BERFIKIR LOGIS DAN BIJAK, IMPLEMENTASI “ CLOUD BISA MENEKAN COST OPERASIONAL HINGGA 75 PERSEN “

CLOUD BISA MENEKAN COST OPERASIONAL HINGGA 75 PERSEN

Tingginya penetrasi  penggunaan internet yang ada di Indonesia, dengan angka yang mencapai 64% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa di tahun 2020. Pada akhirnya memang membawa konsekuensi positif bagi perkembangan bisnis yang ada di  Indonesia.  Dimana dengan jumlah pengguna  internet yang sebesar 175,4 juta dan penetrasi pengguna media sosial berada di angka 59 persen membuat pergerakan bisnis yang menggunakan internet semakin meningkat tiap tahunnya.

 

Dampak bergulirnya Era Industri 4.0 memang  tidak bisa di pungkiri sudah  masuk ke hampir semua jenis industri atau bisnis yang ada di Indonesia. Di mana kondisi tersebut mau tidak mau, bagi para pelaku  bisnis mesti menjadi satu perhatian bersama, tidak saja jajaran manajemen  tetapi juga para staf yang ada di dalamnya.  Kenapa, karena  dengan bergulirnya Era  Industri 4.0 dan berlanjut ke proses yang namanya transformasi  teknologi membuat semua pihak mesti memahami bagaimana sebuah alat bantu internet menjadi salah satu faktor penting yang akan meningkatkan kinerja sebuah perusahaan.

Sekalipun memang, meskipun Era Industri 4.0 sudah berjalan sejak  tahun  2011 dengan nama Revolusi industri 4.0. Namun bagi  Indonesia, concernya  para pelaku bisnis baru bisa kita rasakan dalam beberapa tahun terakhir ini saja.    Khususnya pada saat Indonesia  tengah mengalami pandemi covid19, terlihat jelas bahwa pelaku industri sudah mulai merasakan betapa teknologi internet harus menjadi salah satu  strategi penting bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Itulah kenapa, pada beberapa bulan terakhir ini kita baru merasakan bahwa kehadiran teknologi internet begitu mendominasi kelangsungan bisnis para pelaku  bisnis yang ada di Indonesia. Ada beberapa hal yang bisa kita jadikan dasar kenapa teknologi internet saat ini dan kedepan mutlak harus menjadi salah satu kunci sukses perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. (1) Telah terjadi peningkatan penggunaan sosial media dalam 2 tahun terakhir sebesar 12 juta. (2) Telah terkoneksinya smartphone sebesar 338,2 juta  (124% dari total penduduk  Indonesia) (3) Pemerintah telah merencanakan 5 program strategis untuk meningkatkan kualitas jaringan internet di Indonesia.

 

HOSTING, STRATEGI AWAL DALAM MENENTUKAN EFISIENSI & EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INTERNET

 

Bicara soal IT ( Information Technology), maka sejatinya kita sedang bicara soal sebuah sistem yang terintegrasi. Dimana dengan sistem itulah kita akan bisa menjalankan aktivitas bisnis dengan bantuan internet. Ada beberapa aktivitas yang bisa di jalankan seperti mengaktifkan keberadaan website perusahaan atau  berfungsi sebagai server guna menunjang implementasi sistem yang di jalankan oleh perusahaan.

Dan dengan semakin berkembangnya IT baik di Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya, maka ada beberapa layanan ( jasa  ) dalam penggunaan hosting. Keduanya sudah pasti memiliki plus  minus atau keunggulan dan kelemahan. Berikut kami coba berikan sedikit preview agar anda makin jelas apa sebenarnya fungsi dari web hosting dan beragam jenis layanannya :

Shared Hosting

Layanan ini memungkinkan anda dan beberapa pemilik website berbagi layanan hosting. Manfaatnya sudah pasti cost yang akan anda keluarkan lebih hemat dibanding anda menyewanya sendiri.

 VPS Hosting/VPS Server

Jika shared hosting artinya anda berbagi layanan hosting dengan pemilik website yang lain. Maka VPS Hosting/VPS Server, mekanismenya lebih spesifik yaitu bahwa server hosting fisik yang anda sewa bersama-sama di bagi menjadi server virtual. Dimana nantinya server virtual itu akan menjadi milik anda, sehingga anda bebas melakukan pengaturan servernya secara mandiri.

Bicara soal server virtual yang saat ini cukup menjadi perhatian para pemilik usaha.   Setidaknya kita bisa coba membandingkan kedua model server  berikut yang saat ini banyak di pilih oleh para pelaku bisnis : (1) Server Virtual Model VPN ( Virtual Private Network )  (2) Server Virtual Model Cloud.  Dimana kedua jenis server ini jelas memiliki keunggulan dan kelebihannya masing-masing.

