WhatsApp Business Untuk Perusahaan

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp membagi aplikasinya menjadi dua versi berdasarkan fungsinya, yaitu WhatsApp Personal dan WhatsApp Business. Hal ini untuk menjawab kebutuhan semua penggunanya. Sehingga bisa memenuhi semua kalangan masyarakat dari orang biasa sampai dengan pelaku bisnis bahkan perusahaan. Sebagai pebisnis, Anda perlu WhatsApp Business untuk mengoptimalkan penjualan.

Mengapa? Karena WhatsApp menjadi aplikasi komunikasi yang populer saat ini. Kebutuhan setiap orang dalam melakukan komunikasi tentu saja berbeda-beda, tentu saja hal tersebut disadari juga oleh pihak WhatsApp sebagai penyedia aplikasi chat messenger paling populer digunakan saat ini.

Pengertian WhatsApp Business

WhatsApp (WA) Business adalah aplikasi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Aplikasi ini mempermudah Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan, melakukan promosi dan layanan bisnis, serta menjawab pertanyaan pelanggan selama proses berbelanja.

WhatsApp Business ini dapat diunduh secara gratis dan memang dibuat khusus untuk bisnis kecil, seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sehingga Anda bisa dengan mudah memakai aplikasi ini untuk bisnis Anda.

Mengapa WhatsApp Business Penting?

Tidak hanya sebagai media komunikasi personal, WhatsApp saat ini juga dapat digunakan dalam berbisnis. Salah satu kegunaan WhatsApp dalam berbisnis adalah untuk menjalin hubungan antara brand dengan para pelanggan, seperti melakukan follow up hingga customer service. Oleh sebab itu, Anda perlu WhatsApp Business untuk mengoptimalkan penjualan bisnis.

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business, Anda bisa mengakses banyak data penting dengan mudah dan dalam bentuk grafis yang tak susah untuk dimengerti. Hal-hal yang bisa Anda akses meliputi berapa persen dari pesan Anda yang sukses terkirim, diterima, dan dibaca oleh pengguna.

Cara Mendapatkan WhatsApp Business

Untuk mendapatkan WhatsApp Business, maka Anda perlu untuk mendaftar terlebih dahulu dan membuat WhatsApp Business Anda sendiri. Pertama, Anda bisa  mengunduh aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu dengan mengunjungi link berikut → Unduh WhatsApp Business Terbaru.

Kemudian, Anda akan diarahkan untuk membuka aplikasi Google Play Store Anda, setelah terbuka. Klik “Instal”. Buka aplikasi yang selesai terinstal. Lalu, ikuti tahap- tahap selanjutnya untuk mengaktifkan WhatsApp Business.

Seperti, menyetujui syarat dan ketentuan WhatsApp Business, mengisi nomor telepon bisnis Anda, lalu masukkan kode OTP untuk memverifikasi data. Setelah data terverifikasi, maka akun WhatsApp Business Anda telah selesai dibuat dan siap digunakan. Untuk langkah-langkah cara pembuatan WhatsApp Business yang lebih lengkap, Anda bisa melihatnnya di Cara Daftar dan Membuat Akun WhatsApp (WA) Business.

Alasan Bisnis Perlu WhatsApp Business

1. Digunakan banyak orang

WhatsApp telah menjadi most successful messaging apps. Banyaknya orang yang menggunakan, menunjukkan semakin familier orang memakai WhatsApp. BrandAnda akan semakin mudah dijangkau oleh para pelanggan.

2. Follow up pelanggan potensial lebih mudah

Selain melalui email dan telepon, WhatsApp memungkinkan untuk berinteraksi dengan pelanggan potensial dengan mudah, seperti ketika melakukan follow up. Adanya WhatsApp memungkinkan Anda untuk melakukan follow up secara langsung, tanpa terkesan ribet.

3. Membantu memaksimalkan customer service

Ketika customer service Anda sedang tidak online dan pelanggan melakukan kontak melalui email mendapatkan slow response, WhatsApp dapat menjadi salah satu solusi. WhatsApp membantu pelanggan untuk semakin mudah menghubungi Anda apabila ada pertanyaan terkait penggunaan produk atau jasa. Aplikasi ini membantu Anda untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan maksimal.

centang hijau whatsapp

4. Gunakan label untuk mengorganisasi pelanggan

Anda yang menggunakan WhatsApp Business bisa memberikan label pada para pelanggan Anda agar lebih mudah dikenali. Label ini biasanya terdiri dari pelanggan baru, orderan baru, pembayaran yang belum selesai, pembayaran yang sudah selesai dan pelanggan lama.

