Mengapa Perlu Verified Badge?

Verified badge atau centang hijau pada WhatsApp merupakan hal yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda. Oleh sebab itu, tidak heran banyak pebisnis yang menginginkan akun bisnisnya mendapatkan centang hijau.

Coba bayangkan saat Anda mendapatkan pesan promosi dari nomor yang tidak Anda kenal dengan mendapat pesan dari nomor yang akunnya sudah mendapatkan centang hijau. Manakah yang langsung Anda percaya? Dan, manakah yang membuat Anda ragu?

Pasti nomor dengan akun bisnis yang telah mendapatkan centang hijaulah yang membuat Anda yakin bahwa pesan yang dikirimkan benar dari perusahaan yang bersangkutan.

Berbeda dengan nomor yang tidak memiliki centang hijau. Anda perlu mencari informasi dan memastikan bahwa pesan promosi tersebut benar adanya bukan penipuan.

Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa akun bisnis Anda perlu verified badge. Ingin tahu alasan apa lagi yang membuat akun bisnis Anda memerlukan Verified badge? Yuk simak artikelnya.

Pengertian Verified Badge

Maraknya penggunaan WhatsApp ini membuat peluang bagi penisnis untuk memasarkan produknya. Mengapa perlu centang hijau WhatsApp? Centang hijau WhatsApp atau WhatsApp Verified Badge memiliki manfaat tersendiri bagi pemiliknya. Akun dengan centang hijau dapat menambah kepercayaan customer bisnis.

Mengingat penjualan secara online sangat rentan dengan berbagai penipuan. Tidak terkecuali dengan banyaknya kasus penipuan saat bertransaksi di WhatsApp.  Dengan adanya centang hijau WhatsApp di akun bisnis Anda, customer tidak perlu ragu lagi dengan penjual ataupun perusahaan.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengalami hal seperti customer tidak percaya dengan pesan blast yang bisnis Anda kirimkan ataupun nomor Anda di blokir oleh customer. Centang hijau WhatsApp juga dapat meningkatkan reputasi dari brand atau merk bisnis. Maka tidak heran, hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan jumlah penjualan.

Syarat Mendapatkan Verified Badge

1. Pastikan akun yang Anda miliki adalah akun bisnis

Syarat utama untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp adalah akun yang Anda miliki adalah akun bisnis. Hingga saaat ini WhatsApp belum menyediakan centang hijau untuk akun pribadi. Oleh sebab itu, jika Anda masih menggunakan akun pribadi, otomatis tidak bisa mendapatkan centang hijau.

Cara beralih ke akun bisnis sangat mudah. Anda hanya perlu mencadangkan data agar data tidak hilang. Lalu, Anda unduh WhatsApp Business dan verifikasi nomor ponsel Anda. Setelah itu, Anda memasukkan nama bisnis dan mengatur profil bisnis.

Namun, ada hal yang perlu Anda ingat. WhatsApp tidak akan memverifikasi akun bisnis jika Anda membuat akun bisnis seputar tembakau, bisnis perjudian, dan merek alkohol, bisnis senjata, live hewan, porno & prostitusi, layanan kencan, dan cryptocurrency.

2. Autentik

Artinya, akun bisnis yang terdaftar merupakan akun asli dan dapat dipercaya.

3. Akun WhatsApp dan Facebook Business harus terverifikasi

Verifikasi akun menjadi syarat mutlak dari WhatsApp untuk bisa mendapatkan centang hijau. Dengan melakukan verifikasi inilah menjadi upaya WhatsApp untuk yakin itu Anda. Bukan peniru yang mencoba menyalin akun Anda.

Cara untuk verifikasi dapat dilakukan dengan menambahkan informasi lain yang valid. Salah satunya, dengan mempunyai website yang berguna ketika ada proses pengecekan bahwa itu benar Anda dan bukan orang lain. Perlu diperhatikan, nomor telepon yang terdapat pada website harus sama dengan nomor yang didaftarkan untuk akun WhatsApp.

Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa akun Facebook Business Anda juga telah terverifikasi.

4. Populer dan benar adanya

Cara mendapatkan centang hijau di WhatsApp Business, yaitu dengan memastikan bisnis Anda memang benar adanya dan bukan untuk penggunaan pribadi. Oleh sebab itu, tidak heran jika proses verifikasinya cukup panjang.

Akun bisnis Anda pun perlu memiliki engangement dan harus aktif agar WhatsApp menilai akun bisnis Anda sebagai akun yang terpercaya.

5. Rutin melakukan blast WhatsApp

Dengan melakukan balast WhatsApp, akun bisnis Anda menjadi terlihat aktif. Anda bisa melakukan blast WhatsApp secara rutin per minggu. Dengan WhatsApp Business, diperkirakan Anda bisa melakukan blast sekitar 1.000 per minggunya. Dengan begitu, bisnis Anda lebih dikenal oleh masyarakat.

6. Memperbanyak artikel di online (blog, liputan, press release, dll)

Sebaiknya Anda menggunakan website yang telah dibuat semaksimal mungkin. Hal itu bisa dengan memposting artikel di website Anda.

Di samping mem-publish artikel di website, Anda juga bisa membuat artikel di blog, liputan media ataupun membuat press release. Anda bisa bekerja sama dengan media untuk menupload artikel tentang bisnis Anda.

7. Menaikkan traffic, SEO, dan SERP website

Kenaikkan traffic menandakan bahwa bisnis Anda sering dicari oleh masyarakat. Namun, Anda juga perlu melakukan evaluasi dan peningkatan SEO dan SERP website. Hal ini agar website bisnis Anda dapat muncul di pencarian utama sehingga bisnis Anda pun makin terkenal.

Nah, setelah mengetahui syarat mendapatkan centang hijau. Lalu, bagaimana cara mendapatkan centang hijau tersebut? Cara mendapatkan centang hijau cukuplah mudah jika Anda telah memenuhi persyaratannya.

Kini ada mitra bisnis resmi WhatsApp, seperti Barantum, yang dapat membantu akun Anda mendapatkan centang hijau di WhatsApp. Tidak hanya itu, Anda bisa dengan mudah mengintegrasikan akun WhatsApp atau saluran media komunikasi lainnya ke dalam CRM Omnichannels. Sehingga pelayanan pelanggan bisnis Anda lebih optimal.

register whatsapp api barantum

Akan tetapi, perlu diingat bahwa persyaratan tersebut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan centang hijau. WhatsApp secara resmi memiliki semua hak dalam memberikan centang hijau tersebut untuk akun WhatsApp Business.

Jika aplikasi ditolak, WhatsApp tidak memiliki opsi untuk mengajukan banding untuk setiap pengajuan centang hijau. Kita dapat melakukan pengajuan ulang sesuai jeda yang diatur oleh WhatsApp, yaitu 30 hari setelah pengajuan ditolak.

Alasan Akun Bisnis Anda Perlu Verified Badge

Dengan mengaplikasikan centang hijau WhatsApp, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat. Manfaat tidak hanya meningkatkan kepercayaan customer, namun juga mampu membangun kredebilitas akun bisnis Anda di mata customer. Berikut beberapa manfaat centang hijau WhatsApp:

1. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, verified badge WhatsApp pada akun bisnis dapat meningkatkan kredibilitas. Hal itu karena WhatsApp hanya memberikan centang hijau pada akun bisnis yang terpercaya.

Sebelum mendapatkan verified badge WhatsApp pada akun bisnis. Pastinya telah melewati berbagai proses tahapan verifikasi data.

2. Mengurangi keraguan pelanggan

Di zaman sekarang, masyarakat lebih waspada terhadap kasus penipuan. Kasus penipuan ini salah satunya dapat terjadi melalui pesan, termasuk pesan pada WhatsApp.

Beragam kasus penipuan mulai dari mengaku sebagai nomor resmi sebuah perusahaan ataupun mengaku sebagai rekan Anda. Namun, dengan penggunaan verified badge WhatsApp Anda tidak perlu khawatir lagi pelanggan bisnis Anda ragu saat Anda mengirim pesan. Saat akun bisnis Anda mendapatkan verified badge WhatsApp, secara otomatis tampilan nama akun Anda sesuai dengan nama bisnis.

Dengan demikian pelanggan Anda langsung mengetahui bahwa pesan yang mereka terima adalah benar dari bisnis Anda.

3. Pekerjaan lebih efektif

Mendapatkan verified badge WhatsApp, bisa dengan mendaftarkan diri Anda menggunakan WhatsApp Business API dipadukan dengan sistem CRM. Dengan begitu, akun bisnis Anda dapat digunakan lebih dari satu pengguna.

Dengan begitu, pekerjaan staf Anda pun menjadi lebih efektif. Di sisi lain, riwayat percakapan dengan pelanggan pun terdata rapi dan real time. Sehingga Anda dapat dengan mudah melihat progress penanganan pelanggan.

4. Meningkatkan branding bisnis

Adanya verified badge WhatsApp dapat berpengarih pada peningkatan branding bisnis Anda. Dengan adanya centang hijau ini membuat akun bisnis Anda lebih dikenal masyarakat saat mengirimkan pesan kepada mereka.

5. Menghemat biaya

Dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan, bisnis perlu mengatur berbagai cara dan strategi. Dan, tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Misalnya Anda mengeluarkan biaya untuk promosi, endorse, ataupun pasang iklan untuk memperkenalkan produk Anda sekaligus membuat masyarakat percaya bahwa perusahaan Anda bukan “perusahaan bodong” atau penipuan.

Namun, ada cara yang lebih menghemat biaya untuk menambah kepercayaan pelanggan dan melakukan promosi produk/jasa bisnis. Dengan verified badge, secara otomatis masyarakat percaya bahwa akun Anda merupakan akun bisnis yang terpercaya.

Jadi, saat Anda mengirimkan pesan promosi kepada pelanggan, mereka tidak meragukan pesan yang Anda kirimkan. Biayanya pun jauh lebih hemat karena Anda dapat melakukan blast pesan atau broadcast pesan secara berkala.

Dapatkan Verified Badge dari Mitra Resmi WhatsApp, Barantum

Untuk mendaftar centang hijau WhatsApp, Anda bisa bekerja sama dengan mitra resmi WhatsApp. Di Indonesia, salah satu mitra resmi WhatsApp yang terpercaya, yaitu Barantum. Staf profesional Barantum akan membantu akun bisnis Anda mendapatkan centang hijau WhatsApp dengan mudah.

Jadi tunggu apalagi, jika kamu tertarik untuk membuat bisnis lebih mudah dan mendapatkan trust atau kepercayaan yang baik dari pelanggan segera hubungi tim Barantum untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai bisnismu di sini.

register whatsapp api barantum

Rekomendasi Artikel

  1. Apa itu WhatsApp API ? Semua yang perlu Anda ketahui tentang WhatsApp API
  2. Jangkau Pelanggan Lebih Luas Dengan WhatsApp Bisnis API
  3. Berapa Harga WhatsApp API dan Manfaat Penggunaannya?
  4. Cara Verifikasi WhatsApp Centang Hijau dengan Mudah
  5. Manfaat Centang Hijau (Verified Badge) WhatsApp API
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".