WhatsApp Business API Alami Kenaikan Tarif per 1 Febuari 2022

blast pesan whatsapp ke banyak nomor

Tarif pesan WABA alami perubahan terhadap pemilik bisnis

WhatsApp Business API (selanjutnya akan disingkat WABA) memang efektif dalam menjangkau pelanggan Anda dengan lebih luas. Layanan perpesanan ini sangat cocok untuk melayani pelanggan Anda karena mereka merasa lebih mudah dan cepat untuk menghubungi Anda.

Dengan semakin meningkatnya pengguna WABA, maka akan ada peningkatan tarif per 1 Febuari 2022. Peningkatan tarif nantinya berdasarkan percakapan, mencakup semua pesan yang dikirim dalam periode 24 jam. Artinya, tarif dikenakan per percakapan yang dikirimkan, baik ketika pelanggan mengirimkan pesan, maupun ketika pebisnis mengirim dan menjawab pesan dari pelanggan. Lihat bagaimana cara kerjanya dengan mengamati skenario-skenario berikut.

Skenario 1: Percakapan yang dimulai oleh pelanggan

  • Merupakan layanan pelanggan atau pertanyaan dukungan umum dalam satu sesi percakapan 24 jam.
  1. Seorang pelanggan, Siska, mengirim pesan kepada Sepatu Kekinian dengan pertanyaan tentang konfirmasi pembayaran pesanannya. Saat pesan balasan Sepatu Kekinian terkirim, sesi percakapan 24 jam akan dimulai.
  2. Dalam skenario ini, semua pesan tambahan gratis dalam sesi 24 jam. Hal ini mendorong Sepatu Kekinian untuk menindaklanjuti dengan memberikan layanan dukungan pelanggan, sambil memberikan pelanggan kemampuan untuk bertukar pesan sebanyak yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah dalam sesi 24 jam.
  3. Jika Sepatu Kekinian terus bertukar pesan dengan Siska setelah sesi percakapan awal 24 jam berakhir, maka akan ada biaya terkait percakapan baru. Mereka juga akan diminta untuk mengirim template pesan untuk memulai percakapan baru jika sudah lebih dari 24 jam sejak pesan terakhir Siska yang akan dikenakan biaya sebagai percakapan yang dimulai oleh bisnis.

Dalam skenario ini, pelanggan mendapatkan info yang dia butuhkan tentang konfirmasi pembayaran pesanan dan pemilik bisnis Sepatu Kekinian membayar untuk satu percakapan yang dimulai oleh pelanggan.

  • Percakapan pertama dari pelanggan yang mengarah ke dua sesi percakapan (kurun waktu lebih dari 24 jam)
  1. Siska ingin memeriksa pesanan yang dia lakukan dengan Sepatu Kekinian, pengecer sepatu online. Dia melakukannya pada pukul 11:20.
  2. Sepatu Kekinian kemudian menjawab pertanyaan dasar tersebut menggunakan bot pada pukul 11:55.
  3. Sebagai tindak lanjut keesokan harinya, bot Sepatu Kekinian memberi tahu Siska bahwa pesanannya telah dikirimkan pada pukul 13:10.

Ketika bot Sepatu Kekinian membalas Siska lebih dari 24 jam setelah pesan pertama yang mengonfirmasi pengiriman, itu memulai percakapan baru. Sepatu Kekinian juga harus menggunakan template pesan karena sudah lebih dari 24 jam sejak pesan terakhir Siska.

Dalam skenario ini, Sepatu Kekinian membayar untuk satu percakapan yang dimulai oleh Siska (pelanggan) dan satu percakapan yang dimulai olehnya (bisnis).

Skenario 2: Percakapan yang dimulai oleh bisnis

  • Bisnis memulai mengirimkan template pesan
  1. Saat pengiriman pesanan tertunda atau dibatalkan, Sepatu Kekinian memberi tahu pelanggan terkait untuk menerima pemberitahuan menggunakan template pesan.
  2. Dua template pesan yang dikirim dalam satu sesi percakapan 24 jam menghasilkan satu biaya percakapan yang dimulai oleh bisnis.

Dalam skenario ini, Sepatu Kekinian ingin memberi tahu Siska bahwa pengiriman barangnya dibatalkan; tidak sesuai dengan jadwal seharusnya.
Sepatu Kekinan akan dikenakan biaya untuk satu percakapan yang dimulai oleh bisnis untuk pengiriman dua template pesan kepada Siska dalam sesi percakapan 24 jam.

 

  • Bisnis memulai percakapan yang mengarah ke satu percakapan
  1. Saat pelanggan melakukan pemesanan baru dari Sepatu Kekinian, toko online mengirim pesan teks untuk mengonfirmasi bahwa pesanan telah diterima, dan menanyakan pelanggan apakah mereka ingin menerima pemberitahuan saat pesanan dikirimkan.
  2. Pelanggan memilih ‘Ya’ dan memilih untuk menerima pemberitahuan pesanan tambahan.

Dalam skenario ini, Sepatu Kekinian membayar untuk satu percakapan yang dimulai oleh bisnis. Jika pelanggan membalas lebih dari 24 jam setelah pengiriman pesan bisnis awal dan diikuti dengan balasan bisnis, itu akan menghasilkan biaya percakapan baru yang dimulai oleh pelanggan.

 

Meski nantinya pebisnis dikenakan tarif atas pesan yang dikirimkan oleh pelanggan, percakapan tidak akan dikenakan biaya saat pelanggan mengirim pesan ke bisnis melalui tombol call-to-action (CTA) pada iklan yang mengarah ke WhatsApp atau CTA Halaman Facebook. Percakapan yang bersumber dari CTA ini gratis hanya untuk pelanggan, namun hanya berlaku untuk percakapan pertama. Percakapan selanjutnya dengan pelanggan akan dikenakan biaya. Harga standar akan berlaku untuk iklan yang menuju ke WhatsApp. Jadi, percakapan yang dimulai dari iklan itu gratis, tetapi iklan tersebut tetap berbayar.

Untuk memudahkan Anda dalam memahami perubahan ini lebih lanjut, perhatikan tabel perbandingan point tarif WABA saat ini dengan yang akan datang:

tabel perbandingan tarif WABA kini dan nanti

Tawaran menarik yang ditawarkan oleh WABA kali ini adalah adanya 1.000 percakapan pertama gratis setiap bulannya, sehingga bisnis Anda dapat mulai membangun pengalaman yang akan disukai pelanggan Anda sebelum harus membayar. Percakapan gratis ini berlaku untuk percakapan yang dimulai oleh bisnis maupun oleh pelanggan.

Barantum menyarankan kepada Anda untuk memanfaatkan 1000 percakapan gratis ini dengan mengirimkan blast berupa perkenalan produk atau layanan bisnis Anda. Selain untuk meningkatkan brand awareness, pengeluaran ini jauh lebih hemat dibandingkan jika Anda harus membayar pesan dari pelanggan. 

Bagi Anda yang masih menggunakan WhatsApp Business biasa, sudah waktunya Anda beralih menggunakan WABA dengan segudang fitur yang jauh lebih canggih.

Gabung dengan WhatasApp Business API bersama Barantum sekarang!

Barantum

 

 

 

 

In this article

Join the Conversation

fourteen − 1 =