Bagaimana Cara Aplikasi Omichannel Tingkatkan Omzet Bisnis?

Aplikasi omnichannel tingkatkan omzet bisnis Anda. Bagaimana caranya?

Mungkin masih ada yang belum memahami mengenai aplikasi omnichannel. Pada intinya sistem tersebut mampu menggabungkan atau mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi dalam satu halaman saja.

Salah satu fokus penting bisnis saat ini, yaitu bagaimana cara meningkatkan pelayanan pelanggan. Demi mengikuti perkembangan zaman, perusahaan banyak memanfaatkan media sosial.

Saluran komunikasi perusahaan bermacam-macam. Dalam meningkatkan omzet penjualan, tidak jarang perusahaan yang menggunakan beragam sosial media untuk terhubung dengan pelanggan.

Tentu saja, staf Anda akan mengalami kesulitan jika harus membuka seluruh media sosial tersebut secara bersamaan. Belum lagi, jika banyak chat customer yang masuk. Selain itu tidak ada pembagian tugas membalas chat customer mana saja di tiap staf.  Alhasil, customer Anda “lari” ke kompetitor bisnis dan omzet Anda pun menurun.

Namun, kini hadir aplikasi omnichannel untuk membantu mengefisiensikan dan meningkatkan pelayanan customer. Dan, dengan penggunaan aplikasi omnichannel ini dapat meningkatkan omzet bisnis.

Sistem ini menggabungkan saluran komunikasi yang paling relevan di dalam satu antarmuka untuk membuat garis waktu yang komprehensif dari interaksi perusahaan dengan customer.

Perbedaan Omzet dan Profit Bisnis

Dalam bisnis, kita kerap mendengar istilah omzet dan profit. Meski terlihat sama, namun tahukah Anda sebenarnya berbeda? Yuk, ketahui perbedaannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, omzet adalah jumlah uang hasil penjualan barang dagangan tertentu selama suatu masa jual. Sedangkan profit adalah untung, keuntungan, atau manfaat. Profit juga kerap disebut sebagai laba yang bisa disimpan atau diinvestasikan kembali ke dalam bisnis.

Berdasarkan pengertiannya, dilansir kompas.com, perbedaan profit dan omzet terletak pada cara perhitungannya. Omzet dihitung dengan menjumlahkan semua pendapatan. Sedangkan profit dihitung semua pendapatan dikurang harga pokok penjualan atau harga pokok produksi (HPP).

Perbedaaan Perusahaan yang Memakai Aplikasi Omnichannel dan Tidak

Perusahaan yang memakai aplikasi omichannel dan yang tidak tentu memiliki perbedaan. Perbedaan yang paling menonjol, yaitu dalam hal efisiensi dan efektivitas kinerja staf. Terlebih dalam hal pelayanan customer.

Bisnis yang tidak memakai aplikasi omnichannel menginput data informasi customer dari berbagai saluran komunikasi secara manual. Tentu data informasi customer dalam satu perusahaan bisa mencapai puluhan, ratusan, bahkan ribuan.

Betapa sulit dan memakan waktu staf Anda untuk menginput data. Ditambah, kemungkinan staf Anda melewatkan pesan dari customer. Tingkat kepuasan customer pun akan menurun.

Bagaimana bisnis yang pakai aplikasi omnichannel? Aplikasi omnichannel mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi Anda dalam satu halaman. Dengan begitu, staf Anda mudah melihat berbagai pesan yang masuk dari customer.

Respons staf Anda kepada customer pun tidak membutuhkan waktu lama. Sehingga customer puas terhadap pelayanan staf perusahaan Anda. Di sisi lain, staf Anda untuk menganalisis kebutuhan tiap customer. Keuntungannya, staf Anda dapat melakukan penawaran kepada customer sesuai dengan kebutuhan mereka.

Manfaat Aplikasi Omnichannel untuk Menaikkan Omzet Bisnis

Aplikasi omnichannel secara efektif menyatukan semua platform ini, seperti menyatukan saluran komunikasi yang paling relevan dalam satu antarmuka, merampingkan interaksi perusahaan dengan pelanggan.

Perusahaan Anda dapat menerima input berharga dari pelanggan dan rekanan klien untuk konten, penjadwalan, distribusi, atuapun aspek lain dari bisnis. Dukungan sistem ini di perusahaan Anda membangun kemampuan untuk meningkatkan operasi dan menaikkan omzet penjualan.

Lalu, apa saja manfaat aplikasi omnichannel yang bisa Anda dapatkan?

Baca juga: Solusi Pengembangan Bisnis Dengan Aplikasi CRM

1. Menjangkau banyak pelanggan

Aplikasi omnichannel menjangkau banyak pelanggan dari berbagai saluran komunikasi yang berbeda-beda. Seluruh pesan akan masuk ke dalam satu halaman. Hal itu memudahkan staf Anda untuk merespons pesan pelanggan dengan cepat.

Dengan adanya sistem ini, staf Anda lebih mudah menjangkau banyak pelanggan dalam satu waktu. Di sisi lainnya, aplikasi omnichannel membantu staf Anda untuk melakukan penawaran dengan mudah hanya dalam satu kali klik. Data informasi pelanggan akan tersimpan rapi dalam sistem. Jadi, staf Anda yang ingin melakukan penawaran hanya tinggal melihat kontak yang sudah tersimpan dalam sistem.

CRM omzet

Misalnya, staf Anda ingin melakukan broadcast promosi kepada pelanggan. Staf Anda tidak perlu mengirim satu per satu email atau pesan broadcast pada pelanggan. Tentu hal itu memakan waktu yang lama.

Anda pun tidak perlu khawatir broadcast tidak terkirim. Sistem CRM memastikan broadcast masuk ke dalam kontak pesan pelanggan.

2. Kepuasaan pelanggan meningkat

Perusahaan Anda menjadi solusi kebutuhan pelanggan. Pelanggan pun merasa senang pesuahaan Anda membantu mereka menemukan kebutuhannya. Otomatis, omzet penjualan Anda meningkat.

Tentu saja kepuasaan pelanggan menjadi hal penting. Dengan pelanggan yang puas, menaikkan potensi pemesanan ulang di perusahaan Anda. Tingkat kepercayaan pelanggan pun meningkat.

Secara garis besar, sistem ini membantu staf Anda untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan. Tiap pelanggan berharap pelayanan terbaik dari perusahaan. Dengan sistem ini, Anda bisa mewujudkan harapan pelanggan tersebut.

kenaikan omzet omnichannel CRM

3. Tingginya jumlah rekomendasi dari pelanggan

Kini Anda tahu bisa meningkatkan puasaan pelanggan dengan aplikasi omnichannel. Perusahaan Anda telah naik satu level untuk meraih kenaikan omzet.

Kenapa? Pelanggan yang puas terhadap pelayanan perusahaan Anda akan merekomendasikan perusahaan Anda ke rekan-rekannya.

Jika banyak pelanggan yang terpuaskan, brand perusahaan Anda semakin meroket. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan lainnya. Hal itu terus-menerus terulang.

Pelanggan merekomendasikan perusahaan Anda ke temannya. Temannya tertarik dan mencoba memesan di perusahaan Anda. Orang tersebut juga merasa puas terhadap pelayanan di perusahaan Anda dan merekomendasikan lagi ke orang lain.

Dengan menggunakan aplikasi omnichannel, kepuasaan pelanggan bisa Anda raih dengan mudah.

4. Meningkatkan efisiensi kerja

Kemudahan aplikasi omnichannel meningkatkan efisiensi kerja staf Anda. Selamat tinggal dengan cara manual. Dengan sistem ini, staf Anda mampu mencatat data informasi pelanggan secara real time.

Jika terjadi permasalahan, kepala departemen Anda bisa langsung mengetahui hal tersebut. Penanganan masalah menjadi lebih cepat. Pelanggan Anda juga tidak perlu menunggu waktu lama.

Dengan demikian sistem ini menawarkan database terpusat untuk perusahaan Anda.  Seluruh aktivitas tercatat dan ditampilkan dengan baik dan real time.

Dapatkan Aplikasi Omnichannel Terbaik untuk Bisnis Anda

Anda perlu memilih aplikasi omnichannel yang tepat untuk bisnis perlu Anda pertimbangkan dengan matang.  Jangan sampai aplikasi omnichannel untuk mempermudah bisnis Anda malah menjadi mempersulit.

Aplikasi omnichannel ini menggunakan sistem CRM sehingga mempermudah bisnis mampu dijalankan lebih efektif dan efisien. Bisnis Anda akan lebih mudah jika CRM omnichannel dapat dikostum sesuai dengan kebutuhan bisnis. Salah satu aplikasi CRM omnichannel terbaik yang bisa Anda dapatkan, yaitu dari Barantum CRM omnichannel.

Barantum omnichannel terbaik

Keunggulan Barantum CRM Omnichannel

Barantum CRM omnichannel adalah pilihan tepat bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda serta menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi. Mari lihat fitur-fitur pada aplikasi Barantum CRM omnichannel, dalam mengefesienkan komunikasi dengan pelanggan.

1. Barantum Chat Omnichannel

Berkomunikasi dengan pelanggan dari platform yang mereka sukai, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Line, dan Telegram. Semuanya ditampilkan dalam satu layar terpadu, membuat komunikasi Anda lebih efektif dan hemat waktu. Anda juga dapat membuat pesan kampanye produk atau layanan Anda di sini.

2. Tampilan 360 derajat dan laporan analisis

Menyajikan data lengkap, seperti:

– Memantau dan mengelola aktivitas penjualan

– Visualisasi sales pipeline yang berfungsi untuk melacak proses bisnis dan kesepakatan yang sedang berlangsung

– Pelaporan dan analisis untuk menyajikan wawasan (insights) untuk menentukan strategi dan keputusan terbaik.

3. Manajemen tugas lacak KPI

Memiliki fitur pelacakan KPI dan pengelolaan tugas yang dapat dikostumisasi secara penuh, sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai kebutuhannya.

4. Integrasi dengan WhatsApp API dan berbagai saluran komunikasi

Fitur yang satu ini menghubungkan dengan salah satu divisi paling penting pada sebuah bisnis, yaitu customer service. Selain itu, fitur ini bertindak sebagai omnichannel chat, yaitu terhubung dengan WhatsApp.

Tidak hanya itu, aplikasi omnichannel CRM Barantum ini mampu mengintegrasikan berbagai platfrom saluran komunikasi. Bahkan Anda juga dapat menggunakan chatbot untuk membantu melayani pelanggan dengan mudah.

5. GPS tracking

Memiliki fitur Live GPS yang dapat melacak lokasi walaupun secara offline sekalipun pada waktu yang sebenarnya.  

6. Mobile app

Memiliki fitur yang mampu dijalankan secara mobile. Hal ini sangat menguntungkan bagi staf lapangan karena aplikasi dapat diakses dimanapun mereka berada. Tim lapangan dapat membuat laporan aktivitas mereka secara real-time dan Anda dapat mengaksesnya di tempat yang berbeda.

7. Otomatisasi dokumen

Memiliki sistem yang menganut pengambilan, pelacakan, penyimpanan, serta pengelolaan yang dilakukan secara otomatis. Otomatisasi ini sangat bermanfaat karena sebuah bisnis tentu tidak lepas dari adanya dokumen-dokumen penting yang harus disimpan secara lengkap dan rapi.

Barantum omnichannel terbaik

Anda bisa mendapatkan beragam kemudahan tersebut dari Barantum. Dengan begitu, pekerjaan bisnis Anda lebih cepat, efisien, dan dan cerdas. Anda pun dapat berdiskusi dengan staf profesional kami terkait kebutuhan bisnis Anda menggunakan aplikasi omnichannel.

Segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan uji coba gratis selama 7 hari dari DI SINI.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hubungi sekarang
1
💬 Chat disini!
Scan the code
Halo, selamat datang di Barantum. 👋

Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami dengan mengklik "Hubungi sekarang".