Dimana perbedaan dari kedua  jenis server tersebut adalah sebagai berikut :

  • VPS & VPN

Memiliki nama yang hampir sama, tetapi pada dasarnya kedua  sistem ini memiliki sedikit hal yang berbeda. VPS = Virtual Private Server. Semacam komputer peladen (server computer) tapi hanya secara virtual. Di dalam satu server fisik bisa dipasang beberapa server virtual. VPN = Virtual Private Network, yaitu jaringan komputer virtual yang bekerja di dalam sebuah jaringan komputer fisik. Dengan VPN, seseorang bisa mengakses wilayah terproteksi. Di tanah air, VPN akhir-akhir ini terkenal akibat pembatasan media sosial. VPS bisa difungsikan untuk VPN. Istilahnya, VPN adalah bagian dari VPS. VPS juga biasanya merujukan pada salah satu layanan hosting. dimana VPS itu seperti hosting yang dimana penggunanya memiliki akses super root untuk memanajemen atau konfigurasi hostingnya secara bebas

Perbedaanya dengan Cloud,  VPS adalah ; VPS adalah layanan yang menyewakan server virtual. Perbedaan yang cukup mencolok dengan web hosting, bahwa  dengan VPS artinya Anda memiliki kebebasan menentukan sistem operasi (OS) dan platform yang ingin digunakan. Intinya memiliki VPS, seolah-olah bagaikan anda mempunyai server sendiri. Dimana cara kerjanya dibagi-bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan resources dan sumber dayanya sendiri, sehingga setiap bagian dapat menjalankan sistem operasinya sendiri.

CLOUD

Cloud server adalah contoh server virtual yang menyediakan pengguna dengan satu set berdedikasi dan dilindungi dari sumber daya mesin. Pada infrastruktur Cloud, setiap Cloud server, menyediakan kemampuan skala sumber daya server mereka on-demand. Cloud server selalu mendapatkan jumlah CPU yang dialokasikan, memory, disk, dll. Karena sifat dari Cloud adalah tidak bisa oversold. Teknologi cloud memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” berfungsi sebagai storage (disk virtual), beberapa server lain di’satu’kan berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). Diatas platform cloud tersebut bisa berjalan beberapa server virtual.

 

Baca juga artikel berikut  : Ketahui Aplikasi Call Center Yang Tepat Bagi Bisnis Anda

UNTUNG RUGI PENGGUNAAN CLOUD DIBANDING VPN/VPS DALAM SEBUAH BISNIS

 (VPN) :

VPN memang menjadi salah satu pilihan bagi pelaku bisnis yang  ingin mengoptimalkan penggunaan internet. Namun VPN memang bukan pilihan yang tepat ketika perusahaan anda ingin mengoptimalkan penggunaan internet bagi peningkatan kualitas dan performance bisnis  anda. Sekedar menjelaskan plus minus penggunaan VPN bagi bisnis anda :

  • Keuntungan Menggunakan VPN
  • Dengan VPN maka jangkauan jaringan lokal yang dimiliki suatu perusahaan akan menjadi luas. Dengan begitu maka perusahaan akan bisa mengembangkan bisnisnya ke lain daerah. Kelebihannya bahwa waktu yang digunakan untuk implementasi tersebut lebih cepat. Kenapa, karena proses instalasi infrastruktur jaringan dilakukan dari perusahaan / kantor cabang yang baru dengan ISP terdekat di daerahnya.
  • Dengan VPN perusahaan bisa mengurangi biaya operasional jika dibandingkan dengan menggunakan leased line sebagai cara tradisional untuk mengimplementasikan WAN. Hal itu bisa terjadi, karena implementasi VPN tidak membutuhkan kabel (leased line) yang panjang.
  • Dengan VPN maka perusahaan bisa meningkatkan skalabilitas. Sehingga dengan pesatnya pertumbuhan kantor cabang baru yang ada di banyak daerah dapat segera di hubungkan dengan jaringan lokal yang ada di kantor pusat.
  • Serta keuntungan lainnya VPN bisa di akses dari mana saja, baik PC, Laptop atau Handphone. Hal itu  disebabkan  karena VPN bisa tersambung dengan internet. Hal itu akan memudahkan SDM dalam menjalankan aktivitasnya.
  • Kerugian Menggunakan VPN
  • Implementasi VPN bukan tanpa masalah, karena sistem ini membutuhkan perhatian khusus terutama dalam hal keamanan jaringan publik ( internetnya). Oleh karena itu perlu adanya satu tindakan yang di lakukan guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber lainnya.
  • Implementasi VPN terutama dalam hal ketersediaan dan performance dari jaringan khusus yang di pasang perusahaan  melalui media internet. Kondisi tersebut tidak bisa di kendalikan oleh perusahaan, karena faktor-faktor penyebabnya ada di luar perusahaan. Intinya bahwa kecepatan  dan keandalan  transmisi data internet tidak bisa di atur oleh perusahaan.  Dasarnya karena sistem tersebut melibatkan semua pengguna internet yang ada di dunia.
  • Pada saat implementasi VPN, ketika spesifikasi dari beberapa vendor yang merupakan perangkat pembangun teknologinya tidak klop ( tidak bisa di integrasikan ) maka sistem tidak bisa berfungsi.
  • Intinya bahwa VPN mesti bisa menampung protokol lain selain dari IP serta jaringan teknologi internal yang sudah ada di dalam perusahaan,

