Tarif  WhatsApp Business API kini berdasarkan inisiasi

WhatsApp Business API (selanjutnya akan disingkat WABA) memang efektif dalam menjangkau pelanggan Anda dengan lebih luas. Layanan perpesanan ini sangat cocok untuk melayani pelanggan Anda karena mereka merasa lebih mudah dan cepat untuk menghubungi Anda.

Dengan semakin meningkatnya pengguna WABA, maka akan ada peningkatan tarif per 1 Febuari 2022. Penetapan tarif berdasarkan inisiasi, yaitu siapa yang mengirim pesan pertama setelah ruang percakapan dimulai atau setelah sesi 24 jam berakhir. Pesan pertama dapat berupa pesan dari pelanggan atau template pesan yang dimulai oleh bisnis. Jika pesan terlebih dahulu dikirim oleh bisnis, maka akan menggunakan skema penetapan tarif inisiasi bisnis begitupun sebaliknya (inisiasi pelanggan). 

  • Inisiasi pengguna: Percakapan yang dimulai sebagai tanggapan atas pesan pengguna. Setiap kali bisnis membalas pengguna dalam jendela layanan pelanggan 24 jam, pesan itu akan dikaitkan dengan percakapan yang dimulai pengguna. Bisnis dapat mengirim pesan bentuk bebas dalam jendela layanan pelanggan 24 jam ini.
  • Inisiasi bisnis: Percakapan yang dimulai dari bisnis yang mengirimkan pesan kepada pengguna di luar jendela layanan pelanggan 24 jam. Pesan yang memulai percakapan yang diprakarsai oleh bisnis akan memerlukan templat pesan.

Lihat bagaimana cara kerjanya dengan mengamati skenario-skenario berikut.

Baca juga: Apa itu Verified Badge, Centang Hijau pada WhatsApp ? dan cara mendapatkannya

Skenario 1: Percakapan oleh inisiasi pelanggan

  • Merupakan layanan pelanggan atau pertanyaan dukungan umum dalam satu sesi percakapan 24 jam.Ilustrasi chat inisiasi pelanggan
  1. Seorang pelanggan, Siska, mengirim pesan kepada Sepatu Kekinian dengan pertanyaan tentang konfirmasi pembayaran pesanannya. Saat pesan balasan Sepatu Kekinian terkirim, sesi percakapan 24 jam akan dimulai.
  2. Dalam skenario ini, semua pesan tambahan gratis dalam sesi 24 jam. Hal ini mendorong Sepatu Kekinian untuk menindaklanjuti dengan memberikan layanan dukungan pelanggan, sambil memberikan pelanggan kemampuan untuk bertukar pesan sebanyak yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dalam sesi 24 jam.
  3. Jika Sepatu Kekinian terus bertukar pesan dengan Siska setelah sesi percakapan awal 24 jam berakhir, maka akan ada biaya terkait percakapan baru. Mereka juga akan diminta untuk mengirim template pesan untuk memulai percakapan baru jika sudah lebih dari 24 jam sejak pesan terakhir Siska yang akan dikenakan biaya sebagai percakapan yang dimulai oleh bisnis.

Dalam skenario ini, pelanggan mendapatkan info yang dia butuhkan tentang konfirmasi pembayaran pesanan dan pemilik bisnis Sepatu Kekinian membayar untuk satu percakapan yang dimulai oleh pelanggan.

  • Percakapan pertama dari pelanggan yang mengarah ke dua sesi percakapan (kurun waktu lebih dari 24 jam)chat inisiasi pelanggan-2
  1. Siska ingin memeriksa pesanan yang dia lakukan dengan Sepatu Kekinian, pengecer sepatu online. Dia melakukannya pada pukul 11:20.
  2. Sepatu Kekinian kemudian menjawab pertanyaan dasar tersebut menggunakan bot pada pukul 11:55.
  3. Sebagai tindak lanjut keesokan harinya, bot Sepatu Kekinian memberi tahu Siska bahwa pesanannya telah dikirimkan pada pukul 13:10.

Ketika bot Sepatu Kekinian membalas Siska lebih dari 24 jam setelah pesan pertama yang mengonfirmasi pengiriman, itu memulai percakapan baru. Sepatu Kekinian juga harus menggunakan template pesan karena sudah lebih dari 24 jam sejak pesan terakhir Siska.