5. Laporan statistik pesan dari WhatsApp Business

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business, Anda bisa mengakses banyak data penting dengan mudah dan dalam bentuk grafis yang tak susah untuk dimengerti. Hal-hal yang bisa Anda akses meliputi berapa persen dari pesan Anda yang sukses terkirim, diterima, dan dibaca oleh pengguna. Sehingga Anda bisa menggunakan strategi yang lebih baik ke depannya untuk melayani mereka dan mengoptimalkan engagement.

Aplikasi ini juga ikut memberikan para penggunanya data statisik mengenai interaksi pelanggan. Isi statistik ini seperti jumlah pesan yang terkirim, dikirim, diterima dan dibaca. Data statistik akan sangat berguna bagi para pelaku bisnis. Kegunaannya untuk menganalisis bisnis yang sedang dijalankan.

Selain itu juga sebagai modal untuk strategi bisnis ke depan juga, lho! Nah, untuk dapat menikmati fitur ini kamu cukup menekan pilihan yang berada di kanan atas percakapan, lalu pilih pengaturan dan pilih statistik.

6. Otomatisasi untuk balasan yang efektif

Jangan lupa juga gunakan otomatisasi untuk pesan sapaan atau balasan dari para pelanggan. Anda bisa mengaturnya sendiri dengan WhatsApp Business. Beberapa pertanyaan pun bisa dibalas dengan cepat tanpa Anda harus mengetik dengan otomatisasi ini.

Whatsapp menawarkan sebuah fitur untuk dapat membalas pesan secara otomotis untuk memudahkan pebisnis online dalam membalas pesan. Fitur pesan otomatis ini dibagi menjadi tiga jenis fitur yang berbeda, yaitu: “Away Message”, “Greeting Message”, dan “Quick Replies”.

  1. Away Message adalah fitur yang diberikan oleh Whatsapp untuk membantu pemilik usaha tetap terhubung kepada konsumen walaupun mereka sedang tutup. Fitur ini secara otomatis tetap membalas pesan konsumen ketika kamu sedang tidak online.
  2. Greeting Message adalah fitur yang yang dapat membantu pelaku bisnis online untuk berkomunikasi lebih baik dengan pelanggan saat pertama kali mereka memberi pesan terhadap pebisnis.
  3. Quick Replies atau Jawaban Cepat adalah fitur yang dapat membalas pesan kepada pelanggan saat pelanggan mengirim pesan dengan kata kunci tertentu. Fitur ini sangat membantu para pelaku bisnis karena dapat menghemat waktu tanpa mengetik kalimat penuh dari awal.

7. Centang hijau

Berbeda dengan akun terverifikasi di Instagram atau Twitter, centang hijau yang ada pada akun Whatsapp Business menunjukan bahwa akun tersebut telah terverifikasi oleh pihak Whatsapp. Centang hijau menandakan bahwa Whatsapp telah memverifikasi nomor yang terpasang tersebut adalah benar milik sebuah perusahaan. Bagi kamu yang memiliki usaha namun masih ragu untuk menggunakan fitur-fitur Whatsapp Business, sebaiknya segera install aplikasinya. Dijamin akan mempermudah kegiatan pembelian usaha yang kamu miliki.

Upgrade WhatasApp Business Anda ke WhatsApp Business API

Untuk bisa mendapatkan WhatsApp Business API, Anda perlu bekerja sama dengan Business solution provoder. Salah satu business solution provider (BSP) terpercaya di Indonesia adalah Barantum. Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan Barantum sebagai partner resmi Whatsapp Official di Indonesia untuk membantu Anda mendaftarkan dan mendapatkan verified badge/centang hijau di akun WhatsApp Business Anda.

Namun, perlu diperhatikan bahwa syarat memiliki centang hijau pada akun WhatsApp, yaitu untuk akun bisnis bukan untuk akun personal.

intgrasi whatsapp barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Cara Praktis dan Efektif Promosi di Broadcast WhatsApp
  2. Simak Keunggulan Broadcast WhatsApp Menggunakan CRM!
  3. Optimalkan Customer Journey Bisnis Anda dengan WhatsApp API
  4. Simak Cara WhatsApp Business API Meningkatkan Layanan Pelanggan
  5. Apa Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Hijau di WhatsApp?
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Sekarang