau kinerja kampanye pemasaran, seperti jumlah pesan yang dikirim, jumlah pesan yang terkirim, dan tingkat respons dari pelanggan. Hal ini dapat membantu bisnis untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka dan memperoleh hasil yang lebih baik.

Dengan menggunakan WA Blast API, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran mereka. Namun, penggunaan WA Blast API harus memperhatikan kebijakan dan aturan penggunaan WhatsApp. Selain itu, perlu mempertimbangkan biaya dan risiko terkait sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

WA Blast Resmi Tanpa Takut Terblokir by Barantum

Apa Perbedaan WA Blast Resmi dan Tidak Resmi?

Terdapat dua cara untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast ini, yaitu secara resmi dan tidak resmi:

  1. Resmi : Dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh Mitra Resmi WhatsApp API yang biasanya sudah termasuk fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau WA, Chatbot WA atau Bot WhatsApp, Alokasi Pesan per Agent dan masih banyak lagi.
  2. Tidak Resmi : Dengan menggunakan tools atau aplikasi yang di instal di komputer/desktop Anda. Fitur hanya khusus untuk WhatsApp Blast saja dan memiliki resiko tinggi untuk akun terblokir dan adanya kebocoran data.

Perbedaan WA Blast Resmi dan Tidak Resmi

Kedua cara ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, yaitu:

Mengirim WA Blast Menggunakan Tools Tidak Resmi

Kelebihan :

  • Tidak membutuhkan verifikasi untuk menggunakan fitur WhatsApp Business API
  • Template pesan  bisa langsung dikirim dan tidak ada proses moderasi dari WhatsApp.
  • Bisa digunakan untuk urusan perusahaan atau personal.
  • Harga lebih murah

Kekurangan :

  • Akun mudah terblokir karena tidak memiliki afiliasi resmi dengan WhatsApp.
  • Tidak bisa mendapatkan verifikasi centang hijau dari WhatsApp.
  • Fitur terbatas dan sering terjadi bugs dan aplikasi tidak berfungsi.
  • Harus instal ulang aplikasi untuk mendapatkan pembaruan aplikasi.
  • Hanya bisa diakses dan digunakan untuk 1 admin.

Mengirim WA Blast Menggunakan Tools Resmi

Kelebihan :

  • Tidak perlu khawatir akun diblokir karena terafiliasi resmi dengan WhatsApp.
  • Bisa mendapatkan verifikasi centang hijau dari WhatsApp.
  • Aplikasi selalu uptodate karena berbasis cloud.
  • Bisa digunakan lebih dari 1 (satu) admin (tak terbatas).
  • Sudah termasuk fitur WhatsApp API lainnya seperti Chatbot, Auto Reply dan banyak lagi.

Kekurangan :

  • Membutuhkan verifikasi untuk menggunakan Whatsapp Business API.
  • Template pesan harus disetujui oleh WhatsApp, dimana pesan yang terlalu bersifat promosi tidak diizinkan.
  • Untuk penggunaan organisasi dan bukan untuk personal.

Demi keamanan dan kenyaman Anda, pastikan untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast resmi dari BSP (Business Solution Provider) atau Mitra Resmi WhatsApp yang terpercaya seperti Barantum.

Selain penggunaannya yang aman, adanya layanan support yang siap membantu Anda jika ada kendala, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business API lainnya seperti Centang Hijau WA, Chatbot WA, Alokasi Chat per Agent dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Mendapatkan WA Blast Resmi?

Untuk bisa mendapatkan WhatsApp Blast resmi dari WhatsApp Business API, bisnis dapat bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp seperti Barantum. Barantum merupakan salah satu provider WhatsApp resmi di Indonesia yang menawarkan layanan WhatsApp Blast untuk membantu bisnis dalam melakukan pemasaran melalui platform WhatsApp.

Harga WhatsApp Blast dari Barantum sangat terjangkau, yaitu mulai dari 299 ribu per bulan. Dengan harga tersebut, bisnis sudah dapat menggunakan berbagai fitur-fitur unggulan yang disediakan oleh Barantum. Fitur-fitur tersebut antara lain:

  • WhatsApp Centang Hijau: Terverifikasi akun resmi WhatsApp
  • Chatbot Autoresponder: Otomatis membalas pesan pelanggan.
  • Multi-User: Dapat diakses oleh banyak agen tanpa batas.
  • Alokasi Agen: Membagi pesan pelanggan secara merata ke tiap agen yang aktif.
  • Personalisasi Pesan: Membantu mempererat hubungan antara bisnis dan pelanggan.
  • Laporan Statistik: Anda dapat memantau aktivitas agen secara real-time
  • Terintegrasi CRM: Mengefisiensi aktivitas agen Anda dalam mendata tiket dan mempermudah follow up pelanggan.

Dapatkan kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dengan fitur WhatsApp Business API dari Barantum sebagai Official WhatsApp Partner dan BSP Terbaik di Indonesia. Daftar sekarang!

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

Kirim WA Blast Tanpa Simpan Kontak by Barantum

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".