Dalam skenario ini, Sepatu Kekinian membayar untuk satu percakapan yang dimulai oleh Siska (pelanggan) dan satu percakapan yang dimulai olehnya (bisnis).

Skenario 2: Percakapan oleh inisiasi bisnis

  • Bisnis memulai mengirimkan template pesanchat inisiasi bisnis-2
  1. Saat pengiriman pesanan tertunda atau dibatalkan, Sepatu Kekinian memberi tahu pelanggan terkait untuk menerima pemberitahuan menggunakan template pesan.
  2. Dua template pesan yang dikirim dalam satu sesi percakapan 24 jam menghasilkan satu biaya percakapan yang dimulai oleh bisnis.

Dalam skenario ini, Sepatu Kekinian ingin memberi tahu Siska bahwa pengiriman barangnya dibatalkan; tidak sesuai dengan jadwal seharusnya.
Sepatu Kekinan akan dikenakan biaya untuk satu percakapan yang dimulai oleh bisnis untuk pengiriman dua template pesan kepada Siska dalam sesi percakapan 24 jam.

 

  • Bisnis memulai percakapan yang mengarah ke satu percakapanchat inisiasi bisnis-2
  1. Saat pelanggan melakukan pemesanan baru dari Sepatu Kekinian, toko online mengirim pesan teks untuk mengonfirmasi bahwa pesanan telah diterima, dan menanyakan pelanggan apakah mereka ingin menerima pemberitahuan saat pesanan dikirimkan.
  2. Pelanggan memilih ‘Ya’ dan memilih untuk menerima pemberitahuan pesanan tambahan.

Dalam skenario ini, Sepatu Kekinian membayar untuk satu percakapan yang dimulai oleh bisnis. Jika pelanggan membalas lebih dari 24 jam setelah pengiriman pesan bisnis awal dan diikuti dengan balasan bisnis, itu akan menghasilkan biaya percakapan baru yang dimulai oleh pelanggan.

 

Meski nantinya pebisnis dikenakan tarif atas pesan yang dikirimkan oleh pelanggan, percakapan tidak akan dikenakan biaya saat pelanggan mengirim pesan ke bisnis melalui tombol call-to-action (CTA) pada iklan yang mengarah ke WhatsApp atau CTA Halaman Facebook. Percakapan yang bersumber dari CTA ini gratis hanya untuk pelanggan, namun hanya berlaku untuk percakapan pertama. Percakapan selanjutnya dengan pelanggan akan dikenakan biaya. Harga standar akan berlaku untuk iklan yang menuju ke WhatsApp. Jadi, percakapan yang dimulai dari iklan itu gratis, tetapi iklan tersebut tetap berbayar.

Untuk memudahkan Anda dalam memahami perubahan ini lebih lanjut, perhatikan tabel perbandingan point tarif WABA saat ini dengan yang akan datang:

Tarif WhatsApp Business API terbaru

Manfaatkan 1.000 percakapan gratis dengan mengirimkan pesan broadcast

Tawaran menarik yang oleh WABA tawarkan kali ini adalah adanya 1.000 percakapan pertama gratis setiap bulannya, sehingga bisnis Anda dapat mulai membangun pengalaman yang akan pelanggan Anda sukai sebelum harus membayar. Percakapan gratis ini berlaku untuk percakapan inisiasi bisnis maupun inisiasi pelanggan.

Barantum menyarankan kepada Anda untuk memanfaatkan 1000 percakapan gratis ini dengan mengirimkan blast berupa perkenalan produk atau layanan bisnis Anda. Selain untuk meningkatkan brand awareness, pengeluaran ini jauh lebih hemat dibandingkan jika Anda harus membayar pesan dari pelanggan. 

Bagi Anda yang masih menggunakan WhatsApp Business biasa, sudah waktunya Anda beralih menggunakan WABA dengan segudang fitur yang jauh lebih canggih.

Gabung dengan WhatasApp Business API bersama Barantum sekarang!

Barantum

Baca juga: WhatsApp Marketing: Tips & Apa yang Tidak Boleh Dilakukan

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".