Inilah Pentingnya After Sales Dalam Bisnis

Kegiatan menjual produk tidak hanya sampai ketika produk tersebut terjual. Pun interaksi penjual atau tim sales dengan pembeli. Masih ada kegiatan lainnya, yaitu after sales service.

After sales service adalah dukungan dan bantuan yang diberikan kepada pelanggan setelah mereka melakukan pembelian produk. Upaya ini dilakukan untuk memastikan pembeli sudah merasa puas akan produk atau layanan dari sebuah perusahaan. Termasuk di dalamnya berupa saran tentang cara menggunakan produk atau layanan dan beberapa pertanyaan sebagai umpan balik pembeli.

Sebagian besar perusahaan tidak pergi begitu saja setelah pembeli atau pelanggan membeli produk mereka. Terus menjaga interaksi dengan pembeli menjadikan pembeli loyal, mendorong mereka untuk merekomendasikan produk ke kerabat mereka, serta mempertahankan citra produk yang positif.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu After Sales?

After sales atau juga dikenal sebagai purnajual, merujuk pada rangkaian aktivitas dan layanan yang dilakukan oleh perusahaan setelah penjualan produk atau layanan kepada pelanggan. Tujuan utama dari after sales adalah untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan, memperkuat hubungan pelanggan, dan memastikan pengalaman positif setelah pembelian dilakukan.

Dalam after sales, perusahaan berkomitmen untuk memberikan dukungan teknis, perbaikan, pemeliharaan, dan layanan pelanggan yang berkualitas kepada konsumen. Hal ini mencakup penanganan pertanyaan, masalah, atau keluhan pelanggan, serta penyelesaian masalah yang timbul setelah pembelian. Tim after sales juga bertanggung jawab untuk memberikan informasi tambahan tentang produk, memberikan pelatihan penggunaan, atau membantu pelanggan dalam mengoptimalkan penggunaan produk atau layanan yang mereka peroleh.

Melalui after sales, perusahaan dapat membangun kepercayaan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan menciptakan hubungan jangka panjang. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, after sales yang baik menjadi kunci penting untuk membedakan diri dari pesaing dan menciptakan pengalaman pelanggan yang unggul. Dengan memberikan layanan purnajual yang berkualitas, perusahaan tidak hanya memenuhi harapan pelanggan, tetapi juga membangun reputasi yang baik dan mendapatkan rekomendasi positif dari pelanggan yang puas kepada orang lain.

Apa Saja Manfaat After Sales yang Baik?

Berikut adalah manfaat after sales yang baik, yaitu:

1. Promosi dari Mulut ke Mulut

Prospek atau calon pembeli yang dirujuk ke bisnis Anda oleh pelanggan sebelumnya yang puas adalah aset paling berharga di saluran penjualan Anda. Mereka memiliki empat kali lebih mungkin untuk berkonversi dibandingkan dengan prospek dari sumber lain.

Memberikan after sales service yang baik berdampak positif pada jumlah pelanggan yang bersedia memberikan rujukan atau promosi. Dan karena 65% prospek bisnis baru berasal dari rujukan, menurut survei pemasar, sangat penting bagi pelanggan Anda yang sudah ada untuk puas dengan after sales service Anda. Jika tidak, Anda akan melihat semakin sedikit prospek baru yang datang dari rujukan.

2. Pembeli Berbelanja Lagi

Memberikan after sales service yang baik juga meningkatkan retensi pelanggan dan meningkatkan kemungkinan pelanggan membeli lagi. Bukan tidak mungkin bagi seorang pelanggan untuk meninggalkan Anda karena tidak adanya interaksi lanjutan. Anggap saja hal ini seperti ember bocor. Penjualan mengalir, mengisi ember Anda. Tetapi jika Anda memiliki lubang di dasar ember Anda, pelanggan akan terus pergi, dan ember Anda tidak akan pernah terisi. Memberikan layanan pelanggan yang hebat setelah penjualan seperti menambal lubang itu. Pelanggan akan bertahan, bahkan saat Anda merekrut pelanggan baru dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

3. Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Melakukan after sales service membuat pelanggan merasa bahwa Anda peduli dengan mereka dan akan terus menemani mereka. Ini juga dapat membangun kepercayaan pelanggan terhadap Anda. Dengan begitu, mereka akan loyal terhadap bisnis Anda.

4. Membangun Citra Positif

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa pengalaman pasca-penjualan yang baik secara positif memengaruhi citra merek secara keseluruhan, yang pada gilirannya meningkatkan loyalitas pelanggan. Memastikan bahwa Anda dilihat sebagai merek yang dapat dipercaya dan bermanfaat sangat penting bagi pelanggan yang akan kembali membeli pada masa mendatang. Itu juga dapat meningkatkan tingkat konversi dan mengurangi churn. Meskipun penjualan jangka pendek mungkin terlihat bagus di bagan pendapatan Anda, berinvestasi dalam kebahagiaan pelanggan yang berkelanjutan akan memastikan Anda akan terus mendapatkan penjualan pada masa depan.

Barantum CRM - Mitra Resmi WhatsApp

Bagaimana Contoh Penerapan After Sales?

Setelah melihat bagaimana bermanfaatnya after sales service, Anda harus tahu strategi yang dilakukan untuk mewujudkannya. Adapun strategi untuk menerapkan after sales, yaitu:

1. Memberikan Ucapan Terima Kasih

Hal ini menjadi hal pertama yang Anda lakukan kepada pembeli setelah mereka melakukan pembelian. Ucapan terima kasih melalui email, panggilan telepon, pesan, dan media lainnya membuat mereka merasa Anda sungguh menghargai keputusan mereka.

2. Memberikan Garansi

Memberikan garansi merupakan faktor penting dalam aktivitas after sales service karena hal ini menumbuhkan kepercayaan dan kenyamanan pelanggan.  Garansi dilakukan untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang mereka terima dalam keadaan baik, atau bebas dari ketidak telitian ataupun penggunaan material yang kurang baik.

3. Memberikan Pelatihan Penggunaan Produk

Hal ini sangat penting, terutama bagi perusahaan yang menjual produk berupa aplikasi atau software. Pelanggan merasa bahwa Anda peduli dengan mereka dengan tidak membiarkan mereka kebingungan dengan penggunaan produk atau layanan. Dengan mengirimkan mereka berbagai tips penggunaan produk melalui email misalnya, akan sangat membantu mereka dan membuat mereka bertahan menggunakan produk Anda. Hal lainnya yang bisa Anda bagikan adalah pengenalan fitur-fitur menarik dan upgrade sistem dalam produk.

4. Meminta Umpan Balik Pelanggan

Meminta umpan balik ke pelanggan berupa survei atau pertanyaan secara tidak langsung mengajak pelanggan untuk berpartisipasi memajukan perusahaan atau bisnis Anda. Dengan adanya feedback, Anda dapat mengevaluasi layanan dan produk Anda, sehingga semuanya menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, pelanggan merasa Anda membutuhkan saran mereka. Ketika produk dan layanan Anda menjadi lebih baik berkat adanya feedback, tentu pelanggan senang karena Anda memperhatikan saran dan kebutuhan mereka. Hal ini turut membuat pelanggan setia terhadap perusahaan Anda.

5. Memberikan Voucher dan Diskon

Strategi ini  merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh perusahaan agar pelanggan senantiasa tertarik dengan produk mereka. Tak heran, memberikan voucher dan diskon membuat pelanggan semakin senang menggunakan produk Anda dan membuat mereka betah.

Melakukan after sales service akan sangat disayangkan jika Anda melewatkannya. Aktivitas ini berperan penting dalam menjaga kepuasan pelanggan serta meningkatkan retensi mereka. Ingat, pelanggan merupakan investasi jangka panjang yang sangat memengaruhi profit perusahaan.

Optimalkan Layanan After Sales Bisnis Anda Dengan Barantum CRM!

Barantum Penyedia WhatsApp Business API Terbaik dan Mitra Resmi WhatsApp Terpercaya di Indonesia

Dalam artikel ini, kita telah membahas pengertian, contoh, dan pentingnya after sales dalam bisnis. After sales merupakan tahap penting setelah penjualan yang melibatkan rangkaian aktivitas dan layanan yang ditujukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, membangun loyalitas, dan memperkuat hubungan jangka panjang.

Salah satu cara untuk mengoptimalkan proses after sales adalah dengan menggunakan platform CRM (Customer Relationship Management) seperti Barantum CRM. Barantum CRM menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola dan mengoptimalkan layanan purnajual. Dengan Barantum CRM, perusahaan dapat melacak interaksi dengan pelanggan, mengelola masalah atau keluhan, dan memastikan bahwa setiap permintaan pelanggan ditangani dengan baik dan tepat waktu.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti manajemen tiket, pelacakan aktivitas pelanggan, dan analisis data, Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan dengan lebih baik dan memberikan solusi yang memuaskan. Sehingga tidak hanya akan meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga membantu perusahaan untuk mempertahankan pelanggan yang ada, memperluas pangsa pasar, dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Teknologi CRM All-in-One, yang ada dalam Barantum CRM telah membantu ribuan perusahaan dalam mendorong peningkatan kinerja SDM, peningkatan penjualan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadwalkan Demo

Segera jadwalkan demo dengan tim kami dan dapatkan gambaran bagaimana Barantum bisa membantu bisnis Anda.

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".