 

KELEBIHAN ( KEUNTUNGAN ) MENGGUNAKAN CLOUD SERVER

 

Beberapa hal yang menjadi  kelemahan yang terdapat VPN. Agaknya  kondisi itulah yang membuat saat ini pelaku bisnis lebih  nyaman dan aman menggunakan server model cloud.  Dimana kita bisa melihat beberapa hal yang menjadi kelebihan atau keunggulan server cloud yang secara garis besar adalah ; (a) Cloud server sangat menguntungkan bagi penggunanya  (b) Para pengguna cloud server sangat puas ketika memakai cloud server.

  • Biaya Penggunaan Cloud Terjangkau.

Cloud server dapat di beli atau di sewa oleh pelaku bisnis. Harga pembelian cloud server tergolong sangat terjangkau, bahkan harganya lebih murah dari penyimpanan perangkat keras seperti hardisk. Kelebihan lainnya adalah, bahwa harga yang ditawarkan, pengguna cloud server sama sekali tidak rugi karena Anda bisa menyimpan data sebanyak mungkin tanpa adanya keterbatasan.

  • Pengguna Tidak akan Kehilangan Data

Sistem ini sangat aman dalam penyimpanan datanya. Sekalipun terjadi kerusakan server maka, data tetap ada dan hanya ada kemungkinan kecil Anda kehilangan data.  Hingga saat ini, para pengguna cloud server merasa aman karena datanya tidak pernah hilang. Bahkan cloud server ini juga mampu meminimalisir kerusakan data corrupt.

  • Cloud Mampu Menyimpan data tanpa  batas.

Sistem ini dapat menyimpan data dalam jumlah berapapun. Sehingga sebanyak apapun data yang ingin disimpan pada cloud server pasti bisa ditampung. Adanya cloud server ini dapat membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu lagi melakukan pembelian flashdisk ataupun hardisk baru. Cukup menyimpannya saja di cloud server saja.

  • Cloud Server sangat Fleksible.

Sistem cloud server bersifat sangat  flesible.  Dengan begitu Anda bisa mengakses data dengan mudah. Saat ingin mengambil data, Anda bisa menggunakan komputer satu dengan lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cloud server penyimpanan datanya dijaringan internet, jadi selama ada jaringan internet Anda dapat mengakses data di komputer mana saja.

 

PERBANDINGAN HARGA DALAM PENGGUNAAN CLOUD & NON CLOUD

 

No Cloud Harga Cost Infrastruktur Non Cloud Harga
1 Server Xeon E5 8Gb + RAID 1 Redundant Storage 1,500,000 Server Xeon E3 8GB + 2x 1 TB HDD 25,000,000
2 + Smart UPS Online with Disaster Recovery System UPS 2000va 9,000,000
3 + Koneksi Internet Redudant 24/7, 100 Mbps (1:1) Koneksi internet dedicated minim 1 mbps (only for server) 2,000,000/bln
4 + Data Center dengan Keamanan Tinggi & Gas Halon AC Ruang server 4,000,000
5 + Power Redudancy dengan SLA 99% Sekat Ruang Server (kaca preferable) 7,000,000
6 + Support 24 jam Perangkat Network Server (firewall/switch) 3,000,000
7 Tenaga Support Infrastructure 4,000,000/bln
8 Peralatan Pengaman kebakaran/apar 35,000,000
9 Rack server kalau tidak ada raise floor 12,000,000
10 OS windows server (jika pakai windows) 13,500,000
11 Initial setup cost 4,000,000
Biaya Awal 1,500,000 Biaya Awal 113,500,000
Biaya Cadangan jika terjadi kerusakan dalam 4 tahun
 1 Cadangan Harddrive 1 TB 1,500,000
2 Biaya upgrade memory 8GB tambahan 1,500,000
3 Total biaya tambahan jika terjadi kerusakan lain? 3,000,000
4 Training SDM secara technical (CDCP: (Certified Data Centre Professional)) 13,000,000
5 CAL untuk Windows jika butuh windows 3,500,000
TOTAL 0 TOTAL 22,500,000
Biaya yang dikeluarkan setelah 4 tahun
1 Server Xeon E3 8GB + 2x 1 TB HDD 25,000,000
2 UPS 2000va 9,000,000
3 Koneksi internet dedicated minim 1 mbps (only for server) 96,000,000
4 AC Ruang server 4,000,000
5 Perangkat Network Server (firewall/switch) 3,000,000
6 Tenaga Support Infrastructure 192,000,000
7 Peralatan Pengaman kebakaran/apar 35,000,000
8 Maintenenance AC & ruangan 4,800,000
10 Maintenenance UPS (ganti accu 2 thn sekali) 8,000,000
Biaya Total selama 4 tahun 72,000,000 Biaya Total selama 4 tahun 376,800,000
    Total Biaya 4 tahun dan initial setup 496,300,000

 

KENAPA CONTACT CENTER/ CALL CENTER, SANGAT TEPAT MENGGUNAKAN CLOUD

 

Keunggulan dan kemampuan cloud server dalam memberikan layanan yang cukup memuaskan, pada akhirnya memang menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mendukung operasional sebuah aktivitas bisnis. Salah satunya adalah penggunaan server cloud pada aktivitas call center atau contact center.  Keunggulan sistem call center yang pengoperasiannya menggunakan cloud adalah : (a) Sistemnya memiliki konektivitas  berkecepatan tinggi dan komunikasinya bersifat realtime berbasis web. (b) Sistemnya mampu mengubah lingkungan call center menjadi lebih produktif dan memberikan kualitas peningkatan kinerja yang lebih baik kepada staff yang ada  serta layanan terbaik kepada konsumen.

Sedangkan beberapa keunggulan lain yang bisa di berikan kepada sistem call center yang  menggunakan cloud adalah :

  1. Sistem call center berbasis cloud tidak membutuhkan lokasi fisik, sehingga didalam kondisi apapun bisnis bisa tetap berjalan dengan baik sekalipun dalam kondisi bencana. Anda juga bisa mengakses dan memindahkan data dari mana saja. Inilah yang pada akhirnya menjadi salah satu faktor penting kenapa cloud dipakai untuk sistem call center.
  2. Sistem call center memiliki nilai investasi yang  Karena sistem ini tidak membutuhkan infrastruktur awal seperti sistem lainnya. Kondisi itulah yang pada akhirnya bisa menekan cukup besar penggunaan sistem ini, karena  yang kita bayar adalah hanya yang kita gunakan saja.
  3. Sistem call center dengan cloud sangat fleksible dalam skalabilitas . Karena semua  hal yang anda butuhkan hanya yang akan anda pakai saja, tidak membutuhkan investasi awal seperti perangkat atau instalasi lainnya. Dan yang paling penting cost  yang di keluarkan  hanya yang  benar-benar dipakai saja.
  4. Sistem ini sangat fleksible ketika di gunakan. Artinya penambahan agen call center bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan kesibukan. Pada saat kondisi sedang sibuk  maka solusi yang diberikan oleh Solusi Cloud Contact Center dapat memberikan kemudahan bagi para manajer untuk menambah karyawan dari lokasi yang berbeda untuk masuk ke tim mereka. Dimana proses integrasinya pun dapat di lakukan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena proses penambahan dalam sistem Cloud Contact Centre menggunakan portal web
  5. Sistem ini bisa memberikan biaya pengelolaan dan upgrade yang cukup rendah.

Termasuk didalamnya adalah menyangkut soal upgrade sistem, maka Cloud Contact Centre memberikan kemudahan dalam pengelolaan layanan bisnis dan proses upgrade sistem yang dilakukan sendiri oleh penyedia layanan. Begitujuga dalam melakukan maintenance seperti pemeliharaan sistem, pembaruan perangkat lunak,  serta proses backup terkait sistem solusi Cloud Contact Centre  tidak di kenakan biaya tambahan.

  1. Sistem ini memiliki keistimewaan dalam melakukan proses perkembangan yang cukup cepat. Karena sistemnya yang tidak lagi membutuhkan infrastruktur TI di lokasi perusahaan. Maka untuk semua proses yang mesti di lakukan dalam sebuah perusahaan, implementasi yang akan di lakukan hanya membutuhkan tiga sampai empat minggu untuk instalasi awal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

In this article

Join the Conversation

ten + 15 =