7 CARA TEPAT MELAYANI CUSTOMER YANG MASUK DALAM GENERASI MILLENIAL

software crm

CARA TEPAT MELAYANI CUSTOMER YANG MASUK DALAM GENERASI MILLENIAL

Berdasarkan survey yang telah dilakukan Februari- September 2020, tercatat datanya adalah :  Generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa. Sementara untuk generasi millennial ada sekitar 69,90 juta jiwa atau sekitar 25,87 persen dari total penduduk Indonesia.


Dari jumlah tersebut memang kita melihat bahwa potensi bisnis yang bisa di gali minimal dari customer yang masuk golongan millennial cukup menarik. Mengingat saat ini kita bisa lihat produk-produk yang bisa dipasarkan kepada customer millennial cukup beragam.

Jadi bisa di katakan, ketika kita tertarik untuk masuk ke pasar generasi millennial, maka anda pun harus punya strategi atau informasi. Dimana salah satu informasi yang mesti di ketahui adalah bagaimana strategi dalam melayani atau memaintenance customer  yang millennial.

Karena pelayanan atau service yang biasanya kita berikan kepada customer umum, belum tentu cocok untuk kita terapkan untuk customer millennial. Sehingga jika saat ini perusahaan anda memiliki banyak customer yang masuk dalam golongan millennial. Maka strategi berikut bisa jadi acuan anda dalam membuat  sistem pelayanan  bagi customer millennial anda.

7 Strategi “ Melayani” Customer Millenial Agar Mereka Puas dengan Service & Produk kita

Bicara soal melayani atau pelayanan, memang salah satu fungsi utama dari keberadaan perusahaan adalah melayani. Bukan karena customer adalah raja tetapi juga perlu diingat bahwa customer adalah juga salah satu aset bagi perusahaan.

Jika aset ini hilang atau pergi, yang di rugikan bukan saja perusahaan yang bersangkutan tetapi juga menjadi berkurangnya aset yang di miliki perusahaan. Sehingga perlu menjadi perhatian tersendiri bagi manajemen bagaimana melayani customer dari golongan millennial.

  1. Ingat, Generasi Millenial adalah Pribadi yang sangat mandiri.Konsekuensinya adalah mereka sudah  terbiasa untuk berusaha menyelesaikan sendiri masalah yang mereka hadapi. Sehingga satu hal yang penting menjadi perhatian bagi perusahaan adalah cobalah untuk melengkapi  media informasi atau website perusahaan dengan data dan informasi. Sehingga customer millennial bisa mendapatkan apa yang mereka cari di website atau Blog perusahaan.
  2. Ingat, Generasi Millenial adalah Pribadi yang menghargai waktu ( real time ).Sehingga bagi perusahaan jangan menunda-nunda jika customer millennial ada masalah atau kendala. Karena mereka bisa mengambil keputusan cepat jika kita sebagai perusahaan kurang care dan peduli dengan kendala yang mereka temui. Padahal mereka  tahu ini adalah produk kita yang di gunakan oleh customer millennial.
  3. Ingat,  Generasi Millenial adalah Pribadi yang open minded sehingga mereka  biasanya Multichannel dengan segala hal yang berhubungan dengan teknologi.Ada baiknya bagi anda yang memiliki customer millennial cukup banyak, perbesarlah jaringan atau cakupan media solving anda. Karena kita tidak tahu dengan model dan metode seperti apa customer millennial itu akan minta di selesaikan masalahnya.
  4. Ingat, Generasi Millenial adalah tipe orang  yang antraktif.  Sehingga mereka bukalah tipe orang  yang senang untuk di telephone atau di kontak bagian layanan customer.Jadi biasanya mereka customer millennial lebih suka berkomunikasi atau mengungkapkan keluhan atau masukannya berdasarkan perangkat teknologi. Sehingga menjadi penting kesiapan sms service atau media social yang terintegrasi sebagai media solve the problem.
  5. Ingat, Generasi Millenial adalah Pribadi yang original. Artinya apapun yang akan mereka butuhkan atau gunakan, faktor keaslian atau originilitas menjadi satu hal yang penting mereka ketahui  jauh-jauh hari. Sehingga dengan mengetahui kondisi tersebut akan membuat perusahaan jadi lebih mudah dilakukan.
  6. Ingat, Generasi Millenial adalah Pribadi yang unik dan menarik. Mereka bahkan dengan senang hati jika di libatkan dalam aktivitas yang berhubungan produk atau brand anda.Dengan kondisi seperti itu, maka anda akan terkesan aneh  jika mereka customer millennial tidak terlalu suka dengan layanan pelanggan yang bersifat trandisional. Tetapi mereka justru suka dengan keterlibatan mereka dengan program promosi yang  melibatkan mereka.
  7. Ingat, Generasi Millenial adalah Pribadi yang  suka dengan keterbukaan. Sehingga apapun kondisinya customer millennial lebih suka dengan kondisi apa adanya.

Jangan sekali-kali anda bohong dengan customer millennial, karena mereka akan langsung membuat sebuah keputusan yang mungkin itu akan merugikan bisnis anda .  Tetapi mereka akan dengan respect nya  jika anda memberikan penjelasan secara jujur dengan apa yang terjadi pada perusahaan atau produk anda.

CRM, Media Penting  perusahaan yang berguna  Maintenance Customer secara Real Time

Perkembangan teknologi memang telah membawa perubahan dalam dunia bisnis. Seperti juga dalam hal mengelola customer. Dengan beragamnya jenis customer yang mesti di layani. Maka perusahaan perlu aplikasi yang bernama CRM ( Customer Relationship Management ).

Secara fungsi, CRM memang di peruntukan untuk mengelola customer secara efektif. Dan jika di pecah dari beberapa fungsinya maka CRM sangat bermanfaat untuk beberapa hal berikut :

  1. CRM bisa berfungsi secara efektif untuk meningkatkan kualitas hubungan yang lebih harmonis dan menguntungkan antara perusahaan dan customer.
  2. CRM  bisa berfungsi secara efektif  untuk meningkatkan penjualan bagi perusahaan. Caranya adalah dengan mengelola dengan baik database customer, sehingga kedepannya bisa dibuatkan program up selling atau cros selling.
  3. CRM bisa berfungsi secara efektif untuk memberikan sebuah sentral pelayanan customer yang terbaik. Dengan kondisi seperti itu maka CRM Bisa di gunakan sebagai media untuk mensuport divsii sales& marketing serta divisi pengembangan produk. Karena masukan dan saran yang diberikan oleh customer melalui CRM bisa di gunakan untuk tujuan tersebut
  4. CRM bisa berfungsi secara full untuk membentuk prosedur dan sistem pelayanan customer yang terintegrasi. Hal itu bisa di capai dengan menggunakan database customer yang ada. Dengan adanya sistem pelayanan terintegrasi tersebut maka perusahaan akan bisa menjalankan secara prosedur dan sistematis permasalahan yang di hadapi oleh customer.

Baca artikel lainnya : Bedanya Customer Service dan Customer Experience, Mana yang utama?

In this article

Join the Conversation

2 × three =