Apakah penjualan Anda telah mencapai target?

Tim Sales tentu telah bekerja keras dan menggunakan berbagai strategi dalam mencapai target penjualan. Namun ada kalanya, strategi konvensioal belum tepat sasaran dalam mencapai tujuan ini. Bisa jadi penjualan Anda stagnan karena Anda belum memanfaatkan teknologi sebagai bagian dari taktik Anda. Menggunakan teknologi dalam proses penjualan sudah bukan merupakan hal baru lagi. CRM atau Customer Relationship Management adalah software yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan Anda. 

CRM tidak hanya menyerderhanakan proses penjualan Anda, namun juga memiliki manfaat bagi tim Sales Anda. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat mengenal pelanggan Anda lebih dalam, menarik prospek, membina hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Sebelum Anda mengetahui bagaimana CRM meningkatkan kinerja tim Sales, mari lihat manfaat CRM lainnya bagi tim Sales.

  • Menghemat waktu dan energi tenaga penjualan Anda dengan mengurangi dan mengotomatiskan entri data rutin
  • Memberi manajer penjualan dan staf penjualan pandangan yang lebih akurat tentang kinerja dan kuota mereka
  • Memungkinkan manajer untuk lebih mudah memeriksa kemajuan perwakilan penjualan individu
  • Menciptakan keberlanjutan tim penjualan yang lebih besar 
  • Membuat informasi pelanggan lebih terlihat dan dapat diakses
  • Menumbuhkan persaingan yang sehat dan bersahabat di antara tim penjualan
  • Lacak saluran penjualan untuk membuat transisi yang lebih mulus
  • Memungkinkan tim Anda menemukan pelanggan yang tepat
  • Meningkatkan produktivitas karyawan

Penggunaan CRM tidak hanya bermanfaat bagi tim sales Anda, tetapi juga bermanfaat bagi proses penjualan Anda secara keseluruhan. 

Bagaimana caranya?

Menyimpan dokumen penjualan dengan terorganisir

Proses penjualan yang melibatkan banyak pelanggan memungkinkan dokumen tersebar di database yang berbeda. Hal ini mempersulit tim sales untuk mempercepat proses penjualan, kebijakan, dan aktivitas tidak didokumentasikan dengan jelas atau tidak mudah diakses. Pada saat yang sama, produktivitas tim penjualan Anda dapat terhenti ketika salah seorang tim sales pergi.

Sistem CRM menawarkan tempat terpusat untuk menyimpan semua dokumen proses penjualan yang mudah diakses oleh semua orang di tim sales. Ketika setiap orang dapat dengan jelas memiliki akses ke dan memahami proses penjualan, CRM dapat meningkatkan produktivitas tim dan yang pada gilirannya dapat meningkatkan layanan pelanggan dan pendapatan perusahaan.

Membangun proses yang dapat diulang

CRM menetapkan proses penjualan yang berulang dan terpadu untuk semua staf sales Anda. Hal ini tentu akan membangun konsistensi antar staf. Jika tidak ada proses penjualan standar, akan ada inkonsistensi dan kebingungan. Dengan menerapkan proses penjualan perusahaan Anda ke dalam CRM, ada kejelasan dan kesatuan.

Meningkatkan layanan pelanggan

Sistem dalam CRM memungkinkan anggota tim sales Anda mendapatkan akses lengkap ke riwayat aktivitas setiap pelanggan. Ketika tim memiliki informasi tentang pelanggan atau prospek sebelum mereka berinteraksi dengan mereka, tim sales akan lebih siap untuk membagikan pesan penjualan yang tepat kepada mereka. Tim akan menyampaikan pesan tersebut pada waktu yang tepat. Interaksi ini akan menghasilkan penjualan yang lebih sukses. Dengan sistem CRM, Anda dapat memasukkan daftar prospek dan pelanggan Anda dan membuat bidang yang disesuaikan. Sehingga, tim sales dapat meninggalkan catatan dan pengamatan untuk anggota tim yang akan berinteraksi dengan prospek tersebut.

Menarik prospek menjadi pelanggan potensial

Setelah prospek diperoleh, mungkin ada langkah tambahan yang diambil sebelum diserahkan ke tim sales. Tim sales sering kali frustrasi karena menerima prospek yang tidak dipelihara atau diperiksa. Dengan menghubungkan software otomatisasi pemasaran ke sistem CRM perusahaan, prospek dapat dinilai, dipelihara, dan disegmentasikan.

Dapatkan Peluang Upsell dan Tingkatkan Ukuran Transaksi

CRM dapat membantu memberikan lebih banyak data kepada tim sales yang dapat berguna dalam mengevaluasi, mengajukan, dan mendukung prospek penjualan. Saat prospek pertama kali memasuki CRM, mungkin hanya ada sedikit informasi tentang minat, poin kesulitan, tantangan, tujuan, ukuran perusahaan, dan otoritas pembelian mereka. Namun, dengan penggunaan otomatisasi pemasaran, prospek dapat secara progresif memberikan lebih banyak informasi tentang diri mereka dan minat mereka dari waktu ke waktu. Data ini dapat digunakan selama proses penjualan.

Dengan meningkatkan data yang dapat diperoleh tentang prospek, tim marketing dan sales akan dapat membuat keputusan yang lebih baik dengan prospek dalam sistem mereka. 

Meningkatkan retensi pelanggan

Dengan peningkatan akses ke data pelanggan, titik kontak yang dimiliki oleh setiap staf sales dengan setiap pelanggan lebih terlihat dan dipahami oleh semua orang di tim Anda. Hal ini membantu memastikan tenaga sales Anda mengetahui titik kesulitan, tantangan, minat, keinginan, dan kebutuhan pelanggan.

Ketika pelanggan diperlakukan dengan cara yang ramah dan hormat, mereka akan lebih memikirkan produk Anda. Selain itu, dengan penyerahan prospek yang baik dari satu staf sales ke staf sales lainnya, hubungan yang telah dibangun akan terus berlanjut. Layanan dan pengalaman pembelian yang lebih memuaskan akan membantu mempertahankan pelanggan.

Mengurangi biaya penjualan

Tim sales tahu bahwa mempertahankan pelanggan lebih mudah dan lebih murah daripada mendapatkan pelanggan baru. Dengan pesan penjualan dan proses penjualan terpadu, kepercayaan dengan pelanggan Anda akan terbentuk yang akan membuat mereka lebih mungkin untuk melakukan pembelian di masa mendatang. CRM juga dapat menghasilkan visibilitas produk yang lebih besar, meningkatkan otoritas dan kredibilitas bisnis Anda. Hal ini dilakukan melalui peningkatan efisiensi penjualan, efektivitas penjualan yang lebih baik, peningkatan peluang penjualan silang, pengurangan waktu closing, dan pengungkapan bisnis rujukan.

Membuat laporan penjualan

Mampu membuat laporan dengan mudah dapat membantu bisnis Anda mendapatkan lebih banyak dari data yang telah Anda kumpulkan, yang dapat digunakan untuk membuat keputusan dan menerapkan strategi. CRM menyediakan fitur dasbor dan otomatisasi untuk mengumpulkan informasi secara manual untuk laporan. Tidak seperti pelaporan manual, CRM menampilkan informasi sesuai permintaan dan secara real time.

Email Marketing

Anda bisa membuat pelanggan lebih sering membeli produk atau layanan Anda dengan menghadirkan penawaran dan promosi melalui pemasaran email. Bahkan jika pelanggan Anda tidak tertarik dengan apa yang ditawarkan, penawaran dan promosi membuat orang berpikir tentang perusahaan Anda, yang meningkatkan penjualan.

Banyak jenis perusahaan atau bisnis dapat memperoleh manfaat dari menggunakan aplikasi CRM. Perusahaan  B2C yang memiliki siklus penjualan yang panjang dan memiliki prioritas untuk melacak prospek sangat cocok untuk menggunakan CRM. Oleh karena itu, seyogianya gunakanlah aplikasi CRM Barantum untuk meningkatkan kinerja tim sales Anda agar penjualan meningkat.

Daftar di Barantum sekarang di sini dan dapatkan free trial selama 7 hari!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Butuh bantuan?
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋
Barantum adalah penyedia aplikasi CRM, Omnichannel Chat, dan Call Center Software